Tips & Trik Supaya Menu Ramadan Gak Itu-Itu Lagi

Wednesday, March 20, 2024


Ramadan memang selalu penuh cerita, kalau kalian baca tulisanku sebelumnya pasti tahu kalau salah satu wishlist Ramadanku tahun ini adalah ingin sering berlama-lama di Dapur bikin menu-menu penuh cinta untuk disantap sekeluarga.

Kemampuan masakku yang masih cetek ini memang jangan dikasih ekspektasi berlebih sih, haha. Tapi hidup di era yang udah serba teknologi, memudahkanku untuk upgrade ilmu terus perihal dunia masak. Beruntungnya aku ada di tengah-tengah Blogger hebat yang banyak menguasai ilmu "perdapuran". Jadi kalau udah mentok ide menu apa lagi yang mau dibikin, tinggal intipin aja akun-akun resep mereka.

Terima kasih yaaa teman-teman Food Bloggers-nya akuuuuu. Love!

Nah, semakin kesibukan bertambah, manajemen waktu harus lebih dioptimalkan lagi. Urusan dapur memang jadi salah satu hal krusial di rumah, ya gak sih? Kehangatan keluarga bermula dari kehebohan yang terjadi di dapur biasanya.

Tapiiiii, repot juga ternyata ya kalau saat Ramadan gini, harus masak untuk buka puasa dan sahur, tanpa bikin Keluarga bosan dengan menu yang itu lagi itu lagi. Hmmmm... hidup kita memang penuh tantangan Manteman, tetap semangat dan mari kita berkreasi saja.

Ini Caraku Supaya Gak Bosan dengan Menu Masakan

Sebagai orang yang sejujurnya malas ribet, aku punya trik tersendiri supaya gak bosan dengan menu di Rumah. Beberapa diantaranya adalah :

1. Food Preparation

Food Prep ini udah harus banget dilakukan, demi menghemat waktu, tenaga, dan pikiran. Selain itu bisa menghemat budget, dan tentu aja bikin mood selama masak juga lebih oke. Jadi dari seminggu sebelum, tentukan menu apa aja yang mau dibikin untuk seminggu kedepan. Belanja bahan-bahan masakannya  bisa sekaligus, yang sekiranya aman disimpan di Kulkas selama seminggu.


Untuk Sayuran, sebagian aku beli di Warung dekat rumah, dan untuk Sayuran tertentu aku beli di Supermarket karena aku lagi suka sayuran segar organik atau hidroponik.

Untuk menentukan menu, biasanya aku juga ingat-ingat Resto yang pernah aku kunjungi dan masakannya enak sesuai lidahku. Sekiranya bisa bikin sendiri, aku langsung siapkan bahan-bahannya. Nah, kebetulan aku lagi suka makan di Resto yang menunya Suki & BBQ, jadi aku beli bahan-bahan untuk bikin Suki juga sebagai salah satu menu berkuah.

Selebihnya aku siapkan Ayam beberapa kilo untuk diungkep, dan karena Alhamdulillah dapat kiriman rendang cukup banyak, jadi aku gak perlu beli daging sapi. Kalau mau tambahkan menu ikan juga boleh banget, tapi kebetulan di minggu pertama Ramadan ini kami skip.


2. Mengakali Menu

Haha istilahnya "mengakali" banget yaaa. Soalnya ini salah satu trik yang biasa aku terapkan di Rumah. Jadi saat aku bikin rendang, biasanya bumbu rendang (nan lezat) itu aku banyakin. Nah kali ini stok rendangku juga bumbunya banyak jadi bisa banget dimanfaatkan. Karena, selain bisa dinikmati langsung dengan nasi putih, bumbu rendang bisa kita "akalin" untuk bikin Nasi Goreng bumbu Rendang, Mie Goreng Rendang, dan lainnya. 


Selain itu, ayam ungkep pun aku bikin dua macam, yaitu ayam ungkep lengkuas yang bisa langsung digoreng dan dinikmati. Satu lagi ayam ungkep biasa (tanpa lengkuas yang dihaluskan), yang nantinya bisa di"akalin" jadi ayam bakar kecap, ayam bakar BBQ, ayam suwir kemangi, ayam suwir kecap, dan lainnya. Khusus untuk ayam ungkep biasa, ngungkepnya gak terlalu lama (karena nanti akan diolah dan ditambah bumbu lagi), yang penting udah ada bumbu meresap aja.


3. Memanfaatkan Sisaan Bahan Baku

Yang ini sebenarnya jadi "Jalan Ninja" buat aku yang kalau udah pusing mau bikin apa, trus lihat isi kulkas tinggal sisaan seadanya. Misal stok bumbu dasar udah mau abis pula, naaah udah deh di pikiranku cuma ada satu, yaitu bikin "Nasgor suka-suka".

Jangan salah lho, menu yang terkesan sejadinya alias sekenanye kayak gini biasanya malah digemari di Rumah. Kalau kata Alfath, "bikin Nasgor aja, tapi dibikin Spesial yaaa", haha. Memang jadi spesial sih karena semua sisa bahan yang ada dijadikan toping Nasgornya, wkwk.


Dan jadilah beberapa Nasgor Darurat tapi rasanya mantap betul ala kami seperti Nasgor bumbu Rendang yang dilengkapi telur dan sayuran. Selain itu, sering juga bikin Nasgor "gila" ala-ala Abang Nasgor TIM (Taman Ismail Marzuki) yang selalu rame itu. Karena cukup mudah bikinnya, tinggal racik topingnya (ayam, telur, sosis, apapun yang bisa dijadikan toping nasgor deh, tambahkan bumbu sesuai selera), lalu nanti tinggal disiramkan ke nasi putih. 

Selain Nasgor, kalau masih ada sisaan bumbu rendang di Kulkas, bisa juga dipakai untuk bikin mie goreng rendang atau mie instan rendang seperti yang aku tulis diatas, dijamin rasanya nagiiih.

Wah, nikmat mana lagi yang bisa kita dustakan? 

Intinya, jangan biarkan ada stok di Kulkas yang terbuang percuma. Optimalkan hingga bisa jadi menu-menu yang lezat mengenyangkan. Dan karena  dibikinnya penuh cinta, pasti nikmatnya juga beda ya.

Nah, itu dia beberapa Tips & Trik ala-ala Dapurku supaya menu di Rumah ngga membosankan dan itu-itu lagi. Ada yang samaan gaaak?. Semoga bermanfaat dan menginspirasi yaaa. Makasih sudah mampir ke Blog-ku yaaa. Semangat berpuasaaa!.



You Might Also Like

1 komentar

  1. Aku juga bukan tipe yg suka masak mba, makanya skill masak ya disitu2 aja 🤭😅. Yg penting ada makanan hangat tiap hari.

    Tapiii aku juga benci nyisain makanan.. Makanya kdg kalo ada lebih masakan, pasti aku olah lagi ntah dibikin nasi goreng atau lainnya.

    Cuma selama ramadhan, aku lbh suka nyetok frozen, kayak ayam ungkep , tekwan, dll. Jd bisa cepet juga. Soalnya udh bilang ama suami, selama Ramadhan aku ga mau masak. Bukan napa2, kasih takaran bumbu nya itu sering failed 🤣. Krn ga bisa diicip, seringnya hambar atau keasinan hahahah. Ya Udhlah beli aja slama Puasa.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar dengan baik TANPA link hidup di kolom komentar. Dan cukup pakai Url blog saja ya teman-teman di ID namanya.

Part Of Author

Part Of Author
Buku Antologi Pertama & Kedua

My Voice Over Here (BTS Dubbing)

Like us on Facebook

Subscribe