Gak Ragu! Interlac Merupakan Suplemen Probiotik yang Tepat untuk Keluarga

Saturday, May 27, 2023

Kebiasaan Setelah Pandemi Dinyatakan Usai

Pandemi akhirnya dinyatakan usai setelah kurang lebih tiga tahun kita merasakan banyak perubahan dan kebiasaan baru sebagai Protokol Kesehatan (Prokes) demi terhindar dari virus Covid-19. Begitu banyak cerita selama Pandemi, termasuk perasaan kangen akan kebiasaan yang sebelumnya bisa bebas dilakukan, tapi kemudian harus dibatasi dan bahkan tidak diperbolehkan sama sekali. Huhu, awalnya aneh saat keretaan tapi harus diem-dieman selama di Kereta, gak boleh ngobrol, telponan, dan bentuk interaksi langsung lainnya. Begitupun saat makan di tempat umum, harus jaga jarak sedemikian rupa. Dan peraturan lainnya, yang setelah dua tahun lebih dijalani, lho kok malah jadi kebiasaan baru alias new normal, haha jadi terbiasa ya.

Tapi kehidupan setelah Pandemi memang mengalami perubahan yang signifikan, karena yang aku rasakan, setelah prokes-nya gak seketat dulu, rasanya kayak baru keluar dari "kurungan" yang sebelumnya menghambat ruang bebas. Orang-orang yang sebelumnya lebih banyak beraktivitas di dalam rumah, kembali ke jalanan menuju tempat aktivitasnya masing-masing di luar rumah. Alhasil, jalanan kembali ramai, asap polusi kendaraan kembali tebal, jadi gak takut lagi makan di Resto-resto indoor maupun outdoor, dan gaya hidup modern lainnya.

Apakah itu semua dapat meminimalisir tingkat stress? sayangnya tidak ya. Semua kesibukan yang ada, jika dijalani dengan kurang seimbang, tetap mempunyai resiko stress. Kebiasaan menjaga kebersihan yang berlebihan juga tidak serta merta mampu menghalau resiko dari turunnya imun tubuh kita. Dan semua itu ternyata bisa meningkatkan jumlah bakteri jahat di tubuh kita, begitupun sebaliknya, jumlah bakteri baik malah bisa menurun, dan dapat menyebabkan masalah di pencernaan kita. Wah, malah bahaya kan ya.

Sementara itu, bakteri baik dalam tubuh mempunyai banyak fungsi lho, diantaranya :

  • Untuk menjaga Imunitas
  • Mendorong produksi antibodi
  • Melawan toxic, alergen, dan mikroorganisme berbahaya, hingga 
  • Merawat kesehatan pencernaan.

Pentingnya Memilih Probiotik yang Tepat untuk Keluarga

Sadar akan pentingnya menjaga bakteri baik dalam tubuh, aku jadi makin paham bahwa pemilihan Probiotik gak boleh asal nunjuk atau asal murah aja. Terlebih karena probiotik yang tepat dapat membantu meningkatkan jumlah bakteri baik di tubuh kita, seperti yang diutarakan oleh Reisa Broto Asmoro, selaku Brand Ambassador Interlac, yang juga merupakan seorang Momfluencer, di event Interlac yang aku hadiri dengan tema "Tidak semua bakteri baik, sama baiknya". Di event kemarin, hadir beberapa Narasumber lainnya selain Reisa, seperti Isabelle Ducellier (CEO BioGaia), Derrick Sukamto (Vice Precident PT. Interbat), dan Mohamad Nurhadi (Head of Marketing Interbat Consumer Healthcare).

Narasumber yang hadir

Sesuai tema, Reisa pun mengungkapkan bahwa bukan berarti semua yang berlabel ‘probiotik’ mempunyai manfaat yang sama. Terutama ditengah maraknya produk makanan dan minuman yang mencantumkan kata probiotik di labelnya. 

Eh eh.. bentar, dari tadi bahas Probiotik, tapi pasti masih banyak yang bertanya-tanya, tentang apa sih Probiotik itu? Jadi Guys..

Menurut definisi WHO, probiotik diartikan sebagai bakteri hidup yang jika diberikan dalam dosis yang cukup dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan. Lebih lanjut, WHO menetapkan bahwa masing-masing jenis atau strain bakteri mempunyai manfaat dan keamanan yang berbeda-beda juga. Sebagai contoh, meski sama-sama berasal dari genus Lactobacillus, Lactobacillus reuteri dan Lactobacillus acidophillus ternyata sangat berbeda baik dari sisi manfaat, dosis, hingga tingkat keamanannya.

Kembali ke pendapat Reisa yang juga seorang Mom dari buah hatinya yang mempunyai riwayat alergi, menurutnya Suplemen probiotik yang tepat dapat menunjang kesehatan sejak sebelum lahir sampai lanjut usia. Apa lagi di 1000 hari pertama anak, yang dimulai sejak dalam kandungan hingga usia dua tahun. Ini adalah periode penting yang akan mempengaruhi kesehatan anak sepanjang hayatnya.

Proud to be Interlac's Mom

Btw, aku baru tahu dari pemaparan Reisa kemarin, kalau ternyata mengonsumsi suplemen probiotik juga bermanfaat untuk bayi yang lahir dengan metode caesar. Bayi yang lahir tanpa melalui persalinan per vaginam melewatkan proses transfer bakteri baik dari ibu. Hal ini dapat diperbaiki dengan pemberian suplemen probiotik yang tepat. Selain itu, tidak semua suplemen probiotik itu aman dan cocok untuk dikonsumsi semua usia lho. Salah satu tanda suplemen probiotik yang tepat adalah jika suplemen probiotik tersebut teruji klinis dan aman dikonsumsi segala usia, mulai dari bayi yang baru hahir hingga lansia. Karena itulah, kita dihimbau untuk senantiasa kritis dan paham suplemen probiotik apa yang tepat untuk kita konsumsi.  


Interlac sebagai Probiotik Teruji

Jujur, aku baru tahu pentingnya probiotik untuk kesehatan tubuh kita, baru beberapa tahun belakangan ini. Awalnya sempat bingung, karena ternyata probiotik itu banyak macamnya. Tetapi akhirnya pilihanku jatuh ke Interlac. Interlac sendiri merupakan suplemen probiotik yang hadir di Indonesia sejak 2012, produk kerja sama PT Interbat dengan BioGaia, salah satu perusahaan probiotik terbesar di dunia asal Swedia yang juga dikenal sebagai World Leader in Probiotics. 

Interlac juga dipercaya karena menggunakan strain-strain Lactobacillus reuteri yang telah dipatenkan, teruji klinis, serta memenuhi syarat probiotik dari WHO. Strain Lactobacillus reuteri yang terkandung dalam Interlac telah teruji klinis mendukung pemulihan dari berbagai gangguan kesehatan lho, seperti diare, konstipasi, kolik, dispepsia, infeksi saluran napas, imunitas dan juga lainnya.

Bahkan, menurut Isabelle Ducellier selaku CEO BioGaia, “Strain Lactobacillus reuteri ini adalah strain berpaten dengan uji klinik terbanyak di dunia. Di seluruh dunia, sampai Desember 2022, strain Lactobacillus reuteri yang digunakan Interlac sudah didukung 258 uji klinis pada lebih dari 21.000 partisipan". Tentunya hal tersebut menjadi jawaban ya tentang kebutuhan masyarakat Indonesia akan suplemen probiotik yang tepat manfaat, terjamin keamannya, serta teruji klinis.

Derrick Sukamto, selaku Vice President PT Interbat juga menjelaskan bahwa varian Interlac ini bermacam-macam, dari yang drops, sachet, tablet kunyah, dan tablet hisap. Jadi fleksibel dapat dipilih dan disesuaikan untuk segala umur dan kebutuhan. Fleksibilitas ini punya andil besar dalam penerimaan brand Interlac sebagai probiotik pilihan keluarga Indonesia. Berdasarkan survey Home Tester Club Indonesia di November 2022 terhadap 247 Ibu, 9 dari 10 Ibu memilih Interlac sebagai probiotik untuk menjaga kesehatan saluran cerna keluarganya.

Masih menurut Derrick, “Tahun ini, kami meluncurkan inovasi kombinasi probiotik dan vitamin pertama di Indonesia: Interlac + Vitamin D. Kombinasi ini telah teruji klinis memberikan efek sinergis untuk memperbaiki kesehatan saluran cerna, meningkatkan masyarakat Indonesia akan suplemen probiotik yang tepat manfaat, terjamin keamannya, serta teruji klinis, Vitamin D dalam tubuh dan memperkuat imunitas. Produk ini tersedia dalam bentuk tablet kunyah rasa jeruk, cocok digunakan anak-anak hingga dewasa.”

Interlac Sachet

Di Indonesia sendiri, selama lebih dari 10 tahun ini, efektivitas Interlac sudah diuji ke pasien-pasien Indonesia di 9 uji klinis terpublikasi pada bayi baru lahir, bayi prematur, anak-anak, dan dewasa. Derrick menambahkan bahwa “Bukti efektivitas dan keamanan adalah 2 hal terpenting saat memilih suplemen probiotik untuk kita dan keluarga. Untuk kedua hal ini, kualitas dan keamanan Interlac untuk seluruh anggota keluarga sudah tidak perlu diragukan lagi".


Pengalaman Menjadi Interlac's Mom

Ini nih part yang cukup bikin melankolis nih, karena aku mau share sedikit pengalamanku sebagai Interlac's Mom alias jadi Ibu yang mempercayakan kesehatan pencernaan keluarga kepada Interlac sebagai probiotik andalan. Btw Aku bangga dengan predikat Interlac's Mom ini, karena ini tentang perjalanan panjangku mencari probiotik terbaik, saat anak keduaku (Bil) alergi dan mengalami konstipasi hebat dari sejak bayi.

Interlac, Probiotik tepat pilihan Keluargaku

Hati Ibu manapun pasti hancur melihat anak Bayinya kesakitan dan nangis terus saat merasakan perutnya gak nyaman akibat konstipasi. Seperti itulah hari-hari yang kujalani semenjak Bil lahir. Walau sudah melakukan eliminasi menu makan, supaya ASI-ku "aman" untuk dikonsumsi Bil, tapi tetap saja, Bil selalu nangis dan perutnya kembung hingga keras. Broke my heart.

Saat usia Bil 7-8 bulan, dari hasil konsultasi ke DSA, kami diresepkan probiotik merek lain, tapi sayangnya gak banyak membantu. Sampai akhirnya diresepkan Interlac, barulah bisa bernapas lega walau perjuangan masih terus berlanjut. Setidaknya Bil mulai membaik kondisi pencernaannya, berat badannya bertambah signifikan, lebih ceria, dan jarang rewel lagi.

Aku tentu banyak menggali info mengenai Interlac yang ternyata banyak jenisnya, sempat ikutan beberapa event-nya juga yang lebih membuatku paham akan pentingnya probiotik untuk Anak-anak. Karenanya aku stok gak hanya versi drops, namun juga yang tablet kunyah supaya dapat dikonsumsi Alfath, anak pertamaku yang juga punya riwayat alergi (Dairy Food).

Sekarang, di usia Alfath yang sembilan tahun, dan Bil yang empat tahun, mereka bertumbuh dan berkembang dengan baik. Namun aku tetap konsultasi rutin ke DSA karena alergi anak-anak masih ada hingga saat ini. Dan dokter pun tetap menyarankan penggunaan Interlac sebagai probiotik anak-anak, juga keluarga lainnya supaya bakteri baik dalam tubuh tetap terjaga.

Bil sekarang aku kasih interlac sachet, yang bisa aku kasih tanpa ada drama. Interlac sachet ini emang gak ada rasanya, gak ada baunya, dan gak berwarna. Jadi Bil yang biasanya takut kalau warna air minumnya berubah, gak komplain apa-apa tuh waktu dikasih Interlac, haha the best deh emang. Interlac udah balikin tawanya Bil yang sempat sekian bulan hilang, dan itu berbanding lurus dengan tawa Mamanya ini yang juga ikutan ilang saat itu. Mana bisa happy kalau lihat anak sakit ya kan, apalagi aku pun juga tahu gimana tersiksanya kalau dilanda konstipasi yang aku alami juga semenjak hamil anak pertama, dan jadi keterusan dikarenakan pola makan dan lifestyle-ku yang berantakan.

Aku konsumsi Interlac tablet kunyah yang rasanya enak kayak permen, pantas aja ini ramah untuk segala usia, gak pake debat. Truuuus kabar gembiranya lagi niiih, karena kan sekarang Interlac Pro D, yang merupakan perpaduan suplemen dan vitamin D. Jadi selain buat jaga kesehatan pencernaan, juga buat ningkatin imunitas tubuh kita. Daaaan rasanya ternyata enaaaak, seger rasa mint gitu. Mengkonsumsi suplemen dan vitamin jadi effortless banget sih berkat Interlac, makanya tetap setia ke Interlac suplemen probiotik untuk kesehatan keluarga, yang juga merupakan probiotik anak, probiotik bayi, dan probiotik dewasa.

Interlac Pro-D

Oh iyaaaaa, aku mau mengingatkan juga niiiih, untuk selalu waspada terhadap pemalsuan suplemen, termasuk untuk Interlac ini. Jadi tetap yaaaaa, kalau beli harus di tempat terpercaya, dan jangan mudah tergiur diskon yang alih-alih bikin kita hemat, tapi malah beresiko besar dan membahayakan kesehatan kita dengan produk palsu, yang ujung-ujungnya bikin kita mengeluarkan uang lebih banyak untuk biaya pengobatan. 

Aku sendiri, kalau gak mau ribet, biasanya lebih milih beli online di e-commerce terpercaya seperti DISINI. Selain itu, aku suka cari update info mengenai Interlac di akun-akun Media sosialnya Interlac seperti di Instagram dan Tiktok.

Last but not least, selalu sediakan probiotik di rumah, supaya kesehatan kita dan Keluarga selalu terjaga dengan adanya bakteri baik dalam tubuh. Karena walau gimanapun, aku yakin kita semua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk Keluarga, supaya sehat saluran cernanya, kuat daya tahan tubuhnya.

You Might Also Like

48 komentar

  1. Baru dengar tentang probiotik, bermanfaat banget di masa sekarang yang cuacanya ekstrem. Kadang panas banget, kadang dingin sampai tidak enak badan. Tentunya, sistem kekebalan tubuh pun menurun. Pas banget ada probiotik dari interlac ini. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
  2. alhamdhulilah kami sekeluarga udah sempet nyobain interlac juga mak. terutama anak2 keliatan banget imunitasnya jadi lebih kuat. beberapa bulan lalu pas musim sakit dan banyak anak2 tumbang alhamdhulilah anak2ku sehat makanya sekarang dirutinkan konsumsi interlac

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaaah, sehat-sehat selalu yaaa. Interlac memang probiotik paling tepat ya

      Delete
  3. Wah kalau tahu khasiatnya kek gini, harus stock banyak nih dirumah, sedia payung sebelum hujan

    ReplyDelete
  4. komplet bentuknya ya mbak..tablet, hisap, drop, sachet.. tinggal pilih mana yang cocok (tentunya kalau dewasa ggak pakai drop sih ya hehehe). Kayak anakku, meski masih terbilang anak (kelas 2 SD), tapi malah gabisa minum obat sirup sedangkan sekarang malah lancar minum tablet. Btw kesehatan pencernaan memang penting sekali. Ketika pencernaan terganggu, kondisi kesehatan bagian lain jg gampang terganggu. Ibarat, dapur ada masalah, bagian lain jd ga dapat makanan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget Mbaaa, sering dianggap remeh, padahal krusial banget kesehatan pencernaan tuh

      Delete
  5. Kesehatan saluran cerna memang sangat penting terutama untuk anak-anak agar nutrisi yang diperoleh dari makanan bisa diserap maksimal oleh tubuh. Tapi aku baru tahu kalau ada supelemen probiotik untuk keluarga, jadi ngak perlu repot mencari suplemen lain sesuai usia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, ternyata sepenting itu ya manfaatnya untuk kesehatan

      Delete
  6. Duh, ikutan sedih ngebayangin waktu kecilnya Bil kena konstipasi gitu, pasti gak nyaman banget deh yaa dia, huhuhu. Alhamdulillah ketemu sama interlac ya, jadi pencernaannya insyaAllah bisa lebih terlindungi dan semoga sehat2 seterusnya yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhu, dan sampai sekarang pun masih, karenanya harus selalu sedia Interlac di manapun

      Delete
  7. Saya setuju setelah pandemi berakhir, kebiasaan baik jangan sampai ditinggal. Cuci tangan, makanan sehat, pola hidup bersih, dan konsumsi vitamin serta interface salah satunya

    ReplyDelete
  8. Memang sih, hati orang tua mana yang gak hancur menyaksikan buah hati selalu menangis kesakitan karena gak enak pada perutnya ya Mbak. Untung lah ketemu solusi dengan Interlac Probiotik. Masalah terselesaikan. Inshaalla Bil tumbuh jadi anak sehat, cerdas, baik hati, sholeh dan jadi kebanggan orang tuanya. Amin

    ReplyDelete
  9. betul mba, banyak hal yang perlu kita jaga selalu, terutama kesehatan. Interlac akan sangat membantu kita untuk memastikan kesehatan kita selalu oke

    ReplyDelete
  10. Probiotik adalah asupan yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh
    Memberikan probiotik pada keluarga jadi salah satu cara kita dalam menjaga kesehatan keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus selalu pastikan bakteri baik ada di dalam tubuh kita

      Delete
    2. Jangan sampai bakteri baik kita kalah oleh bakteri jahat ya

      Delete
  11. Wow banyak banget manfaat dari Interlac ya bun. Btw kalo untuk dewasa boleh sampai usia berapa ya?

    ReplyDelete
  12. Jujurly, walau kegiatan terbatasi prokes, aku lumayan menikmati suasana lengang di jalan. Diskon brg2 bahkan kebutuhan pokok di pasar jg jauh lbh murah. Skrg semua balik ke luar, jalanan macet, polusi. Dan memang kita perlu melindungi diri dan keluarga. Interlac adl pilihan baik bagi kelg ya. Dan agar lbh baik lagi mendingan beli di tempat resmi saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Plus minusnya ada ya memang, aku juga kadang malah merindukan suasana saat pandemi. Tapi di semua situasi memang challenging ya.

      Delete
    2. Yess, pastikan selalu beli Interlac di tempat-tempat terpercaya

      Delete
  13. kedua anakku lahir caesar, dan waktu bayi mereka emang rentan banget sakit,
    dan waktu itu aku ga tau baiknya konsumsi probiotik
    jadi makin aware nih mau kasih anak-anak suplemen probiotik mulai sekrang untuk jaga kesehatan mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selalu sedia Interlac untuk kesehatan buah hati adalah pilihan terbaik

      Delete
  14. Reminder ini...memang ya jika saluran cerna sehat daya tahan tubuh kuat, karenanya wajib nih menyediakan probiotik di rumah, supaya kesehatan kita dan keluarga selalu terjaga dengan adanya bakteri baik dalam tubuh kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena saat kita mengalami gangguan dengan pencernaan, biasanya akan merembet kemana-mana kalau gak langsung ditindaklanjuti ya

      Delete
  15. Interlac yang untuk anak ini aku juga selalu sedia di rumah mbak, karena memang untuk memenuhi probiotik baik. Kalau yang untuk dewasa ini aku belum nih, nanti mau juga ah sedia untuk di rumah jadi penasaran sama rasanya sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeayy, cuss sediakan dan stok di rumah, aku suka deh rasanya yang tablet kunyah, entah yang rasa buah ataupun yang terbaru yang Pro D rasanya mint segar dan semriwing, hihi

      Delete
  16. Bener banget Kak kalau anak bayi sakit pasti seorang ibu itu sedih banget untuk itu diperlukan interlac membantu kesehatan pencernaan

    ReplyDelete
  17. Nah ini menarik nih..
    Gak semua label probiotik memenuhi kriteria yang beneran bisa bantu jaga kesehatan cerna. Kudu teliti dan banyak baca referensi, jadi mantap memilih suplemen probiotik yang terbaik, Interlac.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuuul, karena semakin marak nih Brand Probiotik, harus semakin jeli dalam memilih yang tepat

      Delete
  18. iya mbak, samaan denganku aku juga sudah beberapa tahun ini sejak saki lahir aku menyediakan interlac untuk anak anakku, awalnya buat saki tapi terus ternyata interlac itu bisa untuk anak dan dewasa, jadi sekalian untuk untuk sediaan sekeluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaaa, aku juga awalnya sedia hanya yang untuk Anak-anak, tapi akhirnya stok untuk dikonsumsi dewasa juga mengingat manfaatnya yang banyak

      Delete
  19. Anak aku cocok pakai produk ini Mba. Reaksi obatnya cepat hingga bantu cepat atasi keluhan anak. Meski agak mehong ya

    ReplyDelete
  20. Boleh dicoba nih minum Intetlac Pro D. Bisa jaga kesehatan saluran cerna juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

    ReplyDelete
  21. Ini salah satu probiotik yang direkomendasikan oleh dokternya anakku mbak. Ini juga membantu saat pencernaan anak2 bermasalah. Aku sih baru tau yang varian tablet kunyahnya yang Interlac Pro-D dan sekarang rutin konsumsi juga. Alhamdulillah merasa pencernaan jadi jarang bermasalah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaaah, sepertinya Interlac ini jadi yang selalu direkomendasikan Para dokter ya, dan memang cocok juga untuk keluargaku terutama anak-anak. Sehat-sehat selalu ya Mba April sekeluarga :)

      Delete
  22. Bakteri pun ada yang baik ada yang "jahat" bagi tubuh ya mbak, dan tidak semua bakteri baik itu sama baiknya.
    Nah iya nih, saya pun beberapa kali nemu makanan/minuman yang ditujukan buat anak-anak mengklaim mengandung probiotik.
    Interlac banyak macamnya ya, bisa dipilih sesuai kebutuhan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba, pemahaman tentang bakteri ini ternyata harus kita pelajari ya, termasuk dalam pemilihan probiotik. Demi anak-anak dan seluruh keluarga sehat selalu. Dan iya, Interlac banyak pilihan jadi bisa disesuaikan dengan siapa yang mengkonsumsi.

      Delete
  23. Wow, Interlac makin komplit ya kandungannya. Makin beragam juga produknya. Aku dulu cuma pakein ke anak bungsu, waktu usianya 2-3 tahun gitu. Dia yang perutnya gampang kolik, rewel banget, jadi lebih tahan dan gak rewel lagi. Keren lah Interlac. Semoga makin dipercaya semua keluarga untuk kuatkan daya tahan tubuh seluruh anggota keluarga, ya.

    ReplyDelete
  24. Gak diragukan lagi memang. Dari anakku bayi kolik sampai sekarang sangat menbantu

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar dengan baik TANPA link hidup di kolom komentar. Dan cukup pakai Url blog saja ya teman-teman di ID namanya.

Part Of Author

Part Of Author
Buku Antologi Pertama & Kedua

My Voice Over Here (BTS Dubbing)

Like us on Facebook

Subscribe