Aplikasi RHB TradeSmart With ARO Hadir Untuk Investor Saham Pemula dan Berpengalaman

Saturday, October 14, 2017

Haaaai, udah lama gak bicara finansial terutama mengenai saham, gapapa ya kali ini agak "berat" bahasannya, gak berat-berat gimana sih cuma kan biasanya orang pada males duluan kalau ngomongin tentang investasi terutama saham.

Btw memangnya saya ngerti tentang saham? haha, yaaa ngerti dikit-dikit sih, karena itu perlu sekali untuk saya mengulang apa yang selama ini saya ketahui mengenai saham supaya gak ilang pengetahuannya yang seuprit ini dan supaya semakin lama semakin mengerti.

Beberapa kali saya pernah menulis mengenai Bursa Efek di Blog ini, lebih ke apa yang menjadi pengalaman saya dan suami yang "coba-coba" inves saham walau hanya sedikit, beberapa lot saja. Dan kalau ngomongin tentang Investasi jangka panjang, saham ini sangatlah menarik.


Di tulisan sebelumnya, saya sempat menyinggung kalau membeli kendaraan atau merenovasi rumah memang termasuk berinvestasi, tapi itu adalah investasi jangka pendek. Sedangkan investasi jangka panjang bisa dilakukan di Properti (Seperti membeli rumah), logam mulia, menjalankan bisnis, ataupun membeli surat berharga yang diperjual belikan di pasar modal, contohnya saham, reksadana, obligasi, dan sukuk (obligasi syari'ah) yang kesemuanya biasa disebut “efek”.

Apa itu Efek? menurut Wikipedia, Efek atau dalam istilah bahasa Inggris disebut Security adalah suatu surat berharga yang bernilai serta dapat diperdagangkan. Efek dapat dikategorikan sebagai hutang dan ekuitas seperti obligasi dan saham. Sedangkan Perusahaan atapun lembaga yang menerbitkan efek disebut penerbit.

Doc : Liswanti Pertiwi
Nah, di Indonesia ini, masih banyak Masyarakat yang mungkin masih takut untuk berinvestasi atau nabung saham, saya rasa sih karena banyak yang masih belum mengerti cara kerjanya, dan sebagian besar lainnya masih takut "depresi" dan ketakutan akan mengalami kerugian yang signifikan. Jujur, saya dan suami pun menjadi bagian dari yang "paranoid" itu, tetapi kami yang awam ini masih mempunyai keinginan untuk mencari tahu dan mempelajari walau harus pelan-pelan sekali.

Dan ternyata, menurut data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukan bahwa tingkat literasi masyarakat Indonesia akan pasar modal serta tingkat utilitas produk pasar masih sangat rendah dibandingan dengan negara lainnya di Asia. Selain itu, data BEI saat ini memperlihatkan investor pasar modal yang aktif di Indonesia hanya berjumlah sekitar 600.000 SID, jumlah tersebut sangat minim dibandingkan jumlah penduduk Indonesia.


Padahal, peluang terhadap pertumbuhan Industri pasar modal di Indonesia sangat besar, mengingat besarnya populasi di Indonesia serta banyaknya jumlah Emiten yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Hal tersebutlah yang akhirnya mendorong BEI untuk menggerakkan kampanye "Yuk Nabung Saham" supaya Masyarakat mulai mengenal dan berinvestasi di pasar modal secara rutin.

Ternyata, siapapun memang bisa berinvestasi saham, baik pekerja kantoran, wiraswasta, atau bahkan Ibu Rumah Tangga sekalipun. Karena saya pernah di posisi yang tidak bekerja kantoran, saya menikmati kegiatan saya di rumah bersama anak, dan saya tetap bisa sambil investasi saham. Yang saya rasakan saat itu, cukup amaze sih ya dengan cara kerjanya, karena gak harus sering keluar rumah, nggak dibatasi jam kerja pula, dan yang pasti sih bisa nentuin sendiri mau investasi di bidang apa. Kerennya lagi, saya tetap bisa mantau indeks sambil ngelakuin kerjaan rumah. Kecanggihan teknologi memudahkan banyak hal dalam kehidupan sehari-hari.

Saat itu, saya membeli saham dari Perusahaan yang produk-produknya selalu saya pakai di keseharian keluarga saya, saat pertama membeli beberapa lot, saya merasa bangga karena bisa menjadi "Pemilik" dari Perusahaan tersebut. Waktu itu, sebagai Ibu Rumah Tangga tingkat percaya diri saya bertambah, "yess, gini-gini eike Pemilik Perusahaan ternama nih", haha.

Doc : Liswanti Pertiwi
Untuk informasi-informasi seperti bagaimana kondisi pasar saat itu, dan lain-lain saya dapat via email, jadi ada newsletter yang hampir setiap minggu saya terima, isinya panjang lebar tapi jujur aja saya masih suka bingung, puyeng dengan istilah-istilah yang ada disana. Walaupun isi newsletter seringkali membuat saya males duluan buat baca, tapi sesekali saya sempatkan baca dan pelajari, karena kalau ngga, saya akan semakin ketinggalan info dan itu justru akan merugikan, apalagi di aplikasi Sekuritas yang saya ikuti agak kurang lengkap info-infonya, kurang memudahkan Pemula seperti saya. Ohya, beberapa hal yang saya pelajari selama ini akan saya share disini juga ya, siapa tahu bermanfaat.

Hadirnya Aplikasi RHB TradeSmart with ARO
Selasa 10 Oktober 2017, PT RHB Sekuritas Indonesia (RHB Sekuritas) resmi meluncurkan aplikasi terbaru mereka yaitu RHB TradeSmart with ARO. Aplikasi ini dapat memberikan akses kepada Masyarakat Indonesia atas rekomendasi saham secara mudah, cepat dan cerdas, dimana saja dan kapan saja, dengan adanya fitur ARO (Assisted Robo Optimization). Ini merupakan kabar gembira bagi Para Investor Saham,  baik Pemula atau berpengalaman.


Fitur ARO ini sengaja dihadirkan untuk membantu Investor dan Trader untuk mengambil keputusan dalam transaksi sahamnya secara real time. Peluncuran RHB TradeSmart with ARO ini juga bagian dari komitmen RHB Sekuritas untuk membantu BEI meningkatkat literasi mengenai pasar modal.

Acara dibuka oleh Bapak Alpino Kianjaya selaku Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa, dilanjutkan oleh Presiden Direktur PT RHB Sekuritas Indonesia, Bapak Chan Kong Ming, yang menyampaikan bahwa mereka menghadirkan RHB TradeSmart with ARO ini untuk memudahkan masyarakat yang ingin berinvestasi saham. ARO adalah fitur dalam aplikasi yang memberikan analisis teknis dan strategi investasi secara real time.


Bapak Chan Kong Min juga mengatakan bahwa bagi para Investor Pemula seperti saya, ARO bisa menjadi fitur pembelajaran dan analisis atas saham tertentu. Dan bagi para Investor berpengalaman, ARO dapat menjadi panduan lanjutan atas Investasi saham mereka.

Jadi, kita sebagai pemula tidak akan dibeda-bedakan dengan para Investor yang sudah berpengalaman, kita akan mendapatakan notifikasi yang sama, pada saat yang sama. Dan hal tersebut tentunya bisa ngasih kesempatan yang merata kan pastinya bagi setiap orang untuk mendapatkan keuntungan atas momentum investasi yang menarik secara real time.



Wah, kok menarik?.

Ternyata gak cuma itu aja kemudahan yang bisa kita dapatkan dari fitur ARO ini. Dia juga mempunyai opsi layanan lain seperti ARO Signal, ARO Library juga ada real time notification yang kesemuanya dihadirkan untuk mengoptimalkan hasil transaksi saham yang dilakukan Investor.

ARO Signal berfungsi untuk menginformasikan saham apa saja yang menarik untuk dibeli atau di jual sesuai kondisi pasar. Ini nih yang saya butuhkan selama ini, ada yang mengarahkan dalam bertransaksi saham.

Kemudian, dalam ARO Library terdapat indikator dan parameter tambahan tentang saham-saham pilihan yang juga bisa membantu kita mengambil keputusan saat bertransaksi, dan tentu saja terdapat real time notification yang akan memastikan setiap Investor mendapat informasi saat itu juga.

Tapi ngomong-ngomong soal Pasar, apa sih yang dimaksud "pasar" disini?, sebagai pemula, ada baiknya kita mengetahui dan mengenal arti pasar beserta jenis-jenisnya.


Definisi Pasar sendiri adalah mekanisme trasaksi jual beli suatu barang atau jasa antara pembeli dan penjual. Sementara, pasar keuangan adalah mekanisme transaksi  jual beli produk keuangan antara penjual dan pembeli, baik secara individu, korporasi dan pemerintah. Pasar modal adalah mekanisme transaksi jual beli efek antara penjual dan pembeli baik secara individu, korporasi dan pemerintah. Pasar perdana adalah transaksi jual beli efek antara penerbit Efek (emiten) dengan Investor. Dan Pasar sekunder adalah transaksi jual beli Efek antara Investor jual dengan Investor beli.

Lalu sebenarnya apa manfaat dari keberadaan Pasar Modal?
Dilihat secara sederhana, pasar modal itu semacam kesempatan bagi Masyarakat luas untuk memiliki Perusahaan yang sudah go public, jadi ajang investasi juga buat kita. Sama hal-nya seperti pasar pada umumnya yang kita tahu, yaitu sebagai tempat jual beli, nah bedanya disini kita belanja dan jualan saham, seperti ituuu. 


Pasar modal ini mempunyai banyak fungsi bagi Negara juga, sangat besar malah fungsinya bagi perekonomian suatu Negara karena dia menjalankan dua fungsi sekaligus, yaitu fungsi ekonomi, karena pasar menyediakan fasilitas atau wahana yag mempertemukan dua kepentingan yaitu pihak yang memiliki kelebihan dana (investor) dan pihak yang memerlukan dana (issuer). Kedua, adalah fungsi keuangan, karena pasar modal memberikan kemungkinan dan kesempatan memperoleh imbalan (return) bagi pemilik dana, sesuai dengan karakteristik investasi yang dipilih.

Sekilas Mengenal PT RHB Sekuritas Indonesia
PT RHB Sekuritas Indonesia (RHB Sekuritas) merupakan bagian dari RHB Banking Group yang merupakan salah satu grup layanan terintegrasi terbesar di Malaysia yang hadir di 9 Negara ASEAN serta Hongkong dan China.

Di Indonesia sendiri, RHB Sekuritas memiliki 20 kantor yang tersebar di berbagai Kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, dll. RHB Sekuritas mengandalkan layanan berbasis teknologi untuk memastikan layanan terbaik untuk setiap Investor.

Doc : Arisman
Mengapa Berinvestasi Saham?
Anggap saja saat kita investasi saham, kita sedang membeli sepotong "kue perusahaan". Kita bisa menjadi pemilik dari Perusahaan tersebut dan kita berhak atas deviden atau pembagian keuntungan. Dan Deviden tersebut akan kita dapat setelah mendapatkan persetujuan dari pemegang saham dalam RUPS.

Selain itu, kita bisa mendapatkan capital gain, atau selisih antara harga beli dan harga jual yang terbentuk dengan adanya aktivitas perdagangan saham. Sama lah ya prinsip dasarnya seperti kita melakukan transaksi jual beli pada umumnya.

Doc : Liswanti Pertiwi
Yang harus diperhatikan saat berinvestasi saham
Saham merupakan bukti penyertaan atau kepemilikan dalam suatu perusahaan yang memberikan hasil investasi bersifat variable tergantung dari kemampuan investor dalam mengelolanya
Karakteristik yuridis bagi pemegang saham:
  • Limited Risk (pemegang saham hanya bertanggung jawab terhadap sejumlah dana yang disetorkan dalam perusahaan).
  • Ultimate Control (pemegang saham, secara kolektif, akan menentukan arah dan tujuan perusahaan)
  • Residual Claim (sebagai pihak terakhir yang memperoleh pembagian hasil usaha perusahaan dan sisa asset dalam proses likuidasi perusahaan, setelah kreditur)
Selain itu, perhatikan 8 Langkah Investasi Di Pasar Modal yang harus kita lakukan, yaitu :
  1. Memahami tujuan kita berinvestasi. Apakah untuk pendidikan, dana pensiun, atau lainnya. Apakah untuk jangka pendek, menengah atau panjang?
  2. Kenali profil resiko. Risk Averter, Moderate, Risk taker.
  3. Pelajari alternative investasi. Saham, obligasi, sukuk, reksa dana. 
  4.  Pahami tingkat risiko produk investasi
  5. Tentukan batas investasi
  6. Tentukan strategi investasi
  7. Manfaatkan jasa professional (apabila diperlukan)
  8. Pertahankan tujuan investasi
Merry Riana sebagai Duta RHB TradeSmart
Mba Merry Riana yang turut hadir di acara peluncuran aplikasi RHB TraeSmart with ARO kemarin, mengatakan bahwa ketakutan Masyarakat kita akan investasi dalam saham adalah karena mereka takut akan resiko yang dianggap begitu tinggi. Padahal menurutnya, resiko muncul akibat kurangnya pengetahuan kita akan produk investasinya itu sendiri.


Dengan hadirnya aplikasi RHB TradeSmart with ARO ini, semua orang akan mendapatkan kemudahan dan akses informasi yang sama untuk berinvestasi saham. Mba Merry pun menceritakan pengalamannya yang  walau baru "ngotak-ngatik" sebentar tapi cukup merasakan manfaat dari aplikasi ini. Mba Merry dapat memonitor investasi sekaligus membuat langkah investasi baru berdasarkan rekomendasi yang diberikan oleh ARO kapanpun dan dimanapun dia berada.

Doc : Arisman
Saya sudah download juga dong aplikasi RHB TradeSmart with ARO dan ingin mempelajarinya lebih lanjut. Kalau kalian ingin download juga, sudah ada kok di Google Play Store dan Apple Apss Store, cukup masukan kata kunci "RHB TradeSmart ID" aja. Atau bisa juga kunjungi websitenya www.rhbtradesmart.co.id

Setelah download, jangan lupa perhatikan langkah-langkah yang ada di pic ini ya.


Gimana, masih bingung dan takut berinvestasi saham? semoga postingan saya ini cukup memberikan gambaran mengenai apa itu investasi saham dan apa saja yang harus diperhatikan sebagai pemula. Sama kok, saya sendiri masih mempelajari seluk beluk investasi saham, kuncinya memang jangan pernah malas cari tahu, entah itu baca atau nanya ke yang sudah berpengalaman, pokoknya tambah ilmu terus.

Semangat yaaaa, makasih udah baca postingan ini, yuk sharing di kolom komentar yuuuk.



You Might Also Like

31 komentar

  1. Lengkap banget informasinya ,,,oke tak catet yo 8 langkah investasi modal.

    ReplyDelete
  2. Kita mulai yuk sambil belajar hehehe
    Hani mau beli saham apa? :)
    Bisa coba belajar kita dari fitur2 yg disediakan ya?

    ReplyDelete
  3. Aku bingung sedikit, paling cara menganalisanya nanti yang wajib terus belajar, semakin banyak latihan pasti semakin bisa dong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, intinya emang harus sering dipelajari, banyak baca dan nanya. Dan untungnya kita bisa dibantu ARO kalau pakai aplikasi ini ya :)

      Delete
  4. Postnya mayan ngasih gambaran tentang invest saham Mba. Memudahkan banget ya ARO ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, sepertinya para Pemula harus bgt pakai aplikasi ini ya

      Delete
  5. suatu kehormatan bisa ikut acara ini, jadi lebih kenal soal saham
    tinggal belajar lebih lanjut via aplikasi TradeSmart with ARO ini biar bisa terjun ke dunia saham :)

    ReplyDelete
  6. Jadi mau juga belajar investasi saham,udah download juga....mkch infonya

    ReplyDelete
  7. keren tips investasinya.. bisa jadi pegangan buat orang2 yg mau investasi :)

    ReplyDelete
  8. keren banget ni informasinya, bisa jadi peluang yang sangat menjanjikan bagi pemuda masa kini. Terima kasih kaca mata hani, semoga terus menginspirasi :)

    ReplyDelete
  9. Waah keren ada aplikasi baru yg bisa bantu utk mengarahkan pilihan yg bagus utk para pemula..investasi saham lebih baik utk jangka panjang agar hasil yg didapat lebih maksimal..dukung nabung saham utk hidup lebih sejahtera

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih aplikasinya bisa bantu para Pemula :)

      Delete
  10. Penting nih buat anak muda seperti kita untuk mulai berinvestasi saham, kayanya aplikasi ini bisa memberi kemudahan ya Teh Hani :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneeer, aro Sahabat baik bgt ya, bagi pemula dan juga bagi yg sudah berpengalaman :)

      Delete
  11. Nabung saham lagi yuuui, kan sekarang pake aplikasi begini jadi mudah ya.

    ReplyDelete
  12. Sering dengar investasi saham itu lebih menjanjikan. Salam kenal mbak

    ReplyDelete
  13. kebantu bgt nih buat emak2 gaptek kek saya hehe

    ReplyDelete
  14. Setelah ada aplikasinya, tinggal belajar nih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin rekening efek dulu lebih mantap yaa :))

      Delete
  15. Ternyata mulai berinvestasi hal mudah dilakukan ya, tak serepot yang dibayangkan. Terlebih mendapatkan panduan dari aplikasi untuk membeli saham yang tepat.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar dengan baik TANPA link hidup di kolom komentar. Dan cukup pakai Url blog saja ya teman-teman di ID namanya.

Part Of Author

Part Of Author
Buku Antologi Pertama & Kedua

My Voice Over Here

Like us on Facebook

Subscribe