Kunci Kesuksesan Toko Online

Sunday, November 30, 2014


Toko Online Saya Yang Sedang di "Renovasi"
Banyak hal yang dapat dilakukan disaat kita ingin membangun sebuah toko online (online shop), dan tentunya banyak alasan juga yang dapat menjadi jawaban disaat ada yang bertanya mengapa kita tertarik membangun sebuah toko online?. 

Kecanggihan teknologi yang saat ini tidak bisa dilepaskan dari “tangan ajaib” jaringan  internet merupakan hal yang sangat sayang untuk dilewatkan dan tidak kita manfaatkan dengan baik. Salah satunya adalah untuk meraup pundi-pundi dengan cara lebih modern dan praktis. 

Apakah anda salah satu dari mereka yang ingin atau bahkan sudah membuat toko online anda sendiri?.

Saya sendiri baru-baru ini membuat toko online yang telah menjadi impian saya semenjak saya resign dari pekerjaan saya terdahulu, Alhamdulillah impian itu perlahan terwujud. Namun bukan dengan mudah saya membuatnya, banyak ilmu yang harus saya pelajari dan banyak waktu yang harus saya curahkan. Namun saya yakin, itu semua merupakan investasi tersendiri yang dapat menjadi pendukung kesuksesan toko online saya nantinya. Semua harus di awali dengan pikiran dan hati yang positif bukan?.

Dalam perjalanan membangun toko online saya yang bernama www.fastabiqboutique.com banyak hal yang saya sadari belum saya jalankan sepenuhnya, saat ini toko online saya sedang tahap "renovasi" dan masih di"umpetin" sehingga belum dapat di akses hingga nanti "renovasi" selesai. Setiap proses merupakan pembelajaran tersendiri karena ternyata hal penunjang untuk kesuksesan sebuah toko online sangatlah banyak. Itu memacu saya untuk lebih banyak membaca buku panduan membangun toko online dan bertanya kepada pebisnis online senior untuk sharing dan berbagi tips suksesnya. 

Beberapa hal penting sebagai penunjang kesuksesan sebuah toko online mungkin sudah banyak dibahas dan dilakukan oleh banyak pebisnis online, namun tidak sedikit juga yang belum menjalankan bahkan mungkin belum mengetahuinya, sebagai seorang newbie dalan bisnis online, saya termasuk yang baru saja mengetahui hal-hal penting tersebut.

Sebuah blog atau website merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki untuk dijadikan sebuah “toko” sesuai seperti yang kita inginkan, atau setidaknya kita memiliki fan page khusus di facebook, twitter, instagram dan yang lainnya yang khusus dipakai untuk kita berjualan.

Khusus untuk blog/website, kadang ada beberapa online shop owner yang tingkat idealisnya tinggi dalam hal memasang template, tanpa memikirkan kenyamanan mata pelanggan. Dan saya salah satu dari tipe seperti itu, namun itu dulu. Sebelumnya saya ingin template dari toko online saya mempunyai warna yang di dominasi hitam dan merah (warna kesukaan saya dan suami), tapi atas bantuan seorang teman yang merubah template yang di dominasi warna putih, saya sekarang memiliki website dengan tampilan yang ramah mata pelanggan, dan tentunya semakin cantik karena di sempurnakan dengan warna-warna lembut lainnya.

Dari hasil membaca buku (yang saya review disini) pula lah saya mempelajari bahwa untuk mempromosikan sebuah toko online tidak hanya dapat dilakukan dengan memanfaatkan jejaring sosial dan auto posting saja, melainkan kita juga dapat memanfaatkan portal jual beli, saya rasa saat ini masih banyak toko online baru yang melewatkan fasilitas ini.

Salah satu hal terpenting disaat kita mempunyai toko baik offline ataupun online adalah pelanggan, dan untuk mendapatkannya banyak cara yang bisa kita upayakan sehingga banyak orang yang tahu tentang keberadaan toko online kita, diantaranya adalah dengan:
  • Menjual nilai. Hal yang harus kita sadari sebagai pemilik toko online adalah kita tidak melulu hanya menjual barang atau produk semata, tapi terlepas dari itu kita juga harus dapat memahami apa yang dibutuhkan pelanggan kita dengan menawarkan solusi kepada mereka, caranya dengan menjual nilai dari pelayanan, nilai dari sebuah produk, nilai dari kepuasan dan sebagainya.
  • Menciptakan keinginan. Kita dapat melakukannya dengan beberapa cara, yaitu dengan membuat blog untuk mengumpulkan massa. Sebaiknya kita tidak menyia-nyiakan blog dengan informasi yang tidak bermutu, dan mengganti dengan informasi yang berkaitan dengan produk yang kita jual. Informasi itulah yang data kita tawarkan untuk menggiring rasa penasaran dan memancing teman-teman kita di jejaring social untuk berkunjung ke toko online kita. Jita informasi kita dianggap capable, disinilah kita mempunyai kesempatan untuk menjadi seorang influencer atau buzzer. Selain itu kita juga harus menjalin komunikasi dengan pelanggan dengan baik, dan cobalah untuk dapat menjadi trendsetter.
  • Strategi pemasaran yang tepat. Salah satu tip yang saya aplikasikan adalah dengan mengikuti komunitas-komunitas yang akan memberikan saya keuntungan tidak hanya dari segi pertemanan, tapi juga akan membentuk sebuah link (jaringan) yang akan membantu saya untuk membentuk lingkaran pelanggan dari toko online saya. Pemasaran dari mulut ke mulut juga merupakan strategi yang luar biasa dalam mendatangkan pelanggan baru. Dan sesekali, jadilah owner dari sebuah toko online yang “tidak pelit”, tidak ada salahnya kalau kita memberikan discount, voucher, atau merchandise sebagai hadiah untuk pelanggan kita, sejauh ini saya baru membuat gantungan kunci berbahan kulit yang terdapat foto/logo dari website toko online saya, dan saya sebarkan ke orang-orang terdekat saya terlebih dulu.
  • Optimasi situs web. Usahakanlah blog/website dari toko online kita mempunyai tingkat “keramahan” yang tinggi kepada pelanggan, dengan memberikan alur  transaksi yang jelas, mempunyai ukuran file gambar yang kecil supaya tidak berat (loading lama).
Naaah, sudahkah anda melakukan tips diatas? kalau belum, yuuk sama-sama kita praktekin sambil terus belajar supaya toko online kita dapat berkembang dan masuk ke hati para pelanggan kita. :D



You Might Also Like

1 komentar

  1. Selamat dan sukses untuk toko online-nya....
    memang benar, ada banyak faktor penunjang untuk membuat toko online berkembang. dan itu tak mudah. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan, dan terutama yang berhubungan dengan kenyamanan pelanggan.
    Terima kasih untuk ulasannya mbak
    Jabat erat dari Jepara
    Susindra

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar dengan baik TANPA link hidup di kolom komentar. Dan cukup pakai Url blog saja ya teman-teman di ID namanya.

Part Of Author

Part Of Author
Buku Antologi Pertama & Kedua

My Voice Over Here

Like us on Facebook

Subscribe