Keren! Philips UV-C Disinfection Desk Lamp Mampu Lumpuhkan Virus dengan Cahaya

Thursday, October 08, 2020



Kurang lebih tujuh bulan ini Indonesia diterpa Pandemi Covid-19. Banyak penyesuaian yang dilakukan demi memutus rantai penyebaran virus mematikan ini. Yang paling harus digalakkan adalah Protokol Kesehatan 3M (Menggunakan masker dengan baik dan benar, Mencuci tangan secara rutin, dan Menjaga jarak).

Terlebih karena saat ini, Covid-19 sudah memasuki Klaster Keluarga atau sudah masuk ke Rumah-rumah. Dengan kata lain, virus ini secara nyata semakin mendekati kita. Bukan untuk menakut-nakuti, namun kewaspadaan itu haruslah ada, dan sebisa mungkin kita melakukan langkah-langkah real untuk mencegah anggota Keluarga terkena Covid-19.


Pentingnya Desinfeksi untuk Membunuh Mikro Organisme Penyebab Penyakit

Hal yang harus selalu kita ingat bahwa mikro organisme yang dapat menyebabkan penyakit selalu mengintai kita. Karena mereka berukuran kecil dan tak terlihat, seringkali membuat kita abai, padahal adanya virus, bakteri dan mikro organisme patogen lainnya dapat membayakan kesehatan terutama di masa Pandemi seperti sekarang.

Penting sekali untuk melakukan desinfeksi ruangan terutama di Rumah supaya anggota Keluarga senantiasa terlindungi dan terhindar dari resiko penularan penyakit. Banyak yang sudah melakukan penyemprotan disinfeksi baik terhadap ruangan, orang setelah bepergian, ataupun paket yang datang ke rumah, untuk meminimalisir virus yang ada di luar terbawa masuk ke rumah. Tapi banyak yang belum menyadari pentingnya sinar UV-C untuk melumpuhkan mikro organisme tersebut.


Philips UV-C Disinfection Desk Lamp mampu Lumpuhkan Virus dengan Cahaya

Berita gembiraaaa..

Jadi, sekarang ini sudah hadir lampu dengan sinar UV-C yang bisa kita gunakan untuk mendesinfeksi ruangan di rumah kita sendiri dari virus dan bakteri secara efektif. Signify sebagai Pemimpin Dunia di bidang pencahayaan, memperkenalkan portofolio UV-C bagi Konsumennya, berinovasi dan berkontribusi dalam pemenuhan kebutuhan desinfeksi yang semakin meningkat.


Rami Hajjar selaku Country Leader Signify Indonesia mengatakan, "Saat Dunia sedang menyesuaikan diri dengan tantangan dan adaptasi kebiasaan baru karena Covid-19, kami berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan desinfeksi yang semakin meningkat, dengan memperkenalkan produk UV-C konsumen pertama kami". Wah bangganya dengan Signify yang berada di garis depan inovasi UV-C profesional ini.

Apa sih Teknologi UV (Ultra Violet) itu ?

Sinar Ultra Violet (UV) yang tidak terlihat oleh mata manusia terbagi menjadi tiga, yaitu UV-A, UV-B, dan UV-C.

UV-C ditemukan dalam kisaran 100-280 nm. Dalam grafik dapat dilihat bahwa aksi pembasmi kuman (germicidal) dimaksimalkan pada 265 nm dengan reduksi di kedua sisi. Lampu Philips UV-C tekanan rendah memiliki emisi utama pada 254 nm dimana aksi pada DNA adalah 85% dari nilai puncak dan 80% pada kurva IES.

Hal tersebut yang membuat lampu meja Philips UV-C ini sangat efektif dalam memecah DNA mikroorganisme. Dan itu berarti mereka tidak dapat mereplikasi dan menyebabkan penyakit. Resistensi efektif mikroorganisme terhadap sinar UV berbeda-beda. Selain itu lingkungan dari mikroorganisme tertentu sangat mempengaruhi dosis radiasi yang diperlukan untuk melawannya. *)


Kelebihan-Kelebihan Philips UV-C Disinfection Desk Lamp

  • Membantu menonaktifkan 99% virus (termasuk SARS-CoV-2, yaitu virus yang menyebabkan Covid-19) dan bakteri dengan waktu paparan 6 detik pada permukaan.
  • Membantu menjaga rumah kita tetap bersih dari mikro-organisme berbahaya.
  • Mudah digunakan dengan panel kontrol ringkas dan dilengkapi panduan suara internal.
  • Perlindungan ekstra dengan sensor terintegrasi yang mendeteksi gerakan dari manusia.
  • Langsung mematikan lampu jika terdeteksi adanya gerakan.
  • Dalam hitungan menit, secara efektif melumpuhkan virus, bakteri, jamur, dan spora yang menimbulkan bahaya tak terlihat di Rumah.
  • Menggunakan dosis yang melebihi dosis yang diperlukan untuk menonaktifkan sebagian besar kuman yang telah diuji terhadap paparan sinar UV-C.
Source : TVC Philips UV-C Disinfection Desk Lamp

Dengan semua kelebihan diatas, Philips UV-C Disinfection Desk Lamp ini sangat penting untuk mendesinfeksi ruangan ya. Apalagi karena kebersihan benda-benda dan permukaan di rumah sangat berdampak besar pada kesehatan dan kesejahteraan kita. Apalagi kita semua beresiko tertular atau menularkan virus dan kuman saat menyentuh barang. Dan cara yang efektif dan terbukti menetralkan virus dan bakteri adalah dengan penyinaran UV-C.


Pengalaman Menggunakan Philips UV-C Disinfection Desk Lamp di Rumah

Sebelum menggunakan Philips UV-C Disinfection Desk Lamp ini, saya membaca dengan seksama petunjuk dan tata caranya terlebih dulu. Penggunaannya harus sangat hati-hati berhubung paparan sinar UV-C sangat berbahaya untuk mata dan kulit kita.

Source : TVC Philips UV-C Disinfection Desk Lamp

Beberapa Hal yang Harus diperhatikan Saat Menggunakan Philips UV-C Disinfection Desk Lamp :
  • Selalu membaca petunjuknya terlebih dulu untuk memastikan langkah-langkahnya benar.
  • Pastikan tidak ada Orang lain atau hewan di Ruangan yang akan di desinfeksi.
  • Pilih durasi pemakaian sesuai dengan luas ruangan.
  • Tinggalkan ruangan yang akan di desinfeksi sesaat setelah men-setting lampu
  • Pastikan tidak memasuki ruangan selama masa penyinaran belum selesai
  • Rapikan kembali Philips UV-C Disinfection Desk Lamp dalam kemasan setelah selesai dipakai.
  • Simpan Philips UV-C Disinfection Desk Lamp di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan Anak-anak.
Nah Guys, jadi walaupun ada sensor yang akan membuat lampunya mati saat terdeteksi ada gerakan manusia atau hewan, kita tetap harus berhati-hati ya. Begitupun untuk perawatannya harus baik supaya tetap awet dan dapat dipakai lebih lama lagi.


Durasi Penggunaan Philips UV-C Disinfection Desk Lamp

Untuk durasi atau lamanya penyinaran, memang tergantung dengan ukuran ruangan dan jenis permukaan atau benda-benda yang ada di ruangan tersebut, juga jarak paparannya. Sebagai gambaran, saya tulis dibawah ya.
  • Ruang Keluarga : Durasi 45 menit - 28m², dengan jarak 3m
  • Kamar Tidur : Durasi 30 menit - 20m², dengan jarak 2,5m
  • Kamar Kecil : 15 menit - 13m², dengan jarak 2m

Kehadiran Philips UV-C Disinfection Desk Lamp di Rumah sangat mengurangi keresahan kami, dan saya pun meyakini saat psikis kita terjauh dari stress, maka imun tubuh pun akan senantiasa baik. Karenanya, Philips UV-C Disinfection Desk Lamp ini sangat direkomendasikan untuk dimiliki setiap Keluarga di Rumah masing-masing.

Jangan khawatir bagi yang ingin membeli lampu UV-C ini karena mulai pertengahan tahun ini, Philips UV-C Disinfection Desk Lamp akan tersedia di Toko ritel dan Platform e-commerce tertentu seperti Shopee dan Tokopedia. Atau bisa langsung kunjungi websitenya DISINI.

Stay safe and healthy ya Guys! Bersama kita taklukkan Covid-19!



*) Referensi : https://www.lighting.philips.co.id/id/consumer/uv-c-lighting

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar dengan baik TANPA link hidup di kolom komentar. Dan cukup pakai Url blog saja ya teman-teman di ID namanya.

Part Of Author

Part Of Author
Buku Antologi Pertama & Kedua

My Voice Over Here (BTS Dubbing)

Like us on Facebook

Subscribe