Bagaimana Nutrisi Alami Membuat Anak Kuat Dari Dalam?

Wednesday, December 06, 2017


Haaai Muuums, gak bosen-bosen sih bilang ini, "jadi seorang Mama itu berarti kita jadi murid yang belajarnya seumur hidup", gak ada cukupnya cari ilmu demi yang terbaik bagi anak. Harus pastikan anak kita gak sering-sering sakit, pencernaannya terjaga, imunnya makin lama makin kuat, dan lain sebagainya. Fuuuih, banyak ya Mums tugas dan peran kita. Tapi itu tugas yang membahagiakan kan ya.

Pelajaran-pelajaran baru biasanya kita dapat kalau anak kita sakit, selalu bikin mikir apa yang salah ya?. Pengalaman gak enak waktu anak saya (Alfath 3y9mo) pencernaannya terganggu sampai bikin dia konstipasi alias susah banget pupupnya karena keras membuat saya lebih memperhatikan lagi menu makanan dan minumannya. Saya evaluasi apakah kebutuhan seratnya Alfath kurang? Apakah nutrisinya sudah tercukupi?. Karena melihat anak kesakitan benar-benar gak enak kan ya, sedihnya luar biasa.

Kalau pencernaan terganggu, Alfath gak akan bisa seru-seruan quality time sama Papa kayak gini nih
Alfath sempat alergi susu sapi dan turunannya, selama kurang dari tiga tahun pertama usianya, memang menu makanan dan minumannya terbatas. Saya harus memastikan tidak ada alergen yang dia konsumsi, tapi setahun kebelakang saya happy banget karena Alfath sudah mulai bisa menikmati menu-menu yang lebih variatif, kecenderungannya terhadap alergi susu semakin lama semakin berkurang, walau masih PR untuk naikin berat badannya, tapi sebagai Mama tentunya saya sangat bersyukur.

Mum's Blogger Gathering With Friso
Sabtu, 2 Desember 2017 kemarin, bertempat di Kembang Kencur Pejaten Barat, kami Para Mums Blogger hadir dan bersama-sama bicara gizi dan nutrisi anak bersama Para Narasumber yang sangat kompeten di bidangnya. Dan yang pastinya ngasih kesan membekas dalam sih Mbak MC-nya ya, kocak parah, saya lagi batuk jadi makin gak berhenti batuknya karena dibikin ngakak terus, haha. Tapi Alhamdulillah ya walau fisik sedang kurang fit, psikis bahagia, yeayy.



Oke, kembali ke topik.

Hadir dr. Diana F. Suganda, MKes, SpGK yang merupakan dokter spesialis gizi, kemudian hadir juga dr. Aulia Fitri Swity, SpA, MKes yang merupakan dokter spesialis anak, juga hadir Medical Marketing Manager Friso yaitu dr. Rulli P. A..

Ketiga dokter yang hadir sepakat bahwa dimasa pertumbuhan anak, mereka memerlukan karbohidrat, protein, dan lemak. Selain itu juga memerlukan vitamin dan mineral dari bermacam-macam jenis pangan. Nah, nutrisi-nutrisi tersebut perlu dicerna dan diserap dengan sempurna oleh saluran pencernaan supaya semua manfaat dapat dirasakan oleh organ tubuh yang membutuhkan. Nutrisi yang baik adalah nutrisi yang masih dalam keadaan alami.


Mengapa Nutrisi dalam keadaan alami sangat penting?

Nutrisi dalam keadaan alami sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak-anak kita karena proses penyerapannya akan berjalan lebih baik dan sempurna. Karena itu sangat penting bagi para orangtua untuk memperhatikan menu makan dan minumnya si kecil. Pastikan semua mengandung nutrisi yang alami.


Makanan yang nutrisinya alami itu yang seperti apa sih? 

Makanan yang nutrisinya alami adalah makanan yang nutrisinya masih utuh terjaga, hal itu dapat dilihat dari proses pengolahannya. Seperti masak sayur yang gak boleh terlalu matang karena nutrisinya akan banyak yang hilang. Tapi, berbeda dengan sayur,  saat kita masak daging, justru harus lama dan matang supaya semua bakteri-bakteri yang ada didalamnya mati.

Untuk makanan atau minuman yang siap saji, kita sebaiknya cek dulu informasi nilai gizi produknya, apakah masih mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh anak kita atau malah sebaliknya.



Kenapa kita harus menjada sistem pencernaan?

Menurut dr. Aulia, itu karena peranannya sangat penting. Sistem pencernaan manusia itu merupakan penghubung antara tubuh dengan dunia luar, itu karena sistem pencernaan mengolah dan menyerap berbagai makanan dan minuman dari luar tubuh dan menggunakannya untuk memastikan tubuh bekerja.

Itulah alasan mengapa kita (terutama anak-anak kita) harus mengkonsumsi makanan dan minuman dengan nutrisi yang alami, supaya sistem pencernaan dapat menyerapnya lebih mudah. Itu juga akan meminimalisir terjadinya masalah pencernaan.


Cegah masalah pencernaan untuk tumbuh kembang anak secara optimal
Masalah pencernaan memang gak boleh dianggap sepele, karena itu bisa mengganggu tumbuh kembangnya anak, juga bisa menghambat anak mencapai kemampuan optimalnya yang tentunya sesuai dengan potensi genetik si anak.

Beberapa penyakit yang sering dialami anak seperti sembelit atau diare, itu adalah bukti terjadinya gangguan kerja sistem pencernaan yang gak boleh kita abaikan.


Saat anak sakit, seperti saat kena gangguan di sistem pencernaannya, biasanya mereka jadi terlihat kurang semangat, mood berantakan, malah jadi banyak diam karena gak nyaman padahal biasanya mereka sangat aktif, lari kesana kemari gak mau diam. Sedih deh lihatnya. Hal itu jadi salah satu bukti betapa pentingnya asupan yang bantu anak kuat dari dalam.

Untuk memenuhi kebutuhan Nutrisi anak, selain dari menu empat bintang yang terdiri dari karbohidrat, protein hewani, protein nabati, dan sayur. Untuk anak yang sudah lepas ASI, tidak ada salahnya ditambah susu di menu hariannya yang tentunya juga harus yang bernutrisi alami.


Hal diatas sepertinya yang menjadi acuan penting FrieslandCampina yang ingin membantu anak-anak menjadi kuat dari dalam di masa tumbuh kembang mereka. Perusahaan yang menjadi penghasil susu terbesar du dunia ini menghadirkan produk susu premium Friso dengan berbagai keunggulannya.

Sempat dijelaskan oleh dr. Rulli bahwa Friso diolah dengan menerapkan konsep Nature Science yang artinya seluruh proses produksinya yang dimulai dari pemilihan pakan ternak untuk sapi hingga pemrosesan akhir produk, dilakukan sendiri oleh FrieslandCampina.


Di dalam konsep tersebut, diterapkan metode one single process yang mengolah bahan baku susu segar  hingga jadi produk Friso dengan satu kali pemanasan saja. Proses tersebutlah yang memastikan susu tidak diproses dengan pemanasan berlebih, dan itu yang membuat nutrisi alami yang dikandungnya tetap terjaga. Friso juga direkomendasikan oleh HCP di 6 Negara di Asia sebagai solusi untuk anak yang bermasalah dengan pencernaan.

Keunggulan lainnya dari Friso adalah karena dia diproduksi dengan teknologi Locknutri yang dapat menjaga kualitas protein dalam susu lebih mudah dicerna dan diserap oleh anak. Friso juga difortifikasi dengan berbagai vitamin dan mineral yang menjadikannya sebagai susu pertumbuhan yang dapat memenuhi kebutuhan si kecil.


Friso sangat berharap dengan semua keistimewaan teknologi dan proses produksinya, dapat membantu anak-anak tumbuh kuat dari dalam, sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

Nah Mums, tentu itu jadi harapan kita bersama ya, kalau anak sehat tanpa terganggu masalah pencernaan, nutrisi alaminya terpenuhi, tumbuh kembangnya pun tanpa hambatan berarti, sudah pasti anak dapat beraktifitas dan berkreativitas lebih leluasa lagi, lebih seru, dan itu artinya mereka akan mendapatkan pelajaran positif lebih banyak dari pengalaman-pengalaman yang mereka dapatkan.

Adakah yang selama ini anaknya minum Friso Mums, gimana kesan-kesannya? Saya baru mau beli Friso buat Alfath nih Mums soalnya. Kemarin saya cicip rasanya enak banget. Sharing yuuuk!

Let's make our Kids be strong from the inside.

#NutrisiDalamKeadaanAlami
 #Friso #NutrisiAlami #AnakKuatDariDalam
 #KuatDariDalam


You Might Also Like

15 komentar

  1. Ahaha, aku juga nyicip friso, rasanya enak. Kita yg dewasa aja suka yaaa

    ReplyDelete
  2. Berapa ya harga Friso, kayanya bagus banget nih buat tumbuh kembang anak-anak krn proses produksinya diperhatikan banget

    ReplyDelete
  3. yang lagi pegang susu Friso cantik banget :)

    ReplyDelete
  4. Masalahan pencernaan, PR banged buat kita sebagai orangtua ya Mba. Salah2 pengolahan dan memilih bahan makanan bisa berakibat fatal.

    ReplyDelete
  5. Hahaha kok sama, suka juga rasa Friso, trus mau coba beli juga nih buat anak2 :D
    Biar emaknya bisa modus nyicip #eh :P

    ReplyDelete
  6. mules ataupun sembelit ternyata bisa membawa dampak segini besar yaa buat tumbuh kembang anak.

    ReplyDelete
  7. waahh harus lebih aware dengan asupan alula nih.. ternyata asupan yg masuk ngaruh banget ke pertumbuhannya.. tfs mba :)

    ReplyDelete
  8. Ember, jadi mamak emang pembelajaraan tiada akhir. Apalagi buat ngurusin keluarga dan anak.

    ReplyDelete
  9. Cara memasak yang baik akan membuat nutrisi dalam makanan terjaga, minum Friso juga mengimbangi gizi dan nutrisi buat anak.

    ReplyDelete
  10. Pengolahan bahan makanan perlu kita perhatikan dgn teliti yaa mba

    ReplyDelete
  11. belum nyoba Friso mbaaa...care dengan pemberian nutrisi jg tanggung jawab seorang ibu ya, tfs mba Hani

    ReplyDelete
  12. setujuu rasanya friso enaaakk bangeet, saya kmrn juga nyobain..

    ReplyDelete
  13. Baca ini aku jadi pengen beliin friso buat anakku deh...semoga ada di minimarket dekat rumah...

    ReplyDelete
  14. mba aku masih bingung soal sufor ini, pengen coba buat si kecil tapi masih ragu... makasi informasinya soal Friso ini, buat nambah referensi jadinya.

    ReplyDelete
  15. Dulu anakku yang nomor 1 dan 3 alergi susu dan turunannya. Alhamdulillah sekarang sih enggak. Tapi saat bayi, kalau tau materi ini mungkin saya ga bakalan segalau dulu hehe

    Makasih sharingnya mama Hani ��

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar dengan baik TANPA link hidup di kolom komentar. Dan cukup pakai Url blog saja ya teman-teman di ID namanya.

Part Of Author

Part Of Author
Buku Antologi Pertama & Kedua

My Voice Over Here

Like us on Facebook

Subscribe