Bukan Hanya Karena Faktor Hormonal, Berikut Penyebab Jerawat yang Jarang kita Sadari

Saturday, January 05, 2019

Jerawat hormonal di dagu yang bikin cenut-cenut

Dear Beauty Lovers,

Hal nyebelin yang bisa dialami oleh wajah kita itu salah satunya adalah saat jerawatan. Apalagi kalau jerawatnya bikin perih dan nongol di saat ada presentasi atau meeting yang harusnya PD dengan tampilan prima, ya ngga sih? duh bawaannya pengen mencet-mencet aja deh tuh jerawat.

Orang bilang jerawat itu bagai bintang di langit malam, harusnya bikin indah dong ya, tapi kalau udah sampai bikin cenut-cenut, huhu mending gak usah ada bintangnya aja kalau gitu, haha.

Btw, setuju gak sih kalau definisi cantik itu gak selalu harus diukur dengan seberapa bagus dan flawless hasil make up seorang perempuan? Bagi saya pribadi, dengan bisa jaga kebersihan wajah hingga terhindar dari timbulnya jerawat pun sudah sangat bisa menjadi penunjang kecantikan, ataupun ketampanan bagi para pria.

Kulit wajah saya sendiri bisa dibilang cukup jarang didatangi jerawat, tapi sekalinya jerawatan bisa berasa banget perihnya, dan biasanya itu dikarenakan hormon bulanan ditambah kalau sayanya malas cuci wajah. Pasti ada satu jerawat yang nimbrung di dagu atau pinggir hidung. Kalau gak segera ditangani dengan baik, dijamin pasti makin lebar jerawatnya dan parahnya lagi bisa sampai bernanah.

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang kerap dialami oleh banyak orang, baik orang dewasa maupun remaja. Pada remaja yang memasuki masa pubertas, jerawat sering muncul menghiasi wajah. Hal ini dikarenakan saat remaja, produksi minyak sedang aktif-aktifnya dipicu oleh faktor hormonal, sel kulit mati, terjadinya inflamasi, serta proliferasi bakteri. Saat masa pubertas, hormon steroid akan mengalami peningkatan yang merangsang terjadinya pembesaran pada kelenjar sebaceous sehingga berdampak menyebabkan produksi sebum menjadi berlebih. Hal ini juga sama halnya saat mengalami menstruasi, produksi sebum juga ikut mengalami peningkatan hingga berujung pada timbulnya jerawat pada kulit.

Humm.. pantes aja.

Mengingat jerawat gak cuma dialami oleh remaja aja, tentu faktor hormonal menjadi nomor sekian penyebab kulit berjerawat pada perempuan maupun laki-laki. Karena ternyataaa ada beberapa penyebab jerawat yang mungkin sering kita lakukan tanpa kita sadar. 

Beberapa hal yang harus kita tahu karena bisa memicu timbulnya masalah jerawat 


1. Menyentuh wajah dengan keadaan tangan yang masih kotor.
Kebiasaan ini hampir sering dilakukan oleh banyak orang. Bakteri dan kotoran pada tangan saat menyentuh kulit wajah akan menyebabkan penyumbatan pori-pori kulit. Untuk itu, pastikan tangan dalam keadaan bersih terlebih dahulu sebelum menyentuh wajah. Jaga kebersihan tahan dengan senantiasa rajin mencuci tangan.

2. Produk kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit.
Produk kosmetik yang tidak sesuai bisa menyebabkan terjadinya penyumbatan pori-pori dan kulit berkomedo. Hal inilah yang nantinya berpotensi menyebabkan timbulnya jerawat. Jika kulit kita masuk dalam kategori rentan terhadap jerawat, maka sebaiknya cari produk kosmetik dengan label khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat. Selain itu, perhatikan juga kosmetik dengan label non komedogenik yang tidak akan menyumbat pori-pori kulit.

3. Sering teleponan dengan menggunakan handphone.
Selain menyentuh wajah dengan kondisi tangan yang masih kotor, menempelkan benda-benda, seperti handphone juga bisa memicu timbulnya jerawat. Hal ini mengingat handphone yang sudah menggunakan layar sentuh sering kita operasikan dengan jari tangan, entah dengan keadaan jari tangan bersih maupun yang masih kotor. Saat bertelepon, otomatis handphone bersentuhan langsung dengan kulit wajah. 

4. Jarang keramas.
Kebiasaan keramas setiap orang berbeda-beda. Ada yang keramas setiap hari, setiap dua kali sehari, atau bahkan baru keramas setiap seminggu sekali. Terlepas dari seberapa seringnya frekuensi keramas yang dilakukan, sangat penting melakukan keramas dengan rutin. Terlebih untuk kita yang memiliki rambut tipis, rambut panjang, dan yang berponi. Rambut yang jarang keramas tentunya akan sangat bau dan lepek. 

5. Jarang mengganti sarung bantal.
Sarung bantal dan sprei yang jarang diganti tentunya mengundang banyak bakteri dan kotoran. Untuk yang memiliki kecenderungan tidur menyamping, tentu sebagian wajah akan bersentuhan dengan sarung bantal yang kotor. Jika kita sering berjerawat dan ternyata memang jarang mengganti sarung bantal yang digunakan, maka bisa jadi faktor inilah yang patut dibenahi. Sebaiknya ganti sprei dan sarung bantal setiap seminggu sekali.

6. Alat makeup yang jarang dibersihkan.
Alat makeup yang jarang dibersihkan menjadi tempat bersarangnya bakteri dan kuman. Alat make up yang kotor jika digunakan untuk merias wajah bisa berpotensi menimbulkan jerawat.

7. Sering mengkonsumsi makanan yang manis.
Makanan-makanan yang manis bisa memicu kenaikan kadar insulin. Naiknya insulin inilah yang sangat berpengaruh pada produksi hormon testosteron yang merupakan pemicu sebum atau minyak pada kulit. Kulit yang berminyak akan lebih rentan mengalami jerawat.

At least, dengan tahu beberapa hal pemicu diatas, kita bisa antisipasi ya supaya gak jerawatan. Kalau kalian punya tips lain ngga untuk mencegah jerawat, apakah dengan rajin maskeran atau facial rutin? sharing dooong di kolom komen, kan seru kalau kita cantiknya bareng-bareng. LOL

See you around, Beauty! Thank you for visiting.

You Might Also Like

1 komentar

  1. Iya.Faktor kebersihan bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat, tapi kata orang gara2 pacaran bisa menyebabkan jerawat juga yach ? :)

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar dengan baik TANPA link hidup di kolom komentar. Dan cukup pakai Url blog saja ya teman-teman di ID namanya.

Part Of Author

Part Of Author
Buku Antologi Pertama & Kedua

My Voice Over Here (BTS Dubbing)

Like us on Facebook

Subscribe