7 Tips Mencari Kerja Bagi Kamu yang Bertanya Kartu Pra Kerja Kapan Keluar

Friday, December 06, 2019


Proses mencari kerja yang semakin sulit memang sering membuat orang jadi pesimis. Akhirnya, pertanyaan tentang kartu pra kerja kapan keluar terus digaungkan seakan menjadi solusi bagi pengangguran. Namun, alangkah lebih baik kalau kamu lebih giat mencari kerja daripada terus bertanya-tanya kartu pra kerja kapan keluar.

Pertanyaan tentang kartu pra kerja kapan keluar sebenarnya sering dibahas oleh masyarakat. Kartu pra kerja diperkirakan mulai dirilis pada tahun 2020. Daripada berdiam diri menunggu kartu pra kerja, alangkah lebih baik kalau kamu melakukan tujuh trik berikut ini untuk mencari kerja:

1. Melakukan Update Profil di LinkedIn
Jangan mengabaikan profil LinkedIn jika kamu ingin segera mendapatkan pekerjaan. Sebaiknya kamu meluangkan waktu untuk update profil LinkedIn, terutama kalau kamu sudah punya pengalaman kerja. Profil LinkedIn yang terkesan profesional akan membuat banyak headhunter menawarkan kesempatan kerja. Karena saat ini banyak headhunter menawarkan pekerjaan potensial pada kaum profesional yang ditemui di media sosial.

2. Memanfaatkan Website Lowongan Kerja
Mencari pekerjaan kini tak sulit lagi karena kamu bisa memanfaatkan berbagai website lowongan kerja. Kamu bisa login dan mengisi profilmu secara lengkap di website lowongan kerja. Selanjutnya, kamu tinggal menggunakan website tersebut untuk mencari kerja. Jangan lupa memanfaatkan filter pada website-website lowongan kerja agar dapat menemukan pekerjaan terbaik sesuai kemampuanmu.

3. Mencari Pekerjaan di Media Sosial
Media sosial sekarang tak hanya bisa dimanfaatkan untuk hiburan semata. Lebih dari itu, kamu bisa menggunakannya untuk mencari kerja. Banyak orang membagikan info lowongan kerja di Instagram dan Facebook. Jika biasanya kamu sibuk mencari informasi kartu pra kerja kapan keluar, cobalah mengubah kebiasaan itu. Gunakan hashtag yang tepat untuk mencari lowongan kerja. Kamu juga bisa follow akun-akun media sosial yang khusus memuat informasi baru tentang lowongan kerja setiap hari.

4. Menjalin Relasi dengan Banyak Orang
Semakin luas jalinan relasi yang kamu miliki, maka semakin besar pula kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan. Jadi, jangan ragu mencari informasi lowongan kerja dari orang-orang terdekat, misalnya keluarga, sahabat, dosen, atau kenalan lainnya. Siapa tahu ada info lowongan kerja terbaru yang cocok dengan kemampuanmu. 

5. Memulai Pekerjaan Sebagai Karyawan Magang
Kalau selama ini kamu kesulitan mendapatkan pekerjaan tetap, mungkin sebaiknya kamu memulai karier sebagai karyawan magang. Saat ini, banyak sekali perusahaan besar dan startup yang membuka kesempatan magang. Melalui proses magang, kamu bisa menambah pengalaman dan portofolio kerja, Bukan mustahil kalau nanti perusahaan tempatmu magang memutuskan untuk mempekerjakanmu sebagai karyawan tetap.

6. Melamar Lowongan Kerja Freelance
Selain lowongan magang, kamu juga bisa menjajal pekerjaan freelance. Pada umumnya, perusahaan gemar mempekerjakan pekerja freelance karena lebih efisien dari segi tenaga dan waktu. Sekarang, banyak lowongan kerja freelance yang memungkinkankamu untuk bekerja secara remote. Kamu bebas bekerja di mana saja asalkan mampu menyelesaikan tugas yang diberikan perusahaan. Bekerja secara remote terasa menyenangkan karena kamu bisa mengatur waktu kerja secara fleksibel dan dapat menghemat ongkos transportasi secara maksimal. 

7. Rutin Memperbaiki Curriculum Vitae (CV) dan Menambah Portofolio
Salah satu kunci utama untuk mendapatkan pekerjaan adalah rutin memperbaiki CV dan menambah portofolio. CV adalah gambaran personal dan kemampuan pribadimu yang pertama kali dilihat tim rekruter. Jadi, kamu harus mampu membuat CV yang berkualitas dan tidak terkesan berlebihan. Supaya CV-mu punya daya tarik lebih dibandingkan CV calon karyawan lainnya. 

Tak cuma CV, kamu juga harus getol menambah portofolio, terutama kalau kamu akan bekerja di bidang kreatif. Portofolio yang up to date dan menarik akan membuat perusahaan memperhitungkanmu sebagai kandidat karyawan berkualitas. Kamu bisa menambah portofolio dari hasil pekerjaan freelance atau proyek Volunteer yang pernah kamu lakukan. 

Jangan patah semangat soal urusan mencari kerja, ya. Selain menunggu-nunggu kartu pra kerja kapan keluar, alangkah lebih baik jika kamu lebih rajin mencari kerja. Niscaya kemampuan kerja yang memadai membuatmu berpeluang mendapatkan pekerjaan yang berkualitas dengan gaji besar.Yuk, berjuang mencari kerja dengan cara yang cerdas dan efektif!


Source Title Picture : Freepic.

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar dengan baik TANPA link hidup di kolom komentar. Dan cukup pakai Url blog saja ya teman-teman di ID namanya.

Part Of Author

Part Of Author
Buku Antologi Pertama & Kedua

My Voice Over Here (BTS Dubbing)

Like us on Facebook

Subscribe