Bagi-Bagi Dividen dan Lakukan Stock Split, Saratoga (SRTG) Menjadi Solusi Investasi di Kala Pandemi

Thursday, April 29, 2021

 


Saatnya bicara Investasi!

Pandemi memang memberikan dampak signifikan di berbagai aspek kita sehari-hari ya, salah satunya adalah dalam hal ekonomi, dan ini sangat krusial. Bagi yang masih dapat menyisihkan dananya untuk berinvestasi sekalipun diterpa Pandemi, pasti akan lebih waspada memilih jenis investasi. Khusus bagi yang suka investasi dengan jual beli surat berharga di Pasar Modal, juga akan lebih "pilih-pilih" Perusahaan untuk dibeli sahamnya.

Pas nih bahasannya! Rabu, 28 April 2021 kemarin saya mengikuti Paparan Publik RUPS PT. Saratoga Investama Sedaya Tbk. (Kode Saham : SRTG) yang memberikan kabar gembira bagi Para Pelaku Ekonomi terutama bagi yang mempunyai Saham SRTG. Untuk yang baru berencana untuk melakukan Investasi yang bersifat long term (jangka panjang), info ini harus disimak baik-baik nih, karena bisa jadi ini merupakan solusi berinvestasi di kala Pandemi seperti sekarang.


Saratoga Siap Bagi-Bagi Dividen, Apa Alasannya?

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), PT. Saratoga Investama Sedaya Tbk. (SRTG) membagikan kabar gembira karena telah menyetujui adanya pembagian Dividen yang sangat besar yaitu senilai Rp. 298,43 Miliar atau Rp. 110 per-saham. Selain itu, dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang telah digelar usai RUPST juga disampaikan tentang persetujuan terhadap usulan Manajemen Saratoga melakukan Stock Split (pemecahan nilai saham) dengan Rasio 1:5.

Pembagian Dividen untuk Para Pemegang Saham ini adalah bagian dari komitmen Perseroan yang ingin terus memberikan nilai tambah yang optimal, dan hal ini juga menggambarkan bahwa strategi Investasi Saratoga berada di jalur yang tepat, seperti yang dijelaskan oleh Presiden Direktur Saratoga yaitu Michael W.P. Soeryadjaya.

Selain akan berdampak positif untuk Para Pemegang Saham yang akan “kecipratan” Dividen, hal ini juga tentunya akan sangat menarik perhatian Para Calon Investor di Pasar Modal Indonesia dong ya. Menurut saya, performa dari Perusahaan itu jadi hal yang pertama saya lihat saat ingin melakukan investasi. Terutama strategi-strateginya dalam upaya untuk bertahan di berbagai kondisi. Dan kita tahu, Pandemi ini bukan hal mudah untuk dilalui, namun Saratoga dapat bertahan dan bahkan peningkatan performanya cukup signifikan.


Performa Saratoga di Tahun 2020

Bicara mengenai Performa, semenjak Pandemi yang melanda awal tahun 2020 lalu, Saratoga berhasil membuktikan bahwa kondisi yang penuh ketidakpastian tersebut tidak menghalanginya untuk menjaga momentum pertumbuhan portfolio investasi secara positif. Walaupun terjadi penurunan aktivitas ekonomi secara global dan Nasional, Saratoga berhasil menumbuhkan nilai aset bersih (net asset value/NAV) Perseroan hingga 39% menjadi Rp. 31,70 Triliun.

Selain itu, Nilai Investasi Saratoga di PT. Merdekan Copper Gold Tbk (MDKA) tahun lalu mengalami peningkatan sebesar 120% menjadi Rp. 10,18 Triliun. Begitupun di PT. Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) yang tumbuh 56% menjadi Rp. 12,64 Triliun. Yang lebih mantap lagi, Saratoga ini juga berhasil membubukan pendapatan dividen di tahun 2020 kemarin sebesar Rp. 750 Miliar.

Perusahaan-perusahaan yang memiliki andil akan angka diatas adalah PT. Adaro Energy Tbk (ADRO) dengan nilai Rp. 215 miliar, kemudian PT. Tower Bersama Infrastruktur Tbk (TBIG) dengan nilai Rp. 214 miliar, PT. Mitra Pinasthika Mustika Tbk. (MPMX) dengan nilai Rp. 210 miliar dan PT. Provident Agro Tbk (PALM) dengan nilai Rp 105 miliar.

Strategi Saratoga sendiri memang fokus mempertahankan ketahanan operasional baik pada Perusahaan Induk, maupun seluruh Perusahaan portfolio. Dan tentu saja, tetap mengutamakan prinsip kehati-hatian (prudent) terutama dalam mengelola semua resiko yang ada, dan konsisten menerapkan strategi diversifikasi. Dukungan dari Pemegang Saham yang sangat baik pun, menjadi kekuatan untuk Perseroan dapat mengeksekusi setiap rencana investasi. 



Komitmen Saratoga Mendukung Pemerintah dalam Pemulihan Ekonomi

Dalam hal pemulihan ekonomi yang sangat terdampak Pandemi, Saratoga berkomitmen untuk mendukung Pemerintah, dengan cara terus mengoptimalkan investasi terutama di lini bisnis yang memang menjadi kebutuhan utama Masyarakat. Dan sebagai upaya supaya lebih banyak pasar yang terjangkau serta dapat menjadi solusi bagi Masyarakat, Perseroan akan mendorong Portfolio Investasi untuk menjalankan ekspansi Bisnis. Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh Direktur Investasi Saratoga yaitu Devin Wirawan.

Ekspansi yang ada di lini Kesehatan, yaitu PT. Famon Awal Bros Sedaya atau yang lebih kita kenal sebagai Primaya Hospital, kini terus memberikan layanan medis terbaiknya, di berbagai cabang/daerah di Indonesia. Tidak sampai disitu, Primaya Hospital pun akan meluncurkan 4 Rumah Sakit baru. Kemudian di lini digital, PT. Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) juga terus memperkuat infrastruktur telekomunikasi dengan mengakuisisi 3.000 menara dari PT Inti Bangun Sejahtera Tbk. (IBST) untuk mendukung percepatan digitalisasi.

Direktur Investasi PT Saratoga Investama Sedaya Tbk. (Saratoga) Devin Wirawan (kiri) dan Investor Relation Team Saratoga Ryan D


Ini benar-benar hal yang berpotensi besar untuk menarik perhatian siapapun yang sedang mencari Partner Investasi di Pasar modal menurut saya. Apalagi dari semua yang saya tulis diatas, belum mencakup semuanya lho, masih banyak achievement Saratoga di tahun 2020 yang cukup bikin Para Pelaku Saham tidak akan berpikir panjang untuk segera berpartner. Saratoga serius dalam menjalankan berbagai aksi korporasi yang membuktikan komitmennya untuk memaksimalkan setiap peluang yang ada di tengah tantangan bisnis yang saat ini masih dinamis.

Bertambah satu lagi bukti bahwa harapan itu selalu ada, untuk kita bangkit dari keterpurukan, dengan bijak berinvestasi. Dan seperti yang saya sampaikan diatas bahwa ini bisa saja menjadi solusi investasi di tengah Pandemi. Bagaimana menurut kalian kawan, tertarik beli sahamnya Saratoga? Kalau iya, tos dulu dong!



You Might Also Like

27 komentar

  1. pt saratoga masih memberikan laporan keuangan yg positif walaupun dimasa pandemi seperti sekarang ini. Pilihan pas untuk yg suka berinvestasi.

    ReplyDelete
  2. saat pandemi memang kita dihadapkan pilihan sulit untuk berinvestasi ya mba. Yang pasti benar - benar harus dicermati nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benaar, harus lebih teliti untuk "membaca" situasi juga ya Mba

      Delete
  3. Penting juga investasi untuk masa depan ya. Teman-temanku juga banyak nih sekarang yang investasi saham, kebanyakan memang untuk disimpan jangka panjang. Tentunya harus cermat juga ya memilih perusahaan mana yang bagus untuk dibeli sahamnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yess Mba, Investasi Saham ini sifatnya long term, karenanya penting menggunakan dana yang memang sudah diperuntukkan untuk jangka panjang ya Mba.

      Delete
  4. Pandemi tidak lantas memukul telak semuanya ya, ada saja yang bisa bangkit dengan gagah seperti Saratoga ini.

    ReplyDelete
  5. mantap banget sih ini strategi saratoga dalam mencari partnernya. kalau dilihat2 pembagian devidennya lumayan jg ya.
    ini untuk pembelian yg minimal dari bulan apa mba? atau ada info gak sih tiap bulan apa aja? atau setahun sekali tiap mei ini?

    ReplyDelete
  6. Jadi nih manajemennya Saratoga ternyata punya ketahanan yang prima (halah) di masa pandemi ini. Saat yang lain berusaha bertahan, ini malah bagi0bagi dividen. Jadi inget kalau bulan ini rencanaku nambah saldo reksadana belum aja, alasannya riweuh hihihi. Aku mau juga dong kebagian dividennya

    ReplyDelete
  7. masa pandemi gini, tapi PT Saratoga mau bagi-bagi dividen sampai ratusan milyar. Mantap banget ya.
    Sudah mengakuisisi 3000 menara milik PT Inti juga. Keren banget

    ReplyDelete
  8. Berinvestasi jadi pilihan cerdas masa sekarang. Saya juga mulai mencari peluang investasi yang bagus untuk membuat uang bekerja. Saratoga bisa jadi solusi nih, karena harga sahamnya terjangkau.

    ReplyDelete
  9. Wah saya baru tau nih ada perusahaan yg bergerak pada bidang investasi. Informasinya sangat bermanfaat nih, bisa nambah wawasan ttg investasi.

    ReplyDelete
  10. Saratoga nih semakin menujukkan bahwa dia adalah perusahaan investasi terkini dan slalau profit. Makasih sudah mengulasnya mba

    ReplyDelete
  11. Salut sama Saratoga yang memberikan investasi jangka panjang, apalagi Pandemi ini membuat kita semua hampir terpuruk. Tinggal bagimana bangkit lagi, cuss mulai invest lagiii..

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah ya masih ada aja yg bertahan di tengah keterpurukan ekonomi kyk skrng ini. Investasi dr perusahaan2 kykgini emang dibutuhkan.
    Mbak kalau mau beli sahamnya apa bisa gtu via aplikasi2 saham yg lg heits, trus ada minimal beli berapanya gak? #nanya2dulu :D

    ReplyDelete
  13. makasi banget infonya kak, udah setahun ini cuti investasi mesti dipupuk lagi semangat berinvestasinya.

    ReplyDelete
  14. wah keren banget ya saratoga ini, di masa pandemi masih bisa bagi-bagi dividen. salut!

    ReplyDelete
  15. Solutif banget ini Saratoga
    menyenangkan bgt kalo invest dan dapat dividen ya
    cuan banyak.

    ReplyDelete
  16. Saratoga ini cakeo bener ya. Apalagi dengan pembagian dividen ya say. Jadi pengen gitu punya sahamnya.

    ReplyDelete
  17. Menurut aku investasi ini sangat penting banget ya apalagi di tengah pandemi ini kita harus pintar-pintar untuk berinvestasi

    ReplyDelete
  18. Di saat seperti sekarang ini memilih untuk berinvestasi adalah pilihan yang tepat sekali. Apalagi Saratoga ini memang sudah tak diragukan lagi ya. Aku jadi penasaran ini pengen ngintip-ngintip Saratoga.

    ReplyDelete
  19. Nah postingan ini aku share ke teman yang memang bergerak di bidang yang membutuhkan informasi seputar investasi
    Katanya juga dia pernah dengar Saratoga, maka kusurh baca sajalah ini

    ReplyDelete
  20. wah berarti hebat banget ya saratoga ini
    ditengah pandemi gini pembagian devidennya lumayan besar ya mbak
    ini untuk pembelian mulai dari brp ya mbak?

    ReplyDelete
  21. duh happy banget ya kalo udah bagi-bagi dividen gini. investasi jadi berasa semakin nyataaahhh. hihihi. Jadi pengen invest di saratoga ini deh, mau kepoin dulu aaah. makasi infonyaaa

    ReplyDelete
  22. naiknya gede banget ya
    jarang-jarang ada perusahaan di pandemi yang naik banget kayak gini apalagi di masa pandemi
    beruntungklah yang beli sahamnya

    ReplyDelete
  23. Wah bisa nih buat investasi saham apalagi lihat keuntungan pertahunnya nih jadi pengen ikut beli saham nya

    ReplyDelete
  24. Wow banyak juga ya dividen yang dibagi. Di tengah pandemi gini pula baginya. Jadi ada harapan bahwa ekonomi Indonesia akan terus bangkit

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar dengan baik TANPA link hidup di kolom komentar. Dan cukup pakai Url blog saja ya teman-teman di ID namanya.

Part Of Author

Part Of Author
Buku Antologi Pertama & Kedua

My Voice Over Here (BTS Dubbing)

Like us on Facebook

Subscribe