3 Tips Membuat Kafe Outdoor yang Natural dan Nyaman

Saturday, October 29, 2016


Sesekali, bahas tentang peluang usaha di bidang kuliner yuk! 

Berhubung saya doyan makan walau badan gak gede-gede, kadang kepikiran buat buka usaha sendiri di bidang kuliner. Bikin apa kek, resto minimalis atau kafe Outdoor. Kan gak ada yang tau besok atau lusa, kita masih akan bertahan di Kantor kita saat ini, atau malah pendi (pensiun dini).

Sepanjang saya melakukan liputan sebagai Blogger yang membuat saya jadi "anak jalanan" di Jabodetabek ini, saya jadi melihat perkembangan bisnis kuliner mulai dari tempat-tempat strategis hingga daerah "nyempil" yang semakin "menggila". Semakin hari semakin banyak kafe yang bermunculan dengan berbagai konsep. Ada kafe yang menawarkan konsep makanan tertentu seperti stroberi, coklat, atau steak. Ada juga kafe yang memiliki keunikan desain interior atau eksterior yang tidak dimiliki oleh kafe lainnya. Masing-masing kafe tentunya memiliki kelebihan atau keunikannya masing-masing ya Gaeess.

Gak cuma sebagai tempat makan, kafe juga bisa digunakan sebagai tempat kumpul bareng teman dan keluarga. Gak cuma di kota-kota besar, kemunculan berbagai jenis kafe dengan konsep baru pun sudah bisa kita temukan di berbagai wilayah. Salah satu kafe yang banyak diminati saat ini adalah kafe bertema outdoor. Biasanya, kafe kayak gitu menggunakan tenda-tenda macam gazebo ya,  yang bisa dibeli di toko jual tenda tertentu. Keuntungan yang didapatkan dari bisnis ini pun gak sedikit, lho.

Nah Gaeess, kalau kita emang berminat membuka usaha dengan konsep kafe outdoor, ada 3 (tiga) tips yang harus kita simak seperti berikut ini nih :

1. Carilah lokasi yang cocok.
Hal pertama yang harus kita pikirin adalah mencari lokasi yang cocok. Kafe dengan konsep outdoor biasanya cocok kalau berada di daerah yang masih banyak lahan terbuka hijaunya atau di lokasi yang dekat dengan taman kota. Bukan berarti kita gak bisa mendirikan kafe dengan konsep outdoor di tengah kota lho ya. Tapi konsep outdoor kafe akan semakin sempurna jika lokasinya mendukung.

2. Belilah tenda cafe yang berkualitas.
Kafe yang memiliki konsep outdoor akan memerlukan lebih banyak space di luar bangunan. Untuk itu, kita perlu menyediakan tenda dengan jenis tenda kafe atau tenda gazebo. Kalau pengen dapet tenda yang kualitasnya baik, kita bisa beli tenda di tempat jual tenda terpercaya, sekarang kan banyak tuh yang jualan baik online atau offline. Jangan lupa lakukan perawatan secara rutin karena tenda yang dipasang di luar cenderung sering terkena pergantian cuaca seperti panas dan hujan.

3. Buat kafe senatural mungkin.
Kafe outdoor atau semi outdoor sangat kental dengan kesan berbaur dengan alam atau lingkungan sekitar. Kita gak harus memaksakan dengan membuat taman atau menempatkan banyak tanaman di kafe tersebut. Untuk menonjolkan kesan alami, kita bisa menggantung beberapa tanaman sebagai hiasan dan membuat air mancur. Selain itu, pemilihan cat berwarna natural seperti coklat atau hijau juga dapat mendukung kesan natural kafe outdoor kita.

Nah Gaesss, itu tiga tips buat kamu kalau kepikiran mendirikan kafe outdoor seperti saya (walau entah kapan). Minimal ngumpulin ilmunya dulu sebelum direalisasikan. Ohya, sebelum beli tenda, jangan lupa survey dulu ke beberapa toko untuk mendapatkan harga jual tenda yang sesuai dengan anggaran kita yaaa, penting banget ini, haha. Oke, See you, Guys. 

Semoga bermanfaat! 
*Sponsored Post

You Might Also Like

2 komentar

  1. Aku dulu sukaaaa nongkrong di tenda seperti ini.. Masih banyak ya sekarang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih ada trend nya mba, kayaknya sih masih banyak yang suka nongkrong di cafe terbuka kayak gini, termasuk aku, haha :)

      Delete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar dengan baik TANPA link hidup di kolom komentar. Dan cukup pakai Url blog saja ya teman-teman di ID namanya.

Part Of Author

Part Of Author
Buku Antologi Pertama & Kedua

My Voice Over Here

Like us on Facebook

Subscribe