Mengatasi Hidung Tersumbat (Flu) pada Bayi/Anak dengan Respimer Nasal Spray

Tuesday, December 03, 2019


Mooooms, apa yang bikin kita galau, resah dan gelisah saat punya Bayi/Anak? Salah satunya pasti saat si kecil flu, ya kaaan? Pasti itu sih. Lihat Anak kesulitan napas karena hidungnya mampet rasanya gak tega ya, tapi hati harus tetap tenang supaya ASI tetap mengalir lancar. Sementara mau ngeluarin ingusnya juga tricky ya, harus penuh keberanian.

Biasanya ya Moms, kalau Anak mampet, dari waktu Alfath bayi, saya gak kasih obat dulu (Sebelum dokter yang menyarankan dan meresepkan obatnya). Sebagai pertolongan pertama yang dilakukan di rumah, saya selalu uap konvensional menggunakan air hangat yang ditetesin kayu putih 1-2 tetes. Nanti uapnya diarahkan ke posisi hidung bayi supaya terhirup dan membuat lega sedikit demi sedikit pernapasannya.

Selain itu, saya terbiasa mengiris bawang merah, menyimpannya di piring kecil dan letakkan di pojok ruangan (biasanya di kamar tidur). Wangi bawang merahnya akan semerbak dan harapannya untuk membunuh bakteri di udara supaya flu-nya tidak berkelanjutan.

Di pagi hari, saya jemur bayi yang sedang flu tapi gak lama-lama sih biasanya 10 menitan aja udah dibawa masuk ke rumah lagi. Anak-Anak itu punya kecenderungan itu "cuek" terhadap sakitnya, terutama kalau siang hari, tetap aja maunya main. Tapi kalau sudah mulai gak nyaman banget badannya, kadang terlihat muram dan maunya dekat-dekat Mama terus.


Ampuh gak cara-cara diatas? sejauh pengalaman saya, seringkali ampuh, namun ada kalanya flu-nya membandel dan malah bertambah parah. Disaat itu lah saya dan Suami mulai khawatir dan segera menjadwalkan anak kami ke DSA untuk segera ditangani lebih lanjut. Terutama jika Flu sudah lebih dari 5 hari.

Banyak yang menyarankan untuk sedot ingusnya Alfath dengan alat khusus supaya cairannya berkurang di hidungnya. Bukannya gak pernah sih, pernah juga beberapa kali saya (Suami tepatnya, haha) menggunakan alat penyedot ingus, sempat berhasil tapi sering juga berakhir dengan drama. Alfath malah nangis kejer dan ingusnya makin bertambah, hiks. Kadang, si ingusnya itu emang kental dan susah dikeluarkan. Saat itu kami sangat berharap semua lendir dapat keluar lewat muntahan atau poop-nya.

Di musim penghujan seperti sekarang, Adek Bil (13 bulan) juga terkena flu nih, tidur malamnya gak tenang, alhasil Mama Papa sering begadang eyong-eyong Bil sampai tidur lagi. Meskipun kalau siang, Bil tetap ceria walau gak seanteng biasanya. Gak nyaman kali ya sama idung mampetnya. Dikit-dikit tangan mungilnya Bil seka hidung karena gatal, kadang garuk-garuk kepala juga. Saat itu saya tahu kalau flu-nya karena ada alerginya juga. Mulailah saya eliminasi menu lagi.

Tips Mengatasi Flu Pada Bayi dan Anak

Hari Minggu tanggal 1 Desember 2019 kemarin, saya sekeluarga ke IMBEX di JCC. Seperti biasanya, kalau ke IMBEX bawa Anak-Anak, persiapannya harus matang. Dari mulai baju ganti, toiletris, sampai makanan untuk seharian harus Aman di mobil. Kayak mau mudik kan yaaa, tapi demi keamanan dan kenyamanan, semua memang harus dipersiapkan (apakah hanya kaum Ibu saja yang tahu rasanya? haha).

Ya gimana dong, musim juga lagi gak tentu, pagi-pagi panas banget eh sorenya hujan angin kenceng banget. Mungkin karena itu sekarang sedang "musim" flu ya. Termasuk Bil nih, sebenarnya Bil jugas sedang gak lancar pernapasannya karena ada ingus kental yang ganggu, dan susah ngeluarinnya.

dr. Intan Diana Sari sedang menjelaskan seputar Flu pada Bayi dan Anak (doc Pri)
Di IMBEX, pas sekali karena ada Talkshow yang membahas mengenai caranya mengatasi flu pada Anak, terutama Bayi. Hadir dr. Intan Diana Sari yang memaparkan seputar flu pada bayi dan Anak. Ini penting infonya mengingat si kecil biasanya rewel saat flu karena pernapasannya gak nyaman. Apalagi jika hal itu terjadi kepada anak kita yang masih bayi banget, pasti kebingungan kan ya gimana ngungkapin ketidaknyamanannya selama flu, dan sebagai Orangtua, saya pun sempat merasa tak berdaya karena gak bisa bantu semaksimal mungkin, ujung-ujungnya selalu saya bawa ke dokter Anak segera.

Apa sih yang membuat hidung tersumbat?

Selama Anak mengalami batuk pilek atau flu, biasanya terjadi penumpukan cairan (ingus) di hidung si kecil, dan hal tersebut menyebabkan pembuluh darah dan sel-sel yang ada di permukaan dalam hidung mengalami bengkak.

Batuk pilek ini juga bisa terjadi karena beberapa hal, seperti :
  • Alergi
  • Infeksi Virus (Flu)
  • Infeksi Bakteri

Bagaimana Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi dan Anak?

  • Yang pertama, kita bisa usahakan suhu ruangan di sekitar si kecil supaya tidak terlalu dingin, begitupun dengan suhunya si kecil yang harus dijaga.
  • Kemudian bersihkan cairan atau lendir yang mengeras pada hidung. Untuk kotoran yang ada di bagian luar hidung, bisa dibersihkan menggunakan bantuan kapas yang sudah dibasahi dengan air hangat terlebih dahulu.
  • Jika si kecil masih usia bayi, jangan lupa untuk tetap dijemur pada panas matahari walau cuma sebentar di pagi hari.
  • Saat kotoran di hidung si kecil susah dibersihkan, bisa menggunakan nasal spray ke lubang hidung bayi.
  • Jika ingusnya sudah encer, bisa kita keluarkan dengan alat penyedot ingus bayi.

Kapan si kecil perlu kita bawa ke dokter?

  • Saat si kecil mengalami pilek yang disertai dengan demam lebih dari 39 derajat celcius.
  • Saat mata si kecil berair dan memerah.
  • Saat si kecil rewel dan kualitas tidurnya terganggu karena sakitnya dan apalagi jika sampai si kecil kesulitan menyusui.
  • Saat si kecil mengalami pilek yang tidak kunjung membaik dalam waktu 5 hari.

Baby Nasal Hygiene Respimer sebagai Nasal Spray Pembersih Hidung Si Kecil

Jadi Moms, Respimer ini Produk dari Perancis yang dapat bantu ngeluarin ingus atau kotoran di hidung dan bantu proses penyembuhan flu ringan Bayi kita. Di Pabriknya, sudah dilakukan proses Elektrodialisis yang sudah dipatenkan. Tujuannya adalah menurunkan kadar NaCl tapi tanpa mengurangi kadar mineral yang ada di dalam kandungan air laut. Jadi singkatnya, Respimer ini adalah Nasal Spray yang isinya air laut asli dengan kandungan mineral yang masih dipertahankan.

Respimer Terdiri dari 2 Varian, yaitu :
  1. Respimer Baby Nasal Hygiene 115 ml.
  2. Respimer Baby Decongestant 60 ml.


Manfaat Respimer Baby Nasal Hygiene 115 ml

  • Berfungsi sebagai Isotonik karena mengandung air laut dengan konsentrasi 0,9% NaCl
  • Mengandung 80 mineral dan Trace element
  • Ideal untuk membersihkan hidung sehari-hari
  • Bantu mengeluarkan ingus dan juga bantu proses penyembuhan flu ringan
  • Cocok digunakan bayi sejak usia 0 bulan
  • Aturan pakai : 2 - 4 kali/hari

Respimer Baby Nasal Hygiene ini baik digunakan untuk membersihkan hidung sehari-hari, saat si kecil mengalami flu (untuk mencegah infeksi), juga bisa digunakan saat keadaannya sehat.

Sudah tersedia Semprotannya di dalam Box Respimer


Manfaat Respimer Baby Decongestant 60 ml

  • Mengandung air laut dengan konsentrasi 2,2% NaCl yang artinya memiliki konsentrasi garam yang lebih tinggi dari cairan tubuh manusia, karenanya berfungsi sebagai Hipertonik
  • Mengandung 80 mineral dan Trace element
  • Ideal untuk bantu proses penyembuhan pada flu berat
  • Bantu melegakan hidung bayi dan mengeluarkan mucus dari hidung bayi yang tersumbat
  • Bisa digunakan oleh Bayi sejak usia 1 bulan keatas
  • Aturan Pakai : 2 - 3 kali/hari

Respimer Baby Decongestant ini baik digunakan untuk membersihkan atau melegakan hidung bayi yang mampet dikarenakan alergi terhadap udara dingin misalnya, atau juga karena flu berat apalagi sampai terjadi infeksi.

Mudah diaplikasikan


Cara Menggunakan Respimer Baby

  1. Terlebih dulu cuci tangan kita menggunakan sabun dengan air mengalir. Siapkan Respimer Baby Spray dan juga tisu (untuk bersihkan cairan hidung)
  2. Letakan bayi dalam posisi tidur dan pastikan posisinya tidak berubah, kalau perlu letakan handuk atau selimut di kaki bayi
  3. Miringkan kepala bayi dan mulai masukkan ujung Tip Respimer ke dalam lubang hidung pelan-pelan, dan semprotkan selama 2 - 3 detik
  4. Kemudian miringkan kepala bayi ke sisi sebaliknya, dan lakukan langkah seperti sebelumnya
  5. Bersihkan cairan atau kotoran yang keluar dari hidung bayi, lap dengan tisu pelan-pelan
  6. Jangan lupa untuk membersihkan Tip Respimer Spray dengan air mengalir, kemudian simpan kembali setelah dikeringkan.


Respimer ini semprotannya juga sangat lembut sehingga tidak akan terlalu mengagetkan bayi apalagi bikin perih di hidung, karena ujung noozzle ada Tip yang aman untuk bayi dan anak. Selain itu akan memberikan semprotan mikro difusi, dan yang terpenting adalah semprotannya tidak menggunakan Gas Propilen (berbahaya karena mudah terbakar dan tidak aman untuk dibawa bepergian karena memiliki tekanan yang cukup tinggi), tetapi menggunakan teknolohi Power Assembly yang ngasih semprotan berkelanjutan yanghalus dan kuat.

Tentunya hal tersebut akan meminimalisir trauma pada bayi ya. Apalagi Respimer ini merupakan produk rekomendasi dokter Spesialis Anak dan THT, wah gak salah deh untuk selalu menyediakan Respimer Spray untuk langkah preventif terbaik di rumah atau untuk dibawa kemanapun.

Karena.. Seorang Ibu itu adalah WonderMom alias Super Hero di rumah yang senantiasa harus selalu memperbaharui "alat temput"nya ya Moms, haha. Jadi, menyediakan Respimer adalah salah satu langkah terbaik demi kebaikan Bayi dan Anak kita.

Respimer, regenerate to breathe better.


You Might Also Like

28 komentar

  1. Wah bagus banget nih Mbak memang produk Respimer ini untuk si kecil

    ReplyDelete
  2. Respimer ini memang menjadi salah satu solusi nih ya Mbak buat si kecil yang lagi terkena flu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba, hati Mama pun jadi lega dengan "senjata" baru ini di rumah, haha

      Delete
  3. Banyak banget nih ya Mbak manfaat yang bisa diperoleh ketika menggunakan produk yang satu ini

    ReplyDelete
  4. Wah ternyata sudah ada cara menggunakan produk ini juga nih. Memudahkan sekali nih :D

    ReplyDelete
  5. Wah saya jadi pingin nih Mbak menggunakan produk ini juga untuk si kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara pakainya mudah banget, semprotannya juga gak bikin perih. Favorit nih ya :)

      Delete
  6. aku sempat lihat ini di IG mbak, dan mau praktekan sendiri serem hahahaa untungnya anakku bukan tipe yang kotoran hidungnya keras dan dia juga kalau pilek bisa buang ingus sendiri :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha aku pun awalnya serem tapi ini mudah kok cara pakainya dan gak bikin perih, bisa untuk jaga-jaga soalnya gak tahu kan ya kapan si kecil akan flu, huhu

      Delete
  7. Coba tau ini dari dulu. Pasti gak akan kebingungan pas anak aq fluu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Galau banget ya Sist kalau Anak Flu, mau nolongin tapi bingung, syukurlah ada Respimer ini sekarang :D

      Delete
  8. Dulu anakku juga sempat pilek trus aku panik kan gimana juga harus keluarkan ingusnya. Hahhaaa. Tapi asik kalau ada alat yang memudahkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sempat ngalamin kepanikan ituuu, waktu Alfath ngamuk karena merasa sesak napas, gara2nya idungnya mampeet :D

      Delete
  9. anak bayi kalo udah dikasih sakit hidung tersubat itu suka serba salah yaaa, kita aja yang udah dewasa rasanya cukup tersiksa apalagi anak bayi nih

    ReplyDelete
  10. Wah udah ada solusinya ya kak untuk ngatasi hidung tersumbat pada anak. Nanti kusaranin ama temenku yg udh punya anak ya kak hehe

    ReplyDelete
  11. alhamdulillah keadaan masih terus membaik begitu juga saat terserang flu, kita sehabis panik karena refleks, kondisikan dengan kehadiran dari respimer untuk cegah rentetan drama ketika anak sakit flu

    ReplyDelete
  12. Saya baru tau soal respimer ini, alhamdulillah ya mbak ada solusi gini. Soalnya kasian banget kl sampai bayi kena flu, kita yg dewasa aja gak nyaman banget pas lagi flu, apalagi anak2 kan

    ReplyDelete
  13. Bhaique, sepertinya saya harus simpan satu di rumah utk jaga2 nih kalo anak kena pilek

    ReplyDelete
  14. Anak kecil emg sering bgt bapil, dan sudah pasti jd rewel dan drama , kayaknya emg harus pny respimer ini yah diruma,

    ReplyDelete
  15. Ponakan kecilku juga sering gini ternyata sekarang udah ada obatnya yang lebih oke yaa noted banget ini

    ReplyDelete
  16. Baru tau nih ada respimer ini, mau kasi tau ke adik ah, anaknya lagi flu kan kalau bayi kasian banget kalau lagi flu yah jadinya gak nyaman.

    ReplyDelete
  17. Mbak aku belum nikah dan belum punya bayi sih . Tapi informasi ini penting banget bisa aku share ke kawan kawan atau tetangga aku yg punya bayi. Thank you ya

    ReplyDelete
  18. baru tahu koj sekarang sih dipublikasikan. hihi saya ajah yg ketinggalan berita ya. kalau gini mah anak flu sampai buntu hidungnya gak pakai galau lagi

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar dengan baik TANPA link hidup di kolom komentar. Dan cukup pakai Url blog saja ya teman-teman di ID namanya.

Part Of Author

Part Of Author
Buku Antologi Pertama & Kedua

My Voice Over Here (BTS Dubbing)

Like us on Facebook

Subscribe