Kerjasama Affiliasi Blogger dengan Tiket.com? Layak Di Coba.

Thursday, February 18, 2016


Sabtu 13 Februari lalu, saya berkesempatan menghadiri sebuah acara di kawasan Sarinah, Thamrin Jakpus.

Acara #ngopibarengtiket ini sangat membuka wawasan serta peluang bagi para Blogger untuk lebih memaksimalkan blog nya dan mendapatkan penghasilan lebih. Waaah, dari tema nya saja sudah ketahuan sih ya sebenarnya, yaitu "cara mendapat uang dari blog".

Saya berangkat sendiri naik kereta dan turun di stasiun Gondangdia, dari sana langsung pesan ojek online deh. Gak pakai lama untuk sampai ke lokasi, Hongkong Cafe yang tepatnya ada di Jl. Sunda.

Sesaat setelah registrasi, saya langsung ambil makan, haha. Berasa banget laper nya setelah menempuh perjalanan jauh, halaahhh. Eh, ketemu sama senior-senior Blogger lho disana, makin semangat.

Lunch & Coffee break
Setelah membuat diri saya nyaman dengan duduk di kursi yang ada mejanya (disiapkan khusus bagi Blogger yang bawa lappy, ah baiknyaa) saya mulai memperhatikan sekeliling (sambil tetep makan, Lol). Terlihat antusiasme semua Blogger yang hadir, dan juga moderator serta Para Pembicara kali ini.

Setelah selesai makan siang, acara pun dibuka oleh MC dan kemudian di serahkan kepada Moderator cantik yaitu Mba Nuniek Tirta.

Mba Nuniek ini adalah pemilik blog www.nuniek.com yang sudah berjalan kira-kira sejak 12 tahun ini. Mba Nuniek juga inisiator Komunitas #startuplokal. Btw, ternyata Mba Nuniek juga sudah berafiliasi dengan Tiket.com dan mulai merasakan hasilnya yang lumayan.

Mbak Nuniek Tirta.
Penasaran gak sih? nanti kita cerita-cerita ya soal afiliasi ini. Haha, tahan duluuu.

Hadir Mas Gaery Undarsa sebagai pembicara pertama, saya  panggil "mas" aja gapapa ya, semoga beliau tidak keberatan, abisnya masih keliatan muda bangeeeet. Hihi.

Mas Gaery, adalah Co-founder dan Chief Communication officer dari Tiket.com yang sempat lama menetap di Kanada, tapi akhirnya memutuskan kembali ke tanah air dan membangun perusahaannya sendiri.
Mas Gaery Undarsa.
Menurut pemaparan nya, Tiket.com merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penjualan tiket (booking online for travel) yang 100% lokal dari mulai modal, SDM, dll. Hal tersebut tentu patut kita banggakan dong ya, terutama karena bisnis travel ini sangat prospektif.

Kemudahan yang diberikan kepada konsumen karena sifatnya yang online, membuat peminatnya terus bertambah dari waktu ke waktu. Itu sebabnya Tiket.com tumbuh menjadi sebuah Perusahaan yang menjanjikan.

Lalu tiket apa saja yang bisa dibeli di Tiket.com? Banyak! Dari mulai tiket pesawat, kereta, booking hotel, dan beragam event menarik. Selain itu, kita dapat menyewa mobil juga.

Dilanjutkan oleh Pembicara kedua, yaitu mba Indah Juli, yang merupakan Blogger senior dan co-founder emak-emak Blogger. Mbak indah ini sebenarnya lebih dikenal dengan sebutan "Makpuh" di kalangan Blogger.

Makpuh semangat datang dari Jogja ke Jakarta untuk berbagi pengalaman dan ilmunya di dunia blogging yang sudah di gelutinya bertahun-tahun. Setelah sebelumnya Makpuh resign dari pekerjaannya selama sepuluh tahun di salah satu stasiun televisi swasta.

Makpuh Indah Juli.
Semenjak resign itulah, Makpuh mulai serius Blogging, job demi job datang menghampiri dan memberikan pelajaran berarti sehingga Makpuh saat ini menjadi profesional Blogger.

Makpuh bilang, saat kita mendapat tawaran job review, pertama-tama harus dikenali dulu produknya. Kan "tak kenal maka tak sayang", selain itu produknya sebisa mungkin harus di coba sendiri dulu, biar mantap nge-review nya.

Kalau pihak klien/Agency nya gak ngasih sample produknya gimana? ya BELI dong. Sedikit berkorban uang untuk beli produknya kan gak masalah, justru akan menunjukan keseriusan kita mengerjakan review nya, jangan sampe apa yang kita tulis hanya berdasarkan "kata orang". Hemm, nah tuh setuju banget deh. Selain itu kan nantinya pihak klien akan lebih menghargai hasil review kita dan tidak menutup kemungkinan job lainnya menyusul, Amiiiin.

Masih menurut Makpuh, Blogger sebaiknya pintar memilih produk yang akan di review, setelah di pelajari produknya, sebaiknya diteliti kembali apakah sesuai dengan niche blog kita atau tidak?. Kalo bagian yang ini, blog "Kacamata Hani" ini juga gado-gado sih ya walaupun sudah ada yang menyebut "entertainment blog" tapi kadang masih ada unsur curhat-curhat yang gak entertain sama sekali, haha. Tapi kalau review produk untuk anak, tentang parenting dan keluarga, di usahakan sih di tulisnya di blog satu lagi yang http://rumahhanirandi.blogspot.com 

Makpuh merupakan salah satu Blogger senior yang sudah merasakan manfaat blogging terutama dalam mendapatkan penghasilan. Iya, siapa bilang blogging itu cuma "kerjaan main-main" doang, saat ini banyak sekali Blogger yang menjadikan blog nya sebagai "lumbung padi" yang menjanjikan. Dan banyak cara untuk menjadi seperti itu diantaranya dengan me-review produk, ikutan adsense, reportase berbayar, atau dengan cara yang di tawarkan oleh Tiket.com seperti yang satu ini.

Tiket.com Affiliate Partner.
Jadi, Tiket.com menyediakan koneksi berupa API (Application Programming Interface) bagi siapapun yang ingin membangun website pencarian, booking tiket atau aplikasi mobile,  akan di sediakan widget yang siap dipakai kalau kita ingin memberikan tambahan travel content atau adds on di blog/website kita. Selain itu, kita pun dapat menjadi agen dengan mengikuti program DOTA (Distribution Online Tiket.com Agent).

Kita bahas cara yang paling mudah kita ikuti saja ya manteman, seperti yang telah saya jalani beberapa hari ini yaitu mengikuti program affiliasi Tiket.com dengan memasang widget seperti yang bisa teman-teman lihat di sidebar kanan atas blog saya ini.

Caranya bagaimana?.
Caranya gak susah kok, teman-teman bisa langsung masuk ke http://www.tiket.com/affiliate seperti yang ada di gambar ini, jangan lupa log in kemudian klik "daftar sekarang". Setelah masuk ke https://www.tiket.com/partner/dashboard langsung klik website/blog (yang di bulatin warna merah ya), isi dataa yang lengkap, dan ambil kode nya untuk di pasang di blog kita, selesai.

Sebagai gambaran, bisa lihat di beberapa capture di bawah ini.



Klik gambar untuk memperbesar
Seperti yang disampaikan oleh Bapak Novasta, enaknya menjadi partner, kita diberikan pengarahan oleh pihak Tiket.com, jadi kalau ada apa-apa yang kita gak ngerti, bisa langsung ditanyakan. Dan semua kerjasama dengan Tiket.com lowrisk lho, aman nyaman dan tentram banget deh ya, haha.

Ohya, di acara #ngopibarengtiket juga turut hadir Bapak Adam, yang sudah membuktikan keberhasilannya sebagai partner affiliasi tiket.com, sebelumnya pak Adam hanya konsumen biasa dan di tahun 2015 kemarin pak Adam mulai memasang widget, eh ternyata banyak banget yang pesan tiket di web nya.

Yang penting lagi nih, kita bener-bener GAK RIBET, gak usah ngapa-ngapain, tau-tau dapat komisi kalau ada yang booking tiket melalui widget yang ada di blog kita, enak bangeeeet.

Bpk. Novasta
Sumber : FB Tiket.com
Sumber : Doc. Mbak Memez
Sumber : FB Tiket.com
UPDATE INFO
Setelah sukses memasang widget, teman-teman jangan lupa untuk mengirim hardcopy PKS dan Legalitas ke pihak tiket.com nya ya, dalam hal ini kita merupakan PERORANGAN. Hal tersebut untuk kepentingan saat menarik komisi (withdraw). Untuk info lebih lanjut menganai hal ini, bisa menghubungi ke email partner.tiket.com

PS : 24 Mei 2016
Widget Tiket.com belum di pasang kembali pasca penggantian template.

You Might Also Like

15 komentar

  1. Wah patut dicoba neh affiliate sama tiket.com terimakasih infonya :-)

    ReplyDelete
  2. Waah...asik juga nih bisa afiliasi sm tiket.com. Boleh dicoba..

    ReplyDelete
  3. makasih udah di share ya Hani, aku gak ikutan soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mba Lid, iya aku gak lihat Mba Lidya di Hongkong Cafe waktu itu, hiks.

      Delete
  4. Thanks infonya mbak hani, jadi tertarik mau coba juga.

    ReplyDelete
  5. Wah.. nanti kalau mau tau lebih dalam saya kontak Mbak lewat FB yaaah ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, boleeeh. Tapi kalau aku gak ngerti jawabnya, aku lempar ke email partner@tiket.com yaaa :D

      Delete
  6. Aku mah apa . Reader aku baru 8000 . Followers 2 org ehhehehehe mau pasang ini tapi huhuhuhu gag bakal ada yang order dari aku juga hehehe thanks for sharing mbak. One day~

    ReplyDelete
  7. Sekedar nanya ya, Mbak. Untuk tahu prospeknya. Kan sebelum memulai sesuatu harus ada gambaran nanti ke depan gimana. Nah, kalo Mbak Hani sudah jalan berapa bulan berarti afiliasinya dan dapet komisi berapa? Terus, ini cocok gak sih dijalanin oleh blogger yang blognya bukan tentang travel? Trims.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar dengan baik TANPA link hidup di kolom komentar. Dan cukup pakai Url blog saja ya teman-teman di ID namanya.

Part Of Author

Part Of Author
Buku Antologi Pertama & Kedua

My Voice Over Here

Like us on Facebook

Subscribe