Ada Yang Belum Pernah Ke Bali? Sama!

Saturday, October 01, 2016

 
Kali ini mau semi curhat aja deh tentang saya yang kasian banget karena belum pernah menjejak di tanah Bali padahal itu masih Indonesia, Guys. Ya mau gimana, gak ada yang ngajakin dan mau ngongkosin sih. Hahaha. *salah siapaaaa?

Sebenernya udah dari lama banget mau kesana, waktu dalam rangka mau "hanimun", trus babymoon, dan gak jadi semua. Alih-alih suami ngajakin ke Lombok, namun hati tetap ingin ke Bali juga.

Bali itu emang salah satu "Surga"nya Indonesia ya, siapa sih gak tahu Bali? Gak cuma wisatawan lokal, dari Mancanegara pun berbondong-bondong pada liburan ke Bali. Seindah apa sih Bali? ah saya iriiiiii, saya mau ke Baliii, pengen lihat pemandangan indah disana, pengen makan menu-menu Bali yang katanya enak banget. Beberapa kali pernah sih icip-icip menu Bali di Resto-resto Jakarta, tapi kan beda ya suasananya.

Masih edisi "katanya", kalau kita berwisata ke Bali, emang gak lengkap kalau gak nyicip kuliner di sana. Salah satu tempat yang cocok untuk mencari tempat makan salah satunya adalah Ubud. Konon sejak tahun 1990-an, desa Ubud sudah terkenal dengan kuliner bebeknya yang terkenal enak. Salah satu restoran yang menyuguhkan menu bebek adalah Bebek begil Ubud. Saking terkenalnya, maka jangan heran kalau saat membeli harus antri hampir di setiap harinya.

Namun kini ada lagi restoran yang juga menyuguhkan menu yang sama, yaitu Bebek Tepi Sawah. Restoran ini tidak kalah rasa kelezatannya, sehingga tradisi makan bebak ngantre menjadi berkurang.
Menurut informasi, menu bebek yang disajikan di restoran ini berasal dari bebek lokal yang ada di sekitar daerah tersebut, menu andalannya memang bebek yang digoreng secara crispy. Kulit bebek akan terasa garing, meski dagingnya tetap empuk. *lap iler*

Biasanya bebek akan disajikan bersamaan dengan nasi putih hangat, kacang panjang bumbu santan, serta beberapa potong kerupuk udang. Mengingat sajiannya gak mengandung kuah banyak, menu seperti ini terasa nikmat dalam segala suasana. Saat makan siang, maupun malam. Saat musim panas maupun musim hujan. Apalagi sambalnya bisa dipilih sesuai selera, seperti sambal matah, sambal goreng embe, atau dengan sambal ulek. 

Sambal matah merupakan sambal khas Bali. Terbuat dari irisan bawang, cabe, yang semuanya mentah lalu dicampur dengan garam dan minyak kelapa. Sambal goreng emba adalah sambal dengan bumbu bawang yang digoreng. Sedangkan sambal ulek adalah sambal yang terbuat dari cabe merah besar, tomat, terasi, dan garam yang ditumbuk halus. 

Guys, saya ini memang pecinta sambal, paling gak bisa kalau makan tapi gak ada pedas-pedasnya, kecuali kalau lagi sakit. Tapi, sambal itu emang segala-segalanya deh, temen makan yang harus selalu ada, makanya waktu tahu menu-menu makanan Bali sangat kaya dengan sambal, saya tambah mupeng pengen segera angkat koper ke Bali.

Bagi saya yang sama sekali belum tahu destinasi apa saja yang "wajib" dikunjungi saat ke Bali, dan dimana aja penginapan yang recommended di sana, tentunya perlu panduan ya. Dan karena saya biasanya gak enakan untuk banyak nanya ke orang karena takut dikira bawel (padahal emang aslinya saya bawel sih, haha), saya yakin Traveloka dapat membantu saya memberikan informasi dan referensi restoran beserta penginapan yang menawarkan kuliner khas Bali seperti yang sudah sering saya baca review-nya. Pun kalau saya nanti perlu informasi lengkap mengenai fasilitas dari hotel/villa di Bali yang sesuai dengan budget saya, cukup klak klik aja deh, gampang. Yes, life is simple as that!

So guys, apakah kalian ada yang senasib dengan saya belum pernah ke Bali juga? ahaha, TOSS! Ada yang mau nambahin referensi menu Bali yang "wajib" dicoba? silahkan share di kolom komen ya. Thank you!

See ya', guys!!
*Sponsored Post
*Pic for title post taken from www.bali-indonesia.com

You Might Also Like

52 komentar

  1. Cusss Mba ke Bali buat ngerasain sambalnya hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Demi sambal aku akan terbang ke Bali, ahaha

      Delete
  2. kemarin habis dr bali, tp ga kerasa sperti sdg di bali, soalnya ga sempet nyobain kuliner khas bali huhu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah kenapa mba? sibuk mungkin ya. Siapa tahu besok2 kita dapat rezeki kesana bareng dan icip2 menu disana ya mba, haha. Amiiiiin

      Delete
  3. BALI kota yg wajib diinjak sebagai WNI yg cinta tanah air ahahahaha#kompor
    Budaya dan seninya yang tinggi mampu menjaga kekhas an kota itu dibanding kota lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini, kompor nih, kan jadi tambah pengen kesana kan, haha.
      Iya bener mba, budaya disana yg unik jadi daya tarik tersendiri ya.

      Delete
  4. Kemaren abis dari Bali, pertama undangan launching #Zenfone3ID (tidak sempar ke mana-mana). Kedua liburan bareng keluarga (menang quiz :D ), belum sempat wisata kuliner, baru wisata alam ajah. Semoga next time ada sponsor lagi ke Bali buat wisata kuliner xixi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kereeeeeen, rezeki bangeeeet, besok2 giliran saya yg di sponsorin pliiisssss. Haha.

      cc : Sponsor :)))

      Delete
  5. Urap Bali.... Pasti bakal ketagihan deh sama makanan ini. Sudah pernah kutulis di blog juga. Selain bebek tepi sawah ada juga ayam betutu, ayam taliwang, banyak deh pokoknya, mau yang murah juga ada namanya nasi jinggo, biasa dijual dipinggir jalan cuma lima ribu perak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, harus coba semua. Thanks mba infonya :*

      btw, Mba Sri kok bisa hafal menu2 di atas, asli Bali kah?

      Delete
  6. Saya belum pernah ke Bali, tapi yakin insya allah suatu saat bisa sampai ke Bali

    ReplyDelete
  7. Aku udah ke Bali dua kali mba Hani. Tapi malah belum pernah merasakan sambalnya itu loh. Btw, aku kalau ke Bali kuatir ama anjing di jalanan itu. Hikss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya, semenakutkan itu ya mba Rach? aku termasuk yang takut sama guguk juga soalnya, walaupun jinak tapi suka parno duluan, hiks.

      Delete
  8. Halo mba kita senasib belom pernah ke Bali. Pokoknya kalo ke Bali mau hedon sepuasnya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, yang pasti sih mau makan sambal disana ya, kalau perlu.. bawa pulang kerumah, hahaha. #niat

      Delete
  9. Halo, Mbak. Sama ah saya juga belum pernah ke Bali lho. Tapi alhamdulillah setelah lamaaaaa banget memendam keinginan libruan ke sana, eh, dapet rejekinya malah disuruh berangkat rombongan sama keluarga nih. Insya Allah tanggal 6 nanti berangkat deh. Jangan ngiri ya... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disuruh gak boleh ngiri sama mas Eko, tapi aku justru makin iriiiiiii, hikshiks. Ajak aku juga mas, aku ngintil di belakang yaaa, haha. Btw, selamat yaa, kalian kece banget sih sekeluarga, have fun nanti di Bali, makan sambal yg banyak yaaa :v

      Delete
  10. Aku juga sekali2nya ke Bali wsktu event Asus itu aja. Kalo gak mungkin sampai skrg blm pernah ke Bali :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Momi Nareeend, aku iri padamuuuu, kemarin itu bikin envy Nasional deh kayaknya :)))

      Delete
    2. aku juga belm pernah ke bali. Penegn ke bali kyk mommy narend. Diongkosi plus dikasih hape :) :)

      Delete
    3. Toss Mama Dwina, semoga tahun depan giliran kita ya, Amiiin. :))

      Delete
  11. Sate lilit, urap, masih banyak lagi makanan bali, cuma harus dipilih halal dan non halalnya. Bukan cuma bahan makan, tapi juga cara masak. Waktu SMA aku sering main ke bali, ibuku juga kerja disana, kita jarang makan diluar, lebih sering masak sendiri karna kalo dipasar kadang darah hewan nyampur". Tapi kalo skrg aku gatau kayak gmn bali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senangnyaaa.. setidaknya gak terlalu penasaran seperti kami2 yang belum pernah kesana. :)))

      Delete
  12. Aku belum pernah ke Baliiii dan kepengen banget kesana ��.

    ReplyDelete
  13. Saya malah pertamakali ke Bali buat liputan bom bali, kalau ngak juga ya paling ngk kesana juga hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wih, ngeri-ngeri sedap ya mba, aku bayangin suasana tegangnya kayak apa.

      Delete
  14. Saya juga baru kemarin pertama kali makan masakan bali, namanya Nasi Campur Bali ^^

    ReplyDelete
  15. Sama kayak ibuku nih, padahal udah dikasih referensi banyak wilayah indonesia yang lebih bagus dari Bali. Tapi tetep aja ibuku pengennya ke Bali. Hehehehe... Tp emang sih, kuliner bali emang 'beda', citarasanya khas. Pedes2 nikmat gitu.... nyaammmsss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bumil bikin ngiler sore2 nih, haha. Iya emang, pesona Bali begitu memikat banyak orang ya Dek :))

      Delete
  16. Aku udah tiga kali ke Bali, tapi tetap makannya pilih mi rebus seperti di Semarang, hahaha. Pilih aman sih kalo nyari makan di sana. Pernah juga ngicipi pelecing kangkung di Bali :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga ya, harus hati2 juga saat memilih menu, harus cari info dulu sepertinya sebelum kesana. Emang harus cari aman ya mba, hihi. Thank you sharingnya Mba Hidayah :*

      Delete
  17. Di Jogja juga ada Bebek Tepi Sawah cabang Ubud. Tapi belum pernah ke sana. Kuliner Bali yg wajib itu di Jimbaran. Seafood-nya enggak ada yg ngalahin. Makan di tepi pantai Jimbaran. Romantisss bangett. Semoga segera terwujud jalan2 ke Bali ya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jimbaran, NOTED! Aku emang udah ngincer mba, abisnya banyak temen yang foto disana saat mrk dinner, suasana romantisnya berasa banget ya. TFS ya mba Noni :*

      Delete
  18. Aku juga belum pernah ke Bali nih Mbk Hani S.
    Toss deh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, TOSS Dek Bowo! Semoga besok2 kita di sponsorin kesana ya, ngareeeep :)))

      Delete
    2. Amin ya allah :)

      Doa dan usaha yang kenceng :)

      Delete
  19. Saya pernah ke Bali, jaman masih SMP. Habis itu lupa rasanya.



    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, ayook kesana lagi sama akuuuuu :)))

      Delete
  20. Kayaknya aku belum sah ke Bali deh Han, soalnya belum pernah makan bebek ini dan belum pernah makan ayam betutu khas Bali juga huhuhu...

    Berarti fix harus kesono lagi ini mah hehehe...
    Semoga bisa bareng2 ke Bali yaaaah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiiiiin, iya dong Bi, jangan ke Korea mulu, ke Bali aja sama aku yuk, tapi kalau aku di ajakin ke Korea gak bakal nolak juga sih, haha.

      *aku kan celamitan*

      Delete
  21. tetangga saya org Bali, sering pulkam ke sana, pengen ngikut krn pernah diajak, tapi balik lagi anak2 gimana yaa? kan sekolah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang bagian anak juga aku banget mba, yang aku bayangin kalau ke Bali adalah liburan sekeluarga kesana, pasti seru banget! hihi, semoga kita bisa kesana plus anak2 tercinta ya mba Lia, Amiiiin :*

      Delete
  22. Smoga diringankan langkah mengunjungi Bali mbak Hani, amiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ke Tanah Suci terlebih dulu ya Mas, abis itu Bali, haha. Amiiiin

      Delete
  23. Pernah ke Bali, tapi waktu itu msh polos, kagak ngarti apa2. Sambal Bali aja nggak makan, ahahahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi aku, masih polos muda belia gini. *uhuks*

      *gak nyadar usia* LOL

      Delete
  24. Aku udah, tapi tetep di sana makannya banyak pilih2 dan larinya ke masakan sunda hahahaaa, sambal terasi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya aku kalau kesana bakal gitu juga deh, tetep yang dicari cocolan sambal ala2 Sunda. Numpang Bobo dan foto2 doang da niatnya juga, makan mah kalau perlu bekel dari rumah ya, wkwkwk

      Delete
  25. Banyaaaak banget yg bisa dicoba di Bali selain menu tradisionalnya.. Hmm, setelah dipikir-pikir aku jarang cerita traveling ke Bali padahal udah bolak-baliiik hehehe

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar dengan baik di laman ini.

Part Of Author

Part Of Author
Buku Antologi Pertama & Kedua

My Voice Over Here

Like us on Facebook

Subscribe