[Workshop] Basic Infographic With CNI and Indonesian Social Blogpreneur

Monday, April 29, 2019



Sebelumnya, mohon ma'af ya walaupun judulnya berbahasa Inggris, konten tulisan ini tetap berbahasa Indonesia, haha. Maksud dan tujuan tulisan ini mau ceritain keseruan waktu ikutan Workshop tentang Infografis dasar bareng CNI dan ISB (Indonesian Social Blogpreneur) beberapa waktu lalu. Udah pada tahu dong ya ke CNI, dan ISB (Komunitas Blogger yang Foundernya adalah Teh Ani Berta, Teteh kita semua itu lho).

Nah, jadi kemarin itu saya dan beberapa teman Blogger lainnya pagi-pagi sudah nangkring manis di VR Offices yang Kantornya sebelahan dengan Menara Batavia. Saat itu Long weekend, alih-alih liburan keluarga kemana, kami memilih seru-seruan sambil cari ilmu belajar infografis dari Ahlinya. Ahsyiappppp.


Acara dibuka oleh Teh Ani sendiri, dilanjutkan oleh Mas Raden Firman Agung P. selaku Graphic Designer di VR Offices yang menjelaskan sepintas mengenai VR Offices yang merupakan Hybrid Coworking Space yang cozzy banget di TCC Batavia Level 6, Jl. KH Masyur Kav. 126.

Kemudian dilanjutkan oleh Mba Asti Eka Putri selaku Product Marketing CNI Indonesia yang memberikan sambutan, dan sharing mengenai salah satu produk andalan CNI yaitu Bioplus, Probiotik yang dapat membantu kita supaya terbebas dari masalah pencernaan.




Btw, Bioplus ini selalu saya stok di rumah semenjak dua tahun lalu, karena beberapa kelebihan yang saya rasakan sendiri dibandingkan probiotik lainnya yang harus disimpan di tempat dengan suhu tertentu. Bioplus lebih simple dan rasanya juga enak.

Kebetulan saya pernah review Bioplus tahun 2017 lalu, supaya lebih jelas lagi, teman-teman bisa mampir ya ke tulisan saya tersebut yang berjudul "Sedia Bioplus untuk Terbebas dari Masalah Pencernaan".


So far, Bioplus setia mendampingi keluarga saya supaya terhindar dari masalah perut, apalagi semenjak hamil anak pertama, saya cenderung rentan mengalami konstipasi.

Btw, seluruh Peserta Workshop seru banget memainkan games yang dipimpin Mba Asti sendiri, ada tiga Peserta yang mendapatkan hadiah karena berhasil memenangkan permainan lho, yeayy belum apa-apa udah dapat hadiah aja ya padahal materi utamanya baru akan dimulai. Wah mood booster untuk belajar banget tuh pastinya ya.


Belajar Infografis Dasar Bagi Pemula Bersama Mas Ardan

Mas Ardan ini adalah orang baru di hidup saya. Halahhh.
Maksudnyaaaa.. walaupun sudah beberapa kali berseliweran di telinga dan mata (lihat di medsos), saya baru sekali bertatap muka dengan Mas Ardan dan baru follow akun IG-nya juga di hari yang sama. Ternyata, Mas Ardan ini ahli dalam hal membuat Infografis, baik menggunakan software Photoshop ataupun aplikasi untuk membuat infografis.


Saya menyimak materi yang disampaikan dengan antusias terutama karena memang saya mempunyai ketertarikan untuk mempelajari materi tersebut, demi terciptanya tampilan feed Instagram dan postingan Blog lebih ciamik dengan infografis yang cantik dan tidak menyakiti mata siapapun yang melihat atau membaca.

Kalau dari namanya, Infografis ini mempunyai dua suku kata yaitu Information dan Graphic. Artinya, Infografis menyatukan antara informasi yang ingin disampaikan namun dibuat lebih eye catching dengan disajikan lebih menarik dengan gambar-gambar visual. Tujuannya tentu sangat mulia dan berfaedah, terutama bagi kita-kita yang terkadang melihat suatu informasi disajikan dengan monoton hanya kalimat saja, mata kita haus akan gambar dan warna yang dapat menarik perhatian mata. Begitu kira-kira ya pengertian awam yang saya tangkap.

Contoh Infografis (Source : https://www.maxmanroe.com/pengertian-infografis.html)

Dalam penyajiannya, kita ternyata tidak bisa ngasal saat menyajikan gambar dan warna tersebut, harus dibikin sedemikian rupa sesuai dengan porsinya, gak berlebihan, atau sesuai idealis kita semata, yang ternyata ujung-ujungnya dapat menyakiti mata Pembaca atau siapapun yang melihatnya. Jadi tetap harus diperhatikan porsinya ya, dari segi warna dan penambahan elemen gambar.

Mas Ardan menyarankan beberapa aplikasi online untuk membuat Infografis, saya sangat tertarik dengan Canva.com karena sudah sangat familiar dengannya namun belum pernah membuat infografis sebelumnya di Canva. Wah ternyata banyak yang belum saya eksplor padahal sudah cukup lama membuat foto lebih menarik dengan bantuan Canva.



Sebagai pelengkap, kita dapat menambahkan beberapa elemen yang bisa dibikin dengan bantuan Photoshop. Mas Ardan sangat membantu karena memberikan link dimana kami bisa mendownload Photoshop Portable, jadi cukup di-download tanpa harus install sehingga tidak membuat laptop kami "keberatan".

Saya akhirnya tidak membuang waktu, sepulangnya dari workshop, saya coba-coba praktek. Kali ini saya membuat Curiculum Vitae (CV) personal sebagai Blogger, plus bikin Rate Card sekalian nih Gengs. Jadi kalau nanti ada Klien yang meminta Rate Card, bisa langsung sodorin aja kan ya, hihi.

Maklum, Professional Blogger Wannabe. Haha

Seperti inilah kira-kira yang saya bikin, masih seadanya banget kan ya, kurang elemen disana sini, nanti deh ya sambil praktek perlahan. Yang penting, untuk basicnya sudah gak terlalu blank.




Ada beberapa catatan yang saya tangkap dari penjelasan Mas Ardan, yaitu :

  • Kalimat informasi sebaiknya jangan terlalu panjang. Disingkat saja inti dari apa yang akan disampaikan.
  • Perbanyak Referensi. Bisa dari Pinterest.com, Piktochart.com, Visually, Behance.net, Kreavi.com, dan lain sebagainya.
  • Infografis sebaiknya dalam posisi Portrait, mengingat saat ini Masyarakat semakin banyak yang menggunakan Gadget.
  • Mainkan Kata Kunci. Supaya Infografis yang kita buat akan lebih mudah ditemukan dan tepat sasaran.
  • Jangan sampai lupa mencantumkan Sumber tempat kita mendapatkan referensi.
  • Untuk mengunduh material grafis, bisa di freepik.com dan flaticon
  • Untuk mengunduh foto, bisa di unsplash.com, pixabay.com, dll.
Bisa membuat Infografis menggunakan bantuan beberapa Aplikasi seperti :

  • Adobe Illustrator
  • Adobe Photoshop
  • Adobe Indesign
  • Corel Draw
  • Microsoft Powerpoint
  • dll.
Alhamdulillah, workshop Infografis-nya sangat membantu saya yang memang masih Pemula. Sebagai Blogger, tentunya ilmu ini akan sangat bermanfaat dan bisa diaplikasikan untuk melengkapi tulisan supaya tidak membosankan. Apalagi kalau menurut Mas Ardan, "Dunia Blog akan terus berubah. Kenapa kita tidak beranjak?", wah jleb banget deh.


Last but not least, terima kasih ISB yang sudah memfasilitasi kami semua untuk belajar terus, menabung skill dengan dihadirkannya Mentor atau Para Ahli di bidangnya masing-masing. Terima kasih CNI yang sudah setia menemani masa kecil saya dengan Kopi Ginseng-nya (yang akan selalu mengingatkan saya kepada seseorang yang sudah seperti Bapak kandung saya), dan produk-produk lainnya yang sampai sekarang masih saya dan Keluarga konsumsi seperti BioPlus, karena gak hanya enak di lidah tapi juga menyehatkan.


Terima kasih juga kepada Mas Ardan yang sudah berbagi ilmu dengan sangat baik dan penuh kesabaran, hingga satu persatu meja Peserta didatangi dan dibantu saat ada Peserta mengalami kendala. Dan tentu saja, terima kasih VR Offices untuk tempatnya yang super ramah, go green dan instagramable. Yang pasti betah banget kerja sambil belajar di VR Offices.

Dan untuk semua Sobat ISB, ayuuk seseruan lagi belajar bareng ISB di Workshop berikutnya yaaa.


You Might Also Like

5 komentar

  1. Wah seru banget nih ya pasti acaranya, bisa belajar sambil main games hehe

    ReplyDelete
  2. Wah seru dong nih ya kalau bisa belajar desain juga. Terima kasih informasinya

    ReplyDelete
  3. Banyak juga ya aplikasi yang bisa digunakan untuk membantu membuat desain

    ReplyDelete
  4. Mencantumkan referensi dari mana kita mengambil gambar itu memang penting ya

    ReplyDelete
  5. Hi mbak Han!

    Terima kasih sudah datang. Kece nih blog postnya! Oiya, kenapa hasilnya tidak diposting aja?

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar dengan baik TANPA link hidup di kolom komentar. Dan cukup pakai Url blog saja ya teman-teman di ID namanya.

Part Of Author

Part Of Author
Buku Antologi Pertama & Kedua

My Voice Over Here (BTS Dubbing)

Like us on Facebook

Subscribe