Fun Blogging 8 : Ngeblog Itu Menyenangkan dan Menghasilkan.

Sunday, January 10, 2016


Alhamdulillaaah.. hari yang ditunggu akhirnya tiba. Hari dimana saya bisa belajar banyak dari ketiga senior Blogger yang biasa di panggil "Cikgu".

Yuuups!! Akhirnya bisa ikutan di kelas Fun Blogging yang ke delapan. Setelah sekian kali coba ikutan tapi gagal. Alhamdulillah "jodohnya" ternyata di penghujung tahun 2015 dapat kesempatan untuk menimba ilmu kembali. Tema dari Fun Blogging adalah “Dari Hobi menjadi Profesi”.

Pagi itu saya berangkat ke Fun Blogging 8 nebeng Mba Memez (pulangnya pun nebeng, udah kenyang, uang trasport aman, rezekiii), dan kami dapat tempat duduk di depan. Wah, strategis banget untuk menyimak setiap materi.

Sesi satu.
Acara di mulai dengan sambutan dari Ibu Marta Simajuntak selaku perwakilan dari IWITA. Beliau membahas mengenai fenomena Blogger saat ini.

Marta Simajuntak.
Dilanjut Mba Dewi selaku perwakilan dari Sarihusada. Teman-teman pasti sudah tahu kan ya betapa Sarihusada terus memberikan sumbangsih terbaiknya bagi Bangsa.

PT. Sarihusada Generasi Mahardhika (Sarihusada) adalah perusahaan yang memproduksi berbagai produk nutrisi ibu hamil dan menyusui dan anak dengan rasa yang enak, terjangkau serta berstandar internasional. Sarihusada sendiri sudah beroperasi di Indonesia sejak tahun 1954 sebagai wujud nyata Program Kecukupan Protein Nasional yang di selenggarakan Pemerintah Indonesia bersama Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). 

Sarihusada merupakan bagian dari Danone Nutricia Early Life Nutrition, sebuah perusahaan nutrisi yang tersebar di beberapa Negara di dunia dengan lebih dari 100 tahun pengalaman menyediakan nutrisi terbaik bagi buah hati. Di dukung oleh lebih dari 400 ilmuwan, Danone Nutricia Early Life Nutrition telah menghasilkan 263 penelitian dan 147 inovasi mengenai ASI dan nutrisi awal kehidupan. Sebagai bukti komitmen Danone Nutricia Early Life Nutrition terhadap nutrisi telah berhasil di buktikan sebagai Peringkat 1 Penghargaan International Access to Nutrition Index (ATNI) pada tahun 2013. Sumber  : www.sarihusada.co.id/Tentang-Kami 

Wah, terlihat jelas bukti nyata dan sumbangsih dari Sarihusada terhadap Bangsa kita, Sarihusada sangat peduli akan kesehatan para kaum Perempuan dan anak Indonesia sebagai generasi penerus yang seyogyanya di jaga, di lindungi, dan di pastikan kesehatannya. Saya termasuk salah satu yang bangga dengan keberadaan Sarihusada di Indonesia. 

Dewi.
Sesi dua.
Dilanjutkan dengan "Cikgu" pertama, Mba Haya Aliya Zaki yang menyampaikan materi nya tentang Writing Great Content. Mba Haya menjelaskan juga tentang boleh atau ngga nya kita menggunakan blog pribadi sebagai media untuk mendapatkan penghasilan dan bagaimana cara mengoptimalkan nya. Intinya, itu boleh selama tulisannya menyentuh kehidupan sehari-hari. Dan yang paling harus di perhatikan oleh seorang Blogger adalah konten. Daaaan, tidaaak boleh copaaas ya mantemaaan, itu "diharamkan". 
“Content is King, Promotion is Queen – Bob Mayer”
Tidak sampai disana, Mba Haya menjelaskan tentang seberapa penting Networking dibandingkan skill, pun sebaliknya. Juga tentang komposisi dalam penerapan foto, konten dan informasi dalam sebuah blog. Selain itu, para peserta Fun Blogging 8 juga di ingatkan kembali dalam penggunaan 5W + 1 H. Dengan penjelasan dari Mba Haya, kami para peserta dapat banyak ilmu supaya kami dapat membuat tulisan yang lebih "bertenaga".

Haya Aliya Zaki.
Penjelasan Mba Haya seolah "menyentil" saya yang terkadang tidak memperhatikan EYD dengan baik dan benar, terutama untuk penggunaan titik yang terlalu banyak di akhir kalimat, padahal itu tidak perlu. Haha, kebiasaan jelek saya memang itu, kadang membiarkan suatu kalimat "menggantung".

Mba Haya memberikan games kepada Peserta dengan menulis menggunakan tangan kiri, atau kanan bagi yang kidal. Kami di minta menuliskan tentang mimpi yang ingin di capai sebagai seorang Blogger. Seperti hal nya teman-teman yang lain, saya pun punya mimpi saya sendiri, salah duanya adalah seperti yang di foto ini, mudah-mudahan terbaca ya mantemaan, hihi.


Mimpi-mimpi yang di tulis dengan susah payah, haha. Amiiiin

Setelah ishoma, sesi berlanjut ke "Cikgu" selanjutnya yaitu Mba Shinta Ries dengan tema Advancing Your Blog Platform. Seperti biasa, Mba Shinta selalu menjelaskan semua materi dengan gaya khas nya yang santai, penuh canda, namun tetap syarat akan ilmu. Gaol abiiiiis, fresh lihatnya.

Para Peserta begitu serius memperhatikan setiap penjelasan Mba Shinta. Agak "berat" memang, mengingat yang di bahas seputaran Google Analytics. Tuing-tuing!!

Ini nih, padahal sudah dapat penjelasan lebih dari sekali, tapi saya kadang masih bingung bagaimana caranya blog saya supaya dapat terhubung ke Google Analytics. Syukurlah, di Fun Blogging 8 ini saya kembali di ingatkan.

Template dan warna font yang salah juga ternyata dapat berakibat "fatal" untuk blog kita. Saya jadi ingat blog saya sebelumnya, dulu saya pasang template dengan nuansa "full black", walaupun tulisannya warna putih, tapi tetap aja ya kesannya "gothic" banget, aneh.

Di Fun Blogging 8, Mba Shinta pun gak pelit ngasih "bocoran" layout yang tepat untuk blog. Wah, pulang dari kelas Fun Blogging, kayaknya langsung pada ganti layout nih.

Dan yang lebih menggembirakan, semenjak mengikuti Fun Blogging 8, saya mempunyai keberanian lebih untuk membuat rate card blog saya sendiri, walaupun belum sebagus teman-teman yang lain. Masih seadanya sesuai kemampuan. *yang penting dapat PD nya dulu* LOL.


Shinta Ries

Sesi Tiga.
Lanjut ke "Cikgu" terakhir, Teh Ani Berta dengan tema How to Monetize Your Blog through Branding.  Walau hari kian sore dan matahari kian turun, semangat para Peserta justru semakin tinggi.

Lagi-lagi kami terbengong-bengong dengan segudang Prestasi Teh Ani berkat blogging. Teh Ani memang di kenal sebagai sosok Blogger yang sangat Down to earth alias membumi. Teh Ani mengingatkan kami untuk menulis tanpa "pamrih" dan selalu di niat kan untuk berbagi hal -  hal positif. Dengan niat tulus, segala bentuk kebaikan -  kebaikan dalam hidup, akan menghampiri di waktu dan tempat yang tidak kita duga sebelumnya. Dan Teh Ani membuktikannya, luar biasa!

Banyak Prestasi yang Teh Ani dapatkan semenjak blogging, baik materi maupun non materi. Lebih dari itu, salah satu prestasi luar biasanya adalah dapat di percaya beberapa instansi Pemerintahan untuk menjadi duta. Woww!!
Selain blog, teh Ani juga mengingatkan para peserta untuk "memperlakukan" setiap akun sosial media nya dengan baik. Entah cara kita menulis status, ataupun menyebarkan status oranglain (share/retweet). Ibaratnya, kita menanam kebaikan, maka yang akan kita tuai adalah kebaikan. Pun dalam bersosmed.

Pencapaian Teh Ani semenjak fokus menjadi Blogger Profesional dan berani melepas pekerjaan kantoran nya, sangat memotivasi Para Peserta Funblogging8, termasuk saya.



Mengenal sosok Trio Fun Blogging adalah berkah tersendiri. Yang memotivasi saya untuk tidak berhenti belajar menulis konten dengan lebih baik.

Menurut Teh Ani, Domain sendiri atau gratisan, bukanlah masalah. Selama kita konsisten menulis dengan konten yang baik, blog gratisan juga dapat berprestasi (dan menghasilkan). 

Oh iya, disini Teh Ani juga membocorkan rahasia bagaimana caranya supaya Blogger mendapatkan job, salah satunya adalah keaktifan menyebar link di sosmed, karena hal tersebut dapat membuka peluang blog kita "di temukan" oleh Agency.

Teh Ani juga mengingatkan supaya para Blogger membiasakan diri untuk fokus dalam sebuah event Blogger, jangan ngobrol, jangan menciptakan forum di dalam forum, xixixi.

Disini saya juga baru tahu kalau Teh Ani adalah seorang Ghost Writer untuk orang-orang terkenal, hebat yaa walaupun (kerugiannya) nama Teh Ani tidak di cantumkan di blog tersebut sebagai Penulisnya, tapi sangat luar biasa disaat kita di percaya untuk mengisi konten dari blog seorang terkenal dan berpengaruh, itu artinya tulisan kita sudah di akui bobot dan kualitasnya. 

Di sesi tanya jawab, saya bertanya kepada teh Ani tentang bagaimana menyikapi Klien yang sewaktu-waktu merubah jadwal meeting/briefing padahal saya harus menyesuaikan dengan jadwal kerja saya di kantor. Teh Ani memberikan jawaban yang membuat saya lebih Percaya Diri, yaitu Komunikasi. Di saat saya tidak dapat memenuhi jadwal meeting/briefing di karenakan bentrok dengan jam kerja, saya dapat menyampaikannya (tanpa takut) kepada pihak Klien supaya dapat dicari solusinya. 

Tentu saja, ketika klien memberikan kemudahan kepada kita dalam hal waktu, maka kita pun harus memberikan "reward" kepada klien, contohnya dengan memberikan bonus promosi di beberapa akun sosmed, dll.

Komunikasi memang sangat penting ya teman-teman, apapun dapat di selesaikan selama kita mau membicarakannya baik-baik.

Lalu bagaimana dengan Klien yang tidak memberikan kelonggaran secara waktu? mau gak mau memang kita yang harus berusaha untuk menyesuaikan. Dan kalau memang tidak ada solusinya, mungkin job tersebut "terpending" untuk jadi rezeki kita. Hihi, jangan berkecil hatiiii, berdo'a saja besok-besok jadi rezeki kita atau malah di ganti dengan yanglebih baik. Amiiin.

Yang penting kan semangat menulisnya yang gak surut ya. Walaupun saat ini time management saya masih berantakan (semenjak saya kembali bekerja), namun keinginan untuk terus menulis itu sangat tinggi 


Ani Berta.
Back to topic, jadi mungkin gak sih seseorang dapat "hidup" dari penghasilannya sebagai seorang Blogger? jawabannya adalah, mungkin BANGET. Buktinya sudah saya temui sendiri, ya para Cikgu ini. Sempat melamun, suatu saat saya ingin menjadi seperti mereka saja.

Saat ini banyak sekali Perusahaan besar yang lebih memilih Blogger untuk media promosi brand mereka, karena memang benefitnya lebih banyak. Menjadi Blogger bukan lagi sesuatu yang harus membuat kita "kecil hati" dan dianggap buang-buang waktu saja, karena dengan menjadi Blogger maka kita dengan senang hati meluangkan waktu untuk menulis hal-hal yang terkadang dianggap remeh padahal sebenarnya dapat bermanfaat dan infonya di cari orang banyak. Lebih dari itu, dapat membantu kita menambah penghasilan. Kan lumayan kalau uang dapur sudah tertutup dari penghasilan blog kita, uang belanja dari Suami dipastikan amaaaan dan masuk kantong.

Wah, gak berasa udah panjang aja tulisan ini. Sebenarnya masih banyak info-info penting yang di dapatkan di Fun Blogging. Para Cikgu sepakat membagikan dan membocorkan kiat-kiat sukses mereka, dan sama sekali tidak terkesan menutupi ketika para Peserta bertanya, mereka menjawab dengan gamblang dan detail. 

Ternyata masih banyak PR saya, dari mulai memperbaiki time management hingga memperbaiki konten masih harus saya pelajari dengan baik. Melihat semangat teman-teman Blogger lain dalam menulis dan dengan sejuta berkah Bloggernya, turut menyulut semangat menulis saya. Walau sejauh ini, saya memang tidak terlalu memaksakan diri saya untuk menulis rutin setiap berapa hari sekali karena keterbatasan waktu.


Dokumentasi Fun Blogging 8. Seruuuuuu!!!


Yeayy , kesampaian foto bersama "3 Cikgu". :v
Berkah Blogger lainnya, Silaturahmi. With Mbak Memez & Mba Echa. :*

Seluruh Peserta. Sumber : FB IWITA
Officially. Alhamdulillah. *Senyum lebar*
Nice Quote.

Bagi yang penasaran, apa saja ilmu pentingnya, jangan lewatkan untuk ikutan FUN BLOGGING 9 yaaa, dijamin gak bakal nyeseeel.

You Might Also Like

26 komentar

  1. Semoga Fun Blogging 9 jadi diadakan di Semarang....nggak sabar pengen belajar

    ReplyDelete
  2. Wah seruuuu... liputannya lengkap nih. Semoga keinginannya terwujud yah, Mba Hani

    ReplyDelete
  3. moga fun blogging nyampe di semarang aamiin :) makasih liputannyaaa..seruu...

    ReplyDelete
  4. waah sertifikatnya printed ya..klo waktu fun blogging 5, digital eh maksudnya soft file aja di email ke masing2

    ReplyDelete
  5. Asik banget acara Fun Bloggingnya, banyak rejeki ilmu :)
    Makasih ya sudah berbagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 saaay.. Alhamdulillah banyak rezeki ilmu dan silaturahminyaaa :*

      Delete
  6. asik banget ya dapat ilmu dan ketemu banyak teman

    ReplyDelete
  7. Makasih Mba Hani, udah mau share ilmunya. Bermanfaat syekali nih..*ketularan semangatnya��

    ReplyDelete
  8. Kegiatan yang sangat bermanfaat sekali nih...

    ReplyDelete
  9. Keren banget emang 3 ciku funblogging ini ya. Ga sabar nunggu episode berikutnya di semarang

    ReplyDelete
  10. Menghasilkan nggak harus berbentuk uang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuuu, silaturahmi dan ilmu (terutama) itu merupakan rezeki tak ternilai :)

      Delete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar dengan baik TANPA link hidup di kolom komentar. Dan cukup pakai Url blog saja ya teman-teman di ID namanya.

Part Of Author

Part Of Author
Buku Antologi Pertama & Kedua

My Voice Over Here

Like us on Facebook

Subscribe