Tumbuhkan Kebiasaan Smart Snacking Pada Anak dengan Memperhatikan Logo Cemilan Baik Untukmu

Thursday, February 04, 2021


Terasa gak sih kalau tahun 2020 seperti "terbang" gitu aja? Dan baru aja "kemarin" memasuki tahun 2021 eh tahu-tahu bulan Januari sudah habis. Dan ya, tahun ini pun kita masih harus menjalani hari dalam kondisi yang masih Pandemi, artinya banyak aktivitas yang masih harus dilakukan di Rumah ketimbang di luar.

Sebagai Ibu, tentu tugas Saya semakin banyak, terutama dalam hal memastikan kondisi Anak-anak supaya tetap sehat. Setiap harinya saya harus menyajikan menu-menu dengan gizi seimbang untuk sarapan, makan siang, dan juga makan malamnya. Gak cukup hanya makanan pokok, saya juga harus menyiapkan cemilan sehari-harinya, ini nih yang terkadang membuat galau, karena apa yang saya sajikan kadang gak semua disukai Anak, alasannya macam-macam, seperti gak suka rasanya, atau membosankan karena dikasih cemilan yang kurang variatif, huhu sedih ya Buuund.

Lalu seperti apa sih cemilan yang baik untuk Anak itu? nah ini jadi "PR" tambahan untuk Kaum Ibu ya, karena selain rasanya harus enak, cemilan tersebut juga tetap harus yang memberikan manfaat untuk tumbuh kembangnya Anak, jangan yang asal bikin kenyang.

Pentingnya Menyiapkan Cemilan Baik untuk Anak

Kalau ngomongin cemilan Anak, pasti yang ada di benak kita pada umumnya adalah makanan yang serba manis, berwarna-warni, bentuknya lucu-lucu dan menggemaskan. Selain itu, banyak juga jajanan pinggir jalan yang seringkali menarik perhatian Anak, terutama jika "dipancing" dengan bunyi-bunyian yang bikin penasaran, bawaannya Anak kita lari nyamperin yang jualan dan minta dibeliin.

Saya sendiri menyadari kadang ada di titik yang terlalu lelah hingga tidak terlalu memikirkan kandungan dari cemilan yang dikonsumsi Anak, pokoknya yang penting perut Anak terisi dan gak rewel, udah deh beres. Tapi hal seperti itu gak boleh dibiasakan, karena mau seperti apapun kondisi saya, yang baik bagi Anak-anak harus tetap menjadi prioritas utama. Termasuk dalam hal cemilannya.

Kakak Alfath yang sedang aktif-aktifnya, makin banyak hobinya, dan maunya makan es krim terus

Dari sekian banyak cemilan yang ada, saya harus lebih cermat lagi dalam pemilihannya. Jangan yang hanya Anak suka, melainkan harus yang kaya manfaat terutama untuk kesehatan dan tumbuh kembangnya. Karena cemilan ini gak kalah penting dari makanan utamanya mereka, jadi harus dipersiapkan sama baiknya, jangan sampai dianggap remeh. Walau begitu, selama ini saya memang cukup kesulitan dalam memilih cemilan Anak, antara cemilan yang baik atau sebaliknya. Selain itu, saat saya melarang Anak untuk nyemil ini itu karena alasan takut batuk lah, takut diare lah, dan sebagainya, seringkali saya kebingungan juga menyiapkan cemilan alternatifnya sebagai pengganti.

Kadang cemilan yang saya bikin sendiri malah gak disukai Anak, alasannya karena kurang manis atau kurang menarik perhatiannya, huhu sedih deh kalau udah gitu. Cukup khawatir juga kalau Anak terbiasa nyemil yang gak baik, kebiasaan itu akan terbawa hingga dia besar. Karenanya saya pun coba untuk menambah referensi mengenai cemilan yang baik dan sehat untuk Anak, terutama semenjak Indonesia dilanda Pandemi yang semakin membuat resah. Saya semakin semangat untuk memberikan yang lebih baik dalam hal makanan dan cemilan, demi menjaga kondisi buah hati tetap sehat dan imunnya terjaga.

Tumbuhkan Kebiasaan Smart Snacking dengan Logo Cemilan Baik Untukmu dari Paddle Pop


Antusiasme saya (dan Para Orang tua lainnya) untuk mempelajari tentang cemilan yang tepat untuk Anak, ternyata didukung oleh Paddle Pop dengan diperkenalkannya Logo "Cemilan Baik Untukmu" bertepatan dengan perayaan Hari Gizi Nasional 2021 kemarin. Logo ini memang merupakan wujud komitmennya Paddle Pop dalam menerapkan standar cemilan yang baik sesuai dengan kebutuhan gizi seimbang Anak. Hal ini juga menjadi edukasi bagi Para Orang tua dan Caretaker mengenai pentingnya memilih cemilan yang baik.

Apalagi nih, sekitar 97,7% Anak di Indonesia, terbukti lebih doyan cemilan ketimbang sayuran dan buah-buahan, wow angka yang tidak sedikit ya bahkan hampir semua Anak punya selera yang seperti itu. Menurut Studi SMERU pun menunjukkan tren yang sama, dimana Anak-anak lebih suka cemilan yang notabene mengandung gula, lemak jenuh, dan kalori berlebih dari angka AKG (Angka Kecukupan Gizi) harian Anak.

Sebagai pionir es krim untuk Anak yang sudah menemani kita selama 28 tahun di Tanah Air, Paddle Pop sangat peduli dan mengerti akan tanggung jawab kita sebagai Orang tua dan Caretaker yang tentunya selalu ingin yang terbaik bagi Anak-anak kita termasuk dalam hal cemilan. Paddle Pop tidak hanya membawa kebaikan dalam hal rasa, namun juga dengan kandungan nutrisinya yang tepat.

Saya juga bersyukur karena mendapat kesempatan untuk bergabung dalam Webinar campaign tersebut, apalagi Paddle Pop ini merupakan es krim favorit dari waktu saya masih kecil hingga sekarang saya mempunyai Anak. Saya salut sekali karena Paddlepop peduli terhadap kesehatan dan tumbuh kembang Anak-anak Indonesia.


Dihadirkanlah beberapa Narasumber yang ahli di bidangnya seperti Dra. Rita Endang, Apt., M.Kes selaku Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan, dr. Attila Dewanti, Sp. A (K) selaku Pediatrician, dan Sophie Navita seorang Momfluencer yang juga merupakan Presenter Idola saya pada masanya. Acara semakin meriah karena dipandu oleh Kemal, seorang Host kenamaan Tanah Air.

Dra. Rita Endang menghimbau Masyarakat untuk membaca label Informasi pada Kemasan (cemilan). Mengingat banyak sekali cemilan yang beredar di pasaran. Beliau juga berharap Logo Cemilan Baik Untukmu yang dipublikasikan di kemasan produk Paddle Pop dapat membantu Orang tua saat menentukan cemilan untuk Anak.

Selain itu, dr. Attila Dewanti Sp.A (K) menyampaikan mengenai pentingnya memilih cemilan yang baik. Hal tersebut sangat krusial karena jika kita salah pilih cemilan, sangat beresiko yang sifatnya jangka panjang seperti obesitas dan terganggunya daya tahan tubuh Anak. Apalagi di masa pandemi ini 15-25% penyakit Anak-anak diperkirakan karena pola makannya yang kurang tepat, termasuk saat mengkonsumsi cemilan. Kesempatan di Rumah Aja selama Pandemi ini dapat dijadikan sebagai ajang menumbuhkan kebiasaan baru yaitu memilih cemilan yang baik. Balita dan Anak usia Sekolah setidaknya mengkonsumsi cemilan sebanyak 2-3 porsi setiap harinya, tentunya cemilan yag sudah sesuai dengan Angka Kecukupan Gizi (AKG).


Mba Sophie Navita yang turut hadir, juga semangat sharing mengenai pentingnya menanamkan kebiasaan Smart snacking pada Anak sejak dini. Saya termasuk yang mengikuti kegiatannya Mba Sophie semenjak pindah ke Bali, karena saya tertarik dengan pola hidup sehatnya sekeluarga. Mba Sophie bercerita bahwa tugas utama seorang Ibu bukan hanya memberikan yang terbaik, namun bagaimana kita bisa mewariskan kebiasaan baik bagi Anak. Biasanya setiap kali melarang atau membolehkan anaknya memilih cemilan tertentu, Mba Sophie memberikan alasan yang dapat dimengerti, dengan harapan hal tersebut akan menjadi kebiasaan baik yang tertanam hingga kelak Anak-anaknya dewasa, dan lanjut mewariskannya kembali ke generasi selanjutnya.

Hernie Raharja selaku Foods & Refreshment Director Unilever Indonesia menjelaskan bahwa Logo "Cemilan Baik Untukmu" merupakan jaminan bahwa kandungan dari es krim Paddle Pop baik untuk Anak. Logo ini akan dipublikasikan secara berkala pada kemasan dan media komunikasi Paddle Pop. Ini juga merupakan komitmen Unilever terkait Pangan Masa Depan dengan tujuan membantu Masyarakat untuk mengubah pola makan ke yang lebih sehat dan juga ramah lingkungan. Paddle Pop juga konsisten berinovasi dengan meluncurkan produk yang baik, termasuk es krim Paddle Pop yang dibuat secara bertanggung jawab untuk dikonsumsi Anak-anak.



Lalu yang seperti apa sih cemilan baik itu? Hal apa saja yang harus kita perhatikan saat memilih cemilan untuk Anak? Simak beberapa poin berikut yuk!

  • Pastikan cemilan Anak mengandung kadar gula, kalori, dan lemak yang sesuai dengan AKG (Angka Kecukupan Gizi). Menurut rekomendasi WHO, dalam satu hari sebaiknya Anak dan Orang Dewasa membatasi kadar gula yang dikonsumsi  tidak lebih dari 50 gram, dan lemak jenuh tidak boleh lebih dari 10% total energi (misal, sekitar 18g untuk Anak usia 7-9 tahun). Pastikan juga tidak lebih dari 20% kebutuhan energi harian (sekitar 330 kalori untuk Anak usia 7-9 tahun).
  • Pilih cemilan yang mengandung kebaikan susu, mengingat banyaknya manfaat dari susu bagi Anak seperti kalori dan kalsium yang dapat menunjang pertumbuhan tulang Anak dengan optimal. Namun juga pastikan ya Anak kita tidak mempunyai kecenderungan alergi terhadap susu sapi.
  • Pilih cemilan yang mengandung serat tinggi, seperti buah-buahan yang mudah dicerna Anak. Selain itu, buah juga mengandung berbagai vitamin yang dapat menunjang tumbuh kembang Anak. Oh iya, Kementrian RI pun menganjurkan Balita dan Anak usia Sekolah untuk mengkonsumsi setidaknya 2-3 porsi setiap harinya.
  • Pastikan cemilannya sudah memiliki ijin edar dari BPOM dan tidak ada kandungan BTP (Bahan Tambahan Pangan) seperti asam borat, asam salisilat, dietilpirokarbonat, dulsin, kalium klorat, kloramfenikol, minyak nabati yang dibrominasi, nitrofurazon, formalin, hingga pewarna tekstil Rhodamin B. Karena semua kandungan tadi sangat berbahaya, karenanya dilarang oleh BPOM.


Melalui kampanye #CemilanBaikUntukmu ini Paddle Pop sengaja dirancang khusus dengan standar nutrisi tinggi, dengan batasan dan kandungan sebagai berikut :

  • Kalori (≤110 kilokalori),
  • Gula (≤12 gram),
  • Lemak jenuh (≤3 gram),
  • Terbuat dari susu dan buah.
Dengan Standar komposisi diatas, Anak-anak dapat mengkonsumsi Paddle Pop hingga tiga kali sehari, terutama karena komposisinya sudah mengacu kepada standar Internasional WHO dan Kementrian Kesehatan RI. Selain itu Es Krim Paddle Pop ini juga sudah mendapat nomor ijin edar dari BPOM, dan smendapatkan Sertifikat Halal dari MUI. Jadi, semua persyaratan yang mengacu kepada cemilan baik untuk Anak sudah terpenuhi untuk meningkatkan asupan nutrisi Anak.


Paddle Pop Main Yuk, Dukung Perkembangan Mental Anak dengan Permainan Seru & Edukatif

Saat Special Gift dari Paddle Pop mendarat dengan selamat di Rumah, si kecil senangnya bukan main. Awalnya kami berpikir itu hanya Box biasa yang isinya adalah es krim Paddle Pop saja, tapi ternyata di dalamnya ada souvenir lucu berupa bantal Paddle Pop Rainbow, Papan Magnet Kulkas untuk mengatur Agenda nyemil si kecil, dan yang mengejutkan ternyata banyak permainan seru di Box-nya itu, yeayyy happy!



Ini satu lagi bukti Paddle Pop sangat peduli akan tumbuh kembang Anak, tidak hanya ingin mendukung perkembangan fisiknya si kecil, namun juga mendukung perkembangan mentalnya, dengan menggalakkan #PaddlePopMainYuk yang telah berlangsung sejak November 2020. Itu artinya, sebelum menjalankan Campaign Cemilan Baik Untukmu, Paddle Pop sudah lebih dulu mengajak Orang tua menginisiasi momen bermain bersama Anak, karena Paddle Pop meyakini banyak hal baik dimulai dari aktivitas bermain. Dengan cemilan yang sudah terpenuhi gizi seimbangnya, Anak-anak dapat bermain dan berakivitas dengan baik juga.



Lihatlah betapa kami menikmati waktu kebersamaan lebih seru dengan hadirnya Paddle Pop di tengah-tengah kami. Terutama di masa Pandemi ini, dimana kejenuhan mudah hadir dikarenakan kita tidak leluasa untuk beraktivitas di luar Rumah, permainan dari Paddle Pop membantu kami menjalani hari lebih positif, dan itu berpengaruh terhadap Imunitas kami yang tetap terjaga.


Terima kasih Paddle Pop karena memudahkan Para Orang tua untuk memilih cemilan yang baik bagi Anak, hingga kami semakin mudah menciptakan momen kebersamaan untuk bermain seru dan menyenangkan, sambil ngemil cemilan baik dan sehat. Mulai sekarang, kalau mau beli cemilan Anak, pastikan dulu komposisinya, dan lebih baik lagi kalau ada Logo "Cemilan Baik Untukmu" seperti Paddle Pop yaaa.

Selamat menikmati waktu berkualitas bersama Keluarga dengan Paddle Pop!

You Might Also Like

35 komentar

  1. Kebanyakan dari orang tua kadang bener Han, hanya memikirkan cemilan yang penting kenyang tanpa memperhatikan kandungan gizinya baik apa ga buat tumbuh kembang anak2nya.
    Tapi dengan logo baru pada Paddle Pop setidaknya mempermudah ortu untuk memilih cemilan yang baik yaa, ahhh mau donk paddle pop rainbownyaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar ituuu, aku pun kadang gitu juga padahal cemilan itu sama pentingnya dengan makanan utama si kecil ya. Sini-sini nge-eskrim bareng yuuuk :*

      Delete
  2. Camilan PR banget ini buat aku jugaaa... aku stok beberapa camilan supaya nggak kluar rumah bolak balik.karena seringan nggak bisa bikin rutin, pjj udah buat lelah banget 😅

    Dan paddlepop setelah pulang jalan kaki weekend lalu, kesukaan mereka. Aku jg ingeeet paddle pop eskrim anak2 dari masih keciil 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya Mba, selama PJJ, Stok cemilan harus diamankan, meminimalisir mobilitas keluar rumah juga. Semangat Mbaaaa :*

      Delete
  3. Anakku suka banget sama eskrim. Ternyata paddle pop bisa dikonsumsi 3 buah sehari, nih. Apalagi sehat untuk cemilan anak. Jadi lega deh kalau si kecil minta eskrim tinggal kasih paddle pop dari Unilever.

    ReplyDelete
  4. Saya sangat mendukung cemilan baik, apa lagi sehat, untuk anak-anak. Suka "ngenes" lihat jajanan anak-anak soalnya. Apa lagi lihat mereka dikasih mie instant oleh orang tua mereka. Semoga kita selalu punya kepedulian terhadap tumbuh kembang anak dari sisi nutrisi dan makanan. Terutama orang tua umumnya dan ibu khususnya. Kalau bukan kita siapa lagi yang akan merawat anak kita sebaik-baiknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuuu, aku pun masih PR mengenai cemilan baik ini, karenanya terbantu sekali dengan logo baru dari Paddle Pop ini :)

      Delete
  5. Anakku tuh senang sekali loh dengan es krim Paddle Pop, kemarin pas dapat beberapa varian Paddle Pop dia senang sekali. DItambah ada mainannya yang bisa dimainkan bersama di rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeayy, seseru itu yaaaa, Paddle Pop emang selalu bikin suasana makin ceria ya

      Delete
  6. karena ada board dari hampers paddle pop kemarin, anakku jadi ikutan merencanakan untuk ngemil apa ya hari ini, esok hari dan seterusnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kebiasaan baik yang baru ya, agendakan cemilan sehat setiap harinya :)

      Delete
  7. sekitar 97,7% Anak di Indonesia, terbukti lebih doyan cemilan ketimbang sayuran dan buah-buahan .. wow angk ayang tinggi ya. Bagi anak2 kebanyakan memang ngemil itu bukan buah.

    ReplyDelete
  8. Cari cemilan buat anak yg cocok buat anak tp sehat memang susah gampang. Pas lg bingung, eh ternyata ada paddle pop yg menjadi solusi. Apalagi kakak alfath, senang bgt pastinya kalau dikasih paddle pop. Enak-enak rasanya beragam rasa, dr coklat sampai buah2an.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita juga suka yaa, jadinya bisa makan Paddle Pop bareng tanpa khawatir deh, yeayy

      Delete
  9. smart snacking perlu disebarluaskan ua, sepertinya yang banyak sekarang malah pada suka cemilan tinggi gula dan kalori

    ReplyDelete
  10. Senengnya lihat kakak Alfath lagi aktif dan maunya nyemil. Pastinya harus nyemil yang sehat dan baik ya seperti es krim paddle pop yg udh legendaris dan jadi favorit anak2 Indonesia. Emm jadi kepengen cari juga es krim yg ada logonya seperti ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbaaa, seusia Alfath biasanya kebutuhan cemilannya juga tinggi ya selain makanan utama, karenanya harus dipilihin yang sehat jangan yang asal kenyang atau enak aja

      Delete
  11. Wah camilan buah memang kurang populer untuk anak ya kadang anakku nanya ada camilan ngga selain buah di kulkas huhu..paddle pop ini rasanya enak, kandungan susunya bergizi dan sehat ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha terjadi juga di Rumahku Mbaaa, padahal sengaja stok buah dibanyakin, tetep aja nyarinya yang gak ada :D

      Delete
  12. Asyek banget nih nyemil2 es krim, memang yang namanya cemilan buat anak sbg ortu kita harus memilih yang benar ya.
    Adanya logo Paddle Pop yang cemilan sehat untukmu ini bagus banget utk memudahkan ortu memilih cemilan yg emang aman dan baik utk usia anak2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Mba, kebantu banget ya jadi memudahkan kita memilah cemilan yang sehat untuk Anak, semoga produk lainnya ada logonya juga

      Delete
  13. Makin tenang hati nyetok Paddle Pop di rumah nih,
    Dan kini kalau mau beli cemilan anak, jadi lihat dan pastikan dulu komposisinya, dan kalau ada Logo "Cemilan Baik Untukmu" seperti Paddle Pop ya pilih aja. Memudahkan ortu bener nih Paddle Pop ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbaa, ini krusial untuk kita ya karena cemilan juga sama pentingnya dengan makanan pokok, harus yang menunjang tumbuh kembang Anak.

      Delete
  14. Penting bnget memang Kita aware Sama jajanan anak2 hrs memperhatikan label yg tertera anak2ku juga juga bnget ice cream Paddle Pop...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuu, harus perhatikan kandungan di setiap cemilan ya, lama sedikit gapapa, karena dampaknya jangka panjang bagi tumbuh kembang Anak.

      Delete
  15. Jadi kangen makan es krim niih..
    Sudah lama sekali gak ke mini market sekedar makan Paddle Pop yang menyegarkan.
    Sekarang makin keren dengan logo yang mudah dipahami para orangtua khususnya Ibu saat berbelanja. Logo "Lebih Baik Untukmu."

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benaar, makin tenang kasih cemilan ini ke Anak, Satu Paddle Pop cukup untuk mengubah mood negatif jadi positif ya Mbaak.

      Delete
  16. dengan logo baru iniii, kita sebagai orangtua jadi lebih tenang memberikan cemilan es krim paddle pop untuk anak ya maaaak. Anak anak aku juga suka nih sama paddle pop

    ReplyDelete
  17. Yeah ini cemilan kesukaanku kalau ke minimarket, warna-warninya ini lho menggemaskan
    banyak permainan seru ya mba ini. Dengan logobaru mamkin hepi deh untuk belanjanya nggak kawatir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin mata langsung melek ya lihat variannya yang banyak, aku pun rasanya mau borong terus, haha

      Delete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar dengan baik TANPA link hidup di kolom komentar. Dan cukup pakai Url blog saja ya teman-teman di ID namanya.

Part Of Author

Part Of Author
Buku Antologi Pertama & Kedua

My Voice Over Here (BTS Dubbing)

Like us on Facebook

Subscribe