Pengalaman Memanggang Bolu Ketan Hitam dengan Oven Cosmos CO-9926 RCG

Wednesday, May 22, 2019


Assalamu'alaikuuum..

Gak terasa kita sudah mulai memasuki minggu ketiga di Ramadan ini ya, tanda begitu nikmatnya waktu di Bulan Suci yang kita lewati. Kaum Ibu-Ibu dipastikan bertambah tingkat kesibukannya di dapur untuk mengolah menu sahur dan berbuka. Eh sekarang pasti sudah mulai sibuk bikin-bikin kue lebaran nih, secara minggu depan udah mulai musim mudik, termasuk saya yang akan mudik ke Garut. Insya Allah.

Nah, ngomongin kue lebaran, ada tradisi di Keluarga saya yang di Garut, dan akhirnya saya biasain di Keluarga kecil saya. Bukan tradisi sih, lebih ke kebiasaan aja. Jadi, selain bikin kuker (kue kering), Mama saya selalu bikin bolu kesukaan Bapak yaitu Bolu Ketan Hitam. Bahan utamanya tentu aja ketan hitam, selain bahan-bahan kue bolu lainnya. Berkat Bapak yang selalu minta dibikinin bolu itu, saya dan Adik juga jadi ikutan suka, sampai sekarang.

Inget banget waktu pertama Video Call Mama cuma buat minta resep Bolu itu, dan Video Call Mama lagi waktu coba-coba bikin sendiri pakai panggangan Fry Pan. Saat itu belum punya Oven (baik Oven tradisional ataupun Oven Listrik). Lumayan, percobaan pertama gak gagal-gagal banget, masih layak dimakan kalau kata Pak Suami, haha.

Oven Cosmos (CO-9926 RCG) dan Keunggulannya

Setelah sekian purnama berlalu, akhirnya kesampaian punya Oven listrik (Otrik). Baru diapprove sama Suami Pengadaan Otrik di rumah, berhubung selama ini nyari-nyari yang watt-nya rendah kok susah, rata-rata watt-nya tinggi tapi kapasitasnya terbatas.



Pilihan jatuh ke Oven Cosmos (CO-9926 RCG) karena mempunyai beberapa keunggulan, seperti :
  • Kapasitasnya yang cukup besar, yaitu mencapai 26 liter. Pas nih untuk bikin kue-kue lebaran.
  • Punya pemanggang yang berputar otomatis (BBQ Rotisseries Pick).
  • Bisa manggang Ikan utuh, dan Ayam satu ekor (Fish Grill).
  • Ada alas remahnya (Crumb Tray) supaya lebih mudah dibersihkan.
  • Oven tetap nyala tanpa pengaturan waktu (Mode Stay On).
  • Dayanya rendah dibandingkan Otrik lainnya. Api atas 400W dan Api bawah 400W
  • Elemen pemanggang dari Stainless Steel, udah bisa dipastikan kuat ya, awet dan anti karat.
  • Ada dua rak, yaitu rak kue & rak besi.
  • Terdapat 6 pilihan elemen pemanas, bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Memanggang Bolu Ketan Hitam dengan Oven Cosmos (CO-9926 RCG)

Membuat Bolu Ketan Hitam sudah beberapa kali saya lakukan, tapi ini kali pertama saya memanggangnya dengan Oven Listrik, dan langsung menggunakan Oven Cosmos (CO-9926 RCG). Kira-kira gimana hasilnya hayooo? haha. Eh ada yang penasaran dengan resepnya gak nih, saya sekalian share ya, siapa tahu ada yang mau coba juga.

Resep Bolu Ketan Hitam

Bahan-Bahan :

250 gr Tepung Ketan Hitam.
220 ml Minyak goreng (Saya biasanya Pakai minyak Rose Brand yang kemasan gelas).
250 gr Gula pasir.
Vanili 2 bungkus.
Telur 5 biji.
1/2 sdt SP (pengemulsi).
Susu kental manis 1-2 sdm (kalau mau).
Garam sedikit saja.

Cara Membuat :
  • Masukkan ke dalam Mixer (telur, gula pasir, SP, Vanili, Garam) kocok sampai berwarna putih.
  • Masukkan sedikit demi sedikit tepung ketan hitam sambil aduk sampai merata.
  • Aduk terus adonan sambil masukkan minyak (setengah dulu, aduk adonan, masukkan sisa minyak, lanjut aduk hingga benar-benar rata).
  • Siapkan loyang yang sudah dioles mentega dan terigu.
  • Masukkan adonan ke dalam loyang.
  • Masukkan loyang ke dalam Oven.

Penggunaan Oven Cosmos (CO-9926 RCG) saat membuat Bolu ketan hitam :
  • Panaskan Oven terlebih dulu
  • Masukkan loyang berisi adonan kemudian atur suhu 150 derajat celcius, timer 20 menit, dan pilih posisi elemen pemanas (api atas bawah).
  • Intip-intip dari luar, adonan mengembang sedikit demi sedikit.
  • Tes tusuk. Kalau sudah tidak banyak adonan basah yang menempel di tusukan, tandanya sudah matang.
  • Tunggu timer selesai, dan angkat bolu ketan hitamnya.

Tadaaaa.. ini dia bolu ketan hitamnya sudah jadi.


Oh iya, karena baru pertama kali pakai, awalnya saya cukup kebingungan mengatur suhu dan waktu. Diawal pengaturan waktu saya putar untuk durasi 15 menitan. Tapi setelah timer bunyi, adonannya masih kurang matang. Akhirnya saya tambah durasi 5 menit lagi. Dan tenang saja, karena ada buku petunjuk pemakaian beserta petunjuk waktu dan suhu untuk berbagai olahan makanan seperti untuk kue basah, kue kering, cake, BBQ, ikan panggang, dan lainnya. Sangat berguna bagi yang newbie seperti saya.

Wah seru nih bisa baking dengan Oven, pengalaman pertama memang selalu menyisakan cerita ya. Yang pasti saya belajar banyak deh, tapi sepertinya harus diseringin praktek untuk nambah jam terbang supaya lebih dekat lagi dengan Oven baru nan cantik ini, hihi.

Ngomong-ngomong soal Cosmos, Brand satu ini memang dipercaya sejak dulu ya kualitasnya. Apalagi produk-produknya termasuk Oven Cosmos mudah ditemukan gak hanya di Toko Elektronik, tapi di Supermarket juga ada. Dan bisa dibeli online juga di sejumlah Marketplace seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Shopee (Official Store Cosmos).


Sekarang jadi semangat nih buat bikin-bikin kue, bolu, atau bikin BBQ-an dengan Over Terbaik ini. Makanya mulai rajin intipin websitenya Cosmos di www.cosmos.id karena selain ada info lengkap mengenai produk Cosmos, disana juga banyak resep dan tips yang pastinya bermanfaat bagi saya. Cobain deh intipin juga, pasti bawaannya pengen coba bikin resep yang ada disana satu persatu, hihi.

Dan hasil dari intipin websitenya itu, saya juga jadi tahu kalau Cosmos memiliki Oven seri terbaru yaitu VRL Series yang kapasitasnya lebih besar lagi yaitu  35 liter, 45 liter, dan 66 liter. Wah itu pasti cocok banget ya dipakai Pemilik Bisnis rumahan / Home Industry di bidang kuliner atau Pastry. 

Kira-kira bikin apa lagi ya setelah ini? ada ide? sharing ya Babes di kolom komentar.

See You Around, Babes..



You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar dengan baik TANPA link hidup di kolom komentar. Dan cukup pakai Url blog saja ya teman-teman di ID namanya.

Part Of Author

Part Of Author
Buku Antologi Pertama & Kedua

My Voice Over Here (BTS Dubbing)

Like us on Facebook

Subscribe