Bagaimana Nutrisi Alami Membuat Anak Kuat Dari Dalam?

Wednesday, December 06, 2017


Haaai Muuums, gak bosen-bosen sih bilang ini, "jadi seorang Mama itu berarti kita jadi murid yang belajarnya seumur hidup", gak ada cukupnya cari ilmu demi yang terbaik bagi anak. Harus pastikan anak kita gak sering-sering sakit, pencernaannya terjaga, imunnya makin lama makin kuat, dan lain sebagainya. Fuuuih, banyak ya Mums tugas dan peran kita. Tapi itu tugas yang membahagiakan kan ya.

Pelajaran-pelajaran baru biasanya kita dapat kalau anak kita sakit, selalu bikin mikir apa yang salah ya?. Pengalaman gak enak waktu anak saya (Alfath 3y9mo) pencernaannya terganggu sampai bikin dia konstipasi alias susah banget pupupnya karena keras membuat saya lebih memperhatikan lagi menu makanan dan minumannya. Saya evaluasi apakah kebutuhan seratnya Alfath kurang? Apakah nutrisinya sudah tercukupi?. Karena melihat anak kesakitan benar-benar gak enak kan ya, sedihnya luar biasa.

Kalau pencernaan terganggu, Alfath gak akan bisa seru-seruan quality time sama Papa kayak gini nih
Alfath sempat alergi susu sapi dan turunannya, selama kurang dari tiga tahun pertama usianya, memang menu makanan dan minumannya terbatas. Saya harus memastikan tidak ada alergen yang dia konsumsi, tapi setahun kebelakang saya happy banget karena Alfath sudah mulai bisa menikmati menu-menu yang lebih variatif, kecenderungannya terhadap alergi susu semakin lama semakin berkurang, walau masih PR untuk naikin berat badannya, tapi sebagai Mama tentunya saya sangat bersyukur.

Mum's Blogger Gathering With Friso
Sabtu, 2 Desember 2017 kemarin, bertempat di Kembang Kencur Pejaten Barat, kami Para Mums Blogger hadir dan bersama-sama bicara gizi dan nutrisi anak bersama Para Narasumber yang sangat kompeten di bidangnya. Dan yang pastinya ngasih kesan membekas dalam sih Mbak MC-nya ya, kocak parah, saya lagi batuk jadi makin gak berhenti batuknya karena dibikin ngakak terus, haha. Tapi Alhamdulillah ya walau fisik sedang kurang fit, psikis bahagia, yeayy.



Oke, kembali ke topik.

Hadir dr. Diana F. Suganda, MKes, SpGK yang merupakan dokter spesialis gizi, kemudian hadir juga dr. Aulia Fitri Swity, SpA, MKes yang merupakan dokter spesialis anak, juga hadir Medical Marketing Manager Friso yaitu dr. Rulli P. A..

Ketiga dokter yang hadir sepakat bahwa dimasa pertumbuhan anak, mereka memerlukan karbohidrat, protein, dan lemak. Selain itu juga memerlukan vitamin dan mineral dari bermacam-macam jenis pangan. Nah, nutrisi-nutrisi tersebut perlu dicerna dan diserap dengan sempurna oleh saluran pencernaan supaya semua manfaat dapat dirasakan oleh organ tubuh yang membutuhkan. Nutrisi yang baik adalah nutrisi yang masih dalam keadaan alami.


Mengapa Nutrisi dalam keadaan alami sangat penting?

Nutrisi dalam keadaan alami sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak-anak kita karena proses penyerapannya akan berjalan lebih baik dan sempurna. Karena itu sangat penting bagi para orangtua untuk memperhatikan menu makan dan minumnya si kecil. Pastikan semua mengandung nutrisi yang alami.


Makanan yang nutrisinya alami itu yang seperti apa sih? 

Makanan yang nutrisinya alami adalah makanan yang nutrisinya masih utuh terjaga, hal itu dapat dilihat dari proses pengolahannya. Seperti masak sayur yang gak boleh terlalu matang karena nutrisinya akan banyak yang hilang. Tapi, berbeda dengan sayur,  saat kita masak daging, justru harus lama dan matang supaya semua bakteri-bakteri yang ada didalamnya mati.

Untuk makanan atau minuman yang siap saji, kita sebaiknya cek dulu informasi nilai gizi produknya, apakah masih mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh anak kita atau malah sebaliknya.



Kenapa kita harus menjada sistem pencernaan?

Menurut dr. Aulia, itu karena peranannya sangat penting. Sistem pencernaan manusia itu merupakan penghubung antara tubuh dengan dunia luar, itu karena sistem pencernaan mengolah dan menyerap berbagai makanan dan minuman dari luar tubuh dan menggunakannya untuk memastikan tubuh bekerja.

Itulah alasan mengapa kita (terutama anak-anak kita) harus mengkonsumsi makanan dan minuman dengan nutrisi yang alami, supaya sistem pencernaan dapat menyerapnya lebih mudah. Itu juga akan meminimalisir terjadinya masalah pencernaan.


Cegah masalah pencernaan untuk tumbuh kembang anak secara optimal
Masalah pencernaan memang gak boleh dianggap sepele, karena itu bisa mengganggu tumbuh kembangnya anak, juga bisa menghambat anak mencapai kemampuan optimalnya yang tentunya sesuai dengan potensi genetik si anak.

Beberapa penyakit yang sering dialami anak seperti sembelit atau diare, itu adalah bukti terjadinya gangguan kerja sistem pencernaan yang gak boleh kita abaikan.


Saat anak sakit, seperti saat kena gangguan di sistem pencernaannya, biasanya mereka jadi terlihat kurang semangat, mood berantakan, malah jadi banyak diam karena gak nyaman padahal biasanya mereka sangat aktif, lari kesana kemari gak mau diam. Sedih deh lihatnya. Hal itu jadi salah satu bukti betapa pentingnya asupan yang bantu anak kuat dari dalam.

Untuk memenuhi kebutuhan Nutrisi anak, selain dari menu empat bintang yang terdiri dari karbohidrat, protein hewani, protein nabati, dan sayur. Untuk anak yang sudah lepas ASI, tidak ada salahnya ditambah susu di menu hariannya yang tentunya juga harus yang bernutrisi alami.


Hal diatas sepertinya yang menjadi acuan penting FrieslandCampina yang ingin membantu anak-anak menjadi kuat dari dalam di masa tumbuh kembang mereka. Perusahaan yang menjadi penghasil susu terbesar du dunia ini menghadirkan produk susu premium Friso dengan berbagai keunggulannya.

Sempat dijelaskan oleh dr. Rulli bahwa Friso diolah dengan menerapkan konsep Nature Science yang artinya seluruh proses produksinya yang dimulai dari pemilihan pakan ternak untuk sapi hingga pemrosesan akhir produk, dilakukan sendiri oleh FrieslandCampina.


Di dalam konsep tersebut, diterapkan metode one single process yang mengolah bahan baku susu segar  hingga jadi produk Friso dengan satu kali pemanasan saja. Proses tersebutlah yang memastikan susu tidak diproses dengan pemanasan berlebih, dan itu yang membuat nutrisi alami yang dikandungnya tetap terjaga. Friso juga direkomendasikan oleh HCP di 6 Negara di Asia sebagai solusi untuk anak yang bermasalah dengan pencernaan.

Keunggulan lainnya dari Friso adalah karena dia diproduksi dengan teknologi Locknutri yang dapat menjaga kualitas protein dalam susu lebih mudah dicerna dan diserap oleh anak. Friso juga difortifikasi dengan berbagai vitamin dan mineral yang menjadikannya sebagai susu pertumbuhan yang dapat memenuhi kebutuhan si kecil.


Friso sangat berharap dengan semua keistimewaan teknologi dan proses produksinya, dapat membantu anak-anak tumbuh kuat dari dalam, sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

Nah Mums, tentu itu jadi harapan kita bersama ya, kalau anak sehat tanpa terganggu masalah pencernaan, nutrisi alaminya terpenuhi, tumbuh kembangnya pun tanpa hambatan berarti, sudah pasti anak dapat beraktifitas dan berkreativitas lebih leluasa lagi, lebih seru, dan itu artinya mereka akan mendapatkan pelajaran positif lebih banyak dari pengalaman-pengalaman yang mereka dapatkan.

Adakah yang selama ini anaknya minum Friso Mums, gimana kesan-kesannya? Saya baru mau beli Friso buat Alfath nih Mums soalnya. Kemarin saya cicip rasanya enak banget. Sharing yuuuk!

Let's make our Kids be strong from the inside.

#NutrisiDalamKeadaanAlami
 #Friso #NutrisiAlami #AnakKuatDariDalam
 #KuatDariDalam


You Might Also Like

60 komentar

  1. Ahaha, aku juga nyicip friso, rasanya enak. Kita yg dewasa aja suka yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. pantesan aja anak2 suka ya, harus rajin nabung supaya beliin Friso buat Bocil nih, haha

      Delete
  2. Berapa ya harga Friso, kayanya bagus banget nih buat tumbuh kembang anak-anak krn proses produksinya diperhatikan banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemarin aku beli yang 400gr harganya Rp. 102.000 Mba, tapi kayaknya ada beberapa Supermarket yang harganya beda, biasanya gak beda jauh

      Delete
  3. yang lagi pegang susu Friso cantik banget :)

    ReplyDelete
  4. Masalahan pencernaan, PR banged buat kita sebagai orangtua ya Mba. Salah2 pengolahan dan memilih bahan makanan bisa berakibat fatal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget Mba, hal yang menurut kita simple ternyata tetap harus sesuai "ilmu"nya ya.

      Delete
  5. mules ataupun sembelit ternyata bisa membawa dampak segini besar yaa buat tumbuh kembang anak.

    ReplyDelete
  6. waahh harus lebih aware dengan asupan alula nih.. ternyata asupan yg masuk ngaruh banget ke pertumbuhannya.. tfs mba :)

    ReplyDelete
  7. Ember, jadi mamak emang pembelajaraan tiada akhir. Apalagi buat ngurusin keluarga dan anak.

    ReplyDelete
  8. Cara memasak yang baik akan membuat nutrisi dalam makanan terjaga, minum Friso juga mengimbangi gizi dan nutrisi buat anak.

    ReplyDelete
  9. Pengolahan bahan makanan perlu kita perhatikan dgn teliti yaa mba

    ReplyDelete
  10. belum nyoba Friso mbaaa...care dengan pemberian nutrisi jg tanggung jawab seorang ibu ya, tfs mba Hani

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama Mbaaa. Iya Mba bikin kita harus banyak belajar ya sebagai Ibu, semangaaat :))

      Delete
  11. setujuu rasanya friso enaaakk bangeet, saya kmrn juga nyobain..

    ReplyDelete
  12. Baca ini aku jadi pengen beliin friso buat anakku deh...semoga ada di minimarket dekat rumah...

    ReplyDelete
  13. mba aku masih bingung soal sufor ini, pengen coba buat si kecil tapi masih ragu... makasi informasinya soal Friso ini, buat nambah referensi jadinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku puuuun, termasuk yang banyak nanya kalau tentang Sufor, anakku gak kenal susu lain selain ASI sampai usia hampir 3 tahun, masa sapihnya lebih lama waktu itu.

      Setelah itu baru kenal UHT dan kawan2 tapi memang gak diwajibkam harus minum susu. Dipastikan aja nutrisi dari asupan lainnya tercukupi.

      Semangat ya Mbaa, kita belajar sama-sama :*

      Delete
  14. Dulu anakku yang nomor 1 dan 3 alergi susu dan turunannya. Alhamdulillah sekarang sih enggak. Tapi saat bayi, kalau tau materi ini mungkin saya ga bakalan segalau dulu hehe

    Makasih sharingnya mama Hani ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaaah, iya ya Mba ternyata kalau tau ilmunya, semua bisa dihadapi lebih tenang dan terkendali.

      Bersyukur sekarang banyak media sebagai tempat belajar ya :))

      Sehat2 Mba Sri dan Krucils :*

      Delete
  15. Pasti repot ya kalau anak punya alergi susu dan turunannya? Syukurnya anak-anakku masih baik-baik saja soal susu, semua rasa dan merek doyan. Semoga juga bisa menguatkan pencernaannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Repot sih ngga, justru jadi tantangan buat Mamanya belajar lebih banyak soal Nutrisi, harus tahu sumber makanan lain yang bisa memenuhi kalsium atau manfaat lain yang biasanya didapatkan dari Susu. :))

      Amiiin, sehat2 ya Mba dan Krucils :*

      Delete
  16. Friso,susu kesukaan kakak alfath..kalau kata alfath susu buat main drum..hehe

    ReplyDelete
  17. Memang penting banget tuh mba menjaga pencernaan anak karena tumbuh kembang anak sangat dipengaruhi dengan asupan makanan yang dikonsumsi

    ReplyDelete
  18. Susu memang baik bukan hanya buat anak kecil tapi orang dewasa pun. Kandungan gizi di dalamnya menjadi tambahan makanan, saya kadang kalau susah tidur mending minum susu dulu :D

    Saya jadi berpikir, sekaleng Friso ini berapaan :D

    ReplyDelete
  19. Alfath mah udah gemes banget yah, jadi sapinya harus dikasih makan yang baik juga yah jadi susunya juga bagus kualitasnya

    ReplyDelete
  20. Baru tahu ada Friso, dan setuju banget Mbak. Pencernaan anak itu tak bisa disepelekan karena repot kalo dah sakit. Bisa nih cobain Friso buat anak-anak biar sehat alami kan. Punya peternakan sendiri dan prosesnya diawasi sendiri, keren!

    ReplyDelete
  21. Baca artikelnya jadi pengen beli Friso aja buat anak,
    tapi mau cek harga dulu...heheh

    ReplyDelete
  22. Alhamdulillah ya dapat banyak ilmu dgn datang ke acara ini. Coba dulu waktu anak masih bayi hehe

    ReplyDelete
  23. Friso ok bgt ya dengan locknutri dan single process nya

    ReplyDelete
  24. baru tau ternyata friso itu dibuat dgn locknutri mba , TFS ya

    ReplyDelete
  25. susu yang aman buat penceranaan selalu jadi pilihan saya dan istri. Apalagi yang gizinya bagus buat anak. Pasti langsung pilih deh.

    ReplyDelete
  26. Ade lagi komplen aja nih di rumah, mba. Secara aku masaknya ayam lagi ayam lagi. :D

    ReplyDelete
  27. Kebetulan lagi nyari susu yang bagus buat anak. Memang penting memilih susu yang membantu pencernaan anak ya mba.Selama ini milih gak pertimbangannya gak sampai kesitu hehe

    ReplyDelete
  28. Wah, bagus nih Friso..konsen tidak hanya ke nutrisi alami tapi juga diproduksi dengan tekonologi Locknutri..
    Sayang anakku udah besar mbak, tapi bisa nih direkomendasikan untuk ponakan...
    Nice sharing:)

    ReplyDelete
  29. Aku juga suka nih iseng makanin bubuk friso punya ponakan. Abis enak hehe.

    Friso dengan harga segitu yang mengandung banyak nutrisi natural sih wajar banget. Buat anak, gak boleh yang setengah2.

    ReplyDelete
  30. Wah, nice informasi Mba. Bisa direkomendasikan kepada yang lain nih.

    ReplyDelete
  31. Kalau aku sih memperbanyak sumber makanan alami aja, artinya cukup sayur, buah-buahan dan ikan. Soalnya nggak semua anakku mau susu sih. Mungkin karena sejak bayi full asi ya? Apapun pilihannya yang penting kita memberikan yang terbaik buat anak-anak

    ReplyDelete
  32. Thanks sharing ilmunya mbak. Jadi nambah pengetahuan banget nih bagi calon ibu kayak saya, hehe. Ya, anak2 memang butuh asupan nutrisi yang alami.

    ReplyDelete
  33. Catet neh ilmunya penting banget. Dimasa tumbuh kembang anak masih perlu nutrisi alami ya.

    ReplyDelete
  34. Nutrisi alami memang yang terbaik ya mbak, teknologi locknutri itu emang bagus banget jadi kandungan gizinya tetap maksimal :D

    ReplyDelete
  35. Ooihhh ternyata Nature Science ini adalah konsep yang digunakan oleh susu Friso. Pemilihan ternak sapi dll disempurnakan dg konsep.ini jafi kita ga perlu ragu akan kualitas susu anak2. Susus sebagai pelengkap karbohidrat, protein nabati dan hewani, sayur dan buah...kayaknya mesti nih minum susus Friso ��

    ReplyDelete
  36. Kuncinya gizi seimbang ya teh sbg ortu hrs konsen bngt u.tumbuh kembang anak, di tambanh susu friso yg kandungan giziny lengkao

    ReplyDelete
  37. Gizi emang penting banget buat pertumbuhan anak yaaa, apalagi di usia se aktif Al Fath.

    ReplyDelete
  38. Aku belum pernah nyobain Friso nih buat anak-anak. Kalau iklannya suka lihat di tivi dan suka banget sama konsepnya. Macam nonton trailer film aja kalau lihat iklan Friso. Tapi karena itu juga jadi ragu-ragu mau cobain, taku harganya mahal tak terjangkau dompetkuuuuu....

    ReplyDelete
  39. Alfath sudah besar banget ya.... kangen euy :)

    Thanks infonya soal Friso yaaa

    ReplyDelete
  40. Sharingnya bermanfaat banget nh mbak. Kebetulan ponakanku alergi susu sapi dan susah sekali makannya. Nanti mamanya tak suruh baca post ini aah

    ReplyDelete
  41. wah info tambahan ini ttg Friso, buat masukanku tar, krn anakku baru 6 bulan mbak, masi belajar maem, hehe :)

    Btw, salam kenal. Boleh mampir ke postinganku mbak, ada info lomba Destinasi Wisata Jember, kali mau ikutan s.d 25 Juli masihan^^

    ReplyDelete
  42. Usually, I never comment on blogs but your article is so convincing that I never stop myself to say something about it. You’re doing a great job Man. Best article I have ever read

    Keep it up!

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar dengan baik TANPA link hidup di kolom komentar. Dan cukup pakai Url blog saja ya teman-teman di ID namanya.

Part Of Author

Part Of Author
Buku Antologi Pertama & Kedua

My Voice Over Here (BTS Dubbing)

Like us on Facebook

Subscribe