Tips Menyetrika Ala Hani S.

Monday, June 05, 2017

Source : Pixabay
Kalau ditanya pekerjaan rumah apa yang paling saya hindari? Jawabannya adalah menyetrika. Kenapa? Karena dari kecil emang dasar males aja nyetrika, bawaannya gerah dan gak betah pengen cepet-cepet beres. Hingga, saya pindah ke Ibukota dan kerja disini yang membuat saya harus nge-kost.

Kost-an saya dulu gak ada fasilitas cuci gosok gratisnya, mau gak mau harus dikerjakan sendiri. Tapi, karena saya sempat kerja di salah satu Radio di Jakarta yang notabene gak harus pakai baju formal semacam blazer, kemeja rapi, dll., saya cenderung cuek berpenampilan sih, kalau memang ngerasa kusut banget dan udah gak enak banget dilihat sama Pak Bos ya saya gosok. Tapi kalau bahan bajunya silky atau semacam Tshirt, biasanya setelah dicuci saya gantung aja supaya gak begitu kusut dan bisa langsung dipakai.

Dan semua kebiasaan itu berubah setelah saya pindah kerja, ke Perusahaan yang sangat mengutamakan penampilan. Dari pakaian hingga make up, harus benar-benar terlihat pantas dan layak. Setiap weekend, cuci gosok jadi kegiatan rutin, walau gak semua baju cuci gosok sendiri, beberapa ada yang saya pasrahkan ke laundry deket kost’an.

Menyetrika Setelah Menikah? Harus!
Ada kejadian lucu saat saya menikah dan sempet vakum untuk kerja Kantoran dan memilih menjalani hobi (yang ternyata menghasilkan) dirumah, menjadi Freelancer yang sok sibuk padahal sih dapat uangnya gak seberapa, tapi saya seneng-seneng aja ngerjainnya. Cumaaa, yang bikin males karena jadi banyak kerjaan rumah yang harus saya lakukan, dari pagi hingga malam, gak selesai-selesai rasanya. 

Lihat baju kotor numpuk yang harus dicuci, walau ada mesin cuci tetep aja kan harus dikucek pakai tangan supaya yakin bersih. Setelahnya, harus gosok baju-baju itu. Errrrrgh! takes time banget deh disaat deadline di lappy udah nunggu untuk diselesaikan.

Saat itu, mau gak mau, suka gak suka, saya harus menyetrika, harus gosok baju minimal baju kerjanya Suami. Dan untuk itu, saya perlu trik tersendiri supaya pekerjaan satu itu tidak terlalu menyiksa batin saya, haha. Lebay yesss.

FYI, saat menulis ini, saya sudah bekerja lagi, punya rutinitas diluar rumah setiap weekday (dan kadang-kadang weekend) yang membuat saya dan Suami sepakat untuk menyerahkan pekerjaan cuci gosok ke Mbak yang pulang pergi alias gak nginep. Tapi tetep, perlu ada triknya juga karena saya ingin hasil cuci gosoknya tetap baik, terutama untuk baju-baju buah hati kami. 

Fungsi Menyetrika Pakaian
  • Mencuci dan menyetrika itu adalah salah satu upaya untuk membunuh kuman yang ada di dalam baju, jadi mau semalas apa, sempatkan, terutama untuk pakaian si buah hati.
  • Dalam kondisi licin, pakaian akan lebih mudah untuk dilipat. Supaya lebih terlihat rapi, khususnya untuk acara-acara formal.

Tips Menyetrika Ala Hani S.
  1. Selalu simpan setrika kita di tempat yang aman, tidak terjangkau anak, dan kalau bisa sih ada tempat khusus supaya tidak mudah rusak. Entah itu setrika uap atau setrika biasa, perawatannya sama.
  2. Jangan remehkan instruksi yang ada di label Pakaian. Perhatikan dan ikuti petunjuknya. Biasanya disana ada petunjuk suhu untuk bahan tersebut. Jadi jangan sampai kurang suhunya, atau yang lebih parah malah terlalu panas, wah bisa rusak.
  3. Posisi menyetrika juga penting. Jangan dibiasakan membalik semua Pakaian saat disetrika kecuali jika ada sablonan di pakaian tersebut.
  4. Semprotkan cairan pelicin pakaian jika merasa perlu. Minimal banget pakai air putih biasa, tapi usahakan pakai cairan pelicin khusus ya.
  5. Untuk menyetrika Kemeja, biasanya saya semprot dulu dengan cairan pelicin, kemudian gosok dari arah dalam. Usahakan kancing tidak sampai kepanasan supaya tidak mudah rusak. Jangan lupa bagian kerah dan ujung tangan, gosok sesuai lipatan hingga rapi. Lalu gantung deh, gak usah dilipat.
  6. Khusus pakaian anak, biasanya saya gosok terpisah dari pakaian dewasa, dan saya meminta tolong ke Mbak di rumah supaya melakukan hal yang sama.
  7. Karena saya mempunyai koleksi kerudung dari zaman saya belum menikah, dan sekarang banyak yang jarang dipakai, saya suka minta cuci berkala yang cuma sekedar celup dan kasih pewangi, lalu digosok dengan suhu yang tidak terlalu panas, karena bahan kerudung/hijab rata-rata tipis dan halus. 
  8. Ini penting. Saat saya menyetrika pakaian sendiri tanpa bantuan Mbak, saya selalu memastikan anak saya sedang tidur atau ada yang nemenin main sehingga aman dari jangkauan saya. Beberapa hal yang gak boleh ketinggalan supaya saya lebih enjoy gosok pakaian adalah cemilan, musik, atau tontonan favorit saya seperti serial Friends, Supergirl, dll.

Nah, itu dia beberapa tips menyetrika (menggosok pakaian) ala saya. Sebenarnya masih ada beberapa lagi, tapi yang diatas adalah point-point penting yang biasa saya lakukan, boleh banget lho kalau mau menambahkan.

Banyak diskonnyaaaa
Ohya, kondisi setrika yang sudah kurang bagus, sebaiknya diganti supaya tidak merusak pakaian kita. Seperti sekarang nih, saya sedang ingin mengganti setrika yang sudah saya pakai sejak masih nge-kost beberapa tahun lalu dan kabelnya sudah beberapa kali ganti. Rencananya ingin beli setrika di MatahariMall karena kemarin-kemarin gak sengaja lihat setrika uap yang sedang diskon disana yang bikin saya mupeeeng. Hihi, naluri Emak-emak kan gitu ya, gak bisa tahan lihat diskonan.

Okaay, sekian tips dari saya, semoga bermanfaat yaaa. See ya’.

You Might Also Like

6 komentar

  1. Saya paling males nyetrika haha, pegel aja kalau nyetrika

    ReplyDelete
  2. Dari semua jenis pekerjaan rumah, sampai sekarang gua masih kurang ngerti caranya nyetrika. Gampang-gampang susah, tapi memang sulit bagi orang yang kurang sabar dan telaten kayak gua, hahaha...

    ReplyDelete
  3. Baca judulnya langsung tertarik, pas baca prolognya berasa nemu teman senasib sepenanggungan, yaa alloh kapan ada setrika otomatis tanpa digosok2 yang bikin pegel tangan dan panas. Blm lagi kalo bahan pakaiannya sensitif, kepanasan dikit rusak, terus ada jg yg kusutnya tuh bandel banget, udh disemprot pelicin masih aja kusut.
    Aku kalo nyetrika harus pas waktu luang bgt,kecuali ya urgent harus langsung dpakai, soalnya harus tenang dan gk boleh Buru2.

    ReplyDelete
  4. Seriusss untuk setrika itu hrs disiapkan waktu khusus, kondisi yg aman (waktu anak ada yg jagain atau mereka tidur). Kl nggak bs gagal melulu acara nyetrikanya hahaha

    ReplyDelete
  5. klo disuruh nyuci segunung aku masi mau mba tapi klo nyetrika seember ampun malasnya ga mufakat 😂

    ReplyDelete
  6. urusan menyetrika ini seringnya malesin, eh tapi klo lagi rajin sesibuk apapun bisa nyetrika tiap hari, nah klo lagi males bisa seminggu dibiarin numpuk wkwkwk

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar dengan baik TANPA link hidup di kolom komentar. Dan cukup pakai Url blog saja ya teman-teman di ID namanya.

Part Of Author

Part Of Author
Buku Antologi Pertama & Kedua

My Voice Over Here

Like us on Facebook

Subscribe