6 Tips Berbelanja Saat Liburan

Tuesday, March 21, 2017


Haaai, lagi musim banget ya liburan ke Luar Negeri. Musim? Setiap hari juga pasti ada aja yang liburan ke luar negeri tanpa harus nunggu high season kaliiiii. Haha.

Dua bulan terakhir, saya mupeng banget lihat timeline saya penuh dengan status dan foto sahabat-sahabat Blogger yang liburan terutama ke Korea. Waaah, Korea memang menawarkan sejuta keindahan yang akan membuat siapapun yang datang kesana berasa seperti sedang berada di dalam KDrama yang pernah di tonton.

Btw, tentang KDrama ini, memang jitu dan berpengaruh signifikan terhadap Pariwisata Korea. Salut! Drama Indonesia harusnya bisa seperti itu juga tuh, kapan ya kapaaan?.

Oke, balik lagi cerita tentang liburan ke luar negeri. Saya emang mupeng banget pengen ajak Alfath anak saya liburan ke satu tempat yang lumayan jauh, tapi belum terealisasi berhubung kesibukan dan tentu saja, karena pengennya sih semogaaaa yang diAtas memberikan “undangan”nya, saya sekeluarga pengennya Umroh dulu (boleh minta Amin?). Tapi kan semua tergantung Sang Maha Pengatur rencana ya, jadi sambil ikhtiar dan terus berdo’a, saya intip-intip dulu cerita sahabat-sahabat yang sering bolak balik liburan ke Luar Negeri. Ternyata, memang perlu persiapan yang matang sebelum berangkat supaya waktu yang terbatas selama liburan gak banyak yang terbuang percuma untuk melakukan aktivitas yang seharusnya dapat diantisipasi sejak awal. Salah satunya seperti rencana “mau belanja oleh-oleh dimana?, yang bagus-bagus dan tentunya murah supaya bisa dapat banyak”. 

Memangnya seberapa penting sih belanja di luar negeri? Hemmm, kembali ke diri masing-masing sebenarnya, belanja oleh-oleh gak begitu krusial menurut saya apalagi kalau budget kita memang terbatas, kalaupun memang kita gak niat untuk belanja oleh-oleh banyak, tentu itu bukan masalah. Tapi minimal banget, kita beli lah satu atau dua barang untuk kita simpan sendiri sebagai kenang-kenangan dan bukti kalau kita sudah pernah menjejakkan kaki di satu Negara, kan kita gak akan tahu kapan akan kembali lagi kesana. Dan hal tersebut berlaku kalau kita liburan ke daerah-daerah di dalam Negeri juga.

Yang harus disiapkan dari awal tentunya adalah list belanja saat liburan, karena itu dapat membantu kita saat memilih apa saja yang akan kita beli. Kebanyakan mereka yang liburan membeli segala yang dilihat tanpa mempertimbangkan kegunaannya, haha pengalaman saya juga.

Ini beberapa tips yang dapat menjadi panduan kita saat berbelanja di luar negeri atau luar daerah.

1. Lokasi Belanja Murah Meriah
Sebelum memutuskan akan belanja, sebaiknya kita melakukan survei terlebih dahulu lokasi belanja yang murah di dearah tersebut, seperti jika liburan ke Korea kita dapat membeli beberapa barang di Insadong.

2. Buat Daftar Belanja
Buatlah sebuah daftar yang berisi barang-barang yang harus kita beli, dan diperuntukkan untuk siapa barang tersebut agar tidak sia-sia nantinya sesampai di rumah.

3. Belanja Sesuai Budget
Pisahkan budget kita khusus untuk belanja, dan pastikan untuk belanja sesuai dengan budget yang kita miliki. Patokkan kepada berapa orang yang ingin kita beri oleh-oleh dan sesuaikan dengan budget kita terlebih dahulu.

4. Research Online
Jika kita tidak begitu yakin dimana lokasi yang baik untuk menemukan barang yang kita inginkan, maka gunakanlah internet untuk mencari lokasi secara online. Dan baca juga review orang-orang mengenai lokasi tersebut untuk menambah referensi kita.

5. Beli Barang Unik
Belilah barang yang terlihat unik namun bermanfaat, barang unik yang tidak ditemukan di Negara asal akan lebih baik, apalagi jika kita dapat menemukan barang unik dengan harga murah, wiiiih rejekiiii.

6. Jangan Lupa Diri Kita Sendiri
Saat habiskan waktu liburan ke Korea jangan hanya habiskan waktu untuk memilih oleh-oleh yang akan dibawa pulang, manjakan diri kita dengan segala sesuatu yang dapat membuat kita nyaman selama liburan. Kalau memungkinkan, sediakan budget khusus untuk berbelanja, jangan menghabiskan begitu banyak uang untuk berbelanja. Intinya, kemanapun liburan kita, tetaplah untuk memprioritaskan kebutuhan pokok kita selama liburan terlebih dahulu ya temaaans.

Jadi, kapan dong giliran saya liburan? ((Hikss)).

See you, Gaeees!
* Sponsored Post

You Might Also Like

2 komentar

  1. aku bukan tipe suak belanja, jadi kalau jalan sama ibu2 semua heran lihat aku yang gak belanja

    ReplyDelete
  2. seuju banget beli oleh-oleh nggak boleh maksa hahaha

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar dengan baik TANPA link hidup di kolom komentar. Dan cukup pakai Url blog saja ya teman-teman di ID namanya.

Part Of Author

Part Of Author
Buku Antologi Pertama & Kedua

My Voice Over Here

Like us on Facebook

Subscribe