Mau Service AC Mobil Tanpa Bongkar? Bawa ke Dokter Mobil Aja!

Thursday, February 18, 2021


Selama Pandemi, mau tidak mau menjadikan kebiasaan kita sebelumnya jadi berubah. Tahun 2020 kemarin, dengan berat hati saya tidak merayakan Hari Raya di Kota Kelahiran saya, Garut, demi mematuhi protokol kesehatan. Namun, tanpa saya dan Suami sadari, perubahan itu terjadi ke kendaraan roda empat kami yang jadi gak terurus. Biasanya kami rutin melakukan service berkala, terutama saat akan melakukan perjalanan jarak jauh seperti mudik. Karena agenda traveling ditiadakan, akhirnya si merah kesayangan kami jadi kurang diperhatikan.

Hal itu tentunya memberikan beban tersendiri kepada si merah, yang merupakan mobil pertama kami, karena semakin sering dipakai saat harus beraktivitas ke luar rumah. Iya, selama Pandemi, sebisa mungkin meminimalisir penggunaan kendaraan umum.

Belakangan, makin terasa setiap kali naik di merah, suhunya kok makin anget, AC-nya jadi  kurang adem terutama saat duduk di baris belakang mobil, pasti Anak-anak cranky karena kepanasan. Terutama di kecil, yang gak bisa tidur kalau panas kayak gitu. Baiklah, sepertinya memang sudah saatnya melakukan perawatan untuk mobil kami, tapi kemudian bingung harus ke bengkel mana yang tepat dan nyaman karena kami harus membawa Anak-anak.


Dokter Mobil Solusi Perawatan AC Mobil Tanpa Harus Bongkar

Hasil dari pencarian Mbah Google, kami tertarik untuk datang ke Dokter Mobil, tempat khusus untuk service AC dan Tune Up Engine Mobil. Ini pas dengan kebutuhan kami, apalagi karena pengerjaannya gak harus sampai bongkar-bongkar segala, karena Dokter Mobil ini menggunakan Teknologi dari Inggris dan Jerman dimana semua pengerjaan dilakukan secara Non-Invasive (gak harus bongkar).

Dokter Mobil ini fokus ke pencegahan atau langkah preventif supaya mobil tidak perlu sampai diperbaiki. Ibarat Manusia, lebih baik melakukan General Check Up secara berkala kan ya untuk memastikan kondisi tubuh tetap prima. Dan jika ada yang kurang baik kondisinya, bisa ditangani tepat waktu.

Nah di Dokter Mobil, kendaraan kita akan diperlakukan selayaknya Pasien yang dirawat dokternya. Dicek secara keseluruhan apakah masih oke atau sudah ada yang harus mendapatkan perawatan. Kami pun mencari alamat Dokter Mobil terdekat dengan rumah kami, yaitu di Jl. H. Asmawi No. 98 Beji Depok, dan langsung berangkat kesana saat akhir pekan.



Lokasinya strategis mudah ditemukan

Karena sudah baca-baca review dari Customer Dokter Mobil yang sudah lebih dulu kesana, saya pun mengingatkan Suami untuk berangkat lebih pagi, takut antri dan kesorean nantinya. Dan benar saja, saat sampai kami melihat beberapa mobil lain yang sedang dalam pengerjaan. Syukurlah kami datang tepat waktu, yang menjadikan paling depan dalam antrian berikutnya.


Langkah-langkah yang dilakukan saat ke Dokter Mobil :

  • Parkirkan mobil kita di tempat yang sudah ditentukan (atau bisa minta bantuan Karyawan disana)
  • Melakukan pendaftaran ke Customer Service
  • Menjelaskan kondisi kendaraan kita
  • Menentukan treatment apa saja yang sesuai untuk kendaraan kita
  • Menunggu selama proses pengerjaan

Langsung disambut oleh Mas Aldi yang sangat ramah


Yang dilakukan oleh Teknisi Dokter Mobil dalam menangani kendaraan kita :


  • Melakukan General Check Up untuk melihat kondisi kendaraan kita, dan mendiagnosa kira-kira apa saja yang menjadi permasalahannya
  • Menuliskan laporan kondisi kendaraan kita pada form khusus


  • Menjelaskan kepada kita (Customer) tentang kondisi kendaraan, terutama kondisi AC
  • Menyarankan treatment terbaik untuk merawat dan memperbaikinya
  • Setelah sepakat kedua belah pihak, pengerjaan pun dimulai





Lalu bagaimana kondisi si merah? menurut hasil diagnosa Teknisinya, ada beberapa treatment yang sebaiknya dilakukan, karena kondisi AC si merah sepertinya sudah mulai kurang oke. Termasuk filter AC yang harus diganti karena sudah sangat kotor, tertutup debu, dan itu juga yang menjadikan suhu AC si merah jadi kurang adem (bahkan cenderung panas) selama beberapa bulan ini.

Selain itu, kalau filter tidak segera diganti, akan menyebabkan kualitas udara AC si merah berbahaya untuk pernapasan, terutama pernapasan si kecil. Ya ampun, kaget banget waktu dikasih lihat kondisi filter AC si merah, dekiiil dipenuhi debuuuu, hiks ma'af ya merah.

Filter AC-nya si merah sedekil ini dooong, hiks

Selain itu, saya dan Suami pun menyetujui untuk dilakukan beberapa jenis pembersihan, pengasapan/fogging (disinfektan) dan ozon. Penting sekali melakukan fogging untuk membunuh virus dan bakteri dalam mobil, terutama di masa Pandemi ini. Selain itu, treatment ozon juga tidak kalah penting untuk sterilisasi kabin & interior mobil, juga dapat mengusir serangga yang selama ini ngumpet di mobil. Udah gituuu, udara dalam mobil pun lebih segar. Jadi berasa mobil baru, hihi.




Treatment yang bisa dilakukan di Dokter Mobil

Selain spesialis AC dan Tune Up, di Dokter Mobil, kita juga bisa bisa melayani treatment lainnya seperti :

  • Tune Up mesin karburator
  • Tune Up mesin Injeksi
  • Tune Up mesin diesel
  • Produk penghemat bahan bakar
  • Produk Aksesoris Racing
  • Penggantian Oli mesin
  • Home Service
  • Dll.
Ruang tunggu yang nyaman dan adem

Toilet yang bersih

Entertainment Spot

Selama menunggu pengerjaan, saya sekeluarga tidak merasa bosan karena suasana yang nyaman dan leluasa. Ruang tunggunya adem dilengkapi AC. Jangan khawatir kalau kehausan, ada kulkas berisi minuman dingin dan galon kalau-kalau ingin nyeduh minuman hangat. Di luar ruangan ber-AC, terdapat satu spot entertainment, kuping kita dimanjakan dengan playlist lagu-lagu hits lho. 


Pelayanan semua Karyawan disana juga excellent, ramah dan penjelasannya mudah dipahami. Gak maksa kita harus service ini itu, tapi menjelaskan dengan detail apa yang kendaraan kita butuhkan supaya kondisinya tetap prima. Protokol Kesehatan dijalankan dengan sangat baik dengan adanya social distancing atar Customer dan Karyawan, semua wajib menggunakan masker, dan selama di Dokter Mobil dilarang merokok ya demi kenyamanan bersama. Hal-hal itu sih yang sepertinya akan membuat kami balik lagi ke Dokter Mobil terutama untuk perawatan AC si merah. Lihat aja nih before-after si merah, perbedaannya sangat signifikan.


Kunjungi Lokasi Dokter Mobil Terdekat Sekarang!

Hingga saat ini, Dokter Mobil sudah memiliki 16 Cabang yang tersebar di beberapa Kota Besar di Indonesia seperti Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, Cirebon, Bandung, Surabaya, dan Makassar. Untuk lokasi detailnya, bisa langsung cek di website www.doktermobil.com ya. Follow juga akun Instagramnya, supaya gak ketinggalan info menarik lainnya. Seperti di Bulan Februari ini, di Dokter Mobil sedang ada Promo Februari Hoki, dapatkan kesempatan cuci AC gratisssss. #DokterMobil #PastiBeres


You Might Also Like

23 komentar

  1. asik sekali servis mobil di dokter mobil lengkap semua ada, trus juga tanpa harus dibongkar ya.. wah jadi inget udah masuk jadwal servis mobil nih

    ReplyDelete
  2. Mbaa, saat ku baca link Dokter Mobil ku pikir tu dokter prakteknya di mobil, haha. Inovasi jaman sekarang kan suka ajaiiibb gitu.
    Eh pas baca ini tambah kaget. Ada diagnosa dan general check up segala, haha. Tapi keren nih pelayanan Dokter Mobil. Sayang di Solo belum ada. Pasti ku bawa ke Dokter Mobil mulu kalau butuh "cek lab atau general check up"

    ReplyDelete
  3. Weowe filter AC-nya hehe
    Waaahh enak banget gak usah sampai bongkar jd servisnya gak butuh waktu lama donk ya?
    Aku penasaran gmn cara bengkel ini nemuin penyakit si mobil? Gak divideoin pas itu mbak Hani?
    Seneng kalau gak maksa kudu servis semua gtu, soalnya kdng cek ini merembet ke ini ini ya hihihi

    ReplyDelete
  4. Sip markosippp ya mb Hani, kalo pakai Dokter Mobil... jadinya serba gampiill, praktis. kan kita sudah menyerahkan urusan per-mobil-an pada pakarnya :D
    Anti ribet ribet club dah!

    ReplyDelete
  5. Jadi ada cabangnya juga ya di Tangerang. Noted inii mbaa.
    Si merah moga semakin fit ya setelah ke dokter��

    ReplyDelete
  6. Wooow keren, kalau liat prosedur disana bener2 berasa lagi ke dokter ya, tapi pasiennya mobil. Pake diagnosa buat menentukan treatment yang tepat. Mantap banget tuh hasil before afternya.

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah setelah ketemu dokter mobil. si merah jadi bersih dan sehat lagi ya mbak. Konsepnya menarik ini, memperlakukan mobil seperti pasien. Dan perbaikannya tanpa perlu bongkar

    ReplyDelete
  8. Dokter mobil bener2 teliti ya. Hasil akhirnya kelihatan kayak abis perawatan... kinclongg!

    ReplyDelete
  9. setuju mba hani
    emang paling sip klo merawat mobil di Dokter Mobil
    Minggu lalu aku juga bawa mobilku kesini, aku bawa di cabang lontar surabaya
    asli cepat dan memuaskan pelayanannya

    ReplyDelete
  10. Lucu juga namanya Dokter Mobil kayak manusia juga mobil ada dokternya hehe.. Selama pandemi mobil di halaman jarang banget dipake, soalnya bingung juga mau kemana. Jalan jauh nanti disuruh tes rapid. Keluar rumah juga bingung mau kemana. Tapi pas juga ya lagi pandemi gini, dicek mobil supaya masih fit mesinnya.

    ReplyDelete
  11. AC mobul ini paling penting ya. Kebayang melakukan perjalanan ngubek ngubek ibukota mana macet gitu, terus AC nya gak bekerja dengan baik.

    Ternyata filter AC bisa kotor banget dan hasru dibersihkan secara berkala ya

    Dokter Mobil ini ada di mana-mana ya, jadi kepingin mencoba mengecek mobil ke situ juga nih.

    ReplyDelete
  12. Asyiikk.. service mobil gak perlu bongkar, khususnya AC mobil di Dokter Mobil. Mobil yang akan diservice didiagnosa dulu, jadi ketahuan deh mana yang harus diperbaiki mana yang enggak.

    Kalau pun harus dibongkar, langsung ke bagian yang akan diservice

    ReplyDelete
  13. Dokter Mobil ini banyak cabangnya ya. Tempo hari aku lihat temanku servis di Surabaya.
    Walau setahun terakhir mobil jarang digunakan, jangan sampai lupa dirawat apalagi itu filter AC-nya, hihi ...

    ReplyDelete
  14. Warna mobilnya cantik pisan... ternyata filternya bisa sedekil itu ya untung ada dokter mobil yang andal memperbaiki mobil...

    ReplyDelete
  15. Ternyata udah ada 16 cabang di koya besar di seluruh Indonesia. Tapi di Semarang belum ada Dokter Mobil. Dan ini bengkel yang melayani servis ya. Memang sih mobil kudu rutin dirawat agar tetap bagus kondisi mesin dan bagian lainnya dari mobil kita

    ReplyDelete
  16. Lengkap juga ya servicenya. Tempatnya juga kelihatan bersih. Jadi nyaman ke bengkelnya

    ReplyDelete
  17. Wah ini deket rumahh banget nih. Boleh juga jadi rekomendasi mobil papa tuh yang ga dingin lagi.. mgkn kayak si merah Mba Hani kali ya dekil filternya.. xixixi..

    ReplyDelete
  18. Aku kalau ke bengkel suka di wa-in sama suami pesan cinta buat si mobilnya.
    Kalau ke Dokter Mobil, aku tinggal tunggu yah...karena pemeriksaan rutin plus tambahan yang dilakukan para montirnya secara menyeluruh. Aman dan menyenangkan.

    ReplyDelete
  19. Untung segera dibawa ke dokter mobil ya mba, jadinya si merah cepat tertolong. Wowww... tebalnya kotoran di filter AC si merah. Bener tuh kata teknisinya, bisa-bisa membahayakan pernapasan keluarga ketika naik mobil kalau kotorannya separah itu.

    ReplyDelete
  20. Wah, ini komplit banget ya mbk. Baru denger Dokter mobil. Selain tempatnya yang luas, areanya juga bersih ya. Bikin yang nunggu betah

    ReplyDelete
  21. Wah deket rumahku ternyata dokter mobil. Itu filter ac nya sampai kotor banget ya mbak. Alhamdulillah udah dibersihkan di Dokter Mobil. Aroma mobil jadi kayak baru lagi pula

    ReplyDelete
  22. Dokter mobil ini andalan banget ya untuk urusan mobil, di Bandung juga alhamdulillah udah ada dokter mobil

    ReplyDelete
  23. banyak temenku yang pake ini katanya enak soale mobil pun ada obatnya yaaa

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar dengan baik TANPA link hidup di kolom komentar. Dan cukup pakai Url blog saja ya teman-teman di ID namanya.

Part Of Author

Part Of Author
Buku Antologi Pertama & Kedua

My Voice Over Here (BTS Dubbing)

Like us on Facebook

Subscribe