Pengalaman Ikut Academic Writing di TBI (The British Institute) Pondok Indah

Thursday, April 23, 2020


Halo Para Pejuang #DirumahAja semoga kalian tetap semangat menjalani hari ya. Gak berasa (apa berasa banget ya, hihi) udah lebih dari sebulan lho kegiatan kita dibatasi ruang dan jarak. Mau gak mau, kita harus dirumah dulu nih, gak boleh pergi-pergi dulu kecuali urgent.

Tapiii, tetap tenang jangan panik!. Walaupun kondisi Tanah Air dan bahkan hampir seluruh dunia saat ini sedang tidak kondusif, jangan lupa untuk selalu berpikir positif dan bersyukur atas apapun yang kita hadapi. Demi kebaikan bersama, kita jalani aja, sambil terus melakukan hal-hal yang positif juga.

Sebagai Mahmud alias Mama muda (maunya muda terus Guys. LOL), ditengah kesibukan harus mendampingi Anak Study From Home dari pagi hingga siang, berlanjut dengan kegiatan lainnya yang padat hingga malam, saya memutuskan untuk menyisihkan waktu supaya bisa belajar lagi dengan mengikuti Kursus Online Bahasa Inggris.

Sebenarnya, udah lama kepikiran buat kursus untuk memantapkan kemampuan Bahasa Inggris yang jarang dipakai. Kayaknya kok sayang banget ya, padahal dulu sempat rajin tuh casciscus berbahasa Inggris waktu masih siaran di Radio. Eh belakangan malah jarang digunakan, jadinya lupa-lupa deh.

Keseruan Academic Writing ISB dan TBI Pondok Indah

Alhamdulillaaah.. kesempatan untuk belajar pun datang, Komunitas Indonesian Social Blogpreneur (ISB) yang dikomandoi oleh Teh Ani Berta, memilih saya dan beberapa teman Blogger lainnya untuk mengikuti Kursus Bahasa Inggris di TBI (The British Institute) secara online, kami bersebelas mengambil Program Academic Writing, yang tentu akan sangat bermanfaat untuk Pekerjaan kami di bidang penulisan.

Btw, udah lama pengen kursus di TBI, gak nyangka bisa kesampaian sekarang. Aplagi karena kelasnya online, saya merasa itu lebih sesuai dengan kondisi saat ini. Selain ada Pandemi yang membuat langkah terbatas karena gak boleh keluar rumah kalau bukan karena alasan urgent, karena memang saya masih punya Batita yang belum bisa ditinggal-tinggal lama. Jadi kursunya bisa di rumah aja menggunakan perangkat online, yaitu Google Classroom dan Zoom.

Senangnya bisa kembali berada di "kelas" walaupun secara online, namun berkat kecanggihan teknologi, kami para murid dapat saling bertatap muka satu sama lain dan dengan Teacher-nya juga.



Ada dua Teacher yang mengajar kami, yaitu Ms. Lesley dan Ms. Tamara (yang ternyata adalah Teacher Master di TBI), beruntungnya kami bisa berhadapan langsung dengan Ms.Tamara. Keduanya mengajar dengan sangat profesional, mengarahkan kami saat ada kesalahan saat penulisan atau pengucapan. Sepanjang sesi, berjalan seru, dan ada deg-degannya saat dikasih Quiz, wiih rasanya ingin terus jadi yang pertama jawab supaya dapat poin paling banyak, adrenaline rush banget, haha.

Selesai sesi, semua murid diberi tugas untuk dikerjakan, yang kemudian dikasih penilaian. Yang sangat saya suka karena kami dikasih tahu mana saja yang salah dan harus diperbaiki. Pokoknya selama belajar, gak ada rasa takut untuk mengeluarkan kemampuan berbahasa Inggris, entah saat menulis atau ngobrol, semuanya harus menggunakan Bhs. Inggris. Karena, sekalipun kami salah, gak ada tuh Teacher-nya menyalahkan atau gimana, justru kesalahan itu akan dikoreksi dan diberi penjelasan. Antar murid juga saling support, pokoknya kelas yang menyenangkan. Dua jam tak terasa selesai gitu aja, padat ilmu.

Selaras dengan program yang kami ambil, yaitu "Academic Writing for Bloggers", materi yang diberikan sangat erat kaitannya dengan kebutuhan kami sebagai Penulis. Mulai dari membahas perbedaan antara menulis Artikel di Media Cetak dan menulis di Blog, hingga adjectives yang lebih baru dan "kekinian".

Sesi tanya jawab pun dimanfaatkan dengan baik, karena ya kami sadar kalau ini adalah kesempatan berharga, di luar sana banyak sekali yang ingin kursus di TBI namun belum dapat kesempatannya. Semua pertanyaan dijawab dengan penjelasan yang mudah dimengerti

Alasan Mengapa Harus Kursus Bahasa Inggris di TBI (The British Institute)


  • TBI merupakan tempat kursus Bahasa Inggris yang terdepan dan juga yang pertama di Tanah Air, dengan mutu dan kualitas yang tidak perlu dipertanyakan lagi.
  • Para Pengahar memenuhi syarat kualifikasi yang sesuai dengan standard Internasional.
  • Satu-satunya Institusi Pelatihan Bahasa Inggris di Indonesia yang disertifikasi oleh The University of Cambridge English, untuk menjalankan kursus Pelatihan CELTA (Certificates in Teaching English to Speakers of Other Languages).
  • TBI selalu mengikuti perkembangan terbaru dalam Pelatihan Guru dan menjadi yang terdepan dalam semua metodologi pengajarannya
  • Jadwal kelasnya variatif, dan dapat kita pilih sesuai dengan kebutuhan
  • TBI memiliki kelas dari Senin - Sabtu, mulai pukul 9 pagi hingga pukul 9 malam
  • Bisa belajar secara Online, sehingga memungkinkan kita untuk belajar dimana saja, dengan catatan koneksi Internet harus lancar ya Guys.
  • Biaya Kursus yang terjangkau, ini yang terpenting ya kaaaan?

Program-program (kelas) di TBI (The British Institute)

Untuk Dewasa :
  • General English (Adult) yang sebelumnya bernama Global English
  • Conversation
  • Business Communication
  • IELTS Preparation
  • TOEFL Preparation
  • Academic Writing
Untuk Anak-Anak :
  • VYL (Very Young Learner), untuk usia 4 - 6 tahun
  • Children, untuk usia 7 - 11 tahun
  • Teenager, untuk usia 11 - 15 tahun

Program-program untuk Anak diatas sebenarnya tergantung dengan hasil dari placement tes calon muridnya, jadi gak bernar-benar berpatokan dengan usia. Dewasa pun tetap harus mengikuti placement tes (proficiency test) juga supaya dapat mengikuti program yang tepat.

Untuk General English terdiri dari beberapa level yang bisa disesuaikan dengan kemampuna kita, seperti :

  • Starter, 
  • Elementary, 
  • Pre-intermediate, 
  • Intermediate, 
  • Upper intermediate, dan 
  • Advance.
Dan jika kita ingin masuk Program IELTS Preparation, Business Communication, dan Academic Writing, minimal level kemampuan berbahasa Inggris kita harus sudah di level Pre-Intermediate.

Ohya, ternyata tahun 2020 ini adalah tahun ke-36 TBI memberikan pelayanan yang luar biasa kepada seluruh Muridnya. Itu artinya, TBI didirikan pada tahun 1984, tepatnya 18 Februari 1984. Tentu waktu yang tidak sebentar ya, salah satu bukti bahwa TBI memang terpercaya dari dulu hingga kini. Dan dalam rangka ulangtahunnya, TBI mengadakan beberapa kompetisi seperti lomba menulis, lomba Vlog, dan lainnya, supaya semua murid semakin semangat dalam meningkatkan Bahasa Inggrisnya dengan cara yang super fun.



Dan jangan khawatir mengenai lokasi, karena TBI hingga saat ini sudah tersebat di banyak titik seperti :

  • Jakarta (Pondok Indah, Kuningan, Kelapa Gading), 
  • Cibubur, 
  • Depok, 
  • Tangerang (BSD, Gading Serpong), 
  • Bandung (Jl. Riau, Dago, Festlink), 
  • Malang, dan 
  • Bali.
Dan kalau kalian gak bisa kursus di tempatnya langsung, apalagi di masa-masa seperti Pandemi ini, kalian bisa ikut kelas online-nya saja seperti saya. Gak kalah seru kok, karena pembelajarannya sama-sama dibimbing oleh Teacher yang expert.

Belajar Bahasa Asing terutama Bhs. Inggris sangat penting sekali untuk siapapun, banyak manfaat yang bisa kita dapatkan, entah untuk Pekerjaan ataupun dalam kehidupan sehari-hari. Tahu sendiri kan zaman sekarang, materi Anak TK dan SD pun sudah mulai banyak yang berbasis Internasional, jangan Para Orang Tua jangan sampai kalah dengan Anak-anaknya.

Dan bayangkan juga saat ada kesempatan untuk Traveling ke Luar Negeri, kita akan lebih mudah bersosialisasi dengan Masyarakat di Negara tersebut, karena komunikasi yang lebih lancar. Jangan memandang usia, semua orang berhak untuk belajar. Jadi, sia-siakan kesempatan ya Guys, gak ada ruginya terus belajar.

Untuk Info lebih lanjut, kalau kalian tertarik belajar di TBI juga, bisa langsung hubungi nomor-nomor berikut yaa : 0895 4119 50535 / 021-7510020, atau email ke  marketing@tbi.co.id dan bisa juga kunjungi website: www.tbi.co.id dan cek juga Akun Instagramnya : @my.tbi

Selamat belajaaar.

Stay Safe and Healthy!




You Might Also Like

1 komentar

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar dengan baik TANPA link hidup di kolom komentar. Dan cukup pakai Url blog saja ya teman-teman di ID namanya.

Part Of Author

Part Of Author
Buku Antologi Pertama & Kedua

My Voice Over Here (BTS Dubbing)

Like us on Facebook

Subscribe