Tetap Aman Berinvestasi selama Pandemi bersama Prudential Indonesia & Eastspring Indonesia

Sunday, June 21, 2020


Kalau lihat foto diatas, seperti tergambarkan betapa Keluarga merupakan Aset Berharga. Bisa ketawa bareng dan jalani hidup sehat (jiwa raga) sekeluarga, adalah dua harapan yang selalu ada dalam do'a. Mengupayakan setiap kebersamaan selalu berkualitas karena itu juga adalah cara saya dan Keluarga berinvestasi momen. Supaya Anak-anak juga tahu, bahwa Mama Papanya akan selalu ada, kini, nanti, dan selamanya.

Namun selain itu, perencanaan financial untuk masa depan juga sangat penting. Apalagi kalau ingat biaya Sekolah SD sekarang yang setara dengan DP rumah, wow sekali ya. Tapi di masa Pandemi kayak gini, apa kabarnya Investasi? Malah banyak yang asetnya dicair-cairkan untuk pegangan. Dan ternyata, tidak sedikit yang menjadi paranoid untuk berinvestasi. Karena takut, alih-alih dapat untung, malah 'buntung".

Ya, sedikit flashback ke beberapa bulan lalu, tepatnya bulan Maret 2020, kita dihadapkan dengan situasi dan kondisi Dunia yang sangat mengejutkan. WHO secara resmi mengumumkan Covid-19 sebagai Pandemi Dunia. Hampir seluruh kegiatan perekonomian dihentikan sementara, Kantor-kantor dan Sekolah dikosongkan, dan semua aktivitas dilakukan #DiRumahAja

Dalam pengamatan kacamata saya pribadi, sangat wajar jika Masyarakat merasakan ketakutan dan ketidakpercayadirian, mengingat perekonomian saat ini yang turut terdampak oleh Pandemi. Kejadian yang mengagetkan semua pihak, datangnya tidak terduga, dan membuat banyak orang yang kewalahan karena tidak ada persiapan untuk menghadapi situasi semacam ini.


Mending yang punya simpanan masih bisa tertolong setidaknya untuk menutupi kebutuhan sehari-hari. Namun berbeda cerita bagi yang sama sekali tidak ada simpanan atau investasi. Bingung, dan tidak mustahil akan mengalami keputusasaan.

Hiks, jangan sampai ya. Disinilah kita menyadari betapa pentingnya berinvestasi. Tapiii, di kondisi seperti ini apa memungkinkan? Misal kita mempunyai sedikit dana, harus dialokasikan kemana supaya dapat bermanfaat di kemudian hari?

Hemmm.. bingung gak sih?

16 Juni lalu, saya mengikuti webinar yang membahas mengenai "Investment Highlight and Market Outlook", yang diadakan oleh PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) sebagaipemimpin pasar industri asuransi jiwa Indonesia, dan Eastspring Investments Indonesia (Eastspring Indonesia) yang merupakan perusahaan Manajer Investasi dengan Total Dana Kelolaan terbesar di Indonesia dan yang telah dipercayakan mengelola investasi Nasabah Prudential Indonesia.

Prudential dan Eastspring ingin berbagi rasa optimis khususnya kepada Masyarakat, terkait dengan kondisi pasar Indonesia, untuk tetap mengatur perencanaan jangka panjang dengan tetap berinvestasi. Tentu supaya mencapai imbal investasi yang lebih tinggi di era new normal.


Semenjak Pandemi, pasar modal baik di Dunia maupun Indonesia memang mengalami koreksi. Adanya Pembatasan Wilayah Berskala Besar di sejumlah Negara yang diberlakukan Pemerintah pun berdampak pada perlambatan ekonomi.

Novi Imelda selaku Chief Investment Officer Prudential Indonesia mengatakan bahwa untuk menanggapi kondisi pasar dalam negeri yang saat ini terdampak oleh Pandemi dan tekanan global, maka Prudential Indonesia bersama Eastspring Indonesia telah mengambil sejumlah strategi sebagai langkah untuk meminimalisasi volatilitas Investasi Nasabah.

Ada beberapa hal yang menjadi kekuatan bagi Prudential dan Eastspring Indonesia, diantaranya :
  • Sebagai pemimpin pasar dengan pengalaman mendalam di sektor keuangan, Prudential Indonesia dan Eastspring Indonesia, mempunyai posisi kuat untuk senantiasa mendampingi Nasabah-nasabahnya menghadapi kondisi pasar yang penuh ketidakpastian.
  • Adanya pengalaman menjaga kepercayaan nasabah di masa krisis sebelumnya, yaitu krisis finansial 2013 lalu dan peramh dagang AS-Tiongkok.
  • Kedua Perusahaan didukung oleh Performa yang kuat. Saat kondisi pasar bergejolak di tahun 2019 lalu, Prudential Indonesia mencatat Total dana Investasi yang menguat yaitu sebesar 3% menjadi Rp. 74,5T dari tahun sebelumnya yaitu sebesar Rp. 72,1T.
  • Di Tahun yang sama, terdapat catatan hasil investasi sebesar Rp. 5,4T, didorong oleh pemulihan Indeks Harga Saham Gabungan (ISHG). Sementara Eastspring Indonesia mencatat total dana kelolaan sekitar Rp. 92,08 triliun per-31 Desember 2019 yang terbesar di Indonesia.

Dengan fakta-fakta diatas, tidak perlu diragukan ya betapa Prudential Indonesia dan Eastspring Indonesia juga akan menerapkan prinsip kehati-hatian secara optimal, dalam pemilihan saham dan hanya yang memiliki fundamental baik dan pendanaan yang kuat, terutama di era normal baru (new era) ini dalam pengelolaan investasi Nasabah-nasabahnya.

Bagi Nasabah yang tertarik terhadap Investasi Obligasi pun tidak perlu khawatir karena kedua perusahaan ini berkonsentrasi pada Obligasi Pemerintah yang dianggap lebih likuid. Dengan harapan dapat meminimalisir risiko, namun tetap efektif dalam meningkatkan kinerja saat nanti pasar kembali pulih.

Mba Novi juga menjelaskan bahwasanya Para Nasabah senantiasa akan disuguhi portofolio dana investasi yang beragam. Seperti PRUlink Rupiah Equity Fund, PRUlink Fixed Income Dan PRUlink Cash Fund, yang sejak awal peluncurannya mencatatkan hasil yang positif.

Karena hal tersebut, penting bagi Para Nasabah untuk memastikan Polis mereka aktif supaya senantiasa mendapatkan perlindungan dan tetap berinvestasi sesuai dengan profil resiko dan tujuan keuangan masing-masing.


Pasar Indonesia Akan Pulih dalam Jangka Waktu Menengah dan Panjang

Dalam Webinar kemarin, selain dari pihak Prudential, turut hadir juga Bapak Alan T. Darmawan, selaku Chief Executive Officer dari Eastspring Indonesia. Bapak Alan mengatakan bahwa di tingkat global, sentimen pasar masih akan cenderung negatif dan volatilitas pasar masih tinggi.

Bapak Alan optimis memprediksi kondisi di Pandemi ini masih dapat terkendali namun tidak dalam waktu singkat. Namun begitu, ekonomi akan terus tumbuh, walaupun produktivitasnya menurun selama beberapa bulan sehingga memperlambat pertumbuhan.


Menurut pandangan Bpk. Alan, berdasarkan pengalaman, situasi yang terjadi saat ini hanyalah fluktuasi sementara dan bahwa pasar Indonesia akan pulih dalam jangka waktu menengah dan panjang. Hal tersebut diakibatkan stabilitas fundamental ekonomi makro Indonesia yang relatif stabil.

Dan menurutnya, justru di kondisi sekarang, terdapat kesempatan bagi Nasabah untuk lanjut berinvestasi supaya   dapat mencapai imbal investasi dalam jangka panjang yang lebih tinggi.


Indonesia Memiliki Fundamental Makroekonomi Indonesia yang Masih Cukup Kuat dan Stabil


Tidak dapat dipungkiri bahwa Pandemi Covid-19 ini telah mengubah arah kebijakan ekonomi Pemerintah. Namun, Indonesia sendiri memiliki fundamental makroekonomi Indonesia yang masih cukup kuat dan stabil, secara jangka panjang, tentunya karena didukung juga oleh konsumsi domestik yang dapat menopang pertumbuhan ekonomi di masa-masa mendatang.

Eastspring Indonesia ini juga sudah cukup lama menjadi salah satu penandatangan Peinsip-prinsip untuk Investasi yang bertanggung jawab inisiatif PBB.

Dan demi mendukung transparansi informasi, mulai 2020 ini, Prudential Indonesia mempublikasikan Top 10 Instrumen Investasi pada Fund fact sheet bulanan yang dapat diakses oleh tenaga pemasar dan nasabah.


Tidak hanya itu, komposisi Top 10 untuk setiap dana Investasi per-posisi akhir 2019 juga diinformasikan kepada Nasabah.

Ibu Novi dan Bpk. Alan mempunyai harapan yang besar supaya kondisi pasar dan ekonomi dapat segera pulih dan kondusif. Volatilitas pasar memang masih tinggi, namun Para Nasabah diharapkan tetap tenang dan melakukan Investasi secara berkala hingga tujuan Investasi tercapai. Keep calm and invest on!

Yuk, Tetap Berinvestasi walau di Masa Pandemi!

Dengan paparan diatas, sepertinya sudah cukup memberikan pencerahan ya Sobat Invest, untuk kita menyisihkan rasa takut dan tetap berinvestasi walaupun saat ini Pandemi memang belum berakhir. Kita bisa mempercayakan Investasi jangka panjang kita kepada Prudential Indonesia dan Eastspring Indonesia.

Dengan tetap Investasi, maka harapan yang semakin baik di masa depan tetap dapat diraih bersama. Dengan pertimbangan yang matang dan tempat berinvestasi yang tepat.





You Might Also Like

13 komentar

  1. Ikut webinar kemarin tuh beneran kasih banyak masukan. Bener ya sekarang ini waktu yang tepat buat investasi juga loh. Pengen banget net, cuman dana terbatas banget nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. I feel you, karena harus pindahan pula kan ya, huhu. Tapi jadi dapat pencerahan banget ya kalau di masa kayak sekarang justru jangan ikutan panik dan cair-cairin investasi, biarin aja toh nanti akan stabil lagi dan bahkan kemungkinan akan bagus lagi Gain-nya.

      Delete
  2. Sebulan pertama masih OK, tapi memasuki bukan2 berikutnya jadi ngos ngosan banget hadapin pandemi ini mba Han, mau sedih berlarut2 juga spetinya gak ada guna. Alhamdulillah nya saat ini masih ada asuransi dr Prudential juga, sepertinya after pandemi sudah seharusnya memikirkan investasi juga nih mba han. Semoga pandemi segera berakhir dan bisa back to normal biar investasi ku segera terwujud aamin ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin Ya Rabb, iya harus tetap positif thinking ya apapun kondisinya, Insya Allah akan segera membaik dan kembali stabil semuanya. Semangaaaat!

      Delete
  3. Memang kondisi sedang sulit. Tapi namanya juga berjuang buat masa depan, mesti pandai2 mengelola uang supaya tetap bisa investasi. Sepertinya produk baru ini bisa dicoba

    ReplyDelete
  4. Meskipun perekonomian saat ini sedang terguncang saat pandemi, saya masih percaya untuk berinvestasi dengan Prudential. Udah trebukti performanya sekian lama

    ReplyDelete
  5. Baca artikel ini jadi semakin mantap untuk berinvestasi dimasa pandemi, karena investasi itu penting ya. Semoga pandemi cepat berlalu ya.

    ReplyDelete
  6. Saya belum pernah mencoba investasi nih Mba. Terus selama pandemi ini juga jadi mikir kalo kita itu sebaiknya jangan cuma saving di tabungan aja dan penghasilan jangan hanya bersumber dr satu aja.

    ReplyDelete
  7. Setuju banget dengan poin bahwa mencairkan investasi di masa pandemi itu bukan solusi banget. Malah harusnya jangan dulu karena pada saatnya situasi membaik, akan memberi nilai tambah ya Han :)
    Nuhun pencerahannya Han.

    ReplyDelete
  8. Buat orang yang baru belajar investasi memang rada-rada ngeri untuk memulai investasi di masa seperti sekarang ini. Butuh trust yang tinggi dengan perusahaan dan jenis investasinya. Tapi kalau Prudential lumayan terjaminlah. Udah jelas track record-nya.

    ReplyDelete
  9. Saya pun tidak merubah arah investasi saat ini meskipun pandemi. Tetapi memang lebih kearah proporsional. Agar kita juga bisa bertahan ditengah kondisi saat ini dan tetap memikirkan investasi buat masa depan.

    ReplyDelete
  10. Huaaah Eastspring dan Prudential ini kerjasama ya Mbak? Aku sering lihat saham dan reksadana rdai Eastspring ini. Semoga Aja beneran segera pulih ya perekonomian Indobesia

    ReplyDelete
  11. melihat dampak pandemi beberapa bulan lalu, membulatkan tekad saya untuk ikut berinvestasi setelah tanggungan saya berakhir beberapa bulan lagi. makasih mbak info artikelnya membantu bgt

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar dengan baik TANPA link hidup di kolom komentar. Dan cukup pakai Url blog saja ya teman-teman di ID namanya.

Part Of Author

Part Of Author
Buku Antologi Pertama & Kedua

My Voice Over Here (BTS Dubbing)

Like us on Facebook

Subscribe