Menata Ruang Kerja Jadi Asik Supaya Lebih Semangat Bekerja di Rumah

Wednesday, August 07, 2019


Mempunyai ruang kerja sendiri di rumah adalah hal yang sudah saya niatkan sejak lama. Selain bekerja Full Time Kantoran, pekerjaan saya sebagai Blogger mengharuskan saya fleksibel bekerja di manapun terutama di rumah. Bisa berjam-jam duduk di depan laptop dengan deadline yang menanti untuk diselesaikan.

Apalagiii, saat ini saya sedang vakum dari dunia Perkantoran, alhasil saya bekerja sehari-hari di rumah dan seringkali saya mudah merasa bosan. Bayangkan saja, terbiasa dengan ruangan Kantor yang luas, mejanya banyak karena Karyawannya juga banyak. Kalau bosan di meja sendiri bisa main-main ke meja Teman, atau pergi ke Studio untuk Dubbing. Yess, pekerjaan saya di Kantor se-dinamis itu, dan saya fun banget ngerjain semuanya.

Bukan berarti di rumah saya jadi ngga "have fun", tapi gimanapun situasi dan kondisi memang sangat menentukan mood untuk bekerja, setuju gak sih? Well, anggap saja kalian setuju.

Trus gimana dong?

Cara terbaik ya dengan membuat suasana bekerja di rumah jadi lebih asik, dimulai dengan rapikan meja kerja jadi tempat kerja yang cozy dan "gue banget" menurut versi kita masing-masing, karena saya yakin kalau setiap orang punya seleranya sendiri yang berbeda dengan selera orang lain. Atau kalau ingin menbuat konsep unik yang general, bisa banget searching di Pinterest, atau Googling aja maka kita akan dapetin konsep ruang kerja yang kita suka.

Hal diatas ternyata dibahas serius namun santai oleh Pembicara-pembicara kece di acara Indonesia Properti Expo, hari Rabu 31 Juli 2019 kemarin. Dua Pembicara-nya adalah Mba Adelya yang seorang IRT & Freelance Interior Designer dan Kak Zata Ligouw yang merupakan Content Creator Senior yang selama ini cukup menginspirasi saya. Domoderatori oleh Teh Ani Berta yang juga merupakan seorang Content Creator Senior dan Founder dari Komunitas Indonesian Social Blogpreneur dan Startup Female Digest.

Tip & Trick Menata Ruang Kerja di Rumah

Sangat menarik sharing-nya Kak Zata mengenai "Tip & Trick Menata Ruang Kerja di Rumah". Ini menarik disimak terutama kalau kita kebingungan berhubung di rumah tuh udah sempit dan gak ngerti lagi kalau mau bikin ruang kerja sendiri mesti dimana, gak ada kamar/ruangan kosong, semua diisi. Nah lho.

Guys, santaaai.. karena pasti selalu ada solusi untuk setiap kebingungan kita. Kak Zata ngasih beberapa saran yang bisa banget kita aplikasikan, seperti :

  • Siapin tempat khususnya dulu untuk meja kerja. Ini gak harus satu ruangan utuh kok, cari aja pojokan yang sekiranya masih cukup untuk disimpen meja kerja, entah itu di ruang tamu, ruang keluarga, atau di kamar sekalipun. Kalau ada satu ruangan kosong tentunya lebih mantap ya.
  • Siapin meja dengan ukuran yang pas. Mejanya gak usah yang gede-gede banget kalau ruangannya memang sempit atau kecil. Sesuaikan aja, kita bisa sambil kira-kira kok pokoknya yang penting cukup untuk nyimpen laptop dan beberapa file pekerjaan.
Ohya, meja kerja itu bentuknya macam-macam ya, bisa beli langsung di Toko atau custom sesuai keinginan, bebas. Harganya beragam, karenanya bisa disesuaikan dengan budget kita, jangan memaksakanya. Untuk pernak-perniknya juga bisa disesuaikan dengan karakter kita. Sepengalaman saya, penataan dan hiasan di meja kerja sangat berarti dan berpengaruh terhadap suasana hati saat bekerja lho.

Hal yang senada disampaikan juga oleh Teh Ani Berta, meja kerja itu penting supaya kita bisa bekerja lebih rapi, lebih semangat dan Profesional. Saya tahu banget kalau Teh Ani bahkan menyisihkan budget untuk membeli kursi khusus untuk kerja yang harganya gak murah menurut saya. Tapi itu sepadan dengan kenyamanan selama bekerja, apalagi Teh Ani pekerjaannya sangat padat, kalau sedang penuh deadline, bisa bekerja seharian tanpa khawatir badan pegal. Duh, mupeng deh lihat kursi di meja kerjanya Teh Ani. Someday mau beli juga rasanya.

Pentingkah Aksesoris di Ruangan Kerja?

Penting bangeeet. Saya sendiri sengaja beli aksesoris yang cukup menunjang pekerjaan saya terutama secara psikis. Beberapa diantaranya seperti :
  • Papan dengan Quote membangun, supaya kalau saya mulai merasa lelah, semangat kendor, saya bisa baca Quote-nya dan kembali semangat. Sejauh ini, cukup efektif lho.
  • Kawat motif persegi yang bisa saya pakai untuk menggantung post note, foto, karyanya Alfath (Anak pertama saya), dll. Ini semacam "mood board" seperti yang disarankan Kak Zata juga nih.
  • Bunga, selain untuk pemanis, bisa juga digunakan untuk properti foto.
  • Kalender, biasanya pajang Kalender dari Kantor Suami. Lol.
  • Dll.
Inginnya sih lebih banyak lagi aksesorisnya, namun sayangnya belum bisa karena meja kerja saya masih mungil. Ohya btw, saya menyimpan meja kerja saya di pojokan kamar dekat jendela supaya bisa bekerja saat Anak-anak tidur siang, jadi bisa sambil mengawasi mereka, setelah beberapa kali dipindah-pindahkan dari mulai ruang depan, ruang TV, akhirnya diangkut ke kamar juga.

Aksesoris sendiri mempunyai banyak manfaat, bisa untuk membuat mood kita tetap terjaga, mempercantik ruangan, dll. 

Selain mengenai menata ruang kerja di rumah, dibahas juga oleh Mba Adelya mengenai tip & trick menata rumah mungil. Ini juga seru banget pembahasannya, karena pasti akan sangat berguna banget untuk saya menata rumah mungil yang belum sempat banyak direnovasi tapi tetap dapat mencukupi kebutuhan Anggota Keluarga, dan tetap punya space untuk ngopi-ngopi cantik.



Kalau intipin akun Instagramnya @adelyavk duuuh dibikin ngiler banget dengan konsep huniannya yang hommy, minimalis dan kekinian (instagramable pulaaa) walaupun space-nya tidak terlalu luas. Konsep seperti ini memang perlu komitmen dari Penghuni rumah juga ya menurut saya, karena harus bisa konsisten untuk tidak terbiasa lagi menumpuk dan menimbun barang-barang yang sudah tidak diperlukan juga, apalagi saya orangnya suka yang dikit-dikit mikir, "jangan dibuang takut nanti butuh", akhirnya ya numpuk, berdebu dan malah bikin ruangan jadi gak enak dilihat, sementara di Gudang pun udah numpuk.

Kalian sendiri gimana nih, apakah selama ini menata rumah atau ruang kerja dengan konsep yang "kalian banget", atau cuekin aja deh yang penting ada buat berteduh dan ada buat kerja? hihi, setelah baca tulisan ini pasti tergerak dooong buat sedikit menata supaya jadi lebih rapi.

Yuk ciptakan rumah dan ruang kerja kita menjadi tempat yang paling nyaman karena disanalah kita bisa banyak menghabiskan waktu produktif. Semangaaaat.



You Might Also Like

4 komentar

  1. Wah iya nih Mbak, menata ruang kerja itu juga bisa menambah semangat dalam bekerja ya

    ReplyDelete
  2. Setuju banget nih Mbak, dengan adanya kata motivasi itu juga bisa untuk memotivasi diri sendiri

    ReplyDelete
  3. Wah seru banget nih Mbak acaranya. Menata ruang kerja itu memang juga bisa mempengaruhi kita

    ReplyDelete
  4. Iya mbk, kalo rumah rapi, meja kerja rapi terus tertata dengan baik, mood jadi enak gitu.. Semangat kerja di rumah

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar dengan baik TANPA link hidup di kolom komentar. Dan cukup pakai Url blog saja ya teman-teman di ID namanya.

Part Of Author

Part Of Author
Buku Antologi Pertama & Kedua

My Voice Over Here (BTS Dubbing)

Like us on Facebook

Subscribe