Caraku Jaga Kesehatan Kulit & Tubuh Saat Berpuasa

Thursday, March 21, 2024

Selama Ramadan, salah satu yang gak boleh terlewatkan adalah merawat kesehatan kulit dan tubuh. Karena hal itu berperan penting juga terhadap kelancaran Ibadah kita selama Ramadan. Apalagi karena kulitku sensitif dan sering berada di ruangan ber-AC, jadi mudah kering dan bahkan suka sampai mengelupas kulitnya. Kelamaan kena AC, badanku juga jadi sering linu-linu hingga ke tulang rasanya, pegelnyaaa minta ampun. Tentunya aku gak mau dong Ibadah Ramadanku keganggu dengan hal-hal tersebut.

Karenanya, aku tetap jaga kondisi tubuh dan juga tetap rawat kesehatan kulitku selama Ramadan, dengan cara yang aku rasa semua orang bisa lakukan, termasuk kalian yang mudah mager (malas gerak) kayak aku, haha. Walau sedang berpuasa, tantangan melawan mager ini memang harus ditaklukkan. Gak mudah tapi juga gak mustahil kaan.


Caraku Menjaga Kesehatan Kulit & Tubuh Selama Berpuasa

Salah satu kunci supaya badan kita tetap bugar walau sedang berpuasa, adalah dengan menjaga tubuh supaya tetap terhidrasi. Namun, bukan berarti kita juga sengaja mengurangi aktivitas gerak secara drastis. Karena tubuh perlu tetap gerak supaya gak mudah terkena penyakit. Kali ini, aku mau share beberapa tips yang biasa aku lakukan dalam menjaga kesehatan kulit dan tubuh.

1. Minum air putih yang cukup

Sebelumnya aku punya kebiasaan jelek soal minum air putih. Karena kesibukan kerjaan, malah jadi suka lupa minum. Padahal hausnya sih berasa, tapiiiii, aku selalu menunda dan beralasan, "tar lagi deh, tar ngerjain ini dulu", sampai beneran lupa gak minum-minum. Nanti sadarnya pas malam, baru ngeuh kalau seharian itu kok jarang pipis ya. Dan saat setelah mandi, kerasa banget kulit di beberapa area tubuhku kering banget. Kalau diingat-ingat, paling aku minum gak nyampe dua liter dalam seharinya. Kecuali, kalau di hari itu ada jadwal untuk mengisi suara, aku pasti bawa-bawa botol minumku ke Studio, itupun gak jarang aku minum cuma beberapa teguk.

Kebiasaan jelek yang seperti itu ternyata memberikan dampak negatif yang signifikan, tubuhku jadi mudah lemas, mudah radang, power suara susah keluar karena tenggorokan mudah kering, jadi sering nge-blank atau susah fokus, mudah sakit kepala, dan kulitku pun jadi kering dan kusam.

Hal diatas yang akhirnya menyadarkanku untuk lebih perhatikan asupan air minumku setiap harinya, termasuk saat sedang berpuasa. Walau dari Subuh hingga Magrib gak makan minum, tapi kebutuhan cairan bisa tetap dipenuhi sesuai anjuran yaitu minimal 2 liter setiap harinya. Caranya kita bisa atur di jam berbuka hingga jam sahur. Kalau perlu, siapkan air minum kita ke teko yang ada keterangan takaran airnya, jadi kita bisa ukur udah seberapa banyak air yang kita minum.

Kalau belum terbiasa, awalnya memang akan terasa berat dan malesin, padahal "cuma" minum air putih. Alasannya macam-macam, dari mulai merasa kembung hingga kelupaan karena ngantuk. Sementara saat sahur, minumya juga sedikit, hikss.

Nah, tips dari aku, setelah berbuka puasa, coba deh kurangi minuman-minuman berwarna seperti soda, kopi, minuman boba, dan lainnya. Sepengalamanku, kalau kebanyakan minum yang seperti itu, bikin malas minum air putih/mineral. Walau sama-sama air, tapi beda efek ke badan kitanya. Air putih tetap yang terbaik.


2. Makan Makanan berserat

Kebiasaan makan "sembarangan" sepertinya udah bukan hal baru, terutama di daerah Perkotaan dengan aktivitas padat, sering membuat kita berpikir, "udah bisa makan kenyang aja syukur banget", ataaaau "ribet aaah, makan yang ada aja dulu", tanpa mikirin kandungan dan manfaatnya.

Aku termasuk yang sering mikir gitu juga, apalagi dengan kerja di sektor yang intensitas kerjaannya super padat, dan deadline yang nonstop 24/7, telat makan tuh udah gak aneh. Jadi udah susah mikirin menu makan sehat, harus ada yang ngingetin dulu baru deh. Tapi itu dulu, sekarang aku ubah mindset-ku, jangan keenakan nunggu diingetin orang lain, kitanya harus sadar diri akan apa yang tubuh kita butuhkan. Apalagi kalau udah kambuh konstipasi-nya, hmmm gak enak banget kan rasanya.

Di menu-menu makanan yang kita konsumsi setiap harinya, tetap usahakan kebutuhan tubuh kita akan serat, terpenuhi. Kalau kalian masih merasa itu ribet, aku pun masih struggling kok. Tapi percayalah ini merupakan salah satu investasi jangka panjang buat perjalanan kita di Dunia. Kalau kita ditakdirkan dikasih umur yang panjang, tentunya kita pengen jalani jatah hidup itu dengan sehat bugar, gak yang mudah jompo dan malah nyusahin orang sekitar kan yaa. Jadi, sangat layak untuk diperjuangkan, seriously!.

Untuk makanan-makanan penuh serat, jenisnya banyak banget, dengan mudah bisa kita temukan di sekitar kita. Aku biasanya makan buah yang kandungan airnya banyak, dan beberapa buah favoritku adalah jeruk, pear, semangka, dan melon. Bisa diolah jadi sup buah, salad buah, jus/smoothies, atau langsung dimakan aja gak usah dimacem-macemin.

Selain buah, konsumsi sayuran juga harus cukup, favoritku adalah sayuran-sayuran hijau, wortel, mentimun, tomat, dan lainnya yang notabene harganya relatif terjangkau, dan cara ngolahnya pun mudah. 


3. Sempatkan Olahraga

Saat dengar kata olahraga, dulu aku mikirnya adalah aktivitas yang berat-berat, makanya belum apa-apa udah mager duluan. Ternyata, ngga seseram itu, apalagi sekarang semakin banyak aktivitas olah tubuh yang menyenangkan, dan sama-sama membuat sehat jika dilakukan secara tepat.

Pasti kalian udah sering nemuin konten-konten olahraga seru di eksplor atau melintas di FYP kalian, seperti Zumba, Yoga, Cardio Stick, Trampolin, dan lainnya. Kelas-kelas olahraga semacam itu juga kian marak diadakan dan bisa diikuti siapapun tanpa harus menjadi member tempat gym tertentu karena bisa bayar per-kelas atau per-kedatangan.

Semakin banyak pilihan, harusnya bisa mengurangi alasan kita buat gak olahraga. Tinggal kita tentukan jenis olahraga apa yang sesuai dengan minat dan kondisi tubuh kita aja. Untukku pribadi, selama berpuasa ini tetap melakukan Yoga dengan gerakan yang disesuaikan. Beberapa teknik Yoga cukup membantu untuk melatih pernapasan, juga membuat badan gak kaku dan gak mudah pegal. Selain itu, dengan rutin Yoga, tubuhku jadi gak mudah masuk angin.

Karena kebetulan aku lagi gak nge-gym di Studio, aku biasanya melakukan beberapa gerakan ringan (dengan atau tanpa beban) yang bisa aku lakukan di Rumah. Aku menghindari gerakan-gerakan yang membuatku banjir keringat, supaya tidak mudah merasa haus. Tapi, kalau kalian ingin melakukan gerakan yang cukup extreme, bisa lakukan di jam-jam menjelang berbuka atau malam selepas Sholat Tarawih. 

Selain jenis-jenis olahraga diatas, banyak juga olahraga lainnya yang bisa dilakukan seperti badminton, tenis, atau jogging. Intinya disesuaikan dengan kondisi tubuh kita juga. Prinsipku adalah, gak mau terlalu "keras" lagi ke diri sendiri, yang penting aku jalaninnya happy dan konsisten. Terlebih karena kemarin-kemarin dokter menyatakan tempurung lutut kananku geser karena cedera saat olahraga, aku jadi lebih berhati-hati lagi nih sekarang, kalau lari juga tipis-tipis dulu aja, yang penting geraaak!.


4. Pakai Skincare dan Bodycare secara rutin

Skincare yang dulunya aku abaikan, sekarang jadi seperti kebutuhan dasar sehari-hariku. Ada beberapa skincare yang biasa aku gunakan, seperti toner, sunscreen dan moisturizer. Aku biasanya pilih skincare yang ada kandungan aloe vera dan SPF minimal 30, karena bisa bikin kulitku lebih lembap dan terlindungi dari paparan sinar UV.

Sementaraaa, untuk bodycare, aku selalu pakai body lotion yang dipakai setelah mandi, dan scrub yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati, dan melembapkan. Ritual scrubbing ini juga sekaligus menjadi ajang untuk relaksasi dan me time yang menyenangkan.


5. Minum Suplemen dan Vitamin

Jika diperlukan, kita juga mengkonsumsi Suplemen dan Vitamin sebagai penunjang kesehatan. Namun, tetap konsultasikan dengan dokter kalian ya mengenai jenisnya. Jangan sampai salah memilih Vitamin atau Suplemen, terutama jika kita mempunyai lambung yang sensitif atau kondisi tubuh lainnya yang harus diwaspadai.

Menjaga kesehatan kulit dan tubuh saat berpuasa, harusnya tidak susah selama kita punya keinginan yang kuat. Semoga apa yang aku share disini bisa memberikan semangat untuk kalian semua yang sudah mampir. Ini dapat menjadi ajang kita untuk meraih pahala yang lebih banyak juga kan ya, Amiiin.

Btw, kalau kalian biasanya melakukan apa saja supaya tetap bugar selama menjalankan Ibadah di Bulan Suci? yuk, share di kolom komentar.

You Might Also Like

1 komentar

  1. Sebenernya kalo udh terbiasa skincare-an dan olahraga, di saat puasa pun biasanya ttp akan konsisten melakukan. Krn itu yg aku rasain mba. Merawat kulit udh sejak zaman sekolah digojlok ama mama, hrs terbiasa merawat kulit, minum jamu dll. Trus kalo workout sejak 2020 aku konsisten ngelakuin. Jadi malah kalo sampe skip, berasa ga enak bgt.

    Skincare msh kayak biasa. 10 Korean steps aku rutin lakuin pagi dan malam.

    Tapi kalo workout aku kurangin durasinya. Biasa bisa 1 jam, kali ini 30 menit aja kombinasi olahraga beban dan treadmill. Tapi ngelakuinnya msh 4x seminggu.

    Cuma supaya ga lemes, biasa 1 jam sebelum buka mba. Jadi capeknya ga lama 😄

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar dengan baik TANPA link hidup di kolom komentar. Dan cukup pakai Url blog saja ya teman-teman di ID namanya.

Part Of Author

Part Of Author
Buku Antologi Pertama & Kedua

My Voice Over Here (BTS Dubbing)

Like us on Facebook

Subscribe