Koinworks Memudahkan Keluarga Muda Berinvestasi dengan Modal 100 Ribu Rupiah

Monday, April 08, 2019


Investasi saat ini bukanlah sesuatu yang menjadi konsumsi kalangan tertentu saja. Semakin banyak yang menyadari pentingnya berinvestasi, termasuk Keluarga muda yang mulai berbenah diri dalam hal keuangan demi masa depan yang lebih baik dalam berbagai hal.

Flashback sedikit ke tahun pertama pernikahan saya dan Suami. Waktu itu, sama sekali belum kepikiran buat bikin laporan keuangan rutin perbulannya, apalagi berinvestasi. Padahal kami sebelum menikah bekerja di lembaga keuangan yang sama, lumayan terbiasa dengan hitung menghitung keuangan dan mengetahui manfaat dari Investasi baik yang jangka pendek ataupun jangka panjang. Tapi untuk keuangan rumah tangga, kami biarkan aja ngalir, gak jauh beda dengan kondisi sebelum menikah.

Yang ada di benak kami saat itu adalah, pergunakan dana yang ada untuk membahagiakan atau mencukupi kebutuhan Orangtua dan keluarga tercinta, gak salah memang, tapi selain itu kami juga cukup konsumtif ke hal-hal yang bersifat hiburan seperti nonton, makan di tempat fancy, liburan, dan sebagainya.

Sempat denger, kebiasaan masyarakat Indonesia tuh lebih ke "let if flow", santai mengalirkan dana yang ada walau sampai habis, karena berprinsip uang akan terganti di bulan berikutnya. Mungkin gak semuanya kayak gitu ya, tapi seperti itulah kira-kira kami saat itu. Hingga, keadaan membalikkan keadaan kami, dimulai semenjak kehamilan anak pertama kami. 


Mulai merasakan banyaknya biaya ini itu yang gak semua bisa dicover oleh Kantor Suami, saat itu saya tidak bekerja Kantoran karena ingin fokus ke kehamilan dan mengurus bayi, sementara penghasilan saya sebagai Freelancer pun tidak mencukupi kebutuhan kami setiap bulannya, saya tidak bisa maksimal bekerja dikarenakan waktu tercurah untuk Anak. Yang ada malah jadi sering ribut gak jelas masalah keuangan.

Namun berkat kejadian itulah, kami pun mencoba untuk lebih rapi lagi dalam pengeluaran, coba bikin laporan corat coret dulu, yang lama kelamaan jadi lumayan rapi. Dan ternyata, memang cukup signifikan manfaat dari kebiasaan membuat laporan keuangan ini lho.

 Manfaat Membuat Laporan Keuangan (Rumah Tangga) Bulanan

  • Lebih rapi dalam membuat pos-pos keuangan setiap bulannya
  • Gak bingung lagi dengan Salary bulanan yang biasanya suka "ngilang" tanpa penjelasan
  • Income bulanan gak numpang lewat doang
  • Dikit-dikit terbebas dari jerat Credit Card yang sebelumnya sempet bikin engap
  • Lebih bisa menahan dan mengatur pengeluaran
  • Konsisten mengutamakan kebutuhan dibandingkan keinginan
  • DLL.

Itu hanya beberapa manfaat saja yang kami rasakan, tentunya masih ada manfaat lainnya yang memperbaiki kualitas finansial rumah tangga kami yang masih perlu banyak dibenahi.

Pentingnya Keluarga Muda untuk Mengatur Gaya Hidup


Kebiasaan saya dan Suami yang boros di awal pernikahan, menjadikan kami Pasangan yang cuek tentang keuangan di masa depan. Bisa jadi, saat itu karena belum ada Anak, tapi kan seharusnya bukan jadi alasan ya. Karena dampaknya, saat Anak pertama kami lahir, kami sempat mengalami masa-masa sulit dalam hal keuangan yang membuat kami terjebak dan terbiasa menggunakan Kartu Kredit. Kalau diingat-ingat lagi, itu adalah fase hidup yang menakutkan.

Sampai akhirnya kami berpikir dan memutuskan untuk mengubah gaya hidup. Karena sepertinya salah satu masalah keuangan kami dikarenakan lifestyle yang terlalu menuruti keinginan bukan kebutuhan.


Dampak dari mengubah gaya hidup tersebut pun cukup signifikan, kami kembali punya tabungan, bisa beli Logam Mulia (LM) nyicil-nyicil dari yang gram-nya kecil hingga lanjut ke LM yang lebih berat lagi gram-nya. Prinsipnya, dikit-dikit hingga jadi bukit. Hingga satu hari, saya mulai kepikiran untuk melakukan investasi lainnya, tapi masih kebingungan mau investasi apa dan dimana.

Obrolan malam sebelum tidur yang biasanya santai, seketika jadi serius dong.

Hemmm.. mau investasi apa nih kita?

Investasi Mudah bagi Keluarga Muda bersama Koinworks

Sebenarnya ada beberapa opsi yang ditawarkan suami tentang Investasi. Apakah dengan membeli tanah (yang selama ini ditunda-tunda terus karena alasan tertentu), apakah meneruskan membeli Logam Mulia, atau apakah kami mulai serius menggarap sawah dan kebun di kampung halaman saya saja (karena saya mempunyai cita-cita ingin menjadi Petani di masa tua nanti).


Bisa saja memilih salah satu diantara beberapa opsi diatas, terutama yang mulai mengelola kebun di Kampung. Tapi kok cukup banyak juga ya pertimbangan yang harus dipikirkan, mengingat saat ini kami masih hectic karena hadirnya Putra kedua yang masih berusia enam bulan.

Ada gak sih investasi yang gak ribet dan gak mengharuskan kami (terutama saya) bepergian jauh dan sering-sering? jawabannya, ADA. Tinggal dipilih dan dipilah saja mana yang terbaik yang akan diambil.

Setelah riset dan baca-baca, kami menemukan cara Investasi yang saat ini sedang marak dilakukan oleh Para Investor, yaitu Koinworks Peer to Peer Lending (P2P Lending).

Apa itu Koinworks Peer to Peer Lending (P2P Lending) ?

Kita bahas satu-satu ya, sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai Koinworks, kita kenali dulu apa itu Peer to Peer Lending (P2P Lending). P2P Lending adalah Platform teknologi yang terhubung secara digital. Disana kita dapat berinvestasi sejumlah dana yang dapat disalurkan untuk dijadikan modal Peminjam dana tersebut. 


Beberapa kelebihan dari Investasi P2P Lending, antara lain :

  • Investasi yang relatif murah dan terjangkau bagi Masyarakat.
  • Nominal Investasinya dimulai dari Rp. 100.000
  • Tidak adanya keharusan memelihara Portofolio pada nilai minimum tertentu.
  • Tidak adanya minimum fee.
  • Seluruh transaksi (pinjam meminjamkan) uang bisa dilakukan secara Online.
  • Mudah dijangkau berbagai kalangan Masyarakat.
  • Kita bisa pilih sendiri pinjaman dari Peminjam mana yang mau didanai.
  • Aman, karena sudah didukung oleh OJK dan BI.
  • Dll.


Jadi bisa dibilang P2P Lending ini sebagai penghubung atau Marketplace antara Pemilik dana untuk diinvestasikan (dan dipinjamkan), dengan masyarakat yang membutuhkan dana pinjaman. Enaknya bagi Investor, karena bisa memilih Peminjam mana yang akan didanai. Nantinya masing-masing dari pinjaman tersebut akan ada keterangan bunganya, waktu pinjaman. nilai pinjamannya berapa, tujuan dari pinjaman, proses pendanaannya seperti apa, dan lain sebagainya.

Sementara, Koinworks adalah penyedia Platform untuk memudahkan kegiatan pinjam meminjamkan secara online tersebut. Koinworks merupakan Perusahaan Fintech lending di Indonesia yang daat melayani pendanaan P2P Lending dengan machine learning yang inovatif.

Aman gak ya Investasi P2P Lending ini?

Investasi P2P Lending relatif aman karena menggunakan teknologi enskripsi untuk mengamankan semua data. Dan Koinworks akan sangat berhati-hati dalam menilai pinjaman mana yang layak untuk didanai oleh Investor, dan itu tentunya akan membuat Para Investor menjadi lebih nyaman dan percaya.


Yang membuat lebih tertarik, karena kita dapat berinvestasi dengan nominal yang tidak begitu besar, yaitu mulai dari Rp. 100.000 saja. Selain itu Peminjam juga bisa lho mengajukan pinjamannya dengan bunga yang rendah.

Mengapa harus berinvestasi di Koinworks

Dan seperti yang saya tulis diatas, bahwa sebenarnya ada beberapa opsi untuk berinvestasi. Tapi di Koinworks ini kita bisa mendapatkan beberapa kemudahan lainnya selain semua transaksi dapat dilakukan secara Online, seperti :
  • Koinworks ini memiliki fitur auto purchase, yang bisa membuat proses investasi terjadi secara otomatis.
  • Memiliki dana proteksi, jadi kalau Peminjam gagal bayar (pailit), dana yang dipinjamkan akan diganti rugi hingga 100%.
  • Dan yang pasti nih yaa, kita gak perlu khawatir lagi soal keamanan dari Koinworks ini karena sudah diawasi oleh OJK dan didukung juga oleh BI demi meningkatnya inklusi keuangan.
  • Koinworks juga sudah bermitra dengan Marketplace besar di Indonesia, seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Bhinneka, DOKU, Berrybenka, Sirclo, dll. Dan merchant dari online Marketplace tersebut lah yang dapat menjadi Peminjam.
  • DLL.

Beberapa manfaat saat kita berinvestasi P2P Lending :

  • Sebagai Investor, kita jadi bisa turut menyalurkan dana untuk kebutuhan non konsumtif.
  • Kita bisa membantu Peminjam yang membutuhkan dana untuk bisnis, biaya Pendidikan, Kesehatan, dan lainnya yang merupakan kebutuhan konstruktif.
  • Bunga pinjamannya lebih mudah dibanding lembaga keuangan konvensional.
  • Kita bisa turut bantu UKM berkembang dengan dukungan modal yang terjangkau.
  • Bebas dari suku bunga pasar yang fluktuatif.

Apakah P2P Lending itu bebas risiko?


Seperti Investasi lainnya, tentu P2P Lending ini ada risikonya juga, seperti :
  • Sebagai Investor, kita tidak dapat menarik dana sebelum jatuh tempo.
  • Periode pendanaan cenderung lama, karena itu pastikan dari awal bahwa dana yang kita gunakan untuk berinvestasi adalah dana "dingin" alias tidak akan digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.
  • Ada resiko kredit macet, atau gagal bayar oleh si Peminjam.
  • Dll.

Nah tapi di Koinworks, kalau kita intipin website-nya, disana ada keterangan angka dan huruf yang menandai risiko dari masing-masing yang akan meminjam. Misal, A1 artinya risikonya paling kecil, dan E5 artinya risiko paling besar. Jadi kita bisa pastikan dulu dari awal untuk meminimalisir risiko ya.

Cara Kerja Koinworks dari Kacamata Peminjam

  • Peminjam mengajukan pinjaman secara online
  • Koinworks akan menganalisa semua data Peminjam, dan akan dimasukan ke kategori risiko yang sesuai dengan grade-nya
  • Pinjaman diterbitkan ke dalam platform
  • Kemudian ratusan hingga ribuan Investor akan bahu membahu untuk memenuhi kebutuhan Peminjam
  • Dana pinjaman dicairkan
  • Peminjam menggunakan dana pinjaman sesuai kebutuhan
  • Sistem Koinworks akan secara otomatis menyalurkan pengembalian ke Investor berdasarkan porsi pendanaan masing-masing Investor (Pokok dan Bunga)
Wah, sepertinya saya mulai tertarik untuk menjadi salah satu Investor/Pendana di Koinworks. Gimana kalau saya langsung coba aja sign up di website-nya, yuk ikuti terus ya langkah-langkahnya seperti apa.

Cara mendaftar di Koinworks sebagai Investor

  • Setelah masuk ke websitenya Koinworks yaitu www.koinworks.com saya langsung mendaftar sebagai Investor.
  • Langsung isi data pribadi sesuai yang diminta.
  • Upload scan KTP.
  • Setelah membaca syarat dan ketentuan, saya pun langsung klik "Setuju".
  • Lanjut verifikasi akun via no. handphone (Whatsapp) dan email.
  • Akun Koinworks saya sudah jadi, yeayy.

Cukup mudah ya cara mendaftarnya, setelah ini saya bisa mulai berinvestasi deh dengan mendanai Peminjam yang sesuai dengan kriteria yang saya inginkan. Setelah itu saya harus memantaunya untuk memastikan apakah hasilnya sudah sesuai yang diharapkan? kalau misalkan belum, cari tahu apa langkah yang kurang tepat dan perbaiki. Kalau hasilnya sesuai yang diharapkan, nah bisa deh tuh tambah lagi angka investasinya supaya semakin bertumbuh nilai keuntungannya.


Btw, kalian bisa langsung coba juga ya untuk registrasi di website Koinworks, dan sebagai penyemangat, gunakan kode promo KOINWORKS150 dan registrasikan data pribadi kalian, nanti kode-nya akan langsung terpasang di kolom "Kode Promo" dan kalian bisa langsung mendapatkan modal awal sebesar 150.000 yang bisa langsung digunakan untuk mendanai Peminjam.

Koinworks bisa dikatakan cara cerdas menabung di era modern ini, bisa dilakukan kapan pun, di mana pun, karena kita gak perlu datang langsung ke Kantor Koinworks, melainkan dilakukan secara online. Dan investasi P2P Lending ini sepertinya cocok nih dilakukan bagi Keluarga muda yang sudah memasuki usia 30-an seperti keluarga kami, karena sepengalaman saya, di usia kepala 3 ini, sudah sangat memerlukan dana mengalir tambahan setiap bulannya, dan juga untuk mencapai akselerasi hidup, apalagi modal awalnya sangat terjangkau.

Gimana, apa kalian tertarik berinvetasi di Koinworks? jangan lupa manfaatkan Kode promo diatas ya untuk mendapatan koin pertama kalian. 

Selamat berinvestasi!


Referensi :
https://www.finansialku.com/penghasilan-tambahan-bulanan-dari-hasil-investasi-di-peer-peer-lending-studi-kasus/
https://www.finansialku.com/koinworks-peer-to-peer-lending/

All Pics: Pixabay

You Might Also Like

21 komentar

  1. Wah ternyata banyak juga ya keuntungan dari Koinworks ini

    ReplyDelete
  2. Wah bagus banget nih artikelnya. Terima kasih artikelnya sangat membantu

    ReplyDelete
  3. Wah terima kasih nih informasinya tentang cara kerja koinworks dari kacamata peminjam

    ReplyDelete
  4. Cara mendaftarnya lumayan mudah juga ya. Saya kira sulit

    ReplyDelete
  5. Wah terima kasih nih informasinya, investasi mudah bagi keluarga muda bersama koinworks

    ReplyDelete
  6. Wuah aku sebagai pasangan pengantin baru merasa tersenggol kalo sudah membahas soal keuangan. Ada masalah financial yg sedikit kurang memang sama kyk d atas mba dan hadirnya koinworks ini help banget ya, bisa mulai dari 100rb aja

    ReplyDelete
  7. Proses registrasinya gampang ya. Jadi bisa investasi dimanapun bersama koinworks

    ReplyDelete
  8. Beberapa temenku ada jg yg investasi di koinworks. Pengaturan keuanga buat keluarga muda memang penting bngt, hrs ada investasi dan dana darurat.

    ReplyDelete
  9. Aku juga let it flow kok haha. Cuma sekarang sejak Dudu masuk SMP lagi cari-cari sumber investasi/pendapatan lain buat siap-siap. Udah sering denger P2P Landing cuma blom paham isinya (maklum aku gaptek financial dah). Postinganmu lumayan nih mencerahkan Mba. Thanks yoooo

    ReplyDelete
  10. Mesti dipelajari baik-baik ya, p2p lending saja saya belum tahu banget

    ReplyDelete
  11. Hm, P2P lending ya. Pernah dengar yang semacam ini. Membantu buat kita yang bisanya investasi sedikit2

    ReplyDelete
  12. tung itung itung... kudu cermat hitung keuangan dengan berinvestasi. makasi sudah diingatkan :)

    ReplyDelete
  13. Dulu, di pikiran saya kalau mau berinvestasi pasti membutuhkan uang yang gak sedikit. Cuma orang kaya yang mampu melakukannya. Ternyata, sekarang ada investasi yang bisa menjangkau banyak orang. Prosesnya pun kelihatannya mudah

    ReplyDelete
  14. Benar sekali, Mbak.
    Memang harus mempunyai dana cadangan dan dana masa depan.
    Salah satunya itu, membeli apa yang dibutuhkan, bukan yang diinginkan.
    Dan berinvestasi bisa jadi alternatif. Dan ini keren ya, bisa dengan modal 100 ribu saja.

    ReplyDelete
  15. Nggak susah lagi sekarang mau investasi , nggak perlu modal gede, yang penting tekadnya aja dibesarkan

    ReplyDelete
  16. Dengan menjadi investor kita bisa membantu yg lain yang membutuhkan pinjaman ya? Meski 100k tapi kalau dikumpulkan kan bisa jadi banyak dan dirasakan manfaatnya bagi yang lain

    ReplyDelete
  17. Koinwork menjadi cara cerdas menabung yang kekinian ya...pengin coba juga jadinya:)

    ReplyDelete
  18. Investasi saat ini tengah menjadi perhatian dari generasi kekinian, melalui koinworks semua jadi bisa investasi karena minimun fee yang ditetapkan minimal hanya Rp 100ribu
    sudah gitu lebih efektif ya karena prosesnya bisa melalui by online

    ReplyDelete
  19. Sekarang ini semakin banyak banget ya kak investasi seperti ini, apalagi dengan start Rp 100.000 saja pasti banyak sekali yang mau. Aku nih lagi sering banget lihat promo dari Koinworks, kemarin baru dari Pacific Place dan ada beberapa pilihan gitu ditawarin sama team Koinworks.

    ReplyDelete
  20. modal 100.000 aja bisa buat investasi, ah ini mah kayaknya gampang yaa buktinya 100ribu biasanya dikeluarin buat makan di cafe, bedanya kalau investasi gini pasti ditunda-tunda terus, sekarang jangan gitu ah! bertekad kuat nih, haha

    ReplyDelete
  21. Terjangkau banget ya modal investasinya cuma 100 rb, apalagi kita bisa pantau sendiri keuntungannya karena ada fitur robolending.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar dengan baik TANPA link hidup di kolom komentar. Dan cukup pakai Url blog saja ya teman-teman di ID namanya.

Part Of Author

Part Of Author
Buku Antologi Pertama & Kedua

My Voice Over Here (BTS Dubbing)

Like us on Facebook

Subscribe