Ketahui Macam-Macam Wireless Microphone dan Beli Sesuai Kebutuhan

Saturday, January 05, 2019


Microphone adalah alat yang tidak bisa lepas dari Pekerjaan saya. Walaupun pernah masuk dunia Perbankan, tapi passion saya tidak pernah berubah di dunia Broadcast dan Media. Menjalani Profesi sebagai Penyiar Radio (Radio Announcer) selama kurang lebih delapan tahun, kemudian mulai merambah ke dunia Sulih Suara, akhirnya saat ini saya mulai fokus sebagai Voice Over &  Dubber, yang biasa juga dikenal sebagai Penyulih Suara.

Berbagai jenis Microphone sudah saya temui dari yang standar, yang kabelnya bergulung-gulung itu, maupun yang lebih canggih dan mulai marak digunakan saat ini seperti Microphone tanpa kabel, alias Wireless Microphone.

Untuk membuat suara terdengar lebih keras, kita membutuhkan microphone sebagai alat input, kemudian akan dikeluarkan lewat speaker. Di masa seperti ini, microphone ternyata sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Mulai dari untuk Adzan di masjid, nyanyi di karaoke, pidato di depan khalayak, dan lain sebagainya termasuk saya yang saat ini sedang mencari Microphone yang tepat untuk Studio mini saya di rumah. Tidak heran jika microphone pun dibuat lebih canggih dari hari ke hari. Termasuk dibuatnya wireless microphone, alias microphone tanpa kabel.

Karakteristik Microphone yang Perlu Diketahui

Sebelum saya membeli microphone, saya coba mencari tahu terlebih dulu jenis microphone sesuai kegunaannya. Jangan sampai saya beli microphone yang salah karena akan mempengaruhi inputan suara, dan berakibat pada output yang kurang maksimal. Termasuk ketika membeli wireless microphone, yang memiliki karakteristik sendiri-sendiri sesuai kegunaannya. Karakteristik tersebut adalah seperti berikut ini:

1. Microphone Omnidirectional
Apabila kita mencari microphone untuk digunakan menangkap suara dari berbagai arah seperti untuk rekaman orkestra, live music studio atau ketika paduan suara, maka sebaiknya membeli microphone dengan karakteristik omnidirectional. Microphone jenis ini jangkauan inputnya luas, alias bisa menangkap suara dari berbagai arah, sehingga memang cocok untuk keadaan di mana ada banyak input yang harus ditangkap dalam satu keluaran. Selain yang berbentuk dipegang tangan, ada juga yang berupa clip on. Biasanya para reporter lapangan menggunakan mic jenis ini untuk wawancara, supaya bisa menangkap suara sumber yang kadang tidak pas di depan mic, juga menangkap suara sekitar yang tidak boleh terlewat. 

2. Microphone Bidirectional
Ada juga tipe microphone bidirectional. Seperti namanya, bi, berarti hanya ada dua arah yang bisa digunakan menangkap suara dengan baik yaitu depan atau belakang. Sedangkan bagian sampingnya sama sekali tidak bisa untuk input malah me-reject suara. Tidak heran jika microphone jenis ini tidak
begitu populer. Penggunaannya juga biasanya terbatas, misalnya untuk rekaman stereo atau rekaman drama radio. Jika digambarkan, pola microphone bidirectional ini mirip angka 8.

3. Microphone Unidirectional/Cardioid
Bisa dibilang wireless microphone yang paling sering digunakan adalah tipe cardioid ini. Sebab, microphone yang satu ini hanya mampu menangkap suara dari satu arah, cocok untuk penggunaan yang ingin fokus pada satu suara saja. Misal untuk pidato, bernyanyi, wawancara di dalam ruangan, adzan, imam masjid, dan lain sebagainya. Apabila digambar dalam sebuah pola, maka akan terbentuk gambar hati di ujung lingkaran. Gambar hati tersebutlah yang digunakan menangkap suara, sedangkan sisi yang kosong tidak bisa untuk menginput suara.


Keunggulan dan Kelemahan Microphone Tanpa Kabel

Memang dibandingkan microphone biasa, wireless microphone memiliki banyak kelebihan. Antara lain, bisa lebih praktis digunakan tanpa khawatir kabel yang membelit. Selain bentuknya seperti microphone pada umumnya, ada pula yang berbentuk clip on dan bisa dipakai hanya dengan ditempel
pada pakaian atau pada alat musik tertentu.

Kekurangannya ada pada jarak jangkau. Misalnya, seharusnya bisa menjangkau jarak 250 meter, tapi karena terhalang tembok atau sesuatu seperti logam, maka sinyal yang tertangkap hanya sampai 100 meter. Selain itu, karena menggunakan baterai, maka harus sering ganti baterai supaya
performa tetap oke.

Beli Microphone Lebih Murah dan Beragam di Toko Online

Untuk lebih mudah mendapatkan microphone yang beraneka ragam, ada baiknya langsung buka aplikasi Bukalapak. Tersedia mic dengan banyak variasi dan harga mic wireless (link: https://www.bukalapak.com/c/hobi-koleksi/musik/alat-dj-karaoke) yang ditawarkan pun masih bisa dinego. Bukan hanya microphone, berbagai alat elektronik pendukung karaoke maupun pertunjukan musik pun ada banyak dan lengkap. Ratusan pedagang besar yang menjual barang elektronik pun siap memberikan layanan terbaiknya untuk kita.

x

You Might Also Like

1 komentar

  1. biasanya dipake buat cover cover lagu di youtube kan yah , yg nomer tiga aku sering liatnya

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar dengan baik TANPA link hidup di kolom komentar. Dan cukup pakai Url blog saja ya teman-teman di ID namanya.

Part Of Author

Part Of Author
Buku Antologi Pertama & Kedua

My Voice Over Here (BTS Dubbing)

Like us on Facebook

Subscribe