Kunci Tetap Tenang & Yakin Menyusui Buah Hati Selama Pandemi

Friday, August 07, 2020

Menikmati perjalanan sebagai seorang Ibu Menyusui untuk yang kedua kalinya, adalah hal yang sangat saya syukuri. Memang, tidak sedikit menemukan rintangan, tapi tetap saja ini adalah hal yang berharga dan sayang untuk tidak dijalankan sebaik mungkin. Berperan sebagai Ibu dari dua Putra tentunya merupakan hal baru, rasanya seperti saya dilahirkan untuk yang kesekian kalinya. Semuanya dimulai dari nol, saya kembali belajar mengenai dunia mengASIhi, berusaha menjaga kesehatan sebaik mungkin supaya dapat merawat Bayi saya dengan lebih maksimal. Terutama saat tiba-tiba harus menghadapi Pandemi Covid-19 dengan semua polemiknya.

Banyak perubahan yang terjadi, drastis, dimulai dengan serba serbi "from Home" yang mengharuskan Suami bekerja dari rumah (Work From Home), dan Putra pertama kami pun Sekolahnya jadi di rumah (Study From Home), menjadikan kesibukan saya sebagai seorang Istri dan Ibu semakin bertambah setiap harinya. Dari pagi hingga malam, kemudian ketemu pagi lagi, setidaknya begitulah yang terjadi beberapa bulan ini.

Awalnya semua membuat saya stress, jadi mudah ngomel di rumah, kadang sampai lupa makan karena badan terlanjur lelah hingga nafsu makan pun menghilang. Sempat meragukan diri sendiri, apa saya mampu melanjutkan "pertarungan" ini?. 

Mum and Baby Bil

Di tengah keraguan, saya teringat dengan tekad awal, yang ingin dan harus menyelesaikan tugas mulia ini hingga Bil, Putra kedua saya, berusia dua tahun. Sebagaimana dulu saya berhasil melewati berbagai rintangan saat menyusui Putra pertama hingga usianya dua tahun.

Saat ini kita sudah memasuki era New Normal, dimana hampir semua aktivitas sudah mulai dapat dilakukan seperti semula, Para Pekerja mulai kembali ke Kantor masing-masing, namun tetap dengan protokol kesehatan yang diberlakukan, tidak serta merta semua bisa santai dilakukan seperti sebelumnya. Pandemi belumlah usai, Covid-19 masih mengintai. Karenanya, kita semua termasuk kami kaum Ibu yang sedang menyusui, harus tetap waspada. 


Tetap Tenang dan Yakin Menyusui Walau di Tengah Pandemi

Menyadari kondisi Anak, terlebih Bayi, sangat rentan dengan virus apapun, tidak boleh menjadikan saya Paranoid. Namun saya harus sigap dan menjadi salah satu “Garda terdepan” untuk Keluarga kami, sebagai Pelindung Anak-anak dan Keluarga. Tugas saya masih banyak dan menunggu untuk diselesaikan satu persatu. Saya harus berani dan melakukan yang terbaik, semampu saya. Kuncinya adalah dengan tetap tenang & yakin.

Saya pun berhenti untuk panik saat melihat pemberitaan mengenai pembaharuan data Pasien Covid-19 setiap harinya. Saya mulai menata diri dimulai dari hati dan pikiran, fisik dan juga psikis. Perlu trik khusus supaya semua kembali ke jalur seharusnya. Hingga akhirnya, saya menemukan ritme baru yang lebih membuat saya nyaman menjalankan hari-hari terutama sebagai Ibu Menyusui.

MengASIhi Buah Hati adalah Kebahagiaan Tersendiri

Hal penting lainnya adalah dengan mematuhi Protokol kesehatan yang berlaku di era new normal ini, seperti menggunakan masker terutama saat beraktivitas di luar rumah, membawa hand sanitizer untuk digunakan kapanpun dimanapun, menjaga jarak saat bertemu orang lain, sebisa mungkin menghindari tempat dengan keramaian atau kerumunan, tidak membawa Anak-anak keluar rumah kecuali memang mendesak, menyediakan Desinfektan spray di rumah dan juga mobil, dll.

Saya tahu kapasitas diri saya sendiri, karenanya sebisa mungkin saya jaga mood, minta bantuan Suami dan si sulung untuk jadi support System terbaik, tetap melakukan hobi yang menyenangkan hati, dan usahakan Istirahat cukup. Yes, ketenangan hati dan pikiran itu sangat berpengaruh terhadap kualitas dan kuantitas ASI. Jadi sangat penting untuk  selalu dijaga. Kalau perlu, lakukan relaksasi di rumah dengan yoga atau olahraga menenangkan lainnya.

Untuk Mum yang sudah kembali bekerja di Kantor masing-masing, senantiasa pastikan mengikuti hal-hal yang harus dilakukan untuk tetap menjaga Mum dan terlindungi selama berada di luar rumah, hingga saatnya pulang. Pastikan juga untuk tidak langsung memeluk atau menggendong Buah Hati sebelum Mum benar-benar membersihkan diri, untuk menghindari virus atau bakteri yang bisa saja Mum bawa dari luar rumah, yang dapat menjadi biang penyakit bagi Buah Hati.

Selalu menjalankan protokol kesehatan terutama di masa Pandemi

Motherhood itu seru dengan segara warna-warninya ya Mum, saya pun sangat menikmatinya. Apalagi saat melihat Bil yang semakin besar dan aktif, saya tahu bahwa kekuatan dan semangat saya sebagai Ibunya sangat diperlukan, supaya dapat mengASIhinya dengan baik. Jadi tidak ada waktu untuk menyerah.

Semangat saya kembali terpacu. Saya berusaha membuat situasi di rumah seseru dan se-kondusif mungkin supaya Anak-Anak tetap nyaman bermain dan belajar di rumah, mengingat kondisi di luar sana yang masih mengkhawatirkan.


Menjaga Asupan Bernutrisi untuk Ibu Menyusui di Era Pandemi dan New Normal

Selain beberapa faktor yang saya sebut diatas, yang tidak boleh terlewat adalah tetap menjaga nutrisi dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Setiap hari, saya berusaha untuk tidak kekurangan serat dan cairan tubuh, dengan  minum air putih secukupnya, mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang, dilengkapi buah dan sayur.

Mengkonsumsi Susu khusus Mum menyusui untuk kandungan ASI terbaik 

Dan sebagai tambahan,  saya juga minum Anmum Lacta yang khusus untuk Ibu Menyusui sebanyak dua gelas perhari, karena mengandung Neulipid yaitu kumpulan nutrisi-nutrisi penting untuk ibu dan si kecil, GA (Gangliosida) & DHA, Vitamin B, Protein, Serat Pangan, Kalsium dan Zat Besi, yang kesemuanya sangat penting didapatkan oleh Mum yang sedang menyusui. Apalagi Anmun Lacta ini rasanya cokelat, kesukaan saya banget.

Anmum Lacta dapat membantu pemenuhan kebutuhan nutrisi tambahan bagi Ibu Menyusui untuk produksi ASI yang berkualitas dengan semua manfaat yang terkandung di dalamnya.


Stay positive, and keep your peace of mind, Mum!

Di tengah Perjuangannya, seorang Ibu akan selalu menemukan cara untuk bertahan dan menjadi lebih kuat lagi. Karena Buah Hati adalah segalanya, dan selalu menjadi Prioritas di hidup Ibu. Setuju gak Mum?

Memang tidak mudah, namun bukan mustahil. Tetap berpikiran positif atas apapun yang terjadi, tempatkan diri di lingkungan yang mendukung tujuan kita menyusui Buah Hati, dan pastikan kualitas ASI tetap baik demi menjaga Imun si kecil. Karena ASI mengandung Zat-zat terbaik yang tentunya diperlukan Bayi untuk menjadi Imunitas tubuhnya, terutama untuk menjaga kesehatannya selama Pandemi.

Selalu siap menjadi "Garda Terdepan" demi kebaikan Buah Hati

Pastikan kebutuhan nutrisi kita selalu terpenuhi, mendapatkan waktu yang cukup untuk beristirahat di sela-sela kesibukan, selalu jaga kebersihan dan kesehatan, dan selalu happy.

Gak mudah memang Mum, tapi saya yakin kalau kita semua adalah hebat, dan selalu akan menemukan cara untuk menghadapi tantangan demi tantangan. Dan karena, ketenangan dan keyakinan itu ada di tangan kita semua, Mum.

Melalui tulisan ini juga saya mengajak Mum semua untuk tetap kuat, tenang, yakin, dan jadi Ibu yang bahagia dalam memberikan ASI untuk bayi kita, terutama di masa Pandemi. Semangat MengASIhi!

Stay safe, healthy, and Happy World Breastfeeding Week, Mums!

#JadiYakinDenganAnmum

You Might Also Like

8 komentar

  1. Iya bener bgt, mama menyusui harus selalu jaga kesehatan dan asupan gizi yg cukup buat baby. Mama nya sehat, pasti baby nya juga sehat. Pemilihan susu utk mama harus yg tepat jg, anmun lacta ada varian coklat yg pasti cocok dilidah mama ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuuu, adanya Support System dari Circle 1 juga sangat penting tentunya yaa :)

      Delete
  2. Semoga Pandemi ini nggak menghalangi para Mum untuk tetap mengASIhi dengan bahagia ya, Mbak. Semangaaatt...

    ReplyDelete
  3. Mama harus sehat dan tenang supaya saat menyusui tidak panikan atau pikitan galau jadi bondingnya tercipta dengan baik.
    Bil pasti pinter dan atraktif gini berkat mama yang sehat dan smart :)

    ReplyDelete
  4. Ibu menyusui tetap butuh asupan nutrisi yang baik ya say, supaya ASI juga semakin berkualitas. Anak pun sehat. Net minum ini juga dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuuu, Nutrisi dan Gizi seimbang sangat penting. Btw susu ini rasa cokelatnya enak yaaa, gak bikin eneg, trus wangi susunya juga bikin berselera :)

      Delete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar dengan baik TANPA link hidup di kolom komentar. Dan cukup pakai Url blog saja ya teman-teman di ID namanya.

Part Of Author

Part Of Author
Buku Antologi Pertama & Kedua

My Voice Over Here (BTS Dubbing)

Like us on Facebook

Subscribe