Cara Gampang Cek Nomor Telkomsel

Friday, September 07, 2018

“Gimana sih cara cek no telkomsel ?", teman saya suatu hari bertanya.

Waktu itu, Pemerintah memang sudah menghimbau seluruh Pengguna telepon seluler di Indonesia untuk mendaftarkan ulang Biodata dirinya alias melakukan registrasi ulang. Saya tidak ingat persis latar belakang yang mendasari kebijakan tersebut. Yang jelas, ada pro kontra yang turut menyertainya. 

Mereka yang pro pemerintah turut mendukung demi meminimalisasi penipuan yang marak menggunakan nomor telepon. Ingat kasus “Mama minta pulsa”?, Itu hanyalah satu yang mencuat ke permukaan. Tentu banyak kasus penipuan lain. Para pendukung kebijakan ini barangkali juga pernah menjadi Korbannya.

Mereka yang berseberangan dengan pemerintah beralasan bahwa tujuan itu tidak akan efektif. Lebih jauh, mereka mempertanyakan keamanan dan kenyamanan privasi mereka karena data pribadi mereka kini juga dipegang oleh penyedia layanan komunikasi seluler. Tidak ingin kasus Facebook terjadi di Indonesia? Bisa jadi. 

Yah, namanya juga kebijakan Pemerintah. Tentu tidak bisa menyenangkan semua orang kan ya, seperti hal-nya saya, kalian, kita semua. Huuum..well..

Btw, kembali ke pertanyaan teman saya seperti diatas itu, sepertinya dia Pengguna baru Provider Telkomsel. Karena dilihat dari "kacamata" saya, Telkomsel adalah Provider yang paling banyak memiliki Pengguna di Indonesia, meskipun biaya layanannya paling “lumayan”, tapi sebagai salah satu Pengguna, so far saya pribadi merasa puas karena jarang merasakan keluhan seperti hilang signal, dll. Walau yaaa, bukannya gak pernah ya, pernah banget ngalamin, cumaaa dari pengalaman menggunakan beragam Provider, Telkomsel yang paling lama saya gunakan hingga saat ini. Dan mengenai cara untuk cek nomor Telkomsel kita apakah aman atau ada ancaman diblokir, sebagian besar Pengguna harusnya sudah tahu. But it's oke, akhirnya saya kasih tahu juga caranya ke temen saya tersebut.

Cara gampang cek nomor Telkomsel dapat dilakukan dengan cara menggunakan laman Web resmi Telkomsel. Caranya adalah sebagai berikut nih Guys :
  1. Buka web Telkomsel, lalu tambahkan “cek-prepaid” di address bar menjadi https://www.telkomsel.com/cek-prepaid. Kita bakal diarahkan ke menu cek data registrasi pelanggan prabayar.
  2. Akan ada tiga baris yang harus diisi. Pertama, baris nomor handphone. Kedua, baris Nomor Induk Kependudukan alias nomor KTP. Ketiga, baris password. Isi dua kolom teratas. 
  3. Setelah itu, klik tombol merah bertuliskan “Dapatkan Password”. Kita bakal dikirimkan SMS yang berisi password. Betul, ini adalah mekanisme 2FA alias Two Factor Authentication. Gunanya adalah sebagai konfirmasi atas klaim untuk mengakses sesuatu. Kita ingin minta akses untuk melakukan sesuatu. Lalu, kita klaim bahwa yang punya akun memang kita. Mereka lalu memastikan bahwa itu memang beneran kita menggunakan metode ini. Terobosan baru setelah era password, bisa dibilang.
  4. Masukkan password yang dikirim melalui SMS tadi ke baris ketiga, baris Password.
  5. Pastikan seluruh data sudah benar, termasuk password. 
  6. Klik “Cek Nomor Saya”.
Kalau langkah di atas tidak berhasil, bisa jadi kita terlalu lama mengisi baris password karena batas waktu pengisiannya adalah 3 menit. Kalau hal tersebut terjadi, klik lagi tombol “Dapatkan Password”, tunggu SMS dari Telkomsel, lalu ulangi langkah keempat di atas.

Sebenarnyaaa, ada langkah lain yang jauh lebih sederhana daripada langkah di atas sih. Jauh lebih simple dan tidak memerlukan kuota atau pulsa. Jadi, kalau kita sedang kehabisan kuota, tidak perlu repot beli kuota Telkomsel terlebih dahulu.

Caranya adalah dengan menekan *444#, lalu tekan OK atau call. Kode yang dimasukkan tadi akan segera mengecek ulang nomor telepon kartu Telkomsel kita.

Nah, semoga jawaban saya terhadap pertanyaan salah satu Teman saya dapat membantu kalian yang juga mempunyai pertanyaan yang sama. Silahkan dipilih cara yang kalian inginkan, atau dapat dijadikan opsi bilamana salah satunya tidak berhasil, kalian bisa pakai cara yang satunya lagi. Disesuaikan dengan situasi dan kondisinya aja. Pastikan nomor Telkomsel yang kita gunakan tidak terblokir ya Teman-teman, apalagi kalau nomor tersebut digunakan untuk komunikasi sehari-hari yang sangat penting seperti dengan Keluarga atau urusan Pekerjaan/Bisnis.

Semoga bermanfaat ya infonyaaa, see you Guys around!

You Might Also Like

8 komentar

  1. wah makasi ya mbak informasinya, sangat membantu sekali :)

    ReplyDelete
  2. dulu saya juga pernah agak susah mengecek nomor telkomsel :D

    ReplyDelete
  3. Saya agak kurang nyaman si dengan kebijakan ini

    ReplyDelete
  4. saya dulu daftarnya pakek cara tekan *444#, lalu tekan OK atau call, lebih praktis sih hehe

    ReplyDelete
  5. Informasinya sangat bermanfaat sekali :)

    ReplyDelete
  6. caranya tidak seribet yang di bayangkan ya hehe

    ReplyDelete
  7. sepertinya cara kedua menjadi pilihan saya :D

    ReplyDelete
  8. Waaaah pas banget aku kan pakai Telkomsel :) Emang sih suka gimanaa gitu pas isi pulsa cek dompet eh kurangnya banyak wkwkwk tapi sebanding dengan kualitas, kecepatan internetnya dll kece deh. Nah, asik nih dapat info dari mb Hani cara tau nomor hp Simpati kita. Kadang suka lupa karena ga ada di note hehe tq ya. Pernah cek pakai angka 4 itu sih.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar dengan baik TANPA link hidup di kolom komentar. Dan cukup pakai Url blog saja ya teman-teman di ID namanya.

Part Of Author

Part Of Author
Buku Antologi Pertama & Kedua

My Voice Over Here (BTS Dubbing)

Like us on Facebook

Subscribe