Grow Happy From The Inside Out with Lactogrow

Sunday, June 02, 2019


Menjadi Orangtua yang bahagia itu mudah gak sih sebenarnya? 

Jawabannya mungkin beragam ya tergantung Individu yang menjalaninya. Bagi saya sendiri, semenjak menjadi Ibu, perjalanannya memang gak bisa dibilang mulus dan gampang-gampang aja. Bahkan mungkin, saya salah satu Ibu baru yang cukup struggling saat menyesuaikan diri kala itu. Iya sih namanya juga penyesuaian, memang perlu proses kan ya, saya seperti harus kembali "berkenalan" dengan diri saya yang baru, as a Mom.

Adalah Alfath Raiha Fastabiq Khair (Alfath), nama Putra saya yang pertama. Dan Adiknya Arthanabil Raiha Altan Shaquille (Bil) yang baru lahir tujuh bulan lalu. Mereka adalah dua sosok mungil nan menggemaskan yang membuat saya dipanggil dengan sebutan "Mama". Dan selama kurang lebih 5 tahun ini, saya berusaha untuk menjadi Ibu yang bahagia.

Bahkan saya selalu bilang ke Suami, supaya hati Istrinya ini selalu dijaga, jangan sampai terluka dan nangis-nangis. Karena kan Istrinya ini juga berperan sebagai Ibu yang suasana hatinya akan sangat berpengaruh terhadap kebahagian Anak-anak kami. Apalagi seorang Suami yang juga seorang Ayah adalah Support system terbaik bagi Keluarga.

Nah, lalu, dengan semua usaha untuk membahagiakan diri itu, apakah saya berhasil dan sukses membahagiakan Anak-Anak saya secara jasmani dan rohani? saya masih harus mencari jawabannya, karena apa yang terlihat dengan mata, belum tentu sama dengan kenyataannya.

Blogger Gathering Lactogrow "Grow Happy Parenting Ramadhan", Happy From The Inside Out

Grow Happy, tumbuh bahagia dimulai dari dalam. Jargon yang bukan hanya sebagai rangkaian kata semata. Tapi itu merupakan kalimat yang sangat harus diperhatikan bagi Orangtua terutama Ibu saat membesarkan buah hatinya. Setidaknya, itu yang saya tangkap dari materi-materi yang didapatkan di acara Blogger Gathering Lactogrow hari Selasa minggu kemarin.


Bertempat di Pandor Café, saya dan teman Blogger dari Indonesian Hijab Blogger (IHB) lainnya bersilaturahmi sambil menunggu waktu untuk menikmati iftar dan berbuka puasa bersama, dengan menambah ilmu dan wawasan dari semua Pemateri luar biasa yang hadir. 

Setelah acara dibuka oleh MC, Mba Paramudita Sarastri yang merupakan perwakilan dari pihak Lactogrow memberikan sambutannya dan menyampaikan bahwa Lactogrow berkomitmen untuk mengajak Orangtua untuk senantiasa mendukung kebahagiaan Anak dan Keluarga. Terbukti dari kandungan Lactogrow yang nutrisinya memang disiapkan untuk mendukung kebahagiaan Anak.

Saya yakin semua Orangtua sepakat juga ya bahwa yang paling berperan untuk mendukung Buah Hati itu adalah Orangtua yang harus happy, dan juga selalu memastikan kesehatan saluran cerna buah hatinya. Seperti yang disampaikan oleh Dr. dr.Ray Wagiu Basrowi, MKK. yang sharing dengan kami Para MomBlogger yang sangat antusias apalagi karena dr. Ray ini sangat fun dan juga gak berhenti mengundang tawa.


Dr. Ray mengingatkan agar Para Ibu selalu memastikan pencernaan buah hati selalu dalam keadaan sehat dengan menjaga keseimbangan mikrobiota ususnya. Caranya adalah dengan memastikan Anak mengkonsumsi variasi makanan yang bernutrisi lengkap dan juga harus yang mengandung probiotik.


Dari pemaparan dr. Ray saya pun jadi tahu kalau salah satu probiotik yang sudah terbukti secara klinis bermanfaat adalah Lactobacillus reuteri.

Kelebihan probiotik Lactobacillus reuteri adalah :
1. Teruji klinis aman dan bermanfaat bagi tubuh
2. Dapat membantu dalam penyerapan nutrisi
3. Bisa mengatur suasana hati jadi lebih baik (good mood)
4. Bantu tumbuh kembang buah hati jadi lebih bahagia dan optimal

Kalau saya flashback lima tahun kebelakang, sesuai usia Putra pertama saya, Kakak Alfath, sepertinya pernah juga mengalami masalah pencernaan yang sampai mengganggu kenyamanannya saat beraktivitas, akhirnya Kakak Alfath jadi Cranky dan mudah ngambek saat itu. Saat konsultasi ke DSA, akhirnya dikasih resep probiotik juga, Alhamdulillahnya sih gak lama langsung membaik lagi kondisi pencernaannya. Tapi hal tersebut jadi membuat saya lebih aware lagi supaya bisa memastikan Anak kedua saya (Bil) tidak mengalami hal serupa.

Dukung Anak Tumbuh Bahagia dengan Stimulasi yang Tepat

Kebahagiaan Anak adalah hal terpenting bagi Orangtua manapun di dunia, termasuk saya yang senantiasa ingin kedua Putra saya, Alfath dan Bil, tumbuh bahagia supaya dapat menjadi pribadi yang positif dan selalu menyebarkan keceriaan dan energy positif kepada lingkungan di sekitarnya.

Namun, seperti yang saya sampaikan diatas, ternyata apa yang terlihat oleh mata, memang belum tentu sama dengan kondisi sebenarnya. Dari awal pernikahan, dan kemudian hamil, saya berkomitmen dengan Pasangan supaya kami tidak harus mengulang hal-hal jelek di masa kecil kami ke Anak-anak nantinya. Kami juga berkomitmen kalau sampai kami mengalami hal yang membuat kami harus beradu argumen, jangan sampai terjadi di depan Anak-Anak.

Namun kenyataannya, hal tersebut, susah untuk dilakukan. Itu yang terjadi pada kami.

Alfath kecil pernah melihat saya nangis sambil ngomel-ngomel ke Papanya. Saat itu Alfath memang belum mengerti apa yang terjadi, tapi saya yakin ada aktivitas otaknya yang “merekam” bahwa saat itu sedang terjadi hal yang tidak membahagiakan. Sekian kali Alfath melihat saya berargumen, Alfath yang kemampuan bicaranya sudah banyak menjadi berargumen juga, dengan bahasanya yang masih polos dan sederhana. Wah, gawat. Saya langsung ketakutan hal itu bisa berpengaruh jelek terhadap pola pikir dan karakternya hingga dewasa.

Setelah melewati fase yang cukup berat, up and down kami rasakan, saya pun dapat lebih mengatur emosi saya terutama di depan Anak. Saya kembali ke komit awal yang ingin memberikan kebahagiaan kepada Anak-anak, karena dampak positifnya akan sangat signifikan untuk masa depan mereka.



Hal itu juga yang disampaikan oleh seorang Psikolog, Ibu Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi. yang menggambarkan betapa pentingnya peran kebahagiaan bagi anak ke beberapa aspek dibawah ini :
1. Tumbuh kembang kognitif (proses belajar)nya.
2. Nilai dirinya (Self-esteem) Anak.
3. Social Skill-nya Anak.
4. Dan Karakter saat Anak kelak dewasa.

Karakter Anak yang telah tumbuh dewasa dengan kebahagiaan, akan dapat membangun sifat penting sebagai penunjang keberhasilannya juga, karena dia memiliki beberapa hal dibawah ini :

1. Kesadaran dan Manajemen diri yang baik.
2. Kesadaran dan keterampilan sosial yang baik.
3. Dapat mengambil keputusan dengan lebih baik. 


Beberapa Tips yang diberikan Ibu Vera untuk para Ibu yang ingin Anak-anaknya tumbuh bahagia :

1. Selalu berikan ke Anak-anak kita, makanan yang bergizi seimbang.
2. Dampingi Anak saat bermain karena itu adalah masa-masanya anak sedang eksplorasi.
3. Selalu ekspresikan emosi positif di depan Anak.
4. Pastikan Anak-anak kita mendapatkan waktu tidur yang cukup.
5. Berikan cinta tanpa syarat kepada Anak.
6. Jadilah pendengar yang baik dan antusias bagi Anak.

Nah Moms, kira-kira, diantara keenam point diatas, manakah yang paling sering moms langgar? Hihi kalau saya sepertinya banyak, hiksssss.

Saat dr. Vera menyampaikan tips diatas, saya langsung tersentil karena merasa sudah sering mencederai hati dan mungkin juga pikiran Anak-anak saya terutama Alfath (karena Bil saat ini masih bayi banget dan belum mengerti banyak hal). Saya selalu pastikan Alfath mendapatkan menu makan dengan gizi yang seimbang, namun disisi lain, saya sering menolak saat Alfath meminta saya menemaninya main.


Alasan demi alasan saya lontarkan seperti masih sibuk di dapur, harus kerja dulu kejar deadline (padahal mana Alfath ngerti kerjaan Mamanya dan bukan tanggung jawabnya dia juga), saya berulang kali bilang “nanti dulu ya sayang”, saat Alfath menanyakan “ini apa, itu kenapa?” atau saat dia ingin menunjukkan hasil karyanya.

Tentang cinta tanpa syarat, saya pernah juga mengucapkan kata “asal” ke Alfath, seperti saat dia minta dibelikan mainan saat kami ke Mall. Saya jawab, “boleh, asaaal nanti Kakak main sendiri dulu ya selama Mama kerja”. Seolah saya gak ikhlas memberikan waktu saya untuk Alfath.

Hikss, sedihnyaaa. Rasanya hati ini sakit setiap kali ingat itu. Rasanya ingin segera pulang dan memeluk Alfath dan Bil di rumah. Alfath saat ini berada di fase dimana dia senang menyuarakan isi hati dan pikirannya. Pun semua pertanyaan yang di benaknya gak segan untuk dilontarkan tanpa peduli Mamanya sedang apa, atau sedang merasakan apa. Karena bagi Anak seusia dia, masalah dunia belum dia pahami kan ya. Yang dia tahu hanyalah dunianya yang penuh dengan rasa ingin tahu.


Waaah, selalu hangat ya di lingkaran mata setiap membahas dan sharing tentang Anak, hihi. Baiklah kembali ke acara Blogger Gathering, saya dan semua teman Blogger ditantang untuk membuat makanan sehat dari mainan Play-Doh, haha seru bangeeet. Saya dan tim saya pun memutuskan untuk membuat menu Gizi Seimbang.


Tanpa saya sadar, ternyata semua menu yang dibuat dilombakan dan dipilih satu yang terbaik. Alhamdulillaaah saya dan tim kece saya yang terpilih menjadi Pemenang karena menu yang kami buat sudah sesuai dengan kebutuhan gizi bagi Anak. Senangnyaaa, dapat hadiah pula.


Acara diakhiri dengan foto-foto dan berbuka bersama. Silaturahmi yang indah, dan berfaedah karena semua ilmunya sangat “bergizi” apalagi menu-menunya Pandor Cake ini enak-enak semuaaaa. Pengen balik lagi kesana dan pesan saladnya deh, ada yang mau barengan? Haha.



Thank You Indonesian Hijab Blogger (IHB) dan Lactogrow untuk undangannya. Semoga sukses dan berkah untuk kita semua. Amiiin.


Pelukan dan Cinta Mama untuk Kakak Alfath 

Pulang dari Acara ini saya langsung peluk Alfath yang jemput saya ke Stasiun dengan Papanya. Saya juga langsung dengarkan dengan seksama ceritanya Alfath yang seperti biasa selalu panjang dan detail. Alfath cerita kalau dia tadi lihat kereta yang Penumpangnya penuh sekali, Alfath juga kangen naik kereta katanya karena sudah lama gak diajakin keretaan. Dan cerita-cerita lainnya yang dia ceritakan di dalam mobil sampai kami sampai di rumah.


"Ah, Alfath.. ma’afin Mama ya Kak, banyak banget salah Mama selama ini. Mama akan berusaha untuk perbaiki semua, dimulai dengan menambah quality time kita tanpa embel-embel kata “asal” atau apapun itu. Yang pasti kita benar-benar nikmati waktu tanpa Mama yang sibuk dengan gadget, sibuk balasin email, dan lainnya". 

Karena kebahagiaan Alfath dan Adeknya adalah prioritas utama dibanding prioritas lainnya. Maka, pola asuh dari saya dan Suami pun harus dapat mendukung Anak-anak mendapatkan kematangan emosinya yang maksimal, sehingga tumbuh menjadi manusia yang sehat secara jasmani dan rohani.

Tadi malam, sebelum tidur, setelah baca buku dan sebelum do’a, saya tanya Alfath apakah dia bahagia? Dan katanya Alfath bahagia. Kemudian saya peluk Alfath sambil kami berdo’a sebelum tidur sama-sama.

“Kak, are you happy?”
“Yess, Kakak happy, emangnya kenapa Ma?”
“Gapapa, Mama minta ma’af ya sering bikin Kakak sedih dan sering biarin Kakak main sendiri”
“Gapapa, tapi besok temenin kakak main jual-jualan lagi ya Ma, biar Kakak latihan, nanti kalau sudah besar Kakak kan mau bikin Toko Alfathmart supaya Mama jadi Boss Besarnya”.

Huhu, saya nangis dalam hati jadinya dan selalu saya Aminkan apapun cita-cita Alfath selama ini, pasti saya dan Papanya support  selama itu positif dan berguna bagi orang banyak. Yang penting saat ini adalah kebahagiaanya mereka, buah hati kami. Selain psikis yang happy, fisik juga harus happy dengan selalu mengkonsumsi asupan yang mengandung Happynutri seperti Nestle Lactogrow yang kaya akan vitamin (12 Vitamin), minyak ikan, tujuh mineral dan Omega (3 dan 6), kalsium, dan probiotik Lactobacillus reuteri supaya aktivitasnya tidak terganggu karena pencernaannya bermasalah.


Dengan itu, semoga Anak-anak senantiasa tumbuh dengan suasana hati yang selalu positif, kematangan emosi yang baik, tubuh yang selalu sehat alias gak mudah sakit, juga senantiasa berperilaku Positif dan berguna bagi lingkungan sekitar dan Agamanya. Amiiiiin.

Oh iyaa.. Last but not least, selalu diingat juga bahwa WHO merekomendasikan pemberian ASI Ekslusif hingga bayi berusia 6 bulan dan lanjutkan selama mungkin. Susu pertumbuhan diformulasikan untuk memenuhi nutrisi yang diperlukan oleh anak diatas usia 1 tahun dan tidak diberikan untuk bayi. Jadi, selalu aware dan baca label sebelum membeli ya Moms.

See you around.



You Might Also Like

33 komentar

  1. IHB kalo ngadain event selalu berfaedah yak. Bersyukur banget bisa kenal IHB. Silaturahmi makin panjang. Berkah terus ya ��. Ah aku terharu baca tulisan kakak Alfatah, nyes pasti perasaan ibunya ��

    ReplyDelete
  2. eventnya seru yaa.. bermanfaat dan jadi tu mengenai parenting...
    sediiihh foto aku nyempil gitu yang disini huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, Nanti kita foto bareng ya Mbaa, yang gede pokoknya muka harus keliatan, wkwk.

      Delete
  3. Kita yang dewasa aj kalau kondisi kita happy ngerjain apapun akan maksimal yaa gimana anak2. Penting bgt bikin anak happy dari dalam dan luar biar makin pintar eksplorasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mbaaa, kebahagiaan Anak-anak masih ada di tangan kita sebagai Orangtuanya ya, apalagi itu dapat menjadi salah satu faktor penentu masa depannya, sangat penting make sure kalau mereka tumbuh dengan bahagia :)

      Delete
  4. lucu bangett makanannya dari play Doh dan sangat mirip :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hasil kerjasama Tim yang dilakukan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya, haha

      Delete
  5. struggle of mother is real ya mbak hihihi semangattt terus demi anak..

    ReplyDelete
  6. diantara keenam point diatas, manakah yang paling sering moms langgar?

    Poin ketiga paling banyaaaaak... Jadi sedih karena ingat saat mereka kecil daku belajar jadi ibu sendirian. Tuntutannya harus sempurna jadi Emak secara mertua anaknya 10 sukses jadi orang semua.

    Peluk kakak Al-Fath ya Hani, Alhamdulillaaaah Hani bisa dapat ilmunya itu sekarang jadi ngga nyesel kelak kayak aku

    ReplyDelete
  7. aku juga masih suka mencederai anak sulung mba, karena repot sama yang kedua huhuhu suka sedih aku pun pernah nanya ke anak sulungku teteh bahagia ga sama bunda dia jawab sangat bahagia dan bunda itu terbaik padahal aku mamaknya sering ngomel sepanjang waktu jadi nangis pas anak sulungku bilang gitu hehehe...

    semoga anak2 selalu sehat ya mba

    ReplyDelete
  8. Aku tuuu ekspresive nya keterlaluan klo sm anak2
    Jd kadang ekspresi positif total, ekspresi negatif total semua kukeluarkan apa adanya...

    Masih strugling belajar memilah ekpresi yg boleh total dikeluarkan di depan anak dan mana yg harus ditahan nih

    ReplyDelete
  9. Emang tantangan banget ya buat kita sebagai ibuk untuk bisa memberikan yang terbaik buat anak.. mulai nutrisi, stimulasi, dll.. semangattt

    ReplyDelete
  10. Semoga kesampaian ya nak bikin Alfathmartnya.... luar biasa nih cita2 bocah untuk membahagiakan orang tuanya. Emang tugas kita untuk mendampingi dengan penuh kasih sayang serta memberikan stimulasi sesuai masa tumbuh kembangnya ya.

    ReplyDelete
  11. Seru nih eventnya, dapat ilmu dan dpt tips juga supaya anak-anak tumbuh bahagia. Love kakak Al-Fath :)) Banyak banget mainan mobilnya...bagi satu dong tante..:D

    ReplyDelete
  12. Setuju...setuju. Hidup itu yang penting bahagia. Itulah makanya aq belajar buat melatih diri supaya bisa terus berpikiran positif apapun situasinya, supaya orang terdekatku terutama anak nggak kena imbas negatif saat aku marah, sedih atau kesal. Tapi ya masih sering luput juga. Hehehehe

    ReplyDelete
  13. Duh terharu deh bacanya, Mas Al-Fath semoga jadi anak yang happy dan sehat selalu ya. Aku ikut juga acaranya yang di Semarang memang bergizi dan membuka hati banget ya...

    ReplyDelete
  14. Senangnyaaa bisa hadir di event yg bikin ilmu jadi ibu yg bahagia demi tumbuh kembang anak yg bagus karena juga selalu bahagia, nambah. Yap...jadi ibu tuh bener2 kudu kontrol emosi ya kak.

    ReplyDelete
  15. Denggan menstimulasi anak secara tepat maka tumbuh kembangnya juga bisa berjalan dengan baik ya. PEncernaan yang sehat membuat anak juga aktif dan bisa beraktivitas. Lactogrow membantu menucukup nutrisi anak denggan pencernaan yangg sehat

    ReplyDelete
  16. Memang sih, jadi ibu itu gampang-gampang susah. Ngeri-ngeri sedep. Naik turunnya bener2 harus diwaspadai. Kalau kita lagi "turun" biasanya langsung ngimbas ke keluarga. Jadi memang perlu support orang terdekat dan kesadaran diri.
    Btw, masalah pencernaan anak juga nggak kalah penting. Karena pencernaan ini memang ngaruh ke pertumbuhan fisik juga kecerdasan ya. Harus waspada bener jadi ibu.

    ReplyDelete
  17. Menjadi orangtua itu tidak mudah, ya. Harus bisa mengontrol emosi di depan anak. Dan demi pertumbuhan Anak-anak yang lebih baik, menjadi seorang Ibu harus bahagia. Bahkan ada pepatah lama mengatakan, "Jantungnya rumah tangga ya Ibu,"

    Kalau 'jantungnya' enggak bahagia, bagaimana dengan 'organ' lainnya?

    Semoga cita-cita Alfath terwujud. Aamiin... Biar Mama jadi bos besarnya. ������

    ReplyDelete
  18. Ibu bahagia melahirkan anak-anak yang bahagia juga, atulah beenr banget itu kalimat. Dan menjaga kebahagiaan seorang ibu itu memang mudah banget, gratis malah, tapi kadang ya kadang, duh suka ada saja yang membuat alpa. Tapi demi tercukupi kebutuhan nutrisi anak, penting banget si ibu untuk menyajikan dengan penuh cinta, pasti kalau udah gini, ibu bahagia banget yaa

    ReplyDelete
  19. Aku juga paling suka menghadiri gathering yang diadakan oleh brand susu seperti ini.
    Pasti banyak oleh-oleh yang kita bawa pulang.
    Yang pasti wawasan bertambah, Insya Allah.

    Tentang ibunda yang bahagia, itu juga sudah sering aku dengar.
    Setuju banget!
    Mana mungkin ibu bisa membahagiakan anggota keluarga kalau dirinya belum bahagia.
    Nonsense ya, mba

    Yuk, tetap semangat meningkatkan wawasan dan berbagi lewat tulisan, agar lebih banyak lagi orang tua atau calon orang tua yang teredukasi.

    ReplyDelete
  20. terimakasih tipsnya mba Hani. aku lagi butuh banget bacaan kayak gini beneran deh. soalnya beberapa bulan ini aku tuh lagi rungsing banget dan gak tahu kayak keteteran aja sama semua. jadi mau berpositif ria depan anak susah juga jadinya.

    ReplyDelete
  21. Si kecilku kalau denger iklan Lactogrow suka ikut nyanyi Mbak, apalagi kalau diajakin ke acara Lactogrow yang seru banget kayak gini ya. Pasti anak-anak happy semua, eh orang tuanya juga ikut happy 😁

    ReplyDelete
  22. Berbahagialah bunda-bunda karena dirimu adalah sumber kebahagiaan di dalam rumah. Tetap positif dan menebar aura cinta.

    ReplyDelete
  23. wah menjadi orang tua yang bahagia ternyata tak kalah penting ya dengan menjadikan anak bahagia. pokoknya semua memang harus berbahagia.

    ReplyDelete
  24. Bahagia itu memang penting buat siapa aja. Orang tua dan anak-anak. Ortu yg bahagia bisa mendidik anak dengan positif. Dan anak yang bahagia, bisa tumbuh secara optimal

    ReplyDelete
  25. Terharu banget baca ceritanya mbak, saya jg jd ikut merasa bersalah sama anak, hiks... Semoga bisa semua ibu bisa terus menularkan energi positif untuk anak-anaknya...

    ReplyDelete
  26. Selamaaat, kak...
    Dapet hadiah niih...hehhe...
    Kalau uda pergi seharian, pas pulang pasti ditanyain anak "Ma...bawa oleh-oleh apa?"

    Mama pasti bahagia banget bisa cerita dapet hadiah lomba.
    Karena Mama yang bahagia adalah pusat kebahagiaan keluarga.

    ReplyDelete
  27. Saat anak-anak masih kecil-kecil begini memang ibunya masih rempong banget ya dan berasa kurang bahagia. Tapi nanti kalo udah masuk SD, sudah terasa lebih ringan deh.

    ReplyDelete
  28. Eh itu tas di belakangnya Mba kita samaan nih hehe
    Pernah ikut juga seminar ini dan pematerinya top banget nerangin soal psikologi anak dan cinta Mama

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar dengan baik TANPA link hidup di kolom komentar. Dan cukup pakai Url blog saja ya teman-teman di ID namanya.

Part Of Author

Part Of Author
Buku Antologi Pertama & Kedua

My Voice Over Here (BTS Dubbing)

Like us on Facebook

Subscribe