Beberapa Merek AC Hemat Energi Yang Bisa Bikin Hati Tambah Adem

Monday, April 03, 2017


Dulu, waktu masih tinggal di Garut, gak pernah kepikiran buat pasang AC dirumah berhubung udara Garut yang relatif adem dan bahkan kadang dingin banget, yang ada malah pengen punya penghangat ruangan kayak di Jepang itu lho, haha. Tapi apa daya, dulu cukup kaos kaki-an aja di rumah dan pakai jaket tebal-tebal dan minum Teh hangat untuk ngurangi rasa dingin.

Lain Garut lain Jabodetabek. semenjak hijrah ke Ibukota dan beberapa tahun belakangan tinggal di daerah Depok yang notabene panas banget udaranya, AC menjadi kebutuhan yang cukup vital. Walau kulit jadi cenderung kering, tapi susah juga buat lepas dari AC. Satu ruangan kayaknya perlu ada AC-nya, atau minimal kipas dan cooler, kebayang ya biaya listrik gimana bengkaknya, hiks.

Saat ini, saya pakai satu AC saja di ruang TV tapi memang posisinya diatur sedemikian rupa supaya setiap kali dinyalain, rasa dinginnya nyampe ke kamar dan ruangan lainnya, maklum masih tinggal di Perumahan dengan type rumah 36, mungil dan gak perlu AC banyak-banyak. FYI, setiap bulannya saya dan Suami harus merogoh kocek sekitar 500 ribu buat token listrik aja, huaaaa. Tapi yang bikin mahal sebenernya bukan AC, karena waktu beli kami sengaja pilih AC yang Low Watt, sepertinya lonjakan biaya token bulanan itu dikarenakan barang-barang elektronik lainnya deh seperti kulkas, mesin air, dispenser, mesin cuci, dll.

Nah, ngomongin AC yang Low Watt (hemat energi), saya mau kasih bocoran beberapa Merek AC Low Watt terbaik nih, kali aja saat ini teman-teman Hani masih pakai AC yang Watt-nya besar dan gak ramah lingkungan pula, beberapa pilihan ini bisa jadi rekomendasi.

Deretan Merek AC Low Watt Terbaik

1. Panasonic Deluxe Inverter CS-S10RKP 
Ternyata, AC yang satu ini digadang-gadang sebagai produk ramah lingkungan oleh produsennya Panasonic. Panasonic Deluxe Inverter CS-S10RKP memperoleh predikat sebagai AC low  watt bukan tanpa alasan. AC ini memang dirancang khusus agar bisa beradaptasi dengan aktivitas yang Anda lakukan sehingga bisa menghemat energi hingga 65%. Selain hemat listrik AC ini juga dilengkapi fitur menarik seperti 5-Star Energy Rating dan Intelligent Inverter.

2. Sharp Sayonara Panas Comfort ECO AH-A5SDL

Pilihan kedua adalah Sharp yang memiliki slogan “sayonara panas” dan saat ini dia memiliki pendingin ruangan andalan yaitu Sharp Sayonara Panas Comfort ECO AH-A5SDL. AC ini adalah AC ramah lingkungan karena menggunakan freon R32 yang tidak merusak lapisan ozon. Selain itu AC produksi Sharp ini dibekali dengan Powerful Jetstream yang langsung menghembuskan udara dingin saat cuaca panas. Keren ya? Ohya satu lagi nih.

3. Daikin Deluxe R32 FTM25JV14

Sebagai produsen AC yang berusia cukup lama, Daikin kembali menawarkan pendingin udara yang ramah lingkungan. Sama halnya dengan pendingin udara dari Sharp, AC ini juga menggunakan Freon R32 yang ramah lingkungan sehingga bisa ikut mencegah terjadinya pemanasan global. Selain itu AC ini juga dilengkapi berbagai fitur seperti 3-D airflow dan Self Diagnosis with Digital Display.

Memilih perabotan rumah tangga itu memang gak bisa asal comot aja, harus banyak nanya dan baca, kalau perlu cari info dulu dari testimoni-testimoni pengguna lainnya supaya bisa dapat yang kualitasnya baik dan hemat energi. Demi kelancaran uang belanja bulanan juga kan ya, wkwkwk. *emak-emak minded*

Semoga informasi ini membantu ya, see you fellas!


You Might Also Like

3 komentar

  1. wah mbak hani pernah tinggal di garut ? toss ah, dulu pernah tinggal di garut setahun waktu masih SD, iyyaa udaranya dingin banget sampe kudu pake pelembab biar muka gak kering

    di depok tanah baru tempatku mulai berasa panas, mungkin karena makin banyak dibangun perumahan, boleh ini rekomendasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah, toss Mbaaa. Iya aku asli Garut, kemudian hijrah dan nemu jodoh Abang Betawi, haha.
      Sekarang lagi stay di Depok dan emang panas bangeeet, aku gak bisa di atas jam 11 siang gak pake AC kecuali kalau lagi ujan besar dan angin kenceng yaa, selain udara jadi adem tapi demi keamanan semua listrik dimatiin. :))

      Delete
  2. hehe untuk batam belum terlalu panas . jadi ac di siang hari belum terlalu di butuhkan , apalagi listrik naik terus

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar dengan baik TANPA link hidup di kolom komentar. Dan cukup pakai Url blog saja ya teman-teman di ID namanya.

Part Of Author

Part Of Author
Buku Antologi Pertama & Kedua

My Voice Over Here

Like us on Facebook

Subscribe