#InfoProperty : Peranan Realtor Dalam Membeli/Menjual Rumah.

Saturday, June 25, 2016


Adakah di antara kalian yang pernah mempunyai pengalaman menjual rumah sendiri dan menemukan berbagai kendala? terpikir untuk menggunakan jasa Realtor ngga?.

Di postingan #InfoProperty kali ini, saya ingin sedikit membahas tentang Realtor dan apa saja manfaat dari menggunakan jasanya dalam penjualan rumah.

Realtor adalah orang yang membantu dalam proses pembelian atau penjualan rumah.

Jasa Realtor dan Agen jual beli rumah sering kali terabaikan atau dipandang sebelah mata. Terutama saat kita ingin menjual rumah kita. Banyak anggapan bahwa menggunakan jasa mereka akan membuat proses penjualan rumah semakin membutuhkan banyak biaya. Anggapan ini merupakan sebuah kekeliruan.

Bila para calon penjual rumah memahami bagaimana mereka (Realtor-red) bekerja dan mengetahui hal-hal yang menjadi tanggung jawab mereka maka mereka akan berpendapat bahwa menggunakan jasa mereka merupakan sebuah ide yang baik.

Mengapa harus menggunakan Jasa Realtor?

Pertama, kita perlu mengetahui bahwa lebih dari 70% penjualan rumah sudah beralih menggunakan jasa para Realtor dan agen jual beli. Berdasarkan situs raleighrealtyhomes.com angka kepercayaan terhadap para Realtor dan agen jual beli rumah terus menanjak naik. Bila mengacu pada data tersebut kita dapat mulai mempertimbangkan keuntungan yang akan kita dapatkan bila menggunakan jasa mereka.

Selanjutnya, bila kita akan menjual rumah kita sendiri, terdapat kemungkinan kita akan lebih mengutamakan emosi dan perasaan ketimbang pemahaman terhadap realitas yang ada. Di khawatirkan hal tersebut dapat membuat kita menyesal di kemudian hari. 

Pengaruh emosi saat kita terjun dalam proses penjualan rumah biasanya akan membuat diri kita merasa paling benar, hal ini akan berdampak negatif pada pilihan-pilihan yang akan kita ambil khususnya menentukan harga jual rumah.

Kemungkinan yang juga di khawatirkan adalah saat kita menerima tawaran calon pembeli, kita akan langsung merasa sangat senang hingga membuat kita menjual rumah tersebut dengan harga dibawah standar seharusnya. Dengan menggunakan jasa Realtor, akan mencegah kita untuk mengambil keputusan keliru seperti itu dan membuat kita tetap bersabar sampai menemukan kesepakatan yang layak.

Alasan selanjutnya adalah, karena mereka mengerti setiap proses dalam penjualan rumah. Kita tidak perlu memikirkan proses yang melelahkan tersebut. Mereka sudah memiliki skenario tersendiri. Yang perlu kita lakukan hanyalah bersedia mengikuti arahan yang mereka berikan pada kita supaya rumah kita segera terjual dengan harga yang pantas.

Last but not least, tentunya kita juga harus pandai untuk memilih Realtor yang dapat dipercaya. Pilihlah Realtor yang sudah mempunyai jam terbang tinggi, ramah, tegas, dan profesional. 

Nah, sudah kebayang dong ya langkah apa yang sebaiknya kita lakukan saat akan menjual/membeli rumah? semoga artikel ini dapat membantu. Kalau teman-teman ada yang ingin menambahkan, silahkan simpan di kolom komentar ya, terima kasih.

* Sponsored Post

You Might Also Like

13 komentar

  1. Hahaha iya bener ya, udah kesenengan ada yg mau beli rumah, tanpa pikir panjang, bisa2 langsung agree dengan harganya. Mestinya kita harus mulai dgn survey harga pasar daerah situ ya, atau ga ya tanya realtornya deh ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadar emosinya dapat mendominasi ya, huhu

      Delete
  2. tapi bayar lagi neng :D
    cuma buat yang sibuk luamayan banget ngebantu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sist, bayar jasa, karena mereka bantu "keribetan" kita, haha.

      Delete
  3. Apakah realtor sama dengan agen jubel properti? Nuhun tulisannya informatif sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hampir sama Mba Liz, mereka sama2 mempunyai "skenario" sendiri dalam proses jual belinya, mereka juga punya list dan link yang cukup luas yang dapat mempermudah proses pemasaran.

      Sami2 Mba Liz, nuhun sudah mampir :)

      Delete
  4. Kirain tadi realtor nuklir, Mbak hehe. Memang kalau ada yang mewakili gitu jadi tega-tegaan ya soalnya kalau jual sendiri biasanya pakai perasaan sehingga jadinya jual rendahan dari harga sebelumnya. Asyiknya yang punya properti banyak dan bisa jual-beli ya..Semoga semua usaha dan pekerjaannya lancar Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, jangan dong Mas kalau Nuklir, nulisnya juga bisa deg2an. LOL

      Iya mas, balik ke Perasaan, sebagian orang kan Baperan (seperti saya, kadang2, haha). Dengan bayar jasa, bisa membantu memudahkan proses jual belinya juga. :)

      Delete
  5. Saya banget, lagi jual rumah orang tua. Pake jasa agen juga. Mereka udh punya jaringan sih ya, tapi saya jual sendiri juga biar cepet laku. Hehehehe. Dan bener banget ttg masalah emosinya...huhuhu...sentimentil gimana gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Smart Mba, memang sebaiknya kita juga ikut andil dalam penjualan walau di bantu Agen, bisa bantu lebih cepet laku, hihi. Semoga dapat harga yang sesuai ya Mba Lulu, bagaimanapun rumah Orangtua pasti punya History Value yang luar biasa, aku pun pasti sentimentil kayaknya :)))

      Delete
  6. Realtor memang sangat membantu.. Tapi harus yakin dan percaya karena banyak juga yang kurang oke :)

    ReplyDelete
  7. Beli rumah emang kudu hati-hati ya. Begitupun juga milih realtor harus yang pawai dan punya jaringan luas ;)

    ReplyDelete
  8. makasih gan buat infonya dan salam sukses

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar dengan baik TANPA link hidup di kolom komentar. Dan cukup pakai Url blog saja ya teman-teman di ID namanya.

Part Of Author

Part Of Author
Buku Antologi Pertama & Kedua

My Voice Over Here

Like us on Facebook

Subscribe