Jalan-Jalan Ke Seoul Korea secara Virtual saat Pandemi. Check!

Tuesday, September 22, 2020


Memasuki minggu kedua PSBB Part 2 nih Guys, semoga kita semua selalu sehat dan dalam lindunganNya ya, Amiiin. Biar mantap, yuk selalu Patuhi Protokol Kesehatan (Prokes) dengan melakukan 3M yaitu,  Menggunakan Masker dengan baik dan benar, Mencuci tangan dengan sabun, dan juga Menjaga jarak Dengan itu, setidaknya kita bantu putusin mata rantai penyebaran Covid-19

Salah satu hal yang menyebabkan psikis menurun di kala Pandemi adalah ruang bebas gerak kita yang terbatas, gak bisa dulu pergi-pergi dengan leluasa dan kalaupun keluar rumah, harus dengan Prokes seperti pakai masker dengan benar, bawa Hand Sanitizer kemanapun (jangan lupa dipakai bukan sekedar dibawa), jaga jarak, jauhi kerumunan, bawa disinfektan spray kalau perlu, dll.

Dan iya, yang paling signifikan adalah kita gak bisa dulu liburan seperti tahun-tahun sebelumnya, 2020 adalah tahun dimana kita dikasih "kesempatan" untuk lebih banyak di Rumah.

 

Jalan-jalan ke Luar Negeri Saat Pandemi? Virtual Tour Aja!

Ngebet banget pengen jalan-jalan? Mau keliling Indonesia atau bahkan pengen melancong ke Luar Negeri disaat Pandemi ini? Gak sabar banget nih ceritanya? Yaudah sih Traveling Virtual aja yuuuk!

Nah pas nih, mau cerita kalau malam Minggu kemarin, tepatnya tanggal 19 September 2020, saya diajakin Komunitas ISB (Indonesian Socialpreneur Blogger) jalan-jalan ke Seoul, Korea. Bekerja sama dengan Wisata Kreatif Jakarta yang memungkinkan saya dan teman-teman Blogger terpilih lainnya traveling secara virtual. Wow ini pengalaman baru dan menarik.

Ini Baru Sebagian Peserta, Seruuuu.

Wisata Virtual ini dilakukan via Zoom dengan menggunakan Google Map/Street View yang dipandu oleh Tour Guide berpengalaman secara interaktif.

Membosankan gak sih jalan-jalan tapi virtual? Ngga banget Guys, emang sih raga kita gak disana, tapi selama virtual tour tersebut, kami didampingi oleh Tour Guide (Mba Ira Lathief) yang dengan gamblang dan seru "ajak" kami menjejak di tempat-tempat yang sudah disiapkan sebelumnya.


Tempat-tempat yang Harus dikunjungi saat Berada di Soul, Korea Selatan.

1. Gyeongbok Palace. 

Merupakan Istana Peninggalan Kerajaan Korea, yang saat ini sering didatangi Wisatawan. Banyak yang ingin berfoto disini karena Istana ini juga seringkali dijadikan lokasi syuting beberapa Drama Korea yang juga booming di Indonesia seperti Kingdom, dan lainnya.

Gyeongbok Palace (Source : Pixabay - Heungsoon)


2. Cheonggyecheon Stream. 

Boleh aja tempat ini adalah Kali, tapi Guys ini bukan kali biasa, banyak hal menarik bisa kita dapatkan disana. Lokasinya berada ditengah Kota yang memudahkan Wisatawan untuk sampai disana, menikmati keindahan tempatnya sambil menghilangkan lelah sebelum melanjutkan perjalanan ke lokasi lainnya.

Bayangkan kita duduk-duduk menikmati suasana, rehat sejenak sambil mendengarkan suara gemericik air di Landmark-nya Seoul ini, pasti bikin betah dan ngangenin ya. Melihatnya dari kejauhan seolah penyejuk di tengah-tengah Kota yang sangat ramai dan megah. Pantas saja tempat ini menjadi tempat favorit warga lokal maupun Turis yang datang.

Source : https://tourkekorea.net/cheonggyecheon-stream-sisi-lain-dari-seoul/

Festival Lentera di Cheonggyecheon Stream (Source : k01064702460 - Pixabay)


3. Hanok Village. 

Ini adalah lokasi yang ingin sekali saya kunjungi secara nyata nih Guys, karena gak lengkap rasanya kalau ke Korea tanpa datang ke Kampung Tradisionalnya yang kaya akan budaya dan sejarah. Sering saya lihat di Drakor juga dan semakin lama semakin tertarik dengan tempat ini. Biasanya wisatawan akan menyewa atau membeli Hanbok (baju tradisional Korea) untuk dipakai di Hanok Village. Berfoto di Kampung Korea dengan memakai baju adat disana tentu akan memberikan nuansa yang berbeda ya, layak untuk diabadikan dan jadi kenang-kenangan setibanya di Tanah Air.

Hanok Village (Source : Pixabay - Hong Kim)


4. Gangnam. 

Nama Gangnam sendiri saya ketahui dari lagu viralnya Penyanyi Korea yang bernama Psy yang berjudul "Gangnam Style". Lagu itu kurang lebih menceritakan tentang kebiasaan kaum elit di Korea terutama Gangnam. Itu karena di tempat ini memang tergambar kehidupan yang serba mewah. Terlihat dari banyaknya Gedung-gedung Perkantoran yang sebagian diantaranya adalah Kantor Manajemen dari Artis-artis Korea.

Btw Guys, saking terkenalnya lagu Gangnam Style, sampai dibuatkan patungnya lho. Unik banget karena bentuknya dua tangan yang melingkar dengan tangan yang digenggam khas-nya gaya Gangnam Style. Jadi pengen foto didepannya deh, Amiiin.

Gangnam Building (Source : Youtake - Pixabay)

Sampai dibikin Patung Gangnam Style kayak gini lho Guys (Source : HeungSoon - Pixabay)


5. Myeongdong Street. 

Ini sih “surga”nya para Pecinta skincare atau kosmetik Korea. Saya memang bukan Pecinta addict skincare Korea, tapi sempat pakai Brand yang Nature Republic hasil jastip ke teman Blogger yang sedang liburan ke Korea saat itu. Next, saya akan beli sendiri disana Guys, gak jastip-jastip lagi, haha Aminin dulu aja pokoknyaaa.

Siap-siap tahan diri supaya gak kalap belanja Skincare Guys (Source : Sharon Ang - Pixabay)


6. Dongdaemun. 

Ini bisa kita kunjungi kalau penasaran dengan Mall yang ada di Korea. Karena ya mostly Mall-mall besar ada disana. Udah kebayang harus siapin uang seberapa banyak kalau gak pengen pulang Cuma “nelen ludah” karena kelamaan window shopping, pasti barang-barangnya bikin mupeng semuaaa, haha.

Bangunan-bangunan yang ada disana juga sangat modern dan artistik, memanjakan mata banget terutama malam hari saat lampu-lampu nyala semua, semua gedung terlihat sangat cantik.

Cantik banget ya pemandangan malam harinya (Source : HJ Part - Pixabay)


7. Seoul  Tower.

Menurut Wikipedia, Seoul Tower ini dibangun pada tahun 1969, dan dibuka untuk umum pada tahun 1980. Tingginya mencapai 236.7 m (777 kaki) dari dasar, dan berada di ketinggian 479.7 m (1.574 kaki) diatas permukaan laut. Kita bisa sampai ke menara dengan cara naik kereta gantung Namsan, nanti lanjut jalan kaki hingga benar-benar menaranya deh. Disana kita bisa melihat hampir selurut tempat yang ada di Seoul. Oh iya, gak gratis alias harus bayar ya kalau mau naik ke menara, tapi saya belum tahu berapa tarifnya Gengs, ada yang tahu? 

Seoul Tower di Malam Hari (Source : SangWoo - Pixabay)


8. Nami Island. 

Sebuah pulau yang terkenal semenjak dijadikan lokasi syuting Drama Korea “Winter Sonata” yang sangat booming pada tahun 2002 silam. Kisah cinta yang terukir disana dalam Drakor tersebut  sukses membuat baper para Pecinta Drakor, hingga banyak sekali yang ingin berfoto di tempat yang sama persis seperti yang ada di Drakor tersebut. Kalau saya kesana sekeluarga, Suami mau gak ya saya ajak foto seperti adegan di Winter Sonata? Wkwkwk.

Karena memahami keinginan Pengunjung yang kebanyakan kesana karena ingin melihat langsung lokasi syuting yang penuh kisah romansa itu, terdapat patung Duo Sejoli Pemeran Utama di Drakor Winter Sonata. Ini jadi spot khusus yang diburu sebagai background foto juga nih di Nami Island. 

Nami Island saat Winter nih Guys (Source : Tantaowolfie - Pixabay)

Couple yang booming pada masanya di Winter Sonata (Source : Quang Dong Vu - Pixabay)


Cara Untuk Mengikuti Wisata Virtual bersama Wisata Kreatif Jakarta

Buat kalian yang ingin dan akan melakukan Virtual Tour juga, saran dari saya adalah siapkan Theater of Mind kalian dan selama Tour Guide jelasin banyak hal di satu tempat ke tempat lainnya, kita juga sambil bayangin seolah-olah kita emang lagi disana, merasakan suasana tempatnya, mendalami budaya dan sejarahnya, "menikmati" kulinernya, dan lain sebagainya.

Mba Ira Lathief - Tour Guide kami saat Virtual Tour ke Seoul kemarin

Nikmati perjalanan kalian karena itu bisa menjadi kuncian kita gak tersesat kalau suatu saat beneran menjejak di tempat yang dikunjungi secara virtual.

Makasih banget buat ISB dan Wisata Kreatif Jakarta yang memfasilitasi Virtual Tour-nya, semoga nanti bisa ikut lagi ke tempat-tempat lainnya (baik di Indonesia ataupun Mancanegara). Dan buat kalian yang ingin ikutan juga, jangan lupa follow Instagram @wisatakreatifjakarta, karena banyak info terbaru  mengenai Tujuan Jalan-jalan Virtual. Follow juga akun Instagram dan Twitter @KomunitasISB untuk info-info terbaru seputar dunia Blog dan lainnya.

Jangan sampai ketinggalan yaaaa.

Dan jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan, tetap patuhi Protokol Kesehatan, tetap semangat dan optimis!

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar dengan baik TANPA link hidup di kolom komentar. Dan cukup pakai Url blog saja ya teman-teman di ID namanya.

Part Of Author

Part Of Author
Buku Antologi Pertama & Kedua

My Voice Over Here (BTS Dubbing)

Like us on Facebook

Subscribe