Belajar Teknik Water Propagation Yuk!

Thursday, July 01, 2021

Karena kemarin-kemarin dapat beberapa DM waktu share Story di Instagram yang ada si ijo ini di dalam botol air. Akhirnya aku share di Feed, dan juga disini, siapa tahu bermanfaat ya❤️

Jadi, "Mamanya" si Teman ijo yang nama ilmiahnya Monstera Adansonii atau biasa kita sebut janda bolong (janbol) ini makin merambat, jadilah terpikir untuk memindahkan "Anak-anaknya" ke pot baru. Dengan melakukan teknik Water Propagation.

Water Propagation sendiri merupakan teknik yang biasa dilakukan untuk perbanyakan tanaman yang menggunakan media air. Teknik ini bisa digunakan untuk beberapa jenis tanaman, yang salah satunya untuk monstera. Lagi-lagi, teknik satu ini baru kupelajari, jadi ini pertama kalinya dipraktekkan dan.. bikin nagih!

Caranya :

🌿 Siapkan Tanaman yang akan dipotong. Pilih bagian batang yang memiliki akar (keliatan kok cokelat² gitu warnanya)

🌿 Siapkan botol (kalau bisa yang bening) dan isi air (campur vitamin B1 kalau ada)

🌿 Masukan tanaman yang sudah dipotong tadi ke botol yang sudah diisi air

🌿 Tunggu sekitar 2-3 mingguan sampai akar-akar baru muncul (ini artinya teknik Water Propagation-nya berhasil😍)

Gimana, cantik yaa. Bagus buat temen foto nih.


Untuk selanjutnya, aku udah siapin pot-pot baru (waktu ke Mr. DIY sekalian beli pot) dan Media tanam Organik lengkap (tanah subur + pupuk + lain-lainnya, jadi tinggal pakai) beli online karena lebih praktis gak harus keluar Rumah, selain itu tentu aja karena banyak promonya. LOL.

Nanti kalau udah dirasa siap, si Anak ijo yang disimpan di botol tadi bisa dipindah ke Pot deh.

CMIIW👌🏻

Btw kalau kalian sedang atau sempet ngalamin burnout, aktivitas ini cukup membantu untuk stress release juga. So, worth to try! Kadang, "ngobrol" dengan tanaman membuat kita (merasa) lebih dimengerti lho, HAHA.

PS : Suami kayaknya makin terbiasa lihat Istrinya ngobrol ke tanaman🙈

Yuk, perbanyak tanaman di Rumah dengan water propagation! Kalau artikel ini kamu rasa bermanfaat, feel free to share yaaa.

___________

#waterpropagation #waterpropagating  #Plant #monsteraadansonii  #KacamataHaniDotCom

You Might Also Like

25 komentar

  1. teh ini airnya ditambahin vitamin tanaman gitu ngga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ditambah vitamin B yang ini, tapi dari hasil lihat di Youtube harusnya dikasih Vit B1 supaya proses pertumbuhannya lebih baik lagi.

      Delete
  2. Ya, untuk beberapa tanaman merambat teknik stek dengan media air lebih banyak keberhasilannya. Mirip kalau akan memperbanyak sirih merah yang sering gagal kalau distek langsung ke tanah. Terima kasih informasinya Bu. Keren di saat Monstera sedang naik daun.

    ReplyDelete
  3. Kayaknya mudah banget ya, Mba. Apalagi baca komen diatas tingkat keberhasilannya lebih banyak. soalnya saya urusan tanaman selalu gagal.. hiks

    ReplyDelete
  4. Wakakakkakak aku keknya yang mulai burnout nih, masih level rendah dan masih sadar Haaan. hahahhahahah..
    Iya nih enak banget lihatnya, duh apalagi kalo pas nungguin akar tumbuh bikin h2C yaa.
    beneran jadi cantik nih janbolnya dengan media air pun tetep tumbuh yaa, dan sangat caantik buat teman berfotoooo.
    Maacih loohhh, ku mau belajar water propagation juga.

    ReplyDelete
  5. naaah aku tuh kalau water propagation selalu berhasil alhamdulillah mba. Kalau dengan media tanah malah gagal terus hehehe. Dan aku suka karena banyak yang bisa dibudidayakan di rumah

    ReplyDelete
  6. Aku juga lagi mraktikin ini mb..cari pot bulet belum nemu-nemu..
    Liat fotk mb pake wadah tabung, sepertinya oke juga..
    Mksh y mb idenya..

    ReplyDelete
  7. wah aku belum pernah mencoba menanam dengan cara seperti ini mbak
    bisa juga dicoba nih
    emang mbak, ada riset juga yang menyatakan ngobrol sama tanaman juga bisa jadi penghilang stres

    ReplyDelete
  8. Seger, ini tuh paling nggak rewel ya dia. Aku suka banget. Nggak pernah ditambah vitamin euy. Cuma pas udah dipot aja semprot vitaminnya hihi.
    Cakep dia ya buat pepotoan, aku bawa sebotol2nya pas moto. Aku cobain nanti kasi vitamin pas wp 😍

    ReplyDelete
  9. Mba aku punya juga monstera adansoni ini tapi belum cobain teknik water propagation masih mengandalkan media aja belum berkembang juga wkwkwk..next mau cobain ah tehnik ini karena gampil yah

    ReplyDelete
  10. Saya juga juga gunakan teknik nanam dengan media air, tapi bukan janbol melainkan sirih gading. Selama ini cukup berhasil, alhamdulillah. Nah saya mau coba juga nih dengan janbol, kebetulan janbol di rumah sudah bisa dipetik-petik batangnya.

    ReplyDelete
  11. Cakep sekali janda bolongnya! Aku suka liat tanaman-tanaman hijau seperti ini, mata jadi seger :D Tapi cuma suka ngeliat aja, gak telaten kalau harus menanam dan merawat tanaman sendiri, banyak gagalnya hahaha.

    ReplyDelete
  12. Aku di rumah selalu propagasi air untuk daun sirih lemon dan marble. Gampil pisan ya Mba... Cuma aku belum kasih vitamin B karena ga tau. Kemarin dikasih micin tapi ngaruh ga sih Mba?

    ReplyDelete
  13. Wah jadi pengen coba juga kalau aku biasanya tanam langsung di tanah, jadi ini kalau sudah tumbuh kita tanam kembali di pot ya mbak..cakep jadinya..

    ReplyDelete
  14. Baru tahu teknik Water Propagation utk Monstera. Punya monstera 1, baru nambah 1 daun...seneng bangett. Semoga nanti klo sdh ada yg bisa di kembangbiakkan, mau nyobain pakai teknik Water Propagation ini.

    ReplyDelete
  15. wah keren banget nih, saya kurangbisa menanam gini hehe, tapi ini unik, medianya bukan tanah yah.

    ReplyDelete
  16. Iyaa...cantik banget.
    Aku pikir Monstera Adansonii anakan bisa dibiarin tumbuh dalam media Water Propagation selamanya.
    Hehhe...tetep kudu dipindahin ke tanah yaa...

    Cantiknyaa~
    MashaAllah.

    ReplyDelete
  17. Punya tanaman seperti ini sungguh cantik banget apalagi bisa buat pajangan estetik gitu dan merawatnya juga extra gitu ya

    ReplyDelete
  18. kalau belajar atau lihat artikel gini kayaknya gampang dan simple gitu ya mbak. tapi biasanya pas praktek bisa beda hasil nih. pengen nyobain tapi asli masih takut kesenggol anak bungsu

    ReplyDelete
  19. Aku pun pakai teknik ini untuk tanaman hias terutama untuk yang indoor ya...praktis dan gak kotor kesannya. Tinggal sering2 aja bersihin biar gakda jentik2 nyamuk yang mampir..

    ReplyDelete
  20. Saya sudah coba teknik ini dan hasilnya oke juga. Bisa buat seger2 di meja kerja dan jadi perintilan foto yang natural banget, hehe. Lumayanlah buat seseruan, daripada manyun gara-gara bosen sama kerjaan rumah tangga.

    ReplyDelete
  21. Mungkin tdk semua tanaman yang dapat dilakukan dgn teknik water propagation ya?

    ReplyDelete
  22. Ih ya ampun cakep banget Mbak, kayak foto-foto di pinterest. Di aku baru ada botolnya aja ini. Haha. Eh tapi kakak iparku punya ini beberapa pot, coba nanti aku sodorin tips water propagation ini. Yaaa kali-kali adik ipar kebagian si janda bolong hihi.

    ReplyDelete
  23. Janda bolong, sirih gading, mereka tu sebenarnya gampang banget dipropagasi pake air kayak gini ya, Mak.. Makanya aku sempat heran kenapa janda bolong bisa mahal banget beberapa waktu lalu, hihi...

    ReplyDelete
  24. Wah, mama bil lagi hobby nanam nih ya. Tanaman juga butuh vitamin kayak manusia ya, aku tuuh kurang telaten pas kena serangan jamur sama serangan ulat hiks..habis pohonku yang bagus-bagus

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar dengan baik TANPA link hidup di kolom komentar. Dan cukup pakai Url blog saja ya teman-teman di ID namanya.

Part Of Author

Part Of Author
Buku Antologi Pertama & Kedua

My Voice Over Here (BTS Dubbing)

Like us on Facebook

Subscribe