Wanita Bisa Pegang Kendali Termasuk untuk Urusan Jual Mobil. Di Carsome Aja!

Monday, July 22, 2019


“Yang, Aki mobil ganti ke yang kering aja deh mending, pas juga kan udah waktunya ganti. Dari pertama beli mobil, akinya belum pernah diganti lho”

“Ya udah aku cari-cari dulu ya merek yang bagus”

“Jangan lupa survey harga juga ya, beda sepuluh ribu aja buatku penting banget”

Kira-kira begitulah obrolan singkat saya dan Pak Suami beberapa bulan lalu tentang Si Merah, City Car pertama kami. Yess, kami terbiasa menyebut apapun yang kami beli pertama kalinya dengan sebutan “pertama” di belakangnya. Seperti “Kulkas pertama”, “Lemari Kayu Pertama”, “Mesin Cuci Pertama”, termasuk kendaraan seperti mobil, kami selalu menyebutnya lengkap sebagai “Mobil pertama” kami.

Alasannya se-simple sebuah harapan dan do’a bahwa setelah ada yang pertama, akan lanjut ke nomor berikutnya seperti “kulkas kedua”, “lemari kayu kedua”, “mesin cuci kedua”, dan lainnya hingga “mobil kedua, ketiga”, dst.

Aminin boleh yaaa, Amiiiiiiin.

Semua itu tentunya dibarengi dengan usaha dan kerja keras untuk meraihnya, gak semata-mata cuma berharap ada rezeki turun dari langit. Yakaliiiiii..

Dan ngomong-ngomong soal mobil pertama, iya nih saya dan Suami memang sedang kepikiran untuk menggantinya ke mobil kedua kami. Pengennya sih nambah yaaa, si merah ini jangan dijual, mengingat sejarah dan perjuangan kami mendapatkannya rasanya kok berat. Tapi apa daya, saldo rekeningnya tidak memadai yang akhirnya kami harus melepas yang pertama untuk mendapatkan yang kedua, haseek.

Bismillah.. menuju mobil kedua. AMIIIIIIIIIN :)))
Dan soal Otomotif, sedikitnya saya mengerti walau memang gak expert. Dulu sempat bekerja di Perusahaan Otomotif yang mengharuskan saya mengerti tentang seluk beluk mesin mobil dan perawatannya. Lumayan masih ada yang nempel di ingatan, dan itu berguna sekali setelah saya dan Suami mempunyai mobil sendiri. Jadi tahu apa yang harus dilakukan kalau-kalau ada yang bermasalah dengan mobil kami. Walaupun Alhamdulillah sejauh ini belum mengalami kejadian yang gak diharapkan, karena sebisa mungkin kami selalu melakukan perawatan berkala. Minimal banget, ganti oli dan vakum mesin mobil jangan sampai telat, karena akan berdampak ke Performa.

Selain itu, saya dan Suami juga berusaha untuk “pelit” meminjamkan mobil kami ke Orang yang kami gak tahu cara nyetirnya gimana. Beneran deh ini kadang bikin dilema, khawatir dibilang pelit atau apa, tapi mengingat pengalaman dulu-dulu yang kurang baik, jadi lebih baik “pelit” sekarang ketimbang nanti mobil kita kena masalah macam-macam dan apalagi kalau yang dipinjaminya gak bertanggung jawab secara seharusnya, wah udah deh ambil langkah preventif aja. Kalau yang kenal lama dengan saya pasti tahu kalau saya ini orangnya, “nanti gimana?” ketimbang “gimana nanti”. 

Dan alasan lainnya, karena saya tahu kalau suatu saat, kami akan menjual mobil ini, sedangkan kondisi mobil akan mempengaruhi ke harga jual.

Tentang menjual mobil, kami pernah sepakat untuk mengganti mobil setiap lima tahun sekali, kesepakatan yang diambil berdasarkan beberapa alasan tentunya seperti faktor Asuransi, Angsuran, dan masa pakai kendaraan.

Menjual atau Mengganti Mobil Lima Tahun Sekali, Tepatkah?

Pertanyaan itulah yang saya tanyakan ke Mba Maria Francisca selaku Marketing Manager Carsome, yang merupakan Platform Jual Mobil Online terkemuka di Tanah Air, dalam Diskusi Komunitas yang diadakan di Kemang, Jakarta Selatan.

Mba Maria Francisca - Marketing Manager Carsome
Mba Maria mengatakan bahwa kebanyakan Pemilik Kendaraan yang memutuskan untuk menjual mobilnya setelah lima tahun biasanya karena alasan pajak juga. Tapi untuk menjawab tepat atau tidaknya, kembali lagi ke kondisi mobilnya itu sendiri. Bisa dicek dari seberapa sering pemakaian, apakah setiap hari dipakai atau seminggu sekali, apakah pernah mengarungi banjir, apakah pernah mengalami kecelakaan, dll. Intinya, kondisi kendaraan pun bisa dijadikan acuan kapan sebaiknya kita segera menjual mobil.

I see.. Noted.

Karena kondisi setiap kendaraan yang akan dijual pastinya berbeda ya, dan harga jual pun akan menyesuaikan. Tapi dalam menjual mobil, apa sajakah yang harus diperhatikan?

Yang Harus Diperhatikan saat Ingin Menjual Mobil

  • Selalu perhatikan Performa Mobil kita karena akan mempengaruhi harga,
  • Lakukan perawatan interior dan eksterior mobil jika perlu,
  • Pahami tentang penyusutan harga pada mobil terutama setelah dua atau tiga tahun pertama pemakaian,
  • Hati-hati saat menawarkan mobil, jangan biarkan Penawar Abal-Abal ngasih "harapan palsu" semata,
  • Carilah Platform Jual mobil terpercaya, yang gak ribet dan bisa juga diaplikasikan oleh wanita,
  • DLL.

Pentingnya Kaum Wanita Memahami Ilmu Dasar Otomotif

Ani Berta yang seorang Content Creator dan Founder beberapa Komunitas Blogger, turut memberikan pendapatnya. Menurutnya, saat ini sudah banyak sekali kesempatan yang terbuka bagi kaum Wanita. Apalagi mengingat mobilitas wanita modern saat ini tidak kalah tinggi dengan Pria. Karenanya wajar jika wanita menentukan preferensi Otomotifnya sendiri sesuai kebutuhan mobilitas dan kenyamanannya, dan harus punya bekal untuk mengukur mobil seperti apa yang diperlukan agar aktivitasnya dapat berjalan lebih efektif dan efisien.

Dok. Carsome

Begitupun dengan Christian Sugiono yang seorang Aktor dan Pengusaha, sependapat bahwa pemahaman otomotif tidak eksklusif hanya untuk pria. Terutama karena Istrinya yang juga seorang Aktris dan Pengusaha, mempunyai kesibukan yang super tinggi sehingga masalah pemilihan mobil pun menjadi keputusan bersama, termasuk saat akan menjual mobil.

Christian selalu membekali Istrinya dengan pemahaman dasar otomotif supaya kalau ada apa-apa di jalan, Istrinya bisa tahu langkah apa yang harus diambil, tidak tergantung kepada Driver juga, dan yang lebih penting lagi, supaya tidak mudah kena tipu. Hal itu bukan tanpa sebab, karena Istrinya sempat mengalami kejadian tidak mengenakkan terutama saat akan menjual mobilnya, setelah mendapatkan Penawaran dari Seseorang dan janjian untuk ketemu, si Penawar tersebut tidak datang dan seolah hanya memberikan harapan palsu.

Sabar Mas Tian, memang menyakitkan kalau di-PHP-in calon Pembeli itu. LOL
Sekarang kalau ingin menjual Mobil, Christian dapat menyerahkan urusan itu ke Istrinya karena sudah ada Inspektor yang akan membantu dari awal proses penawaran hingga terjadinya transaksi.

Wah benar juga ya.

Carsome Sebagai Pilihan Terbaik Untuk Menjual Mobil Secara Online

Mba Maria menjelaskan bahawa Carsome memberikan layanan proses menjual mobil yang sangat mudah yang pernah ada bagi wanita. Berbagai keribetan saat transaksi penjualan mobil, dipangkas oleh Carsome. Dimulai dari registrasi online, pemeriksaan mobil oleh Inspektor Profesional dengan jadwal yang lebih fleksibel, penawaran langsung untuk menjangkau ribuan Dealer dan mendapatkan harga jual terbaik. 

Selain itu, Carsome juga dapat memberikan berbagai informasi mengenai mobil dan otomotif di website-nya. Carsome mempunyai Desain layanan yang modern dan memudahkan kaum wanita untuk bertransaksi dengan mudah dan cepat. Apalagi Carsome ini sudah sangat berkembang di Asia Tenggara.

Doc. Carsome
Kita sebagai Pelanggan dapat menjual kendaraan kita dengan harga terbaik kepada Dealer. Carsome yang memfasilitasi seluruh prosesnya dari inspeksi, penilaian harga, penawaran dan pembayaran dealer serta kebutuhan logistiknya. Dan kesemuanya memungkinkan kita menjual mobil dengan cepat bahkan cukup satu hari saja prosesnya dengan biaya nol dan tanpa harus ribet.

Yang bikin kita gak perlu khawatir lagi adalah Carsome ini sudah memiliki jaringan yang sangat besar dengan lebih dari 3.600 Dealer yang sudah terdaftar di Platformnya. Dan dari awal berdiri yaitu tahun 2015, Carsome sudah membukukan lebih dari 700.000 penawaran mobil dengan lebih dari 27.000 transaksi yang dilakukan.

Sipppp. Jual mobil di Carsome ajaaaa.
Wow banget ya, saya sebagai Istri jadi bisa berperan aktif juga nih saat nanti akan menjual si merah kesayangan. Setidaknya bisa sedikit mengurangi pekerjaan Suami yang sudah segunung itu. Dan mengingat Carsome dengan kemudahan dan kecepatannya, jadi kepikiran buat jual sekarang-sekarang, walaupun angsuran si merah belum lunas, haha.

Ohya Guys, untuk info lebih lanjut, kita bisa kunjungi websitenya www.carsome.id juga ya, disana banyak info penting yang akan membantu kita untuk melakukan penjualan mobil.


You Might Also Like

22 komentar

  1. Wah.. keren ya Carsome ini. Bisa memberikan fasilitas yang lengkap bagi kita yang mau jual mobil.
    Yang paling keren sih, bisa selesai dalam sehari dengan biaya nol rupiah. Keren...

    ReplyDelete
  2. Nuhun ya Han sudah hadir di acara ini :)

    ReplyDelete
  3. Carsome seruuu bgt yak
    Bisa ngebantu jual beli mobil secara gampil.
    Aduduuhh itu Teh Ani Berta asyik bgt bisa jadi pembicaar sama Babang ganteng

    ReplyDelete
  4. Keren nih mbak portofolio dari Carsome, beneran bagus dan kredibel pelayanan dan kualitasnya yah.
    Teh Ani Berta juga nggak kalah kerennya dengan sharing di workshop Carsome ini, Mbak. Apalagi deket dengan Om Christian, ehh babang ya hehehe
    Jadi tahu dehhh beberapa poin penting sebelum jual mobil nih Mbak hehee
    TFS Mbak Hani

    ReplyDelete
  5. tahun lalu jual mobil buat ganti yg baru. boleh nih nanti pake carsome pas mau dijual lagi :D

    ReplyDelete
  6. Sekarang jual mobil bisa segampan ini ya. jadi ingat dulu sodara jual mobil masih jaman pake makelar, pasang iklan di koran, sama ikut tiap hari minggu di bursa otomotif depan TVRI Jogja. Ribet euy.

    ReplyDelete
  7. Wah makasih infonya mbak, kebetulan saya lagi dapet tugas bantu jualin mobil orang tua, warnanya merah juga hihihi... Coba jual via carsome ah...

    ReplyDelete
  8. Wah keren ya carsome, ngga perlu ada PHP lagi kalau mau jual mobil secara sering dengar cerita ngga enak kalau mau jual mobil eh calon pembeli ngga jelas

    ReplyDelete
  9. Baru tau ada carsome Mbak Han. Jadi mudah kalau misal nyari2 mobil yang berkualitas sesuai budget. Bs jadi rujukan kalau besok mau beli nih

    ReplyDelete
  10. Mba asyik banget gaya nulisnya ��. Apalgi itu kata2 uang 10 ribu itu penting banget buat saya hahaha. Nah, aku boro-boro mu beli yang ke dua yang ke 1 aja belum wkwjwk. Doakan ya mba tahun depan segera kebeli mobil. Maklun gara2 inget cicilan banyak ini ��

    ReplyDelete
  11. Ada Christian Sugiono juga hadir. Cakepnyaa :D

    Wah, jadi bisa nih kalau jual beli langsung ke carsome aja, ya. Sangat membantu dan memudahkan bagi kita semua yang ingin menjual mobil dan segera mendapatkan pembeli yang enggak PHP.

    ReplyDelete
  12. Tambah lagi nih referensi buat jual mobil online.
    Senangnya jadi konsumen zaman sekarang ya, semuanya ada dalam genggaman!

    Nyaaang penting ada kuota^^
    Jual mobil pun bisa online

    ReplyDelete
  13. Setuju sih kalo perempuan harus ikut Andil untuk memutuskan pilihan dalam keluarga termasuk urusan mobil
    Aku yang pertama belum punya mba hehe, semoga dimudahkan untuk beli yg pertama

    ReplyDelete
  14. Wih jual mobil emang gak gampang ya mba.. dengan web dan aplikasi carsome akan snagat mempermudah ya

    ReplyDelete
  15. Mobil kami jiga mau dijual nih mba. Moga segera ganti yang baru. Nah, buat urusan kendaraan aku sepakat kaum hawa perlu juga tahu soal mobil atau motor meski yang mendasar agar gak gampang dikerjain

    ReplyDelete
  16. Bahas carsome bersama laki-laki handsome
    Itu mah sesuatu banget Mbak

    Ilmu dapet, mata juga jadi segar lihat orang cakep hahaha

    ReplyDelete
  17. Iya sih 5 taun pada lunas ganti plat nomer langsung jual. Pdhl kelamaan harga turun ya. Ini liat2 dulu deh, tar lagi mobil lunas kali dengan carsome jadi tau gmn

    ReplyDelete
  18. Iya ya, wanita zaman sekarang mah kudu melek sama mesin mobil juga. Biar kalo jual atau beli gak ditipu. Jadi kepengen tahu Carsome nih.

    ReplyDelete
  19. Jika harus di jual lima tahun sekali..kita harus tetap merawat mobil ..dan peforma juga bagus..biar harga jual gak jatuh2 amat. , Eh gitu kan ya..

    ReplyDelete
  20. Waah ganti Mobil tiap 5 tahun ya. Aku udah 2x ganti Mobil tapi semuanya karena ketidaksengajaan wkwk. Ga tau deh 5 tahun lagi apakah akan ganti Mobil atau enggak.

    ReplyDelete
  21. Duh enaknya sekarang udah ada Carsome, mau jual mobil udah gak was2 lagi takut dihargai gak sesuai pasaran. Sekarang wanita memang harus multitasking ya sampe urusan otomotif pun bisa di handle berkat carsome

    ReplyDelete
  22. Jadi perempuan harus tahu juga dasar-dasar otomotif. Saya setuju banget sama statment ini. Berguna banget kalau pas ke bengkel. Kalau jual mobil masih tennag lah dibantu carsome.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar dengan baik TANPA link hidup di kolom komentar. Dan cukup pakai Url blog saja ya teman-teman di ID namanya.

Part Of Author

Part Of Author
Buku Antologi Pertama & Kedua

My Voice Over Here (BTS Dubbing)

Like us on Facebook

Subscribe