Manfaat Infused Water Bagi Kesehatan

Wednesday, December 03, 2014

Lemon infused water, my favorit one
Infused water atau air minum yang diberikan potongan buah di dalamnya belakangan menjadi tren yang saya ikuti juga. Berbekal informasi yang saya dapatkan dari internet bahwa infused water ini bagus untuk kesehatan, saya pun awalnya coba-coba dan berakhir dengan ketagihan.

Infused water sendiri banyak sekali macamnya tergantung buah apa yang kita suka, atau beberapa buah sekaligus di mix dan dimasukan ke dalam air putih yang akan kita minum. Rasa dari air putih tersebut tentunya akan berubah dan beraroma sesuai dari buah yang dimasukan. Dari sekian banyak buah, saya memilih lemon.

Sedikit curcol, saat ini saya sedang menjalankan terapi untuk terlepas dari ketergantungan obat alergi (jenis Dexamethasone) yang sempat membuat berat badan saya naik drastis hingga saya memiliki moon face, awal berhenti minum obat itu badan saya sakit dari ujung kepala sampai kaki, tapi dibantu dengan olahraga (renang) dan dukungan dari suami yang selalu siap siaga mijitin kalau2 istrinya “sakau”, ternyata infused water ini membantu badan saya jadi semakin segar dan berstamina, lho.. Alhamdulilllaah..

Kurang lebih dua bulan ini saya mengkonsumsi infused water, walaupun ngga setiap hari (tergantung stok buah di kulkas), tapi manfaat baiknya lumayan saya rasakan. Biasanya saya minum pagi hari, kadang sebelum sarapan saya minum Lemon infused water dulu, asem2 gimanaa gitu bikin mata mejem melek tapi segeeerrrr.. tapi yang punya masalah dengan lambung, lebih baik buahnya jangan lemon ya, atau kalau emang suka lemon sebaiknya diminum setelah makan dan jangan sering2 supaya asam lambung ngga naik. Saya sendiri kadang suka maag, jadi minum yang asem2nya tetep di atur. Infused water ini bikin mood kita jadi lebih baik ternyata, dan untuk para perempuan yang setiap hari berjibaku dengan sejuta kegiatan dan kesibukan, pantas dicoba nih, supaya tetep cantik luar dalem dengan manfaat yang terkandung didalamnya.

Pro kontra pasti ada aja, ada yang berpendapat infused water diragukan dari segi kesehatan apabila dilihat dari potongan buah yang dimasukan ke dalam air tidak dicuci dengan bersih, bukannya malah sehat tapi justru akan menimbulkan penyakit baru yang disebabkan pestisida yang masih nempel di buah tersebut, tapi kalau menurut saya sih selama buahnya dicuci bersih terlebih dulu ya ngga masalah.

Daaan.. mengingat sampai saat ini masih ada aja yang “ogah” minum air putih karena rasanya yang hambar, infused water ini kayaknya bisa jadi solusi, kenapa? Karena menurut apa yang saya baca dari sebuah artikel online, selain potongan buahnya dapat memberikan aroma, dari segi kandungan gizi juga tidak ada perbedaan layaknya memakan buah dan meminum air putih seperti biasa. Tapi ada syaratnya ya, infused water tidak boleh diberi campuran lain yang mudah larut di air seperti gula atau sirup.

Menurut ahli gizi dari Universitas Pembangunan Veteran yang bernama Firlia Ayu Arini, penyerapan sari buah paling sempurna justru terjadi di dalam tubuh, dan alasan itu juga lah yang membuat Mbak Firlia ini ngga setuju dengan alasan bila dicampur dengan air penyerapan sari buah bisa lebih tinggi.

Ohya, bagi temen2 yang mau nyoba nge-infused (halahh istilahnya), saya tulis beberapa jenis buah dan juga manfaatnya yaaa.. Termasuk manfaat lemon infused water yang sering saya minum, lets cekidooot!!

Stroberi dan kiwi.
Bermanfaat untuk kesehatan kardiovaskular, menguatkan sistem kekebalan, menurunkan gula darah, dan memperlancar pencernaan.

Teh hijau + daun mint + jeruk nipis.
Bermanfaat untuk pembakaran lemak, pencernaan, meredakan sakit kepala, mengatasi susah buang air besar, dan menjaga kesehatan pernapasan.

Timun + jeruk nipis + lemon.
Bermanfaat untuk mengatasi kembung, mengontrol nafsu makan, mengatasi dehidrasi, dan menjaga kesehatan pencernaan.

Lemon, jeruk nipis.
Manfaatnya sebagai sumber vitamin C dan meningkatkan sistem pertahanan tubuh.

Nahhh, udah ketauan kan ya manfaatnya, selamat mencobaaa.. :))

Referensi.

You Might Also Like

16 komentar

  1. oh ini to yang namanya infuse water hehe baru tahu saya. oh ya mbak itu kenapa headernya meleber ke kanan?

    ReplyDelete
  2. Hehe.. Saya jg baru tau beberapa bulan ini. #kudet

    Makasih infonya Mbak, saya pikir hanya error di browser saya aja yg emang lg bermasalah (tapi di IE keliatan normal), kayaknya memang harus ada yg dibenerin (˘̩̩̩__˘̩̩̩ƪ)

    ReplyDelete
  3. udah sering baca infused water but aku belum begitu paham, bisa dicoba niich..tfs

    ReplyDelete
  4. Selamat mencoba Mbak Astin, terimakasih kunjungannya :)

    ReplyDelete
  5. Aku g suka infused water sukanya air putih ae...pernah nyoba seger seh..tapi g kepinginan xD

    ReplyDelete
  6. Penyuka air putih sejati nih Mommy Raffi, lanjutkaan.. °\(^▿^)/°

    ReplyDelete
  7. Wah... ini solusi cerdas buatku Mak! Gatau ya, aku ini orangnya gak terlalu banyak minum air putih. Malah di bawah standar. Kan bahaya yaa....

    ReplyDelete
  8. Itu persis saya dulu Mba Hilda, ogah minum air putih karna rasanya yg hambar, malah lebih milih teh pahit :)))
    Tp stelah dibiasakan jd suka juga.

    Infused water bisa jd alternatif lain, selamat mencobaa :D

    ReplyDelete
  9. suami saya yang rajin banget minum infuse water :)

    ReplyDelete
  10. Belum pernaaah bikin infused water... pengen tapi harus dimasukin ke kulkas tunggu berjam-jam ya~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya sih sebisanya aja malah, kalau lagi inget di masukin kulkas, tapi suka mendadak bikin juga walau kurang berasa infuse nya :)))

      Delete
  11. pernah coba mba, sekali...pke lemon ama sunkis ;p. Tapi rasanya kok aneh yaa -__- agak pahit, apa krn kulit sunkis...cm aku jdnya males nerusin -__-. Lbh suka air putih biasa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Air putih bagus bangeeeet, teruskan mbaaaa :)))

      Aku kalau lagi pengen yg seger2 biasanya minum ini, atau kalau lagi ngerasa kurang fit juga, karena pake lemon jadi ngasih efek "melek" setelah minum. Bisa jadi kulitnya bikin pahit memang, boleh ganti jenis buah lain atau pakai timun, lho. :)

      Delete
  12. Mbak yg diminum airnya doang atau skalian sm potongan buahnya.... selama ini sy lemon peres plus water... tfs mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jeniper (jeruk nipis peres) kah?
      keseringannya diminum airnya aja, buahnya paling di bejek2 pake sendok supaya sarinya keluar. haha.. nge-infuse ala2.

      Delete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar dengan baik TANPA link hidup di kolom komentar. Dan cukup pakai Url blog saja ya teman-teman di ID namanya.

Part Of Author

Part Of Author
Buku Antologi Pertama & Kedua

My Voice Over Here

Like us on Facebook

Subscribe