[Liputan Kuliner] Mengenal Lebih Dekat Pisang Turki Azuwa Dari Garut

Saturday, March 07, 2015

Disaat kita berkunjung ke suatu Kota, biasanya ada saja yang dicari buat oleh-oleh tergantung dari ciri khas Kota tersebut. Dimulai dari makanan, pernak pernik kerajinan, dan yang lebih nggak boleh ketinggalan lagi adalah moment untuk bernarsis ria di tempat-tempat menarik yang ada di sana. Setuju nggak teman-teman? hehe..


Naah, kali ini saya nggak jauh-jauh ngajakin kalian untuk berwisata kuliner, karena pada saat saya mudik beberapa bulan lalu, saya nyempetin untuk icip-icip salah satu cemilan yang saat ini happening di Kota kelahiran saya, Garut.

Namanya unik, rasanya lebih unik lagi, dan yang pasti ini lezat bergizi mengenyangkan. *nomnom*
Pisang Turki Azuwa!!! Wiiih, apaan tuh??? *mata mejem sebelah*
Saya dan suami pesan ukuran sedang. Bikin nagih!! #GarutCulinary

Doc : Pribadi

Jadiiiiii, sebelum ke Garut, saya sempet lihat di beranda facebook saya jenis makanan satu ini, langsung ngiler waktu lihat fotonya. Dan beruntungnya lagi, saya malah jadi kenalan sama pemiliknya. Aaah.. siapa tau bisa jadi sahabat (bagai kepompong yang merubah ulat menjadi kupu-kupu) yang akan memberikan semangat untuk saya berbisnis di bidang kuliner juga, ya kaaan? berguru aaaah.. wkwkwk


Suami saya cepet banget ngabisin Pisang Turkinya :D

Sedikit "usaha" saya untuk berguru adalah dengan mengenal terlebih dahulu Pisang Turki ini. Saya pun melakukan sesi wawancara dengan pemiliknya yang sangat someah (ramah) dan komunikatif. Walau tidak sempat bertatap muka langsung dan akhirnya kami melakukan wawancara by email.
Bagaimana isi wawancaranya? di simak yuuuk.. siapa tahu bisa menambah wawasan dan menginspirasi teman-teman juga.


Hani : Wilujeng enjing (selamat pagi) kang, punten (ma'af) ganggu sebentar, saya dengan Hani, ingin sedikit wawancara yang berhubungan dengan usaha Pisang Turkinya, kalau Kang H. Aep berkenan.

Narsum : Gak ganggu teh Hani, dengan senang hati. 

Hani : saya penasaran nih kang bagaimana asal mula tercetus ide utk buka usaha Pisang Turki ini, dan kenapa dinamakan Pisang Turki?

Narsum :  Awalnya buka usaha rumah makan milik sendiri (Saung Malayu), manfaatin tempat sendiri yg kebetulan tempatnya dipinggir jalan. Setahun berjalan untuk melengkapi varian menu rumah makan selain makanan berat, saya mencari menu yg sekiranya khas dan hanya ada di tempat kita, akhirnya saya menemukan menu pas yg berbahan dasar dari pisang. Kebetulan digarut buah pisang sangat melimpah terutama di Garut Selatan (Garut kidul kalau dalam bahasa Sunda). Setelah coba diolah dan dipasarkan ternyata peminatnya cukup antusias, untuk melebarkan sayap dan dikenal khalayak ramai kita mulai memperkenalkan olahan pisang ini melalui roda2 dipinggir jalan dan respon pembeli juga sangat positif. Karena pisang turki asli dari Garut Selatan (kidul),  pisang turki sendiri dalam bahasa sunda mempunyai arti "cau/pisang turunan kidul" sedangkan nama Azuwa dibelakangnya sebagai pelengkap saja yg diambil dari buah khas mekah yg merupakan kesukaan nabi yaitu kurma Azuwa. 

Hani : Usaha Pisang Turki sendiri kapan dimulai?

Narsum : Pisang Tuki Azuwa berdiri sejak Juni 2013 di Saung Malayu dan mulai diperkenalkan ke khalayak ramai melalui roda2 dipinggir jalan Agustus 2013.  

Hani : Ini usaha keluarga atau ada kerjasama dengan pihak lain, kang?

Narsum :  Alhamdulillah ini usaha kita sendiri. 

Hani : Sejauh ini, PT (Pisang Turki) sudah punya berapa cabang dan dimana saja, Kang?

Narsum : Alhamdulillah sudah ada 10 cabang, diantaranya di Tasikmalaya ada 3 cabang, Garut 3 cabang, Bandung 3 cabang, dan Sumedang ada 1 cabang. 

Hani : PT ini ada berapa varian rasa, jenis, dan range harganya berkisar berapa?

Narsum : Awalnya banyak macam varian rasanya seiring waktu berjalan kita ambil yg sering diminati oleh pembeli yaitu 10rasa diantaranya : Full keju/Keju susu, Coklat, Blueberry, Strawberry, Vanila, Durian, Lemon, Mangga, Apel, dan Cappucino.

Harga Pisang turki untuk varian rasa selain Full keju itu berkisar 6rb - 10rb untuk Garut dan Tasikmalaya. 8rb - 12rb untuk Bandung,Sumedang. Harga Pisang Turki untuk Rasa Full keju berkisar 8rb - 12rb untuk daerah Garut,Tasikmalaya dan 10rb - 14rb untuk daerah Bandung,Sumedang  

Hani : Untuk menjaga kualitas rasa, apakah semua bahan2 disiapkan sendiri atau ada supplier pisang/bahan2 lain?

Narsum :  Untuk menjaga kualitas tentunya kita ada supplier bahan2 baku dengan proses seleksi yg lumayan ketat karna bahan baku mempengaruhi kwalitas makanan yg kita pasarkan, kebersihan dari cara pengolahannya pun hrus diutamakan karna mempengaruhi rasa pisang turki.  

Hani : Kalau boleh tahu, berapa omzet perhari dari seluruh cabang?

Narsum :  Omset bersih dari 10 cabang mencapai 1juta/hari (sudah dipotong biaya2) itu dihitung rata2 karna terkadang bisa lebih dari itu. 

Hani : Woww, lumayan juga ya kang, kira-kira punya target buka berapa cabang lagi? Dimana saja rencananya.

Narsum :  Target buka lebih dari 10cabang lagi, terutama dikota2 besar di Indonesia 

Hani : Pusatnya PT dimana? Boleh sebut alamat lengkapnya?

Narsum :  Pisang Turki Azuwa berpusat diSaung Malayu jl. Raya Samarang Kp.Malayu RT 02/ RW01 Desa Cintarakayat Kec. Samarang Kab. Garut 44161 (Sebelum Pom bensin malayu)  

Hani : Apa harapan dibukanya usaha PT ini untuk kemajuan usaha kuliner khususnya di Kota Garut?

Narsum : Harapannya Pisang Turki Azuwa ini bisa lebih dikenal oleh khalayak banyak diluar Garut, mengharumkan nama Garut khususnya bahwa potensi makan-makan dikota Garut masih banyak perlu kita olah2 lagi lebih inovatif, kreatif sehingga Garut lebih dikenal lagi terutama di bidang kulinernya. 


Hani : Adakah Pesan2 utk pengusaha muda di bidang sejenis (kuliner), baik di Garut ataupun di Kota lain?

Narsum:  Kita sebagai anak Bangsa dan generasi muda, jangan mudah patah semangat dalam mengerjakan sesuatu sekecil apapun usaha yg kita lakukan, karena sekecil apapun usaha yg kita lakukan dengan penuh ketekunan dan percaya diri membangun mental tidak takut rugi, insyaallah kelak kita akan memetik buahnya dikemudian hari. 

Hani : Baik Kang, saya rasa cukup sesi wawancaranya, hatur nuhun untuk waktunya melakukan sesi wawancara singkat ini. Semoga usaha Pisang Turkinya semakin maju dengan cabang-cabang baru yang terus dibuka di berbagai Kota di Indonesia. Amin.

Narsum : Amiiin.. Sami-samiiii (Sama-sama).

Teman-teman, saya lampirkan Biodata narasumber saya kali ini sebagai Profil yaa, barangkali ada yang membutuhkan informasinya dan mungkin malah tertarik untuk bekerjasama membangun usaha kulinernya. Siahkaan.. :)

Nama lengkap : H. Aep Saepudin  
TTl : Garut, 7 April 1977 
Alamat : Jl. Raya Samarang Kp. Malayu  RT 02/ RW01 Ds. Cintarakyat Kec. Samarang Kab. Garut

So, bagaimana? ada yang sudah mulai "ngiler-ngiler" pengen nyobaikn Pisang Turki? Silahkan merapat ke cabang terdekat!! Di jamin, enyaaaak!!


You Might Also Like

10 komentar

  1. Duh.... pisang yaa:D Favorit banget sama all about banana....
    Di Surabaya belum ada cabangnya yaaaa :(
    Ahmauk!

    ReplyDelete
  2. Aduuhh pisangnya bikin ngileerrr. 1 porsi itu pisangnya ada brapa mak? Gede yaa pisangnya?

    ReplyDelete
  3. Kruyuk....bikin perut keroncongan...enak sekali pisangnya. Blogwalking...salam

    ReplyDelete
  4. Pisang memang buah serbaguna, bisa diolah menjadi aneka makanan dan minuman yang lezat.
    Terima kasih liputannya yang bermanfaat
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  5. wah, saya yg urang Garut malah ketinggalan 'kereta' nih ...
    nuhun liputannya, Han

    ReplyDelete
  6. Pisang makin seksiiiiih ya Mak
    Di Surabaya juga ada pisang yg kasih topping nutella, green tea, dll.
    Namanya Gorengan Girang
    Aku belum pernah ke sono siiy, tapi jadi mupeng abis baca postingan enih :))

    ReplyDelete
  7. kayaknya gede banget ukuran pisangnya, ya

    ReplyDelete
  8. ngeliatnya enak bangeeet ya pisangnyaaa :)

    ReplyDelete
  9. Nikmaatnyaa... jadi pengen nyobain nih

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar dengan baik TANPA link hidup di kolom komentar. Dan cukup pakai Url blog saja ya teman-teman di ID namanya.

Part Of Author

Part Of Author
Buku Antologi Pertama & Kedua

My Voice Over Here

Like us on Facebook

Subscribe