Penasaran Lulusan Sastra Inggris Kerja Apa? Yuk Simak Ulasannya!

Friday, December 06, 2019


Kemampuan berbahasa Inggris merupakan salah satu hal penting yang wajib dimiliki generasi muda. Bahkan, tak sedikit lho anak muda yang memilih jurusan sastra Inggris saat kuliah demi menambah pengetahuan tentang bahasa asing tersebut. Namun, hingga kini masih banyak yang bertanya-tanya, "lulusan sastra Inggris kerja apa ?". Padahal, pertanyaan lulusan sastra Inggris kerja apa benar-benar jadul. Karena saat ini banyak pekerjaan yang bisa dijalankan tanpa terpaku dengan latar belakang pendidikan.

Kalau kamu berencana kuliah di jurusan sastra Inggris dalam waktu dekat, kamu tak akan ragu lagi bila sudah tahu lulusan sastra Inggris kerja apa:

Penerjemah Bahasa Asing
Profesi yang satu ini memang erat banget kaitannya dengan jurusan sastra Inggris. Ya, kemampuan bahasa Inggrismu yang di atas rata-rata memang patut dimanfaatkan untuk bekerja sebagai penerjemah. Saat ini, hampir semua Perusahaan besar dan startup membutuhkan jasa penerjemah. Kemampuan bahasa asingmu sangat dibutuhkan untuk mendukung interaksi dengan Klien dan Pelanggan, menerjemahkan promosi ke dalam bahasa Inggris, dan sejumlah urusan teknis lainnya.

Tour Guide
Tour guide adalah salah satu pekerjaan yang sedang ngetrend di kalangan anak muda. Bermodalkan bahasa Inggris, kamu bisa keliling Indonesia bahkan keliling dunia. Tugasmu adalah mengawal dan mengarahkan para wisatawan ke destinasi wisata yang sedang disinggahi. Seorang tour guide harus punya pembawaan yang asik dan menyenangkan supaya cepat akrab dengan para wisatawan. Saat kamu ditanya lulusan sastra Inggris kerja apa, jawab saja kamu ingin jadi tour guide supaya kekinian dan bisa jalan-jalan gratis keliling dunia.

News Anchor
Jika kamu jatuh cinta dengan dunia berita, kemungkinan besar kamu cocok menekuni pekerjaan sebagai news anchor. TV nasional kita butuh news anchor yang berwawasan luas, berpenampilan menarik, dan mahir berbahasa asing. Siapa tahu nanti kamu menjadi news anchor yang khusus membawakan berita berbahasa Inggris. Pekerjaan ini akan membuatmu selalu tampil di TV dengan pembawaan rapi dan berkarisma. Wow, keren ya.

Guru Bahasa Inggris
Passion mengajarmu masih bisa disalurkan kalau kamu kuliah di jurusan sastra Inggris. Selepas menyelesaikan kuliah, kamu bisa melamar pekerjaan sebagai guru bahasa Inggris. Kemahiranmu dalam berbahasa Inggris pasti menjadi salah satu kelebihan yng membuka peluang kerja sebagai guru. Bukan hanya menjadi guru di sekolah biasa, kamu juga berkesempatan menjadi staf pengajar profesional di sekolah internasional yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

Staf Diplomatik di Instansi Pemerintah
Ternyata kamu tak harus punya latar belakang pendidikan di bidang hubungan internasional jika ingin bekerja sebagai staf diplomatik. Instansi pemerintah yang berhubungan dengan negara lain rupanya juga membutuhkan lulusan sastra Inggris. Menjadi staf diplomatik adalah salah satu jawaban tepat saat ditanya lulusan sastra Inggris kerja apa. Jika kamu potensial, maka kariermu akan lekas menanjak dan bisa saja kamu berkesempatan keliling dunia sebagai staf diplomatik.

Penulis
Jangan berkecil hati dengan passion menulis yang tak sempat berkembang di usia sekolah. Kamu masih punya kesempatan mengembangkan passion yang satu ini setelah menamatkan kuliah. Jurusan sastra Inggris sangat cocok untuk mendukung pengembangan passion menulismu. Karena mempelajari bahasa Inggris akan membuat perbendaharaan kata dan imajinasimu semakin baik. Bukan mustahil jika nanti kamu berhasil menciptakan karya tulis yang memukau dan fenomenal.

Editor
Bekerja sebagai editor juga masih ada hubungannya dengan passion menulis. Kalau kamu berhasil menamatkan pendidikan sastra Inggris, berarti kemampuan literasi berada di atas rata-rata, terutama untuk urusan bahasa Inggris. Itulah sebabnya kamu pantas bekerja menjadi editor yang bertugas merevisi hasil karya tulis orang lain. Seorang editor harus memiliki tingkat kepekaan dan ketelitian tinggi agar bisa menyunting karya tulis menjadi lebih baik lagi. Editor yang mampu berbahasa Inggris secara lancar tentu menjadi nilai tambah tersendiri yang belum tentu ada pada diri orang lain.

Jadi, jangan pesimis dulu menghadapi pertanyaan lulusan sastra Inggris kerja apa. Faktanya, banyak peluang kerja potensial terbuka lebar bagi lulusan sastra Inggris. Kamu hanya perlu giat belajar demi menekuni pekerjaan yang membuka jenjang karier cemerlang. https://www.cekaja.com/info/peluang-kerja-menjanjikan-buat-lulusan-sastra-inggris-kepoin-yuk/

Source Title Picture : Freepic

You Might Also Like

3 komentar

  1. Sebenarnya selain yang disebut di atas, lulusan Sastra Inggris Juga bisa bekerja di dunia social media terutama yang membutuhkan kemampuan Bahasa Inggris lebih mumpuni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah iyaaa, benar banget Mas, bahkan sangat diperlukan di era Digital Marketing seperti saat ini ya :)

      Delete
  2. Temen2 ku banyak lulusan sastra inggris mba, dan mereka ada yang udh jd pengajar di tempat kurus dan private juga hehe. Keren deh. Thanks juga info nya yah mba hani :)

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar dengan baik TANPA link hidup di kolom komentar. Dan cukup pakai Url blog saja ya teman-teman di ID namanya.

Part Of Author

Part Of Author
Buku Antologi Pertama & Kedua

My Voice Over Here (BTS Dubbing)

Like us on Facebook

Subscribe