Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Akan Jual Beli Mobil Bekas

Monday, May 27, 2019



Katanya sih punya mobil itu simbol kemapanan seseorang, ada juga yang berpendapat kalau punya kendaraan roda empat itu memang sudah jadi kebutuhan tak terelakan di zaman sekarang ini. Dua-duanya benar menurut saya, tergantung dari kondisi si empunya mobil tersebut. Namun sebelum membeli mobil, ada baiknya kita memperhatikan terlebih dahulu beberapa hal dibawah ini :
  • Budget. Ini terpenting nih, apakah kita akan membeli mobilnya secara cash atau kredit. Kalau kredit, itu artinya sudah harus siap dengan angsuran perbulannya selama tenor yang kita tentukan. Pastikan untuk tidak "macet" saat membayar cicilannya, karena itu cek dulu kondisi keuangan kita apakah akan mencukupi dengan kebutuhan bulanan lainnya atau tidak.
  • Jenis Mobil. Tentunya jenis mobil mengikuti dengan budget yang kita punya ya, harus disesuaikan, jangan memaksakan diri. Kalau perlu, pergi ke Pameran Otomotif dulu, siapa tahu ada diskon spesial untuk jenis mobil yang kita mau.
  • Budget Perawatan Mobil. Nah ini juga harus diperhitungkan dari sebelum membeli mobil. Karena sepengalaman saya, setelah membeli mobil, bukan hanya angsuran saja yang harus disiapkan, tapi juga dana untuk perawatannya (baik yang rutin atau mendadak, dan bahkan bisa urgent). Memang sih ada asuransinya, tapi tetap harus bayar preminya kan ya, huhu.
  • Sharing dengan orang yang mengerti dunia Otomotif. Dulu sebelum membeli mobil, saya dan suami sharing terlebih dulu dengan salah seorang Driver di Kantor yang memang dikenal sangat mengerti dunia otomotif. Dari orang tersebut, kami mendapatkan banyak informasi seputar otomotif dari yang basic hingga yang sifatnya expert. Wah, lumayan dapat tambahan ilmu tentang cara mengemudi yang baik dan benar, yang gak didapat saat kursus nyetir.
  • Warna mobil. Awalnya saya gak ngerti kenapa memilih warna mobil ada pertimbangannya juga. Ternyata setelah Googling, warna mobil dapat berpengaruh ke harga jual nantinya. Amannya beli warna mobil dengan warna dasar seperti hitam, putih, atau silver. Tapi tetep aja sih, saat itu yang saya pilih adalah warna merah. LOL.
  • DLL.
Ternyata, memang penting juga untuk memikirkan harga jual dari pertama kita membeli mobil. Karena tidak menutup kemungkinan, dan bahkan sangat mungkin sekali kita menjual mobil kita tersebut suatu hari nanti. Entah karena ingin upgrade ke mobil yang lebih bagus, atau bisa jadi kita kepepet perlu uang sehingga mengharuskan kita menjual kendaraan. Well, anything could be happen anytime.

Dok.Pri. - Ngarep nambah satu biar si merah ada temannya. Amiiin.
 Gak jauh-jauh deh, saya dan Suami saat ini pun mulai kepikiran untuk upgrade mobil lama ke yang baru, berhubung anggota Keluarga sudah nambah satu, jadi rasanya sudah perlu kendaraan yang lebih luas supaya lebih leluasa. Apalagi kalau dipakai mudik, kenyamanan sangat penting selama di perjalanan, terutama saat membawa bayi. Akhirnya kami memutuskan untuk menjual mobil lama kami.

Tapi ternyata, banyak hal yang harus diperhatikan untuk urusan menjual mobil lama ini, banyak juga yang harus disiapkan seperti berikut ini.

Berkas-Berkas penting yang harus dipersiapkan saat akan menjual mobil bekas

Nah, berhubung yang kita jual adalah kendaraan bekas alias second, kita juga harus menjadi Penjual yang baik dan terpercaya kan, karena itu jangan lupa persiapkan berkas-berkas kendaraan yang sangat penting, seperti :
  • BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor)
  • STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan
  • Lembar Pajak
  • Faktur (Bukti Pembelian)
  • Form A
  • Kwitansi Kosong untuk memudahkan Pembeli untuk proses balik nama (jika diperlukan)
Kelengkapan berkas-berkas kendaraan juga dapat mempengaruhi nilai jual dari mobil yang akan kita jual. Dan selain itu, pastikan juga hal-hal berikut saat akan menjual mobil lama :
  • Pastikan kondisi eksterior dan Interior mobil yang akan dijual dalam kondisi yang baik.
  • Cek ke bengkel untuk memastikan kondisi mesin paripurna dan tidak ada bunyi aneh-aneh yang dapat mengganggu Performa saat berkendara.
  • Usahakan jual mobil lama kita oleh kita sendiri sebagai Pemiliknya, supaya lebih enak saat jelasin ke calon Pembeli dan lebih nyaman juga adu tawarnya. Bisa manfaatkan jejaring di Kantor atau juga bisa memanfaatkan Media Sosial yang ada, jangan lupa gunakan hashtag yang tepat.
  • DLL.
Tapi ada kalanya kesibukan membuat kita susah untuk menjual sendiri mobil lama kita, apalagi kalau merasa kurang lihat dalam adu tawar, wah bisa-bisa mobil kita ditawar sedalam-dalamnya sampai kita pasrah membiarkannya dibeli dengan harga rendah. Jangan sampai dong, sebagai solusinya kita bisa gunakan jasa situs jual beli mobil bekas.

Tips memilih situs jual beli mobil bekas

  • Pilih situs jual beli mobil bekas yang mempunyai Inspektor mobil yang terlatih dan handal. Supaya mobil kita diinspeksi dengan baik, dan kita akan mendapatkan rekomendasi harga terbaik.
  • Pilih situs dimana kita akan mendapatkan penawaran terbaik dari calon Pembeli langsung
  • Pilih situs yang proses pendaftarannya mudah dan cepat
  • Lebih bagus lagi kalau kita menjual mobil kita di situs yang membebaskan biaya pendaftaran
  • Dan yang perpenting, pilihlah situs jual beli mobil bekas yang diawasi oleh OJK.
Oke Guys, itu adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat kita akan menjual mobil lama kita, cukup tricky memang ya, tapi dengan bantuan para Inspektor, tentu kita akan sangat terbantu.

Semoga rezeki kita senantiasa dilancarkan, yang sedang menanti kesempatan untuk membeli mobil pertamanya, semoga disegerakan ya. Baik mobil baru maupun bekas, yang penting kita pastikan mobil yang kita beli dalam kondisi yang masih baik untuk meminimalisir kondisi dimana kita harus bolak balik bengkel nantinya.

Semoga informasinya bermanfaat yaa, have a nice day and safe drive you all.


Source Tittle Pic : Pixabay.com

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar dengan baik TANPA link hidup di kolom komentar. Dan cukup pakai Url blog saja ya teman-teman di ID namanya.

Part Of Author

Part Of Author
Buku Antologi Pertama & Kedua

My Voice Over Here (BTS Dubbing)

Like us on Facebook

Subscribe