Galang Dana Online Sebagai Bentuk Peduli Sesama

Tuesday, May 14, 2019


Assalamu’alaikuuum.. 

Alhamdulillah sudah memasuki minggu kedua di Bulan Suci Ramadhan tahun 1440 H ini. Waktu bergulir begitu cepat ya kalau kita menikmatinya. Ramadhan dijalankan selama satu bulan, selama itu juga kita selaku Umat Muslim senantiasa berlomba dalam kebaikan demi menabung pahala yang berlipat ganda. Ibadah wajib dan sunnah dijalankan sebaik mungkin, sedekah dan amalan baik lainnya pun diusahakan sebanyak mungkin, tentunya tanpa bermaksud riya, apalagi karena dengan memberi tidak akan menghilangkan rezeki kita, justru akan sebaliknya, termasuk saat kita melakukan galang dana online.

Bicara mengenai galang dana online, adakah teman-teman yang sudah tahu mengenai itu?. Kalau diartikan dari namanya, galang dana online berarti penggalangan dana yang dilakukan secara online, baik melalui media social seperti facebook, twitter, Instagram, atau bahkan melalui Whatsapp secara serentak (blast).

Dana yang dikumpulkan bisa dialokasikan ke berbagai bentuk bantuan dan berbagai kebutuhan, tapi sejauh ini yang saya pernah terima pesannya adalah untuk menolong sesama Saudara kita yang terkena musibah, baik kecelakaan ataupun karena sakit. Dana yang dikumpulkan di satu rekening yang ditentukan di awal, akan dihimpun dan kemudian langsung disampaikan kepada yang membutuhkan.

Saya rasa cukup efektif sepertinya aksi sosial seperti itu, walaupun sempat dinodai dengan kabar adanya kasus penipuan yang berkedok galang dana online. Sediih rasanya saat tahu, aksi sosial yang seharusnya untuk kebaikan, dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi. Namun saya juga percaya, mereka yang membutuhkan, akan selalu mendapatkan jalanNya dalam menerima bantuan dari berbagai penjuru. Insya Allah.

Ilustrasi : Peduli Sehat Peduli Sesama dengan Galang Dana Online. (Source : Pixabay)

Hadirnya Aplikasi Onli untuk Galang Dana Online

Aplikasi Online untuk Galang Dana Online tentunya semakin memudahkan siapapun yang ingin turut mengulurkan tangannya membantu sesama dimanapun itu namun terkendala jarak dan waktu. Aplikasi online dapat menjadi Platform yang menjadikan galang dana online menjadi lebih mudah lagi, lebih efektif, dan tentu saja akan lebih tepat sasaran.

Kalau kita flashback ke tahun lalu, di tahun 2018, banyak terjadi kejadian memilukan hati dan menampar serta mengingatkan betapa ajal itu sangatlah dekat, bahwa musibah bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, bahwa harta yang kita miliki saat ini dapat hilang hanya dalam hitungan menit bahkan detik. Sebutlah saja gempa Lombok, Tsunami di Palu, Tsunami di Anyer pun seolah menutup tahun kala itu, belum lagi musibah di udara, laut, wabah penyakit, dan lain-lain.

Berbagai kemudahan dalam gerakan galang dana online
Rentetan bencana yang seolah menyatukan seluruh Rakyat Indonesia, dari berbagai kalangan, Agama apapun, bahkan dari luar Negeri, saling membantu untuk mengumpulkan bantuan. Tidak sedikit yang melakukan galang dana online karena dapat mempercepat prosesnya mengingat semakin banyak Masyarakat yang sudah memanfaatkan kecanggihan teknologi termasuk Smartphone di kesehariannya. Donasi dikumpulkan kemudian disalurkan dengan sigap dan teratur, walau dengan keterbatasan akses.

Masya Allah ya, betapa teknologi diciptakan untuk semakin memudahkan, bukan menyengsarakan karena disalah gunakan.

PeduliSehat.Id Hadir Menawarkan Bantuan Berbasis Teknologi

PeduliSehat.Id kini turut hadir sebagai wadah yang menawarkan layanan galang dana online, secara real time dan transparan.  PeduliSehat.Id berfokus kepada Saudara kita yang menderita penyakit serius namun terkendala biaya yang cukup untuk perawatan, pengobatan serta untuk bertahan hidup. Mengingat masih banyak biaya lain yang harus dipenuhi namun tidak dapat dicover oleh BPJS (Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial), dan JKN (Jaminan Kesehatan Nasional).

Visi dari PeduliSehat.Id ini adalah ingin melengkapi setiap keluarga dengan keberanian dan kekuatan dalam menghadapi berbagai penyakit. Semantara Misinya adalah menjadi Perusahaan berbasis teknologi dengan kesadaran tinggi perihal tanggung jawab sosial.

PeduliSehat.Id memang bukan merupakan Platform pertama untuk melakukan galang dana online yang berfokus kepada kesehatan, namun semakin banyak platform seperti ini akan membuat semakin banyak saudara kita yang tertolong. Harapan yang patut kita support dan aminkan bersama.

PeduliSehat.Id salah satu Platform untuk melakukan Galang Dana Online dengan mudah dan terpercaya
Para Donatur di PeduliSehat.Id ini datang dari berbagai kalangan Profesi di seluruh Tanah Air, semua bisa terjadi karena rasa peduli, rasa ingin meringankan beban mereka yang tengah membutuhkan pertolongan.

Kemudahan lainnya karena Peduli Sehat menjalin komunikasi yang sangat aktif secara online baik via LINE, Instagram @pedulisehatindonesia, Facebook, atau di PeduliSehat.blog. Metode untuk berdonasi pun banyak pilihannya. Bagi kita yang terbiasa memanfaatkan kemudahan e-wallet, bisa melakukan galang dana online di www.pedulisehat.id dengan OVO dan Go Pay. Kita juga bisa langsung bayar di Alfamart terdekat, dan menggnakan jasa Perbankan di berbagai Bank besar dan terpercaya.

Aplikasinya yang cukup ringan (Dibawah 6 MB), dan bisa log ini dengan menggunakan akun Facebook, Gmail, dan diverifikasi dengan nomor telepon kita, menjadikan PeduliSehat.Id saat ini mempunyai total campaign lebih dari 500 campaign, dan telah sukses dengan lebih dari 100 campaign donasi kesehatan dengan lebih dari 500 donasi perhari.  90%  Users mengakses melalui smartphone dari 1 juta Users perbulan (menurut data per-Maret 2019).

Masya Allah..

Kita yang melakukan galang dana online di PeduliSehat.Id gak sekedar bisa memberikan donasi, namun kita juga bisa membuat bantuan galang dana online yang diperuntukkan bagi mereka yang ada di sekitar kita. Semua yang dibantu akan diverifikasi oleh tim PeduliSehat.Id, dan galang dana online akan selesai secara otomatis saat sudah mencapat target donasi dalam range waktu yang ditentukan.

Sejuta Harapan yang Nampak dari Website PeduliSehat.Id

Itulah yang saya rasakan saat pertama kali membuka websitenya PeduliSehat.Id, sejuta harapan yang terlihat dari wajah para Pejuang dengan sakit yang dideritanya. Mereka memilih untuk bertahan, berjuang, dan yakin bahwa harapan untuk yang terbaik itu layak untuk dilarungkan. Mereka yang dalam hati kecilnya, berharap diluar sana, entah siapa, entah dimana, mau mengulurkan tangannya dan melakukan galang dana online untuk memudahkan mereka menjalani pengobatan.

Salah dua dari sekian banyak kisah dan harapan yang menunggu uluran tangan kita untuk melakukan Galang Dana Online.
Seperti ceritanya Desta Maulana Sinaba Riba yang berasal dari Bengkulu, saat ini sedang berjuang di RSCM untuk mengobati penyakitnya. Perjuangannya dimulai semenjak Desta mengalami muntah darah saat hendak Sholat Subuh. Dari sana berlanjut ke muntah selanjutnya yang akhirnya membawa Desta ke Rumah Sakit Daerah dan disana Desta dipasang selang NGT untuk mengeluarkan darah dalam perutnya.

Sakit berlanjut hingga Desta harus menunda aktivitas belajarnya di Sekolah, dan mau tidak mau menuruti rujukan dokter untuk dibawa ke RSCM. Semua tidak akan terjadi jika Orangtuanya Desta tidak melakukan berbagai upaya untuk perjalanan dari Bengkulu ke Jakarta (RSCM).

Desta Maulana Sinaba Riba kini menjadi Pasien yang terverifikasi di PeduliSehat.Id dengan penyakit Phlebitis and Thrombophlebitis dan membutuhkan dana sekitar 50 juta. Kita dapat melakukan donasi online dengan nominal yang kita mampu, yang penting kita niatkan untuk membantu dengan memberikan apa yang sudah menjadi hak mereka dari rezeki yang kita dapat, Insya Allah akan selalu ada jalan dan manfaatnya serta akan dicatat sebagai satu kebaikan, Amiiiin.

Mudahnya melakukan galang dana online di pedulisehat.id

Untuk turut berdonasi di Pedulisehat.id ini cukup mudah caranya, bisa dilakukan di website atau di aplikasinya (Android dan IOS), nanti kita tinggal ikuti langkah-langkah seperti berikut :

  1. Klik "Galang Dana", kemudian ikuti Instruksinya, dan isi form secara lengkap.
  2. Bagikan/share halaman "Galang Dana" ke akun media sosial kita seperti Facebook, Whatsapp, atau Twitter.
  3. Setelah dana terkumpul, dan saat kita ingin menariknya, kita memerlukan langkah verifikasi terlebih dulu.
Masih banyak saudara kita yang lain selain Desta yang menunggu uluran tangan kita semua, seperti Adik Syanum dengan penyakit Hemangioma Liver, dan yang lainnya. Dengan kita melakukan galang dana online mungkin bukanlah merupakan bantuan yang besar, namun akan menjadi sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan, sedikit meringankan beban dan meyakinkan mereka untuk tidak menyerah. Sedikit yang berarti besar. Terima kasih PeduliSehat.Id yang memfasilitasi. Keep spread the love, dan selamat menunaikan Ibadah di Bulan Suci ya semuaaa, semoga Ramadhan menjadi penyemangat kita semua untuk senantiasa berlomba dalam kebaikan, dan berlanjut ke bulan-bulan berikutnya. Amiiin Ya Rabb. 

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar dengan baik TANPA link hidup di kolom komentar. Dan cukup pakai Url blog saja ya teman-teman di ID namanya.

Part Of Author

Part Of Author
Buku Antologi Pertama & Kedua

My Voice Over Here (BTS Dubbing)

Like us on Facebook

Subscribe