Kolaborasi Saratoga dan SMK ORA et LABORA Mencetak Lulusan Kompeten Siap Kerja

Friday, July 23, 2021


"Setelah lulus Sekolah nanti langsung dapat kerja gak ya?"

Pertanyaan diatas adalah salah satu yang umumnya ada dibenak Adik-adik Siswa terutama yang bersekolah di Sekolah Menengah Kejuruan. Di SMK, semua Siswa dipersiapkan untuk lebih terampil hingga akhirnya siap kerja saat sudah lulus. Namun apakah semua Sekolah dapat menjamin Para Siswanya memperoleh Pekerjaan setelah mereka lulus nanti? pada kenyataannya, masih banyak lulusan SMK yang tidak terjamin pekerjaannya. Ini semacam pengingat juga untuk Saya sebagai Ibu dari dua orang Putra, yang harus pintar jika nanti ingin menyekolahkan Anak ke Sekolah Kejuruan. Jangan sampai Siswa hanya terbengong-bengong setelah kelulusan, karena bingung harus mulai dari mana untuk mendapatkan Pekerjaan.

Sekolah Vokasi adalah salah satu Sekolah yang banyak dicari saat ini, alasannya tentu karena Para Siswa akan dididik dan dipersiapkan untuk menjadi lulusan siap kerja dengan keterampilan dan keahlian tertentu. Hal tersebut juga yang dapat menjadikan mereka menjadi SDM yang siap bersaing secara global.


SMK ORA et LABORA Mencetak Lulusan yang Terampil dan Siap Kerja bersama Saratoga

Sekolah Menengah Kejuruan ORA et LABORA (SMK OeL) adalah Sekolah Kejuruan yang layak direkomendasikan bagi Adik-adik Siswa yang ingin membentuk diri menjadi siap kerja setelah kelulusan, terutama yang memang sudah tertarik untuk terjun di bidang kelistrikan. Terlebih karena PT. Saratoga Investama Sedaya Tbk. (Saratoga) memberikan support penuhnya kepada SMK OeL yang berkompetensi Keahlian Teknik Pembangkit Listrik. PT. Saratoga Investama Sedaya, Tbk. (Saratoga, kode saham: SRTG) merupakan Perusahaan investasi aktif terkemuka di Indonesia yang didirikan pada tahun 1998.

Beberapa hari lalu, tepatnya hari Jum'at tanggal 16 Juli kemarin, SMK OeL sudah melepas lulusan di Angkatan pertamanya lho. Kabar baiknya adalah, mereka akan menjalankan Program Kerja di beberapa Perusahaan ternama di Indonesia. Hal ini sangat penting dilakukan bagi Saratoga, mengingat Investasi di bidang Pendidikan akan menciptakan Masyarakat berkualitas di masa depan yang tentunya dapat memberikan kontribusinya secara aktif dalam Pembangunan Nasional.

Dijelaskan oleh Lany D. Wong selaku Direktur Keuangan, bahwa SMK ORA et LABORA ini berdiri pada tahun 2017, Kurikulumnya diciptakan oleh Perusahaan (Saratoga). Selain itu, proses belajar mengajarnya pun dipantau oleh Perusahaan, untuk memastikan semuanya sesuai dengan dengan kebutuhan Sektor Kelistrikan. Hal itu jadi langkah konkrit yang menjadi bagian dari Pilar tanggung jawab Sosial Saratoga yang memang berfokus kepada pengembangan dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia.

Lany juga sangat bersyukur dan bangga dengan kelulusan angkata pertama SMK ORA et LABORA. Dengan Program pembelajaran yang dilakukan selama tiga tahun, kemudian ditambah praktek kerja selama satu tahun, akan mampu membekali Siswa-siswi dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh Indurstri. Hal tersebut terbukti dan lulusan yang diterima bekerja di Perusahaan yang berkredibilitas tinggi, baik di Sektor energi maupun non energi.


Begini Cara SMK ORA et LABORA Mendidik Siswa-Siswinya

Siswa-Siswi SMK ORA et LABORA akan menjalankan pendidikan selama empat tahun yang dibagi menjadi tiga tahun masa pembelajaran dan dilanjutkan training profesional selama tiga bulan dengan materi-materi yang diperlukan di Dunia Kerja khususnya di Sektor Kelistrikan. Kemudian, semua Siswa kan mengikuti Program Pemagangan di Industri Pembangkit listrik selama sembilan bulan, yang tentunya akan memberikan pengalaman langsung di Dunia kerja.

SMK ORA et LABORA juga bekerja sama dengan Swiss German University (SGU) dengan menghadirkan pengajar-pengajar yang kompeten dan kredibel di bidangnya. Tidak hanya itu, SMK ORA et LABORA juga bekerja sama dengan Central Industrial Technology Enterprise (CITE), yang merupakan sebuah lembaga berbasis Industri dan berorientasi sosial yang teruji di dunia, untuk Pelatihan Teknis Kelistrikan bagi Para Siswa. Semua itu untuk memastikan lulusan SMK ORA et LABORA memiliki keahlian yang baik.

Setelah Kelulusan, Siswa akan bekerja di PT. Shandong Licun Power Plant Technology. Selain itu juga berkesempatan untuk bekerja di beberapa Perusahaan besar, seperti :

  • PT. GPOS Daya Energi (O&M sebuah Pembangkit Listrik di Gorontalo)
  • Primaya Hospital
  • PT. Tanjung Power Indonesia, dan 
  • PT. Astra Daihatsu Motor. 

Woww, ini seperti angin segar ya bagi kita Para Orangtua yang sekalipun Anak-anak kita masih kecil, tentu berharap kelak mereka akan mendapatkan pendidikan yang baik juga kesempatan kerja yang tinggi. Apalagi bagi Orangtua yang saat ini memang mencari Sekolah Kejuruan bagi Putra-Putrinya, tentu besar harapan setelah kelulusan nanti, akan langsung dapat mengaplikasikan keahlian dan ilmu lainnya di dunia kerja yang sesungguhnya. Cool!


SMK ORA et LABORA Hadir untuk Mendukung Pemerintah dalam Meningkatkan Sekolah Vokasi

Bapak Presiden Joko Widodo di berbagai kesempatannya menyatakan bahwa Pendidikan Vokasi saat ini menempati Posisi yang penting, dalam strategi pengembangan SDM yang produktif dan kompetitif. Hal tersebut merupakan poin-poin yang diprioritaskan Kabinet Indonesia Maju dalam kurun waktu lima tahun ke depan. Dan SMK ORA et LABORA hadir untuk mendukung Pemerintah dalam hal tersebut.

SMK ORA et LABORA memberikan dukungan nyata dalam meningkatkan Sekolah Vokasi yang orientasinya adalah penerapan ilmu yang terstruktur dan keahlian yang terarah sehingga nantinya semua lulusan akan terampil dan kompeten dalam bekerja.. Apalagi karena sektor kelistrikan adalah sektor yang tahan krisis dan akan selalu dibutuhkan di kondisi apapun, SDM yang terampil di bidang ini akan banyak dicari. Hal tersebut disampaikan oleh Bapak Sandi Rahaju selaku Ketua Yayasan SMK ORA et LABORA.

Oh iya, Pak Sandi juga menambahkan bahwa menurut data dari Badan Pusat Statistik Februari 2021, lulusan SMK mendominasi jumlah pengangguran di Indonesia dengan besaran 11,45% dari total pengangguran terbuka sebanyak 8,75 juta orang. Apalagi dengan situasi pandemi yang juga mempengaruhi keputusan – keputusan strategis di semua industri. Karenanya, Pak Sandi berharap Kurikulum yang diterapkan oleh SMK OeL akan mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia terutama lulusan SMK. 

Pak Sandi juga sangat bersyukur karena sejumlah Perusahaan menerima Siswa SMK OeL untuk praktek kerja Industri. Terbukti bahwa kolaborasi antara Lembaga Pendidikan dan Sektor Swasta sangat penting untuk memastikan Pendidikan vokasi berhasil dengan baik.

Bapak Rudy Salahuddin selaku Deputi IV Kemenko Perekonomian pun mengaku bangga melihat Siswa-siswi SMK OeL yang berhasil lulus walau dalam situasi pandemi yang belum berakhir, pembelajaran tetap dapat berjalan dengan baik. Beliau juga mengatakan bahwa pembelajaran inovatif dan literasi digital akan menjadi sebuah keharusan dalam tiap jenjang pendidikan utamanya dalam pendidikan dan pelatihan vokasi, sehingga besar harapan Siswa lulusan SMK OeL ini dapat menjadi lulusan membanggakan yang akan menjadi bagian dari katalisator dan dapat mengakselerasi langkah Indonesia untuk merealisasikan visi Indonesia emas 2045 seperti yang disampaika oleh Presiden Jokowi.

Di kesempatan yang sama, Bpk. Junus Widjaja selaku Direktur PT. Sandong Licun Power Plant, berharap kerjasama strategis yang dilakukan oleh Perusahaan dengan Saratoga dan SMK OeL ini akan dapat dilakukan secara jangka panjang. Bpk. Junus juga berharap langkah yang dilakukan oleh PT. Sandong Licun Power Plant ini dapat diikuti oleh Perusahaan besar lainnya, untuk mendukung penyerapan tenaga kerja dan mengurangi angka pengangguran. Dengan kerjasama yang baik hingga menghasilkan SDM handal, harapannya dapat memberikan kontribusi lebih bagi Perusahaan di masa yang akan datang.

Semoga Adik-adik Pelajar semakin semangat dengan adanya SMK OeL ini ya, semakin terarah tujuan hidupnya dan juga semakin berkurang jumlah pengangguran di Indonesia. Amiiin.

You Might Also Like

52 komentar

  1. Wah bagus kolaborasinya dengan adanya kerjasama ini setelah lulus SMK pasti tidak bingung kerja lagi, apalagi di SMK memang sudah dilatih praktik kerja secara langsung tentunya sangat memudahkan untuk yang memilih lulus langsung kerja.

    ReplyDelete
  2. Pas banget kalau sekolah di SMK ini buat nambah keterampilan sebelum memasuki dunia kerja. Jurusannya sudah spesifik. Beda dengan SMA ya kak. Jadi kalau gak dipraktikkan ilmunya setelah sekolah, sayang banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Mbaaa, setelah lulus jadi punya 2 pilihan ya, bisa langsung kerja atau lanjut kuliah pun gak masalah. Lebih kece lagi jalanin keduanya jika memungkinkan yaaa

      Delete
    2. Dan iya lho, masih banyak lulusan SMK yang gak ada kesempatan untuk mengaplikasikan ilmu/skill-nya.

      Delete
  3. keinginan untuk sekolah di SMK sempat ada dulu, maunya sih SMK perhotelan biar bisa kuliah di perhotelan trus berharap kerja di berbagai hotel atau mungkin kapal pesiar biar sekalian jalan-jalan dan mungkin tinggal di negara orang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah iyaaa, seru banget pastinya yaaa, banyak petualangan yang bisa dijalani

      Delete
  4. SMKA et Labora ini keren banget yah apalagi dari segi Kurikulum bisa mencetak generasi yg siap menghadapi tantangan kerja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar banget, so relate dengan kondisi saat ini yang lebih menantang ya

      Delete
  5. Asyik memang dengan bersekolah di sekolah vokasi kemudian lanjut training dan begitu lulus sudah siap kerja. Lapangan kerjanya pun udah siap. Mantap.

    ReplyDelete
  6. Keren banget ya siswa SMK ini setelah lulus langsung diajak bekerja di perusahaan besar karena kompetensinya sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan..

    ReplyDelete
  7. Zaman aku SMA dulu Ora et labora ini terkenal banget menghasilkan anak-anak cerdas dan kreatif. Sering mengirim siswanya ke ajang lomba-lomba nasional.

    ReplyDelete
  8. Pas banget kmrn lg bahas soal mau lanjutin ke mana setelah anak2 mulai masuk kelas 9 ini, dan untuk anak-anak yg minat dengan teknik kejuruan SMK Ora et LABORA ini salah satu favoritnya mommies2 lho di grup, krn memang concern bgt sm pengembangan skil siswa untuk nantinya bs langusng terjun ke dunia kerja dengan lbh mudah

    ReplyDelete
    Replies
    1. AS a mom memang informasi sprti in sngt penting ya ntuk menyekolahkan anak anak

      Delete
    2. Oh ya Teh? tapi gak aneh sih ya karena metode pengembangan Skill ini sangat dibutuhkan di Dunia Kerja seperti sekarang

      Delete
    3. Harus perbaharui terus info seputar Sekolah Anak memang yaa, walau Anak masih SD gak ada salahnya mulai cari info mengenai Sekolah lanjutan sebagai bekal referensi nantinya

      Delete
  9. Kolaborasi yang menarik. Jadi ingat banyak teman yang dulu milih SMK karena niatnya mau kerja habis sekolah. Minimal siap gitu kan karena sudah ada yang dipelajari selama PKL

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebanyakan Siswa SMK memang sudah berkeinginan untuk lanjut kerja setelah lulus ya

      Delete
  10. Nah iya, ya, Mbak, sekarang banyak yang mencari sekolah yang bisa menjamin lulusannya mudah untuk mencari kerja. Seperti SMK Ora et Labora ini ya, bisa menfasilitasi lulusannya lebih mudah mendapatkan pekerjaan.

    ReplyDelete
  11. salah satu keuntungan sekolah di SMK ini memang bisa langsung kerja ya, mbak. tapi tergantung sekolahnya juga ya kayaknya apakah memfasilitasi siswanya untuk bisa segera dapat kerja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Mba, harus pintar juga dalam pemilihan SMK, sebisa mungkin yang memfasilitasi Siswanya dalam pengembangan Skill dan juga menyediakan Program Kerja

      Delete
  12. keren banget ya SMK Ora et Labora ini, mana dukungannya dari saratoga lagi. Wah, nggak kebayang lulusannya pasti berkualitas dan punya pengalaman yang mumpuni.

    ReplyDelete
  13. Kalau ingin lanjut kuliah pun bisa yaa...setelah sekolah di SMK Ora et Labora?
    Kebayang jurusan di bangku kuliah gak bisa siap pakai dan cekatan seperti lulusan SMK sih yaa..
    Kalau sudah ada jaminan kerja, alhamdulillah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benaaar, bisa lanjut Kuliah juga, jadi Mahasiswa yang punya bekal Skill kan mantap yaaa

      Delete
  14. Di jaman yang apa-apa serba praktek begini, SMK memang beri angin segar buat pendidikan ya. Apalagi, program dan kerjasama SMK, semakin baik aku lihatnya.
    Murid2ku, banyak yg lulus SMP ke SMK. Alasannya sederhana tp bagus. Kerja dg kualitas ketrampilan yg baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentunya dengan Skill yang ada, mereka lebih PD untuk menghadapi perjuangan di kehidupan yang sesungguhnya ya Mba

      Delete
  15. ah iya, emang saat ini SMK banyak dipilih sebagai kelanjutan pendidikan ya mbak
    bisa punya peluang siap kerja setelah lulus sekolah

    ReplyDelete
  16. Wah, liat begini jd inget salah satu smk di kampungku dulu. Dan smk ini keren banget. Bs mencetak generasi yg siap kerja. Sekolah yg concern sm skill mmg byk dibutuhkan skrg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena Sekolah Vokasi lebih relate dengan kebutuhan saat ini ya Mba, lebih mengedepankan Skill

      Delete
  17. SMK Ora Et Labora ini menghasilkan Lulusan SMK yang lebih siap bersaing di dunia kerja karena dibekali keterampilan khusus.

    ReplyDelete
  18. Keren banget SMK Ora Et Labora ini. Bisa menghasilkan lulusan yang ahli di bidang nya.. Menurut ku memang kalo anak2 udah tau peminatannya kemana bagus masuk SMK

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadinya lebih terarah juga ya Mba tujuan kedepannya, karena masih banyak juga Siswa yang kebingungan mau ngapain setelah lulus

      Delete
  19. Aku jadi makin tertarik buat sekolahin anakku ntar di SMK hehe karena kalau di SMK kan anak-anak udah punya bekal ketrampilan ya..

    ReplyDelete
  20. Konddisi siap kerja emang dibuthkan sekarang ya mengingat pandemi gini masih buth banyak sesuatu yang bisa bikin cepat untuk bekerja. bila memungkinkan ya bisa sekalian kuliah ya mak. lulusan smk juga luar biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yess Sist, sangat memungkinkan Kuliah dan Kerja dilakukakn beriringan. Tinggal siapkan tekad yang kuat dan disiplin ya, pastinya akan jadi SDM yang lebih berkualitas lagi

      Delete
  21. Ini semacam SMK ikatan dinas gitu ya, karena setelah lulus langsung bisa kerja, tapi lokasinya dimana ya mba soalnya aku tertarik nih siapa tau ada saudara yang mau masuk situ

    ReplyDelete
  22. sekarang SMK makin maju dan keren yaa, mak. Aku kalau misal bisa ngulang waktu juga kayaknya akan lebih milih masuk SMA deh. Lebih terasah keterampilannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fasilitasnya semakin siap untuk mengembangkan Skill Para Siswanya ya, kereeen

      Delete
  23. SMK memang masih dipandang sebelah mata. Padahal SMk itu menghasilkan anak-anak yang fokus pada keahlian tertentu ya, seperti kelistrikan ini. Nantinya udah jelas mau kerja apa. Bisa kerja di PLN dong ini?

    ReplyDelete
  24. Sekarang emang SMK ini banyak diminati yaa.. karena skill yang siap kerja semakin menjanjikan. Lanjut sekolahpun jadi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi punya lebih banyak pilihan saat sudah lulus ya, skill dan jaringan pun sudah ada.

      Delete
  25. di zaman sekarang gak cuma kemampuan secara akademik ya, tapi skill juga jadi perhitungan buat melamar pekerjaan. Biasa dicari yang pernah punya pengalaman magang di perusahaan.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar dengan baik TANPA link hidup di kolom komentar. Dan cukup pakai Url blog saja ya teman-teman di ID namanya.

Part Of Author

Part Of Author
Buku Antologi Pertama & Kedua

My Voice Over Here (BTS Dubbing)

Like us on Facebook

Subscribe