#BOOKREVIEW Sukses Membangun Toko Online

Thursday, November 27, 2014


Doc Pribadi

Judul : Sukses Membangun Toko Online
Penulis : Carolina Ratri
Penerbit : Stiletto Book
Editor : Herlina P. Dewi
Proof Reader : Weka Swasti
Desain Cover : Deeje

Tanggal Terbit : Juli 2014
Edisi : Cetakan Pertama
ISBN : 978-602-7572-29-4

Dewasa ini, sepertinya hampir semua orang mulai memikirkan bagaimana caranya memulai berwirausaha baik itu di bidang jasa atau menjual barang. Mempunyai toko (baik offline maupun online) sendiri mulai menjadi impian yang harus segera di wujudkan. Seperti yang kita tahu bahwa di tahun 2015 yang tinggal sebulan lagi akan kita hadapi, Negara-negara ASEAN akan berkompetisi dalam bidang ekonomi, akan terjadi pasar bebas yang mengharuskan kita dapat lebih bersaing dengan para warga asing (bule), uwoo.. menakutkan ngga siiih? Bagi saya sendiri, itu adalah pacuan dan semangat untuk dapat bersaing sehat.

Dari mulai orang kantoran dan orang rumahan, banyak yang mulai membangun toko impian mereka, bagi yang mempunyai dana berlebih untuk dijadikan modal tentunya membangun toko sendiri bukanlah hal yang sulit untuk di wujudkan, lalu bagaimana dengan yang dananya pas-pasan atau bahkan tidak mempunyai simpanan untuk modal sama sekali? Nah, itulah yang akan saya bahas sekarang. 

Saya dengan cukup percaya diri dapat membahas itu karena saat ini saya sedang membangun toko impian saya dengan panduan dari sebuah buku yang berjudul “Sukses Membangun Toko Online” karya dari Carolina Ratri (yang selanjutnya akan saya panggil Penulis). Buku ini menjadi sahabat baru yang seolah-olah dapat memberikan solusi dan jawaban dari setiap pertanyaan saya dalam pembuatan toko online. Anda penasaran? langsung saja yuk simak hasil review saya pada buku Non Fiksi yang bermanfaat ini.

REVIEW

Cover buku ini sangat memanjakan mata saya dengan warna-warna cerah dan icon-icon imutnya. Disana juga terdapat beberapa tips tentang langkah membuat toko online yang membuat saya semakin penasaran untuk “melahap” lembar demi lembarnya.

Ketika saya bilang bahwa saya dipandu oleh buku tersebut, saya merasakan benar-benar sedang dipandu selayaknya dipandu langsung oleh Penulisnya, maksud saya seperti benar-benar si Penulis ada di hadapan saya dan memandu saya bagaimana langkah-langkah yang harus saya mulai persiapkan. Kalau di ingat-ingat sih, rasanya seperti kembali ke masa lalu di zaman saya duduk di bangku kuliah dan mendengarkan dosen wirausaha saya menjelaskan tentang langkah berwirausaha yang mudah. Bahasa Penulis di buku ini sangat "personal", seperti bahasa ngobrol sehari-hari, tidak bersifat menggurui, dan langsung dapat kita cerna dengan mudah.

Sebelum membaca buku ini, saya sudah membuat toko online impian saya. Keputusan membangun toko online bukanlah tanpa alasan, selain bisa menghemat budget/modal, secara waktu juga lebih fleksible dan sangat pas untuk seorang Ibu baru seperti saya yang sangat di sibukkan dengan baby berusia sembilan bulan. Selain itu, nggak harus repot merekrut karyawan dulu kan? Jadi budget yang diperlukan pun dapat dipastikan memang jauh lebih minim daripada yang diperlukan untuk pembuatan toko offline. Sejauh ini saya hanya mengeluarkan biaya untuk membeli domain dan pulsa untuk menambah quota modem internet sehingga saya bisa tetap online setiap saat.

Buku “Sukses Membangun Toko Online” ini sangat ringan dan mudah untuk dipahami. Bagi pembaca yang sudah mengenal dunia blog/web sebelumnya, dapat tetap menikmati proses membaca dan mempelajari semua konten dari awal sampai akhir sekedar untuk mengingatkan kembali kalau-kalau ada yang terlewat, apalagi untuk para pemula yang baru pertama kali mengenal apa itu blog, website, template, begitupun dengan sosial media dan sebagainya. Dengan membaca buku ini, pembaca digiring untuk memahami semuanya, perlahan tapi pasti, iya..saya pastikan para pembaca dapat langsung praktek dan dijamin berhasil, karena semua dibahas secara detail dan terperinci.

Dimulai dengan cara membuat email sendiri, lalu membuat akun di social media seperti facebook, twitter, instagram, dll. Kemudian cara membuat blog, mengganti template, membuat logo toko, memberikan watermark pada foto produk, sampai ke hal yang paling penting yaitu bagaimana cara pemasarannya. Banyak tips yang sangat mudah dilakukan tapi dilewatkan banyak orang. Juga banyak tutorial yang dilengkapi dengan gambar toko online milik Penulis sendiri, jadi kita nggak harus susah-susah membayangkan, cukup dilihat di gambar saja dan kemudian kita praktek sendiri. Wuhuu..manfaatnya sangat saya rasakan saat ini.

Dalam buku ini juga mengandung semangat yang sangat diperlukan untuk pebisnis online pemula seperti saya, ada semacam dorongan supaya tidak menyerah untuk mulai membangun toko online kita  hanya karena budget yang terbatas, karena untuk mulai memiliki toko online, bahkan kita tidak harus menyiapkan dana untuk modal awalnya, caranya gimana? Jawabannya di kupas tuntas dalam buku ini.

Buku setebal 211 halaman ini juga memberikan kita motivasi untuk dapat mengembangkan terus toko online kita yang salah duanya dengan cara promosi online dan promosi offline yang dibahas jelas di dalamnya. Ketika kita berjualan, dua hal tadi tentunya sangat penting kan?

Ada satu prinsip yang tertulis di halaman 196 dan menjadi pegangan saya saat ini, yaitu “tak ada kesuksesan tanpa usaha dan kerja keras”, saya sangat setuju!!. Dalam menjalankan bisnis online ini pun, kita tetap harus menanamkan jiwa profesionalitas kita walaupun usaha yang kita jalankan masih sangat baru. Bisa ditunjukan dengan kita mengatur keuangan yang tertata dengan tepat . Caranya memang sedikit ribet dan mungkin ada yang berpikir “ahh, seperti orang kantoran saja”, tapi percaya atau tidak bahwa sedikit keribetan itu akan mendatangkan untung yang tidak sedikit di kemudian hari. Dan tidak perlu khawatir, karena Penulis juga memberikan tip-tip untuk mengatur keuangan secara terpisah, merapikan administrasi, membuat laporan pembukuan sederhana, dll.

Tidak melulu tentang administrative tapi juga attitude, Penulis menjelaskan bahwa untuk mencapai kesuksesan kita juga harus mempunyai sikap seorang pemenang (Di bahas di halaman 202).

So, pasti penasaran banget kan pengen cepat-cepat baca bukunya sendiri? Segera beli di toko buku terdekat dan mulai wujudkan Toko Online impianmu sendiri.



You Might Also Like

2 komentar

  1. Ini nihh yang dicari-cari.
    boleh lah teh pinjem bukunya. Upz :D

    ReplyDelete
  2. Haha.. boleh banget, ada tarif perhari ya :D

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar dengan baik di laman ini.

Part Of Author

Part Of Author
Buku Antologi Pertama & Kedua

My Voice Over Here

Like us on Facebook

Subscribe