Berkunjung ke kantor Google Indonesia

Wednesday, May 28, 2014

GOOGLE Indonesia Kembali mengundang Blogger untuk berkunjung dan melakukan liputan dikantornya yang berada di Gedung Sentral Senayan, tepat di sebelah Plaza Senayan, Jakarta Selatan.

Google Indonesia
Banyak hal yang dipaparkan oleh perwakilan dari Google Indonesia (Mba Eunike Kartini) terutama mengenai produk-produk terbarunya. Seperti yang kita tahu, bahwasanya Google selalu mengeluarkan inovasi-inovasi yang diperuntukan bagi para user, tidak kurang dari empat bulan sekali Google selalu mempunyai produk teranyar.

Mbak Eunike Kartini, perwakilan dari Google Indonesia
Beberapa produk Google yang saat ini sedang happening adalah Project Loon dan Google Glass. Project Loon merupakan produk Google yang dapat mempermudah user dalam penggunaan Internet dengan menggunakan balon udara. Google glass sendiri adalah komputer bisa pakai yang sedang dikembangkan oleh Google melalui proyek riset dan pengembangan Project Glass. Perangkat ini menampilkan informasi dalam format bergaya telepon pintar, yang bisa terhubung ke Internet melalui perintah suara bahasa alami. Namun sayang di Indonesia sendiri produk ini belum diluncurkan secara resmi (Official) dan penggunaannya ditengah-tengah masyarakat masih menyulut kontroversi.

Mempunyai kesempatan berkunjung ke kantor Google merupakan pengalaman yang sangat menarik dan tentunya tidak semua orang dapat beruntung mempunyai kesempatan yang sama. Banyak hal yang menjadi perhatian mata selama disana terutama suasana kantor yang modern, unik dan tidak kaku membuat saya berpikir “siapapun yang bekerja disana tentunya tidak akan merasakan stress seberat apapun pekerjaannya”.

Fasilitas-fasilitas penunjang pun bertebaran, culture-culture yang “memanjakan” para karyawan disana tentunya akan membuat angka turn over karyawan di Google sendiri sangat kecil.

Fasilitas-fasilitas untuk karyawan
Salah satu culture yang diterapkan di Google untuk para karyawannya adalah “You can be serious without a suit”, karyawan tidak diharuskan memakai jas atau pakaian formal selama jam kerja, selama pekerjaan bisa dilakukan dengan semaksimal mungkin, seragam kerja bukanlah hal yang diwajibkan.

Ruangan-ruangan yang berada di sepanjang lorong kantor Google pun mempunyai nama ruangan sendiri yang sangat unik. Dan kalau tiba jam makan siang, para karyawan dapat langsung menuju “Warung embah Google”, yaitu pantry khusus untuk para karyawan yang design ruangannya sangat membuat betah siapapun yang makan disana.

Warung Mbah Google, Pantry sekelas Cafe
Di kantor Google Negara lain bahkan terdapat bus yang sengaja dijadikan tempat meeting, tidak hanya bus, gondola pun di “sulap” menjadi tempat meeting istimewa. Wooww.. siapa yang menolak untuk menjadi karyawan di Google kalo fasilitasnya saja seperti itu?

Ada satu kebiasaan yang dilakukan karyawan Google setiap hari Jum’at. Mereka menyebutnya Thank GOD it’s FRIDAY (TGIF), yaitu suatu ajang karyawan dapat lebih mudah berkomunikasi baik antar karyawan maupun dengan atasan sehingga terjadi keterbukaan yang tentunya sangat bermanfaat bagi berlangsungnya efektifitas kerja secara maksimal.

Setelah Mba Eunike selesai presentasi, dilanjutkan oleh perwakilan dari BRID (Blogger Reporter Indonesia) yang mengulas sedikit mengenai sejarah BRID yang pertama kali di gagas oleh mas Hazmi Scrondol. Dimana disana merupakan suatu "rumah" bagi para Blogger yang ingin menyampaikan ulasan penulisannya berupa reportase. Siapapun Blogger yang serius ingin belajar meliput dan mereportase suatu kejadian/event sepertinya sangat disambut baik di komunitas ini, dan apalagi saat ini BRID sendiri sedang melangkah pasti menuju Profesional. Dan saya sendiri tentunya bangga karena sudah menjadi bagian dari BRID.

Mas Saifuddin, perwakilan dari BRID
 Presentasi terakhir disampaikan oleh Mas Chandra Iman yang memberikan materi mengenai SEO (Search Engine Optimation. Banyak informasi penting mengenai SEO yang dibuka blak-blakan dan semakin membuat para Blogger melek SEO, terutama para Blogger  yang menggunakan blog nya untuk usaha/berjualan. Mas Chandra menjelaskan mengenai fungsi optimalisasi Heading, bagaimana memanfaatkan keyword di judul postingan bahkan di comment, dan ini bertujuan untuk semakin meningkatkan rate blog, begitupun dengan penggunaan longlasting keyword yang akan membuat tulisan kita tetap di temukan walaupun itu merupakan tulisan (postingan) lama. Selain itu, mas Chandra mengingatkan blog kita sebaiknya bersifat shareable. Quality Content juga harus update dan unik.

Mas Chandra buka-bukaan mengenai SEO
Tentunya banyak hal positif lainnya yang didapatkan di liputan kali ini, suatu pertemuan dengan orang-orang yang ahli dibidangnya terutama SEO, dan diharapkan ada lebih banyak lagi event-event serupa kedepannya yang akan membuat kita akan semakin
"melek" menjelajahi dunia internet.

Terimakasih Google Indonesia..!! Sebagai New Comer Netizen, kesempatan ini sangat berharga. Hope to see you soon (again) :D

Terimakasih BRID, Proud to be part of you :)

Saya, suami &baby Alfath (2mo) tak lupa narsis bersama :D
Dapet hadiah, yeayyy! Terimakasih Google atas oleh-olehnya.








Sumber foto : dokumentasi pribadi, koleksi fotonya mas Nank

You Might Also Like

17 komentar

  1. Enak juga ya bisa berkunjung di kantor google Indonesia, akan banyak mendapatkan ilu pengetahuan standar tentang produk-produk google yang handal.

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mas Indra, Google sendiri sangat welcome sekali membukakan "pintu rumahnya" bagi para Blogger yg ingen mengenalnya lbh dekat. Banyak ilmu yg bisa. Didapat disana :)

      Delete
  2. Saya semacam masih menantikan bintang jatuh untuk mengunjungi kantor mbah Google ini.
    Semoga dalam waktu dekat saya akan berkunjung juga kesana dgn difasilitasi oleh komunitas BRID...

    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiiin, semoga ada event di Google lagi ya Mas :)

      Delete
  3. Kapan ya bisa berkunjung ke kantor Google Indonesia? hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa secepatnya mas, saya juga mau lagi :)

      Delete
  4. kantor google..surga banget.. kantor2 skrg makin seru nampaknyaa..
    btw follbek ya maak.. http://mutheas.blogpsot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget Mak, sepertinya kantor2 lain pun terinspirasi dari Google ini. Bagus bgt untuk menyemangati karyawannya :))

      Siap folbek ya mak :*

      Delete
  5. Keren mba Hani, Agak envy Bandung masih jarang nih acara-acara begini. *janganjangansayayangnggaktau* :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gak salah Bandung banyak event lho Mba Amy, coba merapat ke Blogger Bdg, event2nya pun seru-seruuuuuu

      Delete
  6. iiiiiiih itu warung si mbah menunya apa aja yak hihihi penasaran :)

    ReplyDelete
  7. pengen bagnet bisa kesanaaaa...
    apalagi kerja disana yaa hihihih ...

    ReplyDelete
  8. Asyiknyooo...kalo ada di ibukota ya, banyak event yang mengundang para blogger. Di daerah jarang....

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar dengan baik TANPA link hidup di kolom komentar. Dan cukup pakai Url blog saja ya teman-teman di ID namanya.

Part Of Author

Part Of Author
Buku Antologi Pertama & Kedua

My Voice Over Here

Like us on Facebook

Subscribe