Taman Kaulinan Bogor Resmi Dibuka Untuk Umum

Tuesday, February 07, 2017


Minggu, 5 Februari 2017 kemarin menjadi salah satu hari bersejarah bagi Kota Bogor. Pasalnya, Walikota Bogor Kang Bima Arya meresmikan taman baru yang diberi nama "Taman Kaulinan" yang lokasinya di Lapangan Sempur, Bogor. Taman Kaulinan dibangun atas kerja sama Pemerintah Kota Bogor, PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk (SAT), dan Yayasan Berani Bhakti Bangsa.

Saya, Suami, dan Putra Kami Alfath beruntung bisa hadir di acara tersebut. Dimulai pukul enam pagi, Masyarakat Bogor tumpah ruah disana, wah sampe susah jalan waktu mau ke tengah tamannya, demi pengen lihat Bapak Walikota menandatangani Prasasti dan lanjut lari bersama Bogor Runners dengan kaos biru-birunya.

Berbondong-bondong menghadiri launching Taman Kaulinan Bogor
Kenapa dinamakan "Taman Kaulinan"?
Kebetulan saya berdarah Sunda, asli Garut dan mengerti arti "Kaulinan" yang mempunyai kata dasar "ulin" yaitu main. Dari namanya saja saya sudah sedikit mengerti bahwa taman ini memang di peruntukan sebagai tempat bermain. Dan benar saja, dari kacamata saya, terlihat begitu banyak anak kecil dengan tawa lebarnya berlari kesana kemari entah bermain bola dan badminton di tengah lapang, ataupun menikmati fasilitas bermain yang ada di setiap pinggiran taman.
Yeayy, gerak badan! Dan ternyata, suaranya Pak Wali enak juga.
Beberapa fasilitas permainan yang sudah dapat dinikmati anak-anak lebih banyak permainan tradisionalnya seperti gatrik, engklek, engrang, hingga area spot untuk selfie lho, haha. Selain itu ada juga rumah pohon yang lucu banget, dan gak ketinggalan permainan ular tangga. Saya dan Suami yang melihat itu semua sampai takjub lho, sukses membuat kami terlempar ke masa kecil kami yang sangat berbeda dengan masa kecil anak kami di zaman yang serba gadget ini.

Menurut Mas Solihin selaku Corporate Affairs SAT, taman ini memang dibangun untuk mengakomodasi anak-anak supaya bisa bermain dan bersosialisasi, tidak terjebak gadget atau nonton TV yang berlebihan. Ini juga sebagai wujud kepedulian bersama antara Pemerintah, Perusahaan Swasta, lembaga sosial, dan masyarakat luas yang peduli terhadap perkembangan kreativitas anak.
Beberapa fasilitas taman Kaulinan
Bogor Sebagai Kota Sejuta Taman.
Saya benar-benar salut lho terhadap masyarakat dan Pemerintahan Bogor yang kompak sekali, buktinya mereka berhasil menggalang dana untuk pembangunan Taman Kaulinan ini. Dana dihimpun melalui kasir Alfamart Alfamidi yang bekerja sama dengan Yayasan Berani Bhakti Bangsa. Waktu penggalangan sendiri berjalan dari November - Desember 2015.

Masih menurut Mas Solihin, sama seperti tema programnya yaitu "Berbagi Bersama Masyarakat", Perusahaan berupaya agar dana yang terkumpul ini bisa memberikan manfaat untuk sesama, salah satunya dengan membangun fasilitas umum seperti Taman Kaulinan ini. Dana yang dikeluarkan sebesar Rp. 500 juta dan seluruhnya dikelola Yayasan yang berada di bawah pengawasan Pemkot Bogor. Waktu pengerjaan taman ini bersamaan dengan revitalisasi Lapangan Sempur per-25 Juli tahun lalu. Taman ini mempunyai luas 600 meter persegi, selesai pada Januari 2017 hingga akhirnya diresmikan hari minggu kemarin. Keren pisan!.


Kang Bima Arya memang sudah mencanangkan Bogor sebagai Kota Sejuta Taman. Terlihat dari taman-taman tematik yang dibangun selama ini sebagai sarana warga untuk sekedar menikmati quality time dan juga menumpahkan kreativitas. Beberapa taman yang dibangun ataupun yang direvitalisasi di Kota Bogor adalah Taman Bogor, Taman Corat-coret, Taman Malabar, Taman Air Mancur, Taman Heulang, Taman Skatepark, Taman Ekspresi, Taman Kencana, Taman Peranginan, dan Hutan Kota.

Manfaat Taman Bagi Masyarakat
Dalam kacamata awam saya, Pemimpin yang baik adalah dia yang peka akan Warganya, dia yang mengerti apa yang dibutuhkan Warganya, dan dia yang memperjuangkan supaya Warganya terfasilitasi dengan baik. Sehingga, akan menghasilkan Masyarakat yang sehat baik fisik dan juga psikis. Masyarakat yang sehat secara keseluruhan adalah asset yang sangat mahal untuk terciptanya kesejahteraan dan kebahagiaan.


Dan menurut saya, Kang Bima sebagai Walikota Bogor adalah sosok Pemimpin yang seperti itu. Saat Kang Bima mencanangkan Bogor sebagai Kota sejuta taman, Kang Bima tidak hanya memikirkan hal tersebut sebagai bentuk penambahan ruang terbuka hijau semata, tapi lebih dari itu, menurutnya taman adalah tempat untuk membangun karakter Warga.

Taman Ekspresi, lokasi persis di depan Lapangan Sempur.
Di mata Kang Bima, taman adalah oksigen jiwa, dan juga sebagai tempat berinteraksi bersama keluarga. Karena, sudah menjadi tekadnya lah kalau Kota Bogor harus menjadi kota untuk keluarga, dimana seluruh keluarga dapat menikmati quality time-nya minimal saat akhir pekan dengan berbondong-bondong ke taman menikmati kesegaran udara dan memanfaatkan fasilitas yang ada.

Harapannya, Taman Kaulinan yang menjadi pusat tempat bermain outdoor bagi anak-anak pertama yang dimiliki Bogor ini dapat menjadi percontohan.

Bogor Sebagai Kota Impian
Saya menulis postingan ini sambil tak henti-hentinya berandai-andai jika kelak, saya dapat menjadi Warga Bogor yang bangga dan mencintai Kotanya. Saya sangat menikmati Kota Bogor karena selain mengingatkan saya akan Kota kelahiran saya, Garut, saya melihat Bogor masih menjadi Kota yang "waras" dan nyaman untuk ditinggali setelah berpeluh dan berjibaku dengan "drama" Ibukota setiap harinya. Bogor dapat menjadi tempat terbaik untuk "pulang".

Lihatlah wajah-wajah kami di bawah ini, walau lepek abis banjir keringat, tapi happy!.



Wiiih, besok-besok ke Bogor lagi aaaah, cuma sejam doang kok kesana dari tempat tinggal saya sekarang. Anak saya Alfath juga happy main di Taman Kaulinan. Saya dan suami gak khawatir karena taman ini memang dibuat khusus dengan memenuhi standar keselamatan dan keamanan anak-anak untuk bermain, juga dilengkapi dengan beragam fasilitas dan permainan tradisional yang dapat mendukung peningkatan kreativitas anak. Yuuuk, rame-rame bermain sehat di Taman Kaulinan!.

You Might Also Like

15 komentar

  1. Wah asik yah, bisa ngajakin anak main sepuasnya disana

    ReplyDelete
  2. wih keren ya mbak niatnya membangun taman-taman untuk kegiatan warganya, semoga alfamart juga mendukung pembangunan taman di kota-kota lain

    ReplyDelete
  3. Asik taman nya, anak anak pasti senang ada taman baru.

    ReplyDelete
  4. Wah lebih keren dari Taman di Surabaya...duh semoga Surabaya juga dibangun taman cantik lagi :D

    ReplyDelete
  5. Teteh kesini tapi kita gak ketemu. Maybe next time bisa ke sini barengan sama al fath yaa

    ReplyDelete
  6. Pak Wali bikin gagal fokus hahahahahhaa

    ReplyDelete
  7. Ooh, pantes pas saya ke Bogor, banyak banget taman yang saya lalui. Ya, dibandingkan di tempat tinggal saya. Haha. Jadinya asri gitu. Seru juga ada taman kaulinan ini, bermanfaat buat anak anak dan keluarga.

    ReplyDelete
  8. Saya seneng liat banyak taman di Bogor, apalagi ditambah dg Taman Kaulinan ini ya. Jakarta ada yg kek gini gak ya :D

    ReplyDelete
  9. Bajunya alfatlucu ikh minion... klo udah agak terang main akh ke Bogor

    ReplyDelete
  10. Sangat bangga sebagai warga bogor memiliki taman seindah ini.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar dengan baik TANPA link hidup di kolom komentar. Dan cukup pakai Url blog saja ya teman-teman di ID namanya.

Part Of Author

Part Of Author
Buku Antologi Pertama & Kedua

My Voice Over Here

Like us on Facebook

Subscribe