Kompetisi Menulis Novel & Webtoon dari Kwikku.com

Friday, April 24, 2020


Hai Gengs, gak bisa dipungkiri kalau di zaman sekarang, banyak orang yang sukses karena kreativitasnya. Kerja pun gak harus selalu di kantor, bisa dimana dan kapan aja, bahkan kita dapat memilih pekerjaan sesuai dengan passion. Udah enak banget karena difasilitasi dengan kecanggihan teknologi yang memungkinkan kita mengakses apapun informasi yang kita cari.

Apalagi nih saat ini, Media Sosial jadi dunia baru dimana kita bisa membagikan karya sehingga dapat dinikmati banyak orang. Walaupun ternyata, menurut penelitian, penggunaan media sosial bisa memberikan dampak negatif seperti misalnya minat baca yang menurun.

Padahal kan aktivitas membaca itu banyak manfaatnya, yang salah satunya adalah mempengaruhi kemampuan seseorang dalam memahami sebuah informasi, juga pola pikir kritisnya. Jadi, sebisa mungkin, tetap sempatkan untuk kegiatan membaca setiap harinya.

Hal itu juga lah yang menjadi salah satu alasan hadirnya Kwikku di tengah-tengah kita semua, sebagai sebuah platform media sosial yang dapat menunjang kebutuhan bacaan para Millenial dan Gen Z.


Apa Itu Kwikku ?

Kwikku ini sebenarnya sudah lahir sejak 26 September 2013, diciptakan oleh Para Mahasiswa di Malang. Merupakan media sosial yang pada awalnya dirancang oleh Hamdi Musaad dan Timnya, tujuannya adalah menciptakan Aplikasi digital yang dapat bersaing dan jadi kebanggaan Anak Negeri yang memajukan literasi.

Namun, sejak tahun 2019 kemarin, aplikasi ini dikembangkan untuk memfasilitasi kebutuhan literasi untuk generasi masa kini. Kwikku dengan wajah/tampilan barunya, dilengkapi dengan beberapa fitur yang sudah dikembangkan dan sudah dapat diakses, dan di-launching melalui Press Videocall via Zoom hari Kamis, 23 April 2020 kemarin.

Kwikku hadir tidak hanya untuk Penulis baru, namun untuk semua Penulis termasuk Para Senior sehingga dapat lebih mempromosikan karya-karyanya dengan memanfaatkan semua fitur yang tersedia.

Empat fitur baru dari Kwikku yangsudah dapat diakses Pengguna sejak 23 April 2020 :

  1. Media Sosial. Media sosial Kwikku merupakan fitur awal dan jadi bagian terpenting dari platform ini. Dapat menjadi tembpat "bertemu" generasi Milenial dan Gen Z, sehingga Pengguna dapat terhubung satu sama lain, dapat berkomunikasi, dan juga bertukar informasi.
  2. Novel. Ini bisa menjadi fitur favoritnya siapapun terutama Pecinta Novel nih. Apalagi Kwikku sudah bekerja sama dengan Penerbit-penerbit besar. Gak nanggung lho, Kwikku sudah menggandeng Mizan Publishing, Noura Publishing, Bentang Pustaka, Melvana Group, dan Falcon Publishing. 
  3. Webtoon. Terdapat komik digital yang dapat diakses Pengguna di setiap harinya. Baik dari Kreator lokal maupun luar negeri.
  4. KNOW (Kwikku Now). Di fitur ini, Pengguna dapat menemukan berbagai Info menarik yang sedang viral. Dijamin bukan hoax karena setiap berita dan artikel bersumber dari Official Media Partner yang sudah bekerja sama secara resmi dengan Kwikku.

Dan yang lebih serunya lagi, Pengguna Kwikku dikasih peluang yang cukup besar untuk menuangkan bakatnya di bidang penulisan hingga mendapatkan penghasilan dari karyanya tersebut. Gak cuma itu, kalau kita merasa galau dan gak percaya diri karena merasa belum pandai nulis, gak usah khawatiiiir, karena akan ada Editor khusus yang bantu kita dalam proses penulisan novel. Ini nih yang saya butuhkan, selama ini sudah beberapa kali mengikuti Antologi, dan pengen banget bisa mengeluarkan karya solo sendiri. Para Kreator muda pun difasilitasi jika ingin menunjukkan karyanya hingga mendapatkan penghasilan, sama seperti kesempatan Penulis Novel.

Banyak bacaan di fitur Novel dan Webtoon yang dapat kita akses secara gratis, kecuali judul-judul yang terdapat dalam section pay for no delay dan premium. Cara belinya pun cukup mudah, bisa menggunakan dompet digital seperti Gopay, OVO, Dana, dan Link Aja!

Kompetisi #BerkaryaDiRumah dari Kwikku

Selain memanjakan para Pengguna dengan empat fitur terbarunya, Kwikku juga mengadakan Kompetisi Novel dan Webtoon untuk menyemangati Generasi muda walaupun di masa Pandemi ini semua harus dilakukan serba di rumah aja. Kompetisi ini mengangkat tema #berkaryaDiRumahAja dengan total hadiah yang dapat dimenangkan sebesar Rp. 500.000.000 alias setengah Milyar dooong, WOW!!!

Kompetisi yang tidak main-main tentunya ya, apalagi didukung oleh Para Juri yang super keren dibidangnya, seperti Penulis Best Seller A Fuadi, Dee (Dewi Lestari), Faradita, Bayu Permana, Luluk Hf yang pastinya siap memberikan penilaian dalam kompetisi Novel.


Sementara, di Kategori weebtoon, ada Kreator muda berbakat yang siap memberikan penilaian seperti Faza Meonk, Sweta Kartika, Hello Ditta hingga Komikus-komikus legendaris seperti Gerdi WK dan Lan Kelana

Ini kesempatan emas untuk kalian yang selama ini ingin mewujudkan karya pertama kalian nih Gengs, walaupun ruang dan bebas gerak kita sedang terbatas saat ini, namun ruang untuk berkarya gak akan pernah habis.

Untuk syarat dan ketentuan lomba, boleh langsung klik DISINI.

Kwikku dengan keempat fiturnya dan juga kompetisi yang diadakan, mempunyai harapan untuk dapat membantu mewujudkan budaya membaca yang baru, hingga dapat mendorong kemajuan literasi Negeri. Ohya, kita dapat akses Kwikku melalui website-nya yaitu www.kwikku.com atau bisa juga dengan cara mengunduh aplikasinya di Playstore secara gratis.

Stay safe and healthy, see you around..

Salam Literasi!


You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar dengan baik TANPA link hidup di kolom komentar. Dan cukup pakai Url blog saja ya teman-teman di ID namanya.

Part Of Author

Part Of Author
Buku Antologi Pertama & Kedua

My Voice Over Here (BTS Dubbing)

Like us on Facebook

Subscribe