GIIAS 2016 : Tata Motors Meluncurkan Tata Xenon XT D-Cab 4x4 & Tata Xenon XT D-Cab 4x4

Tuesday, August 23, 2016


Gaikindo Indonesia Auto Show (GIIAS) 2016. Tanggal 11 hingga 21 Agustus kemarin, Indonesia kembali di semarakan dengan di selenggarakannya pameran mobil GAIKINDO Indonesia Auto Show 2016 (GIIAS) di Indonesia Convention and Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang. GIIAS merupakan pameran mobil tahunan terbesar di kawasan Asia Tenggara. Kali ini, Kacamata Hani juga ingin membahas sekilas tentang beberapa moment penting disana.

Memang tidak dapat di ragukan lagi, bahwa perkembangan industri otomotif di Indonesia sangat pesat. Hal tersebut juga dapat dilihat dari melonjaknya pengunjung GIIAS tahun ini. Luas area pameran pun di perbesar menjadi sekitar 96.577 meter persegi. Dan ada sekitar 34 merek kendaraan yang mendaftar ikut pameran.

Teh Ani Liputan di GIIAS (Source : FB Teh Ani Berta)
Di GIIAS tahun ini, PT. Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) yang merupakan anak perusahaan Tata Motors Ltd, Agen Pemegang Merek (APM) Tata Motors di Indonesia memperkenalkan Tata Ultra 1012, yaitu sebuah light truck yang kuat dan menjanjikan biaya Total Cost of Ownership (TCO) terendah di kelasnya.

Setelah lebih dari satu tahun percobaan atau setara dengan lebih dari 25.000 km di berbagai kondisi medan jalan, TMDI dengan bangga meluncurkan Tata Ultra, truk ringan di Indonesia.

Biswadev Sengupta, Presiden Direktur TMDI mengungkapkan bahwa sebagai pembuat truk dan bis 10 besar dunia, Tata Motors mempersembahkan truk ringan masa yang kuat, aman, hemat BBM dan multi guna. Mereka yakin bahwa Tata Ultra adalah aset bisnis yang penting bagi para customer dan akan menjadi pilihan utama dunia usaha yang sangat kompetitif.

Tata Ultra sendiri menawarkan 5 keunggulan, yaitu: 

Ultra Versatile : Tata Ultra 1012 ini memiliki berbagai varian yang sesuai untuk setiap aplikasi, dirancang dengan pertimbangan teknis untuk mengakomodasi karoseri. Kapasitas angkut Tata Ultra 1012 berkisar 4 sampai 7 ton dengan dimensi lebar bak 2,2 meter dengan pilihan panjang 4-6 meter.
Ultra Style: Hadir dengan kombinasi antara teknologi terkini dan sosok yang lebih modern. Untuk segala fungsi dan pemakai, Tata Ultra 1012 menciptakan standar baru di segmen kendaraan komersial ringan di Indonesia dengan biaya terendah, keamanan yang baik dan aneka fitur.

Ultra Style: Hadir dengan kombinasi antara teknologi terkini dan sosok yang lebih modern. Untuk segala fungsi dan pemakai, Tata Ultra 1012 menciptakan standar baru di segmen kendaraan komersial ringan di Indonesia dengan biaya terendah, keamanan yang baik dan aneka fitur. 

Ultra Performance : Ultra Performance: Tata Ultra 1012 dibekali mesin diesel Tata 497 TCIC 3.783 cc yang sanggup menghasilkan tenaga 125 PS @2400 rpm dan torsi terbesar dibanding kompetitornya yakni sebesar 400 Nm @1300-1500 rpm. Gross Vehicle Weight (GVW) Tata Ultra 1012 sebesar kurang lebih 10 ton. Transmisi Tata Ultra menggunakan Transmisi G-550 dengan enam gigi dengan overdrive (OD).

Ultra Comfort : Desain kabin interior Tata Ultra menitik-beratkan pada kenyamanan dan keselamatan. Disamping mekanisme kendaranya, keunikan dari Tata Ultra 1012 adalah kokpitnya yang fungsional dan menarik. Desain kabinnya memberikan pengemudi sudut pandang yang luas. Hal ini tentunya memberi nilai kenyamanan dan keselamatan yang tinggi dengan seat adjuster, steering adjuster dan weight control seat. Karakteristik sistem kemudi power steering-nya ringan.  

Tata Ultra 1012 dibekali pula oleh tilt and telescopic collapsible steering yang dapat menambah kenyamanan posisi mengendara dan mengoptimalkan stabilitas saat kendaraan dipacu dalam kecepatan tinggi. Untuk suspensi, Ultra 1012 dilengkapi parabolic leaf spring bagian depan dan semi eliptic leaf pada bagian belakang. Keduanya dilengkapi shock absorber dan rubber bushing. Tata Ultra 1012 memiliki kapasitas kursi 3 buah dengan konfigurasi berjajar 1 Sopir dan 2 Penumpang. Kursinya dapat disesuaikan. Bisa digeser maju mundur dan direbahkan ke belakang.  

Ultra Safe : Untuk keamanan Tata Ultra 1012 merupakan truk ringan pertama di Indonesia yang menggunakan Full Air Brake dan ban radial tubeless. Ban radial menawarkan daya cengkeram kuat sehingga meningkatkan keamanan mengendara. Bicara keamanan, Tata Ultra juga menyajikan neutral switch, side beam impact dan three points active retractable safety belt. Adapun chassis mengunakan teknologi Rolled Frame dengan material high tensile

Seperti semua kendaraan Tata Motors di Indonesia, Tata Ultra didukung oleh program unik Customer Care TMDI yakni program “Peace of Mind”. Yang terdiri dari garansi terbaik di kelasnya, jaminan ketersediaan suku cadang serta jaminan 24 jam pengantaran pasti sampai atau gratis jika tidak sampai. Lalu 24 jam x 7 hari On Road Assistance. Dan Tata Motors sudah memiliki jaringan yang dinamakan Customer Touch Points sebanyak 119 outlet Touch Points yang terdiri dari fasilitas 3S (Sales, Service, Spare parts), 1S (Sales), 2S (Service, Spare parts) yang dinamakan Tata Certified Workshop (TCW) di seluruh Indonesia. Jawa, Sumatera, Bali dan Sulawesi.

Para Blogger yang meliput di GIIAS. (Source : FB Teh Ani Berta)
Selain itu, di kesempatan yang sama, Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI), Agen Pemegang Merek (APM) Tata Motors di Indonesia menunjukkan komitmennya bermain di pasar kendaraan komersial di Indonesia dengan meluncurkan secara resmi Tata Xenon XT D-Cab 4x4.

Kebutuhan akan kendaraan kabin ganda 4x4 di Indonesia khususnya di wilayah pedalaman baik sebagai transportasi angkut barang serta kebutuhan pokok atau di pertambangan dan perkebunan masih terbilang tinggi. Kendaraan ini juga diminati di sektor konstruksi dan pertahanan dalam berbagai aplikasi serta kebutuhan. 

Terlepas kondisi pasar di segmen kendaraan komersial, segmen kabin ganda 4x4 adalah salah satu segmen yang tetap konsisten tumbuh. Tata Xenon XT D-Cab 4x4 yang telah setahun lebih diuji jalan sebanyak 25.000 km di jalan dan medan di Indonesia yang beragam,  hadir ke segmen kendaraan komersial Indonesia yang ketat dengan mengusung kualitas terjamin kuat dan efisiensi bahan bakar yang baik serta didukung penuh oleh komitmen purna jual yang prima.

Dan selain dua moment diatas, banyak lagi moment-moment penting di dunia otomotif khususnya yang sengaja di hadirkan di GIIAS. Teman-teman yang hadir kesana. punya cerita menarik apa nih, apa kalian amaze lihat mobil unik yang ada disana? Di share yuk.
*Sponsored Post

You Might Also Like

5 komentar

  1. wah, ini acara pameran mobil kemarin ya. nggak ke sana sih, pasti banyak mobil bagus..hehe

    ReplyDelete
  2. GIIAS 2016, salah satu pameran mobil terbesar di Indonesia..bagus acaranya,banyak mobil2 keren..ga nyesel dh kmrn yg datang ke acaranya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus siapin fisik dan mental ya kalau hadir ke GIIAS, hihi.

      Delete
  3. kalau lihat pameran mobil cuma bisa berkhayal kapan ya bisa punya mobil sebagus itu

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar dengan baik TANPA link hidup di kolom komentar. Dan cukup pakai Url blog saja ya teman-teman di ID namanya.

Part Of Author

Part Of Author
Buku Antologi Pertama & Kedua

My Voice Over Here (BTS Dubbing)

Like us on Facebook

Subscribe