Gerakan Bagi-Bagi Masker di World Health Day 2017

Thursday, April 13, 2017



Kalau teman-teman pernah baca tentang saya yang pernah Operasi Sinus karena Sinusitis dan bengkok tulang hidung, pasti kalian tahu kalau sebelum operasi, ternyata saya hanya dapat menghirup oksigen sebanyak 30% saja dan bikin otak saya pun kekurangan oksigen. Dampaknya? Wah jangan dibayangin kali ya, kadang sesak dan pusing yang kebangetan hingga bikin saya “depresi”.

Jujur, saya sebenarnya gak begitu ngerti sih tingkat stres seperti apa yang bisa disebut depresi, tapi secara awam saya mengartikan itu sebuah kondisi dimana kita bahkan udah gak “kenal” lagi dengan diri kita, jadi “orang lain” dengan tingkah yang sama sekali “ngga gue banget”. Itulah yang beberapa kali saya alami karena pusing berlebihan.


Pusing karena kurang oksigen ditambah pusing dengan beban pikiran macam-macam bisa bikin orang depresi, dan ternyata salah satu pencetus hal tersebut adalah Polusi. Polusi tentu aja sifatnya ganggu banget ya, walaupun banyak yang cuek dengan tetap gak pake masker padahal mereka adalah pengendara kendaraan bermotor secara aktif di kesehariannya, yang tentu sudah sangat khatam dengan kondisi jalanan terutama di Ibukota yang super hectic ini.

Well, sebagai Pendatang saya sangat setuju sih kalau Jakarta disebut  Kota dengan tingkat Stres yang tinggi namun sekaligus dicintai. Saya mulai terbiasa dengan sikon di Jakarta, tapi tetap memperhatikan kesehatan setelah tulang hidung saya di operasi dan jalan nafas terbuka walaupuuun konka hidung saya terpaksa dikikis.


Kondisi yang menurun seperti stres dan depresi ini masih bisa kita cegah dengan berbagai upaya, yang utama tentu dari diri kita sendiri dengan terus memegang teguh keyakinan secara religius. Namun kita juga harus mencegah dari segi kesehatan, dari hal terkecil aja dulu, kayak misalnya kemana-mana pakai masker supaya paru-paru gak kebanyakan menghirup polusi yang menggila di jalanan.

Gerakan Bagi-bagi Masker
Ngomongin tentang masker, ada yang seru dan bermanfaat nih yang dilakukan oleh Portal Otomotif No.1 di Indonesia yaitu Mobil123.com dan media online Lifestyle Otospirit.com dengan gerakan sosial mereka yaitu “mask for bikers”. Sebanyak 1000 masker dibagikan kepada pengguna kendaraan sepeda motor yang melintas di Jalan Radin Inten 2 Buaran, Jakarta Timur.

Kegiatan tersebut melibatkan 15 bikers dari lima komunitas sepeda motor (Journalist N-Max Club, Suzuki GSX Club Indonesia, Ninja Injection Owners, Jakarta Max Owner Club, Vario Owner Medias) di persimpangan Buaran, Jakarta Timur, yang dimulai pukul 16.00 – 17.00 WIB.  Keren ya mereka semua bagi-bagi masker ke para pengguna jalan yang menyambut meriah dengan menghampiri dan mengambil sendiri maskernya. Wah, rupanya semakin banyak yang sadar tentang pentingnya masker untuk kesehatan ya.


Menurut  Regia Glamouria selaku Direktur Mobil123.com dan Otospirit.com, kegiatan tersebut adalah untuk menyambut Hari Kesehatan Dunia yang setiap tanggal 7 April. Tahun ini, tema global Hari Kesehatan Dunia adalah “Depression: Let’s Talk”. Regia juga berpendapat kalau polusi itu berpotensi mengacaukan pikiran dan bisa juga merusak kesehatan manusia, karena itu masker akan sangat bermanfaat untuk menghindarkan kita dari polusi saat berkegiatan.

FYI, Oktober 2016 lalu, World Health Organization (WHO) meluncurkan kampanye satu tahun untuk memastikan bahwa orang-orang yang terkena depresi di semua Negara harus mendapatkan bantuan. Dengan kegiatan bagi-bagi masker ini tentunya bisa mewujudkan program WHO tersebut. Dan kalau flashback ke tahun 2015, WHO mencatat lebih dari 300 juta orang menderita depresi atau setara dengan 4,4 persen dari populasi dunia. Hampir setengah dari orang-orang ini hidup di wilayah Asia Tenggara dan Kawasan Pasifik Barat. Dan 3 juta kematian per-tahun akibat terpapar polusi udara, di mana 90 persen kematian banyak terjadi di negara berkembang. Dan yang bikin sedih lagi, di Indonesia ini sebanyak 9,1 juta orang menderita depresi atau sekitar 3,7 persen dari populasi.

Gerakan bagi-bagi masker seperti ini harus banget dapat apresiasi nih, walaupun kesannya remeh temeh tapi fungsi dan efeknya sangat besar dan jangka panjang bagi kesehatan banyak orang, termasuk untuk kita sendiri.

Semangat Sehaaaat!

You Might Also Like

2 komentar

  1. Cara bagi2 masker gratis menurut saya cukup efektif buat pengendara agar lebih aware lagi.

    ReplyDelete
  2. Memang saat ini polusi udara apalagi di daerah perkotaan, udara yg dihasilkan sdh campuran dr asap kendaraan dan polusi yg lain.. Diharapkan dgn adanya acara bagi2 master ini dpt mengedukasi pengguna jalan bukan hanya pengendara motor tp pejalan kaki selalu aware akan udara yg mereka hisap setiap hr nya

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar dengan baik TANPA link hidup di kolom komentar. Dan cukup pakai Url blog saja ya teman-teman di ID namanya.

Part Of Author

Part Of Author
Buku Antologi Pertama & Kedua

My Voice Over Here

Like us on Facebook

Subscribe