Memilih Pasta Gigi yang Aman dan Ramah Anak Usia 1 Tahun Keatas

Thursday, August 04, 2022


“Ayooo.. anak-anak Mama kan sudah pada besar niiih, Kakak Adek harus rajin ya gosok giginyaaa, gigi susu gak boleh rusak sebelum nanti gantinya (gigi dewasa) tumbuh lho, supaya makannya juga enak”

Dear Mommies..

Kalimat diatas adalah salah satu reminder-ku ke Alfath (8 yo) dan Bil (3,5 yo) yang sering aku utarakan. Berawal dari memori masa kecilku yang punya kenangan buruk dengan Kesehatan gigi, juga mengingat saat kecil, dokter gigi selalu menjadi “musuh bebuyutan”ku. Karenanya, aku bertekad kalau Anak-anakku harus berani dan menyadari bahwa merawat gigi itu tidak menakutkan, tapi justru dapat menjadi aktivitas menyenangkan. Dan untuk memastikan itu semua terwujud, aku sengaja pilih pasta gigi untuk anak 1 tahun yang recommended dan tentunya yang Alfath & Bil suka.

Ngomongin gigi Anak, Alfath dan Bil punya cerita berbeda. Gigi susunya Alfath cenderung kuat, bahkan hingga usianya memasuki tahun keenam (bahkan lebih),  belum ada tanda-tanda gigi susunya akan ada yang tanggal satupun. Hal itu sempet bikin aku khawatir karena kan idealnya usia segitu, biasanya gigi susu akan tanggal satu persatu digantikan dengan dengan gigi baru (dewasa) kan ya. Nah aku jadi kepikiran, takut gigi dewasanya Alfath tumbuh disaat gigi susunya masih ada di tempatnya. Sampai berkali-kali konsultasi ke dokter gigi Anak, untuk memastikan apakah gigi susunya Alfath harus dicabut atau ngga. Ngeri jadi berjejal dan berantakan aja nanti giginya. Akhirnya dokter minta kami memberikan waktu beberapa bulan, kalau memang nanti hasil cek-nya gigi dewasanya ada tanda-tanda akan nongol, baru ambil tindakan (dicabut).

Dan benar saja dong, kekhawatiranku terbukti, Alfath jadi punya "gigi hiu" alias giginya jadi ada dua baris, karena gigi seri dewasanya tumbuh sebelum gigi susunya tanggal, dan belum keburu dicabut. Syukurlah cepat ditangani, gigi susu segera dicabut (langsung dua-duanya yang depan atas), jadi walau sempat ompong, tapi di belakangnya sudah terlihat gigi barunya yang semakin lama semakin terpampang nyata.

Gigi dewasa tumbuh sebelum gigi susu tanggal, jadi “gigi hiu” deh.

Gigi susu dicabut supaya ada ruang untuk gigi dewasa tumbuh

Lain cerita dengan Bil, anak keduaku. Gigi susunya cenderung rapuh, mudah patah dan karies. Padahal seingatku, cara merawatnya sama kok dengan cara merawat giginya Alfath, tapi gigi susunya Bil ini kalau gak di-cek berkala, pasti kecolongan ada yang udah tiba-tiba ada bercak putih, yang kalau dibiarkan, giginya jadi mudah banget hancurnya. Alhasil, di usianya yang baru satu tahun saat itu, Bil udah merasakan tambal gigi. Syukurlah, dokter giginya Alfath dan Bil bisa menangani segala macam permasalahan gigi Anak dengan sigap, cepat, dan minim trauma. Hasil tambalnya pun natural, gak terlalu keliatan kalau itu gigi tambalan. Makin ganteng deh Bil-nya, hihi.

Ohya Moms, mengenai gigi si kecil, memang kita sebagai Orangtua, harus benar-benar aware ya dengan perawatannya. Bahkan, penting juga merawat gusi sebelum gigi susu pertamanya muncul. Kalau flashback ke waktu gigi pertama anak-anakku tumbuh, bahagianya bukan main, itu momen berharga banget yaaa. Masa-masa yang dinantikan, karena menjadi salah salah satu milestone penting di masa pertumbuhan mereka. Ohya bagi calon Moms atau Moms yang buah hatinya belum memasuki usia tumbuh gigi, dan belum tahu bagaimana tandanya jika si kecil tumbuh gigi, ini biasanya tanda si kecil tumbuh gigi, Moms. 

Bil dibiasakan check up rutin ke dokter gigi


Memilih Pasta Gigi yang Aman untuk Anak Usia 1 Tahun Keatas

Moms, emang tricky ya rawat gigi Anak itu. Membangun kebiasaan supaya mereka gak malas untuk merawat giginya, dan membiasakan untuk ke dokter gigi minimal enam bulan sekali pun perlu trik tersendiri. Nah trik itu, aku rasa setiap Moms punya caranya sendiri. Karena kan yang paling mengenal karakter Anak itu, tidak lain adalah Orangtua, terutama Ibunya. Aku pun menggunakan trik-ku sendiri untuk mengenalkan Anak-anak dengan sikat gigi, dari sejak mereka bayi yang masih full ASI, kemudian lanjut ke tahap usia MPASI, hingga mereka makin dan makin besar lagi.

Beragam sikat gigi sesuai usia pun lengkap disediakan, walau penuh effort, tapi sepadan dengan hasilnnya. Selain itu, pemilihan pasta gigi anak pun gak bisa sembarang ambil di Supermarket ternyata. Gak bisa asal menurut kita (Kaum Ibu), “pasta giginya gemes, rasa buah pasti anak suka”, trus kita langsung beli. Karena, selain hal-hal tersebut, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat kita memilih pasta gigi untuk Anak.

Mama’s Choice Kids Toothpaste jadi pilihan kami

Dan dari semua pasta gigi anak yang ada, pilihanku jatuh ke Mama’s Choice Kids Toothpaste. Hal pertama yang bikin aku memilih Mama’s Choice Kids Toothpaste, adalah karena dia aman untuk merawat gigi pertamanya si kecil, bahkan aman untuk merawat gusi anak, karena dia sudah food grade. Terlebih karena aku memang percaya dan menggunakan produk-produknya Mama’s Choice sejak dari hamil Anak pertama. Gimana ngga? Semua formula dalam rangkaian Baby Series Mama’s Choice sudah dipastikan melalui penelitian ilmiah dan sains Para Ahli, sehingga aman untuk si kecil, bukan hanya karena lolos BPOM, tapi karena pemilihan bahan-bahannya pun memang yang terbaik dan mengeliminasi bahan toksin yang membahayakan perkembangan bayi/anak dan juga kesehatannya.

Jadi untuk pasta gigi pun, aku pilih yang dari Mama’s Choice.


Review Mama’s Choice Kids Toothpaste : Pasta Gigi Anak Usia 1 Tahun Keatas



Packaging & Rasa

Sejak pertama lihat packaging-nya yang gemesin banget, aku langsung kasih lihat ke Alfath dan Bil dooong. Gimanapun, kesan pertama harus sebaik mungkin kan ya, haha. Dan iya aja, Alfath dan Bil juga tertarik dengan gambar yang ada di kemasan Pasta Gigi Anak Mama’s Choice ini. Setelah itu, mereka nanyain, ada rasa apa aja? Waktu dikasih tahu ada rasa strawberry dan bubblegum, dua-duanya sepakat mau yang rasa strawberry. Oke, baiklah.



Texture

Tekstur dari pasta gigi anak Mama’s Choice ini berupa gel, cenderung bening warnanya. Tidak terlalu kental, tapi juga gak cair banget. Pas saat digosokkan ke gigi Anak-anak, memudahkan mereka karena gel-nya gak nempel di gigi atau mulut kelamaan, gak bikin mual/muntah, formulanya lebih lembut untuk bersihin gusi dan gigi anak.


Double Protection

Mama’s Choice Kids Toothpaste mengandung double protection agent, yaitu xylitol + hydroxyapatite. Dan keduanya bekerja efektif untuk mencegah munculnya plak dan gigi berlubang.



Food Grade, Aman untuk Bayi dan Anak

Nah ini niiiih, yang bikin aku lebih yakin milih Mama’s Choice Kids Toothpaste sebagai pasta gigi untuk Anak-anakku. Karena bebas sulfat dan food grade, jadinya aman kalau-kalau tertelan.  Walaupun udah diajarin sedemikian rupa, saat gosok gigi, suka gak sengaja tertelan gitu kan yaaa. Btw Mama’s Choice Kids Toothpaste ini aman untuk Baby usia enam bulan, dan untuk Anak-anak.

Happy banget, urusan perawatan gigi si kecil jadi lebih menyenangkan deh berkat Mama’s Choice Kids Toothpaste ini. Mengingat, Kesehatan gigi itu krusial banget dan berpengaruh ke Kesehatan organ lainnya. Jadi sangat penting bagi Anak-anak, supaya tidak takut dalam merawat gigi mereka. 

Oh iya, dapatkan Mama’s Choice Kids Toothpaste harga hemat DISINI! Bagi Moms yang gak mau ketinggalan info penting mengenai produk-produknya Mama’s Choice, bisa visit website www.mamaschoice.id  dan ikuti akun sosial medianya berikut ya Moms Instagram : @mamaschoiceid 

Semangat ya Moooms, mendampingi si kecil dalam perawatan giginya dengan Mama’s Choice Kids Toothpaste.


You Might Also Like

1 komentar

  1. Kakak Alfath sama adek Bil udah pintar gosok giginya, setiap hari selalu gosok gigi ya biar giginya sehat..odolnya yg rasa jeruk ya ma..hehe

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar dengan baik TANPA link hidup di kolom komentar. Dan cukup pakai Url blog saja ya teman-teman di ID namanya.

Part Of Author

Part Of Author
Buku Antologi Pertama & Kedua

My Voice Over Here (BTS Dubbing)

Like us on Facebook

Subscribe